Bacaterus / Selebriti / Inilah 10 Artis Terkaya di Dunia yang Tetap Membumi

Inilah 10 Artis Terkaya di Dunia yang Tetap Membumi

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Menjadi seorang pemain di panggung hiburan merupakan hal yang sulit. Mereka harus ditempa sedemikian rupa hingga bisa menjadi sukses. Namun, berkat ‘siksaan’ itulah, akhirnya para entertainer mendapatkan hasil jerih payahnya sendiri; mulai dari harta kekayaan yang jumlahnya sulit dihitung oleh bank, penghargaan tertinggi, hingga pamor yang diakui oleh seluruh orang di dunia.

Lewat keberhasilan mereka tersebut, banyak entertainer yang memiliki dan menerapkan gaya hidup mewah guna mendongkrak popularitasnya. Namun di antara ratusan mungkin ribuan entertainer jetset yang ada diseluruh dunia, masih ada saja entertainer yang memilih untuk membumi daripada harus menghamburkan banyak uang untuk hal-hal yang menurut mereka tidak penting.

Nah berikut bacaterus.com akan mengulas daftar 10 artis terkaya di dunia yang tetap hidup membumi dan larut dalam kekayaan yang mereka miliki. Siapa sajakah mereka?

10 Artis Terkaya Di Dunia Yang Tetap Membumi

1. Oprah Gail Winfrey

arti terkaya di dunia Oprah

Ratu talkshow berdarah campuran Amerika-Afrika ini merupakan entertainer paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Wanita yang lahir pada 29 Januari 1954 di Kosciusko, Mississippi, juga dinobatkan sebagai host terkaya di dunia show bussines.

Dengan kekayaan yang mencapai $ 3.000.000.000.000, Oprah benar-benar tidak tertandingi. Namun tetap saja, Oprah yang humble selalu melekat pada dirinya. Bahkan baju-baju yang ia pakai terlihat sangat sederhana, tak berlebihan, sesuai dengan kepribadiannya.

Pada tahun 2012, Oprah telah menyumbangkan kekayaannya sebesar $ 400.000.000 ke seluruh lembaga dan yayasan yang membutuhkan. Baru-baru ini juga, Oprah juga membantu yayasan miliknya, Leadership Academy Foundation.

Yayasan tersebut bergerak dalam membantu pendidikan bagi anak-anak perempuan di Afrika dengan memberikan seluruh uang hasil lelang atas barang-barang miliknya yang berharga $ 80.000 (Rp 1.05 miliar) hingga $ 120 (Rp 150 miliar).

Seperti yang dikutip dari dailymail, barang-barang itu antara lain lukisan karya Richard Miller, furniture gaya Prancis, perabotan kristal dan poselen dan memorabilia miliknya. Seluruh barang tersebut berasal dari properti yang ada di Water Tower Place, kondominium mewah Oprah di Chicago.

Semua itu dilakukannya karena Oprah pernah merasakan bagaimana jadi orang susah. Dulu, Ibunya hanya seorang pembantu dan Ayahnya adalah penambang. Kehidupan Oprah jauh dari kata sempurna. Hal tersebut yang membuatnya tetap rendah diri terhadap sesama.

2. Brad Pitt & Angelina Jolie

Brangelina France

Pasangan artis dengan jumlah kekayaan tak kurang dari $ 150.000.000 ini memang sudah dikenal sebagai entertainer yang berpengaruh di dunia show bussines. Bagaimana tidak? Seluruh film yang dibintangi salah satu di antara mereka, Brad atau Angie, pasti sukses menembus box office.

Ini membuat kehadiran mereka di suatu film sangat diperhitungkan. Namun siapa sangka kalau Brangelina (singkatan dari Brad & Angelina) ini tidak terlalu suka gaya hidup yang terlalu mewah. Mereka lebih memilih untuk menginvestasikan uang mereka di sektor properti; sebut saja rumah Chateau Mirval, villa Costanza, hingga mansion di New Orleans.

Bahkan Brangelina juga menyumbangkan sebagian hasil jerih payahnya ke lembaga-lembaga terkait yang concern dengan masalah kesehatan dan kemanusiaan seperti Global Health Organization atau UNHCR.

Sifat membumi mereka lainnya terlihat saat mereka berlibur ke Perancis bersama enam anak mereka; Maddox, Zahara, Pax, Shiloh, Knox dan Vivienne. Mereka berangkat dari Amerika menggunakan pesawat komersial kelas ekonomi. Padahal mereka punya jet pribadi yang akan stand by saat diperlukan Brangelina.

Mereka menggunakan maskapai Air France kelas ekonomi bukan karena harta mereka sudah habis, tapi mereka ingin mengajarkan anak-anak mereka untuk tetap rendah diri walau mereka merupakan keluarga jutawan.

Dari beberapa foto yang terlihat, keluarga Brangelina terlihat mengantri proses check-in dan menunggu pesawat boarding di ruang tunggu bandara. Tidak tampak dari muka mereka, raut muka tidak nyaman atau terganggu dengan penumpang lainnya yang memotret mereka. Way to go Brangeilina!

3. Jackie Chan

jackie-chan

Mengisi lebih dari 100 film ternama, kemampuan Jackie Chan dalam berakting sudah tidak usah diragukan lagi. Selain sering membintangi film box office, mengisi variety show dan tampil sebagai model, Jackie Chan juga menjadi salah satu ikon penting dari negeri asalnya, Hong Kong.

Kini, jumlah kekayaan hasil jerih payahnya menembus angka $ 140.000.000. Jumlah yang bisa dibilang fantastis! Namun dengan jumlah kekayaannya yang begitu besar, salah satu artis terkaya di dunia ini tetap membumi.

Dirinya dianggap sebagai kakak yang baik hati oleh semua orang yang mengenalnya. Sikapnya yang ramah dan tidak suka dengan gaya hidup mewah membuatnya gampang berbaur dengan semua orang; baik relasi maupun fansnya yang kini berjumlah 10.000.000 di seluruh dunia.

Banyak sumber yang mengatakan bahwa Chan selalu memarkirkan mobilnya sendiri tanpa menggunakan layanan valet. Dirinya juga tidak pernah dikawal bodyguard dan sering memakai baju yang sangat sederhana, sehingga dirinya sulit dikenali sebagai artis besar.

Untuk makan saja, menu yang dipilih oleh Chan jauh sekali dari yang kita bayangkan. Chan senang memakan dumplings, semacam dim sum, di atas meja lipat. Seperti yang dilansir Forbes, selain ramah, Jackie Chan juga sangat dermawan.

Kabarnya, Chan sering sekali mendonasikan uangnya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan; contohnya saja, waktu gempa di Jepang tahun 2011, dia berhasil mengumpulkan $ 3.400.000 untuk dana sumbangan yang di dalamnya terdapat uang pribadi Chan sekitar $ 150.000.

4. Sarah Jessica Parker

sarah-jessica

Pemeran Carrie Bradshaw dalam film Sex and The City ini mempunyai kepribadian yang berbanding terbalik dengan karakter yang dimainkannya. Jika dalam film dia selalu menggunakan label-label terkenal seperti Valentino, Gucci, Prada, Chanel dan Yves Saint Laurent untuk tas, baju, sepatu hingga baju dalamnya, maka dalam kehidupan nyata, Sarah hampir tidak menggilai akan barang-barang seperti itu.

Sarah mengaku bahwa baju-baju yang ia pakai saat menjadi Carrie dalam film Sex and The city tidak ia buang atau dibalikan kepada orang wardrobe, melainkan disimpannya untuk dipakai lagi dalam kehidupan sehari-hari.

Sarah membiasakan kehidupannya dengan hal-hal sederhana walaupun dirinya memiliki kekayaan hingga $ 90.000.000. Bahkan pada sebuah wawancara yang dilakukan oleh Parade magazine, Sarah mengatakan bahwa anaknya; Jamie, Marion dan Tabitha tidak terlalu sering dibelikan pakaian.

Mereka menggunakan pakaian Sarah dan kakak laki-lakinya semasa kecil. Hal ini dilakukan bukan karena Sarah bangkrut atau tidak memiliki uang yang banyak, Sarah ingin supaya dirinya dan keluarga selalu mengingat ada orang-orang yang tidak bisa hidup seberuntung mereka.

5. Taylor Swift

Taylor swift

Penyanyi country berusia 25 tahun yang baru saja merilis album berjudul 1989 pada bulan Oktober 2014 ini merupakan salah satu entertainer yang jumlah kekayaannya menembus $ 64.000.000! Mungkin pada awal kemunculannya, kita menyangka Swift berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja, mengingat dirinya berasal dari Nashville yang terkenal dengan hasil perkebunan dan peternakan saja.

Namun ternyata kita salah! Taylor Swift dibesarkan dari keluarga kaya raya; Ayahnya merupakan penasihat keuangan perusahaan Merrill Lynch, sedangkan ibunya seorang pensiunan eksekutif dari perusahaan non-perbankan.

Menjadi kaya; baik dari hasil jerih payahnya dan keluarga, tidak membuat Swift selalu menerapkan gaya hidup mewah. Dirinya lebih suka menghabiskan waktu di rumah daripada berpergian belanja seperti yang biasanya dilakukan oleh para entertainer lainnya.

Contoh lainnya bisa dilihat dari pakaian yang dipakai oleh Swift sehari-hari; percaya atau tidak, baju-bajunya merupakan baju lama yang di mix & match dengan aksesoris lainnya sehingga terlihat seperti baru. Menghabiskan uang untuk membeli pakaian saja merupakan hal gila untuk Swift. Dia lebih memilih untuk mendonasikan uangnya untuk hal-hal kemanusiaan.

Dirinya bahkan tak berpikir dua kali untuk menyumbang sebesar $ 15.000 untuk keluarga relawan pemadam kebakaran bernama Aaron Van Riper yang anak dan isterinya terlibat dalam kecelakaan. Saat kejadian, Riper sedang bertugas dalam sebuah bencana kebakaran.

Tak selang berapa lama ketika dirinya memadamkan api, Riper mendapatkan kabar kalau istrinya, Amber dan anaknya, Jonathan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan mereka berdua harus ditangani secara serius di rumah sakit.

Riper yang tidak memiliki asuransi kesehatan sangat kaget karena tagihan rumah sakit yang harus dibayar mencapai $ 100.000. Dalam keadaan yang putus asa, relasi Amber dan Riper sepakat untuk mencari donasi lewat website GoFundMe.

Beruntung, Taylor Swift membaca berita soal keluarga Riper yang viral di sosial media. Mengetahui Riper kesulitan, Swift tanpa ragu langsung menyumbang $ 15.000 kepada rekening GoFundMe untuk membantu kelurga Riper. Kini dana yang terkumpul sudah melebihi dana yang diperlukan Riper. Thanks people!

6. Jennifer Lawrence

Jennifer Lawrence

Tak hanya jago memburu, memanah dan mempertahankan diri, pemeran Katniss Everdeen dalam film Hunger Games ini juga jago sekali dalam memutar uang hasil kerjanya selama ini. Jennifer yang basicnya memang tak suka hal-hal berbau kemewahan lebih suka menyimpan uangnya di bank dan mencari jalan lain untuk menginvestasikannya. Dirinya sangat berhati-hati dalam membelanjakan uangnya, sehingga Jennifer tidak perlu khawatir akan kehabisan uangnya.

Jennifer mengaku, saat dirinya belanja, dia akan mengumpulkan poin dan kupon hasil pembayaran untuk ditukarkan dengan barang di kemudian hari. Jennifer juga suka sekali belanja tanpa harus ditemani oleh manager, asisten atau bodyguardnya, ini karena Jennifer tidak menganggap dirinya sebagai artis besar yang harus dilayani terus menerus.

Bahkan tempat tinggal Jennifer, masih sama dengan tempat tinggal yang ia tempati setelah pindah ke Los Angeles sebelum dirinya terkenal seperti saat ini, padahal dengan kekayaan pribadinya sebesar $ 10.000.000, Jennifer bisa membeli mansion mahal dan bagus di kota-kota yang ingin ia tinggali.

7. Kendrick Lamar

Kendrick-lamar

Rapper yang berhasil masuk ke dalam nominasi Grammy sebagai rapper of the year ini menjadi entertainer lainnya yang menjalankan hidup sederhana. Kekayaannya yang mencapai $ 14.000.000 tidak membuatnya gila belanja atau membeli hal-hal yang tidak penting.

Kendrick bahkan hanya menghabiskan pendapatannya sebesar $ 523.500 (sekitar Rp 680.550.000) untuk membeli tempat tinggal yang berada di daerah Eastvale, terletak lumayan jauh dari pusat kota Los Angeles.

Harga rumah yang memiliki 4 kamar tidur tersebut terhitung murah untuk seorang entertainer kondang sepertinya. Beda sekali dengan teman rapper lainnya; sebut saja Tyga dan Drake. Tyga membeli rumah seharga $ 7.000.000. Rumah yang terletak di Calabasas itu memiliki movie theatre, spa, kolam renang bahkan air terjun!

Sedangkan Drake baru-baru ini membeli sebuah mansion mewah seharga $ 9.000.000 di California bagian Selatan. Ini menunjukan bahwa Kendrick sangat rendah diri dan tidak berlebihan dalam membelanjakan uangnya.

8. Lee Min-Ho

Lee Min-Ho

Kenal dengan Gu Jun Pyo? Atau Kim Tan? Ya, mereka berdua adalah karakter fenomenal yang diperankan oleh aktor kenamaan yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan, Lee Min-Ho. Pria kelahiran 22 Juni 1987 ini merupakan aktor terkaya setelah Kim Soo Hyun.

Berkat kemampuan aktingnya yang luar biasa, Lee Min-Ho mampu mengumpulkan pundi-pundi uang yang luar biasa banyak. Namun uniknya, sang bintang ini sama sekali tidak mengaplikasikan gaya hidup dalam drama ke dalam dunia nyata. Padahal baik dalam drama maupun kehidupannya sehari-hari, Lee Min-Ho sama-sama menjadi orang kaya yang setiap harinya bisa membelanjakan kekayaannya sebesar $ 10.000.000.

Setelah drama televisi The Heirs selesai dua tahun lalu, seluruh baju yang ia pakai tidak ia buang; sama seperti Sarah Jessica Parker, dirinya menyimpan seluruh baju-baju yang ia gunakan selama syuting The Heirs untuk nantinya di lelang.

Seperti yang dilansir dari Soompi, agensi Lee Min-Ho, Starhaus Entertainment membenarkan hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa lelang yang dilakukan oleh Lee Min-Ho akan diadakan secara online oleh Euphoria Seoul. Rencananya, seluruh hasil lelang tersebut akan langsung diserahkan kepada mereka yang kurang beruntung. Baru-baru ini juga Lee Min-Ho kembali menyumbang sebesar $ 50.000 untuk acara charity.

9. Dev Patel

Dev Patel

Karirnya yang melejit lewat film ‘Slumdog Millionaire’ dan ‘The Last Airbender’ membuatnya menjadi salah satu aktor terkaya dengan jumlah kekayaan yang mencapai $ 3.000.000 pada tahun ini. Lewat iklan dan beberapa acara yang menampilkannya, kekayaan Dev Patel diperkirakan akan terus bertambah.

Menjadi kaya tidak membuatnya hambur. Dev Patel dikabarkan sering sekali menghabiskan waktunya dirumah bersama ibu dan keluarganya. Jarang sekali dirinya terlihat berbelanja atau hanya menyesap kopi di kedai-kedai kopi ternama. Dirinya juga sering menggunakan mobil tanpa disupiri untuk berpergian.  Jauh dari kata royal!

10. Fan BingBing

Fan BingBing

Majalah Forbes China baru-baru ini mengumumkan bahwa aktris Fan BingBing merupakan aktris terkaya di China. Dia dinobatkan selama tiga kali berturut-turut oleh Forbes dengan hasil kekayaannya yang mencapai RMB 128.000.000 atau setara dengan Rp 271 miliar!

Selain kaya raya, Bingbing juga memperoleh penghargaan tertinggi atas film yang dibintanginya, Emress of China. Ini membuatnya menjadi mandiri. Wanita 33 tahun tersebut bahkan mengatakan bahwa dirinya tidak perlu mencari suami kaya raya karena dirinya sendiri sudah sangat berkelebihan, pada wawancara yang dilakukan oleh dramafever.

Atas seluruh kerja kerasnya, Fan BinBing bisa menikmati hidup tenang tanpa harus kebingungan mengenai hal finansial. Namun hal tersebut tidak membuat salah satu artis terkaya di dunia ini puas; setelah puas menjajal dunia entertainment, BingBing kini menjadi seorang pebisnis.

Dia memiliki Fan BingBing Studio yang juga mendulang keuntungan selangit. Tapi jangan mengira BingBing menghabiskan uangnya hanya untuk dirinya sendiri! Dia melepas sebagian hasil jerih payahnya untuk sebuah lembaga, Heart Ali, yang membantu anak-anak dengan penyakit liver.

Hidup Fan BingBing juga tidak terlalu serba ‘wah’, dia kerap kali jalan-jalan bersama teman-temannya tanpa dijaga ketat, BingBing juga dekat dengan semua orang tanpa melihat statusnya.

Kejadian ini terlihat beberapa pekan lalu saat dirinya lari dari tempat syuting variety show untuk menolong anak laki-laki yang terlibat kecelakaan. Dirinya segera membawa anak tersebut ke rumah sakit terdekat tanpa mempedulikan kegiatan syuting yang sedang ia lakukan.

11. Keanu Reeves

Keanu Reeves

Kalau ada penghargaan untuk aktor Hollywood paling humble dan sederhana, mungkin Keanu Reeves akan menjadi pemenangnya. Aktor tampan ini sangat dermawan, ia menyumbangkan 85% penghasilannya dari film The Matrix untuk kru pembuatan film. Bukan hanya satu film saja, di setiap filmnya Reeves kerap kali membagi-bagikan honornya kepada kru film.

Kesederhanaan Keanu Reeves juga terlihat dari kebiasaannya yang kerap kali naik kendaraan umum. Padahal, penghasilannya selama menjadi aktor Hollywood bisa membeli supercar jika ia mau. Reeves juga pernah tertangkap kamera netizen memberikan kursinya untuk wanita saat ia sedang naik subway. Wah, sudah tampan, sederhana, gentleman pula!

12. Lady Gaga

Lady Gaga

Penyanyi yang terkenal dengan dandanannya yang nyentrik ini ternyata memiliki kehidupan normal layaknya orang-orang pada umumnya. Lady Gaga sering tertangkap kamera mengenakan baju konvensional sambil berbelanja keperluannya di supermarket. Tampak Gaga mendorong trolinya sendiri dan membantu supirnya memasukkan barang-barang belanjaan ke bagasi mobil.

Lady Gaga juga tak malu mengakui bahwa dirinya sering menggunakan kupon belanja di supermarket. Ia juga mengaku sering melakukan tawar-menawar ketika belanja di pasar. Sebagai penyanyi yang sangat terkenal, Gaga juga sering memasak sendiri, lho.

13. Julia Roberts

Sebagai aktris senior yang sudah membintangi puluhan judul film, Julia Roberts adalah salah satu artis terkaya di dunia yang bisa saja bergaya hidup mewah. Namun, Julia Roberts memilih untuk bergaya hidup sederhana. Ia terlihat beberapa kali belanja kebutuhan rumah tangganya sendiri di supermarket, tanpa pengawalan dan bahkan ia sendiri yang mendorong trolinya.

Pada suatu kesempatan, Julia Roberts juga mengaku bahwa pakaian yang ia miliki tidak terlalu banyak. Aktris Hollywood ini sangat enjoy menggunakan pakaian sederhana yang bukan dari merk ternama. Bahkan, ia juga mengaku sering mengkonsumsi sayuran yang ia tanam sendiri dan merajut baju anak-anaknya.

14. Jennifer Lopez

Jennifer Lopez

Jennifer Lopez pernah masuk dalam majalah Forbes sebagai artis terkaya di dunia dengan penghasilan sebanyak US $ 34 miliar. Dengan perolehan sebanyak itu, penyanyi yang akrab disapa J.Lo ini bisa membeli ratusan pakaian dari merk ternama dunia.

Akan tetapi, J.Lo mengaku pernah memakai pakaian seharga US $ 26 pada sebuah episode American Idol. Yang mengejutkan, pakaian itu bukan satu-satunya pakaian murah yang dimiliki J.Lo. Ia menegaskan bahwa banyak pakaiannya yang murah dan bukan dari merk terkenal. Hal tersebut adalah salah satu usahanya untuk berhemat.

15. Chris Pratt

Chris Pratt

Nama Chris Pratt memang sedang melambung di dunia perfilman Hollywood. Beberapa film yang ia bintangi terbilang sukses, seperti Jurassic World dan Guardians of the Galaxy. Bahkan, Chris Pratt juga telah bergabung dalam film yang paling ditunggu-tunggu, yakni Avengers: Infinity War. Dengan segala kesuksesannya, Chris Pratt pantas berada dalam daftar artis terkaya di dunia.

Namun, kekayaan yang dimiliki Chris Pratt tidak mengubah sifatnya yang sederhana dan dermawan. Jika tidak sedang syuting, Pratt pernah berkunjung ke Children’s Hospital di Los Angeles untuk menghibur anak-anak yang sedang sakit.

Selain itu, Pratt juga pernah beberapa kali melakukan donasi. Pratt pernah mendonasikan US $ 1 juta untuk memberikan kacamata pada anak-anak yang tidak mampu dan melakukan penggalangan dana untuk seorang anak yang berjuang melawan kanker otak.

Sejumlah artis terkaya di dunia ini bisa menjadi role model bagi kita. Contohlah kesuksesan yang mereka raih dan kesederhanaan mereka meskipun harta yang mereka miliki sangat berlimpah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar