advertisements

Siapa bilang Bandung hanya terkenal dengan factory outlet-nya saja? Kota Kembang ini juga memiliki pariwisata alam yang sangat elok. Berbaga tempat wisata alam ini wajib dikunjungi di akhir pekan untuk menghilangkan penat dari rutinitas kerja.

Dikelilingi aneka gunung dan perbukitan, Bandung menyuguhkan berbagai destinasi wisata alam yang cantik dan menyejukan mata. Berbagai tempat wisata ini terletak di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

advertisements

Jika Anda sudah bosan dengan berbagai tempat nongkrong di pusat kota Bandung, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke alam bebas ini. Yuk, simak beberapa destinasi wisata alam di Bandung yang bisa Anda kunjungi berikut ini.

Gunung Tangkuban Parahu

Anda tentu pernah mendengar tentang Legenda Sangkuriang, bukan? Nah, Gunung Tangkuban Parahu ini memiliki hubungan dengan kisah legenda tersebut. Salah satu destinasi wisata alam di Bandung ini berada di daerah Lembang. Gunung Tangkuban Parahu berada sekitar 20 KM dari pusat Kota Bandung.

tempat wisata alam di bandung tangkuban parahu

Panorama alam yang ditawarkan oleh Gunung Tangkuban Parahu sangat menakjubkan. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan 4 kawah yang sangat indah, yakni Kawah Domas, Kawah Jurig, Kawah Ratu, dan Kawah Upas. Anda dan kerabat bisa mengambil foto dengan latar belakang kawah di gunung ini.

Jika ingin mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu jangan lupa untuk mengenakan baju hangat. Pasalnya, udara di sekitar gunung berapi yang masih aktif ini sangat dingin. Anda juga bisa menggunakan masker jika tidak kuat dengan bau belerangnya yang cukup menyengat.

Taman Hutan Raya Juanda

goa jepang

Jika di kota hujan Anda bisa menjumpai Kebun Raya Bogor, Bandung juga memiliki taman hutan yang sangat luas dan asri bernama Taman Hutan Raya Juanda atau yang lebih dikenal dengan Tahura Juanda.

Ini merupakan kawasan konservasi yang sangat luas karena terbentang dari Dago Pakar sampai ke daerah Lembang dan Maribaya. Secara keseluruhan, luas dari Tahura Juanda mencapai 526,98 hektar. Wah, luas sekali, bukan?

Di sini Anda bisa menghirup udara yang sejuk dan bebas dari polusi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin refreshing dengan suasana alam yang masih asri. Lantas, apakah Anda hanya disuguhkan dengan pemandangan dari pepohonan pinus saja? Tidak, di Tahura Juanda terdapat beberapa spot yang menarik, mulai dari area bermain, air terjun, dan goa.

Tahura Juanda menawarkan spot alam dan sejarah, seperti Curug Dago, Curug Lalay, Curug Omas, Patahan Lembang, Goa Jepang, Goa Belanda, dan Monumen Ir. H. Juanda. Tahura Juanda terletak di Kompleks Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda no. 99, Dago Pakar.

Selain sebagai tempat wisata, Tahura Juanda juga sering dijadikan lokasi uji nyali terutama di sekitar Goa Belanda dan Goa Jepang-nya yang terkenal angker. Untuk informasi lebih lengkap mengenai objek wisata ini, silahkan simak petualangan kami di artikel ini.

The Lodge Earthbound Adventure Park

advertisements

Ingin merasakan duduk di atas pohon yang sangat tinggi sembari melihat panorama hutan dari ketinggian yang sangat menakjubkan? Anda bisa berkunjung ke The Lodge Earthbound Adventure Park. Ini adalah tempat yang cocok untuk mencari ketenangan dan menyatu dengan alam. Bahkan, ada beberapa wisatawan yang melakukan meditasi di tengah-tengah hutan pinus yang ada di komplek wisata alam The Lodge ini.

Selain itu, Anda bersama rombongan juga bisa bermain paintball di tempat wisata ini. Sesudah puas menjelajah alam sekitar, Anda juga bisa berpiknik atau BBQ di alam terbuka yang ada di The Lodge Earthbound Adventure Park ini.

Goa Pawon dan Stone Garden

Goa yang satu ini benar-benar istimewa, karena untuk sampai di sini Anda harus mendaking Gunung Masigit terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit. Goa Pawon adalah situs bersejarah yang patut untuk dikunjungi. Dari bibir gua, Anda bisa menyaksikan panorama sawah nan hijau dengan rumah-rumah penduduk di sekitarnya.

Usai berkunjung ke Goa Pawon, lanjutkan pendakian Anda karena nantinya Anda akan menemukan Stone Garden atau taman batu. Di taman ini ada beberapa batu karang yang sangat besar. Uniknya, bila pada umumnya Anda bisa menemukan batu karang di tepi laut, kini Anda menemukannya di dekat puncak gunung.

Bukit Moko

bukit moko

Untuk menikmati view kota Bandung Anda tidak harus mendaki gunung terlebih dahulu. Kunjungi saja Bukit Moko yang terletak di Kecamatan Cimenyan, Bandung. Bukit yang memiliki tinggi 1.500 mdPL ini menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Anda bisa menikmati pemandangan kota Bandung di malam hari saat berada di atas bukit ini. Jika datang di siang hari, Anda bisa menikmati suasana sejuk di sekitar bukit sembari bercengkrama dengan kerabat Anda.

Uniknya, di Bukit Moko terdapat satu warung yang bernama Warung Daweung. Ini merupakan satu-satunya warung yang ada di kawasan Bukit Moko. Di warung ini, Anda bisa memesan makanan dan minuman, kemudian menyantapnya sembari menikmati landscape kota kembang.

Apabila Anda tiba di Bukit Moko pada siang hari, sebaiknya Anda jangan buru-buru pulang terlebih dahulu. Tunggulah sampai waktu matahari terbenam agar Anda bisa menyaksikan keindahan sunset dari bukit ini.

Bahkan, jika ingin mencoba sesuatu yang baru, Anda bisa mengunjungi Bukit Moko pada tengah malam. Sesampainya di sana saat tengah malam, Anda bisa menikmati gemerlap lampu-lampu dari Kota Bandung. Nah, setelah beberapa jam, Anda bisa melihat keelokkan matahari terbit di balik pegunungan yang mengelilingi Bandung.

Kawah Putih

kawah putih ciwidey

Di Ciwidey terdapat sebuah kawah dengan pemandangan yang pasti membuat Anda berdecak kagum. Nama kawah tersebut adalah Kawah Putih Ciwidey. Jangan heran jika Anda melihat banyak fotografer yang sedang hunting atau melakukan sesi foto pre-wedding di area Kawah Putih. Pasalnya, kawah ini memang memiliki pemandangan yang sungguh indah.

Kawah ini berada di bawah area pegunungan yang memiliki ketinggian 2.400 mdPL. Udara di sekitar kawah sangat dingin karena mencapai suhu 8-22 derajat celcius. Selain menikmati keindahan kawah dan mengabadikan panorama alam di sekitarnya, Anda juga bisa melakukan aktivitas, seperti hiking atau berkuda.

Lantas, mengapa tempat wisata alam ini disebut dengan Kawah Putih? Sesuai dengan namanya, tanah di sekitar kawah memiliki warna putih karena mengandung unsur belerang. Air di dalam kawah yang berwarna kehijauan ini juga dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang didalamnya.

Ranca Upas

Ranca Upas

Berada di dekat Kawah Putih Ciwidey ada sebuah balai konservasi penangkaran rusa dan bumi perkemahan bernama Ranca Upas. Tempat ini memang masih terlihat sangat alami. Belum lagi udara sejuk yang terasa di sekitar tempat wisata ini, tentu akan semakin membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di sini.

Ajak serta buah hati Anda untuk mengunjungi Ranca Upas ini. Karena di sini mereka bisa memberi makan dan berinterasi langsung dengan rusa-rusa. Uniknya, tak hanya bisa memberi makan rusa saja, tetapi Anda juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan oubtound di Ranca Upas ini. Selain itu, ada pula kolam pemandian air panas yang sangat bersih di dalam tempat wisata alam ini.

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Tak ada yang lebih mempesona dari pemandangan yang bisa Anda saksikan di Situ Patenggang. Danau ini terletak di tengah kebun teh yang hijau nan sejuk. Selain itu, daya tarik dari tempat wisata alam ini bukan hanya danaunya saja, tetapi juga air terjun kecil yang mengalir di atas susunan bebatuan.

Satu hal yang membuat kawasan wisata ini semakin menarik adalah terdapat sebuah rumah yang berdiri di atas air terjun tersebut. Wah, benar-benar sebuah pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan! Ingin melihat langsung bagaimana kecantikan Situ Patenggang? Kunjungi tempat wisata yang letaknya hanya sekitar 10 menit jika berkendara dari Kawah Putih Ciwidey.

Curug Malela

Curug Malela

Penasaran bagaimana keindahan air terjun terbesar di Bandung? Anda perlu singgah ke Curug Malela. Pesona air terjun ini bahkan diklaim dapat menyaingi keindahan Niagara, lho. Curug Malela adalah air terjun setinggi 70 meter dengan lebar sekitar 50 meter. Dengan ukuran seperti ini, maka tak heran jika Curug Malela diklaim sebagai air terjun terbesar di wilayah Bandung.

Akan tetapi, akses menuju ke Curug Malela ini sedikit sulit. Selain itu, tempatnya sendiri cukup jauh. Anda harus berkendara selama 3 jam dari pusat Kota Bandung untuk sampai ke Curug Malela ini.

Maribaya

maribaya

Sebagian besar warga Bandung tentu tidak asing lagi dengan Maribaya. Lokasinya terletak 15 KM dari sebelah utara pusat kota Bandung. Jika Anda stay di Lembang, maka Maribaya hanya terletak 5 KM saja dari Lembang.

Untuk mencapai Maribaya, Anda bisa melewati Taman Hutan Raya Juanda. Setelah berjalan di sekitar pepohonan yang rindang, Anda akan sampai ke air terjun yang sangat anggun. Di dekat air terjun dibangun sebuah jembatan untuk memudahkan pengunjung menikmati keindahan air terjun tanpa harus basah. Selain itu, di sekitar air terjun terdapat pula pemandian air panas.

Bila Anda ingin piknik bersama keluarga, Maribaya merupakan tempat yang cocok karena memiliki udara yang bersih dan sejuk. Namun, jika Anda tak membawa bekal dari rumah, Anda bisa melakukan wisata kuliner di Maribaya.

Anda bisa menyantap jagung bakar sembari minum bandrek. Setelah asyik berjalan-jalan di Maribaya, jangan lupa membeli susu murni dan berbagai makanan khas Bandung lainnya untuk bekal perjalanan pulang atau sebagai oleh-oleh.

Kota Bandung dan sekitarnya memiliki banyak pariwasata alam yang mengagumkan. Nah, beberapa destinasi wisata alam di Bandung di atas sangat bermanfaat bagi Anda para pecinta alam atau yang sekedar ingin menikmati keindahan alam di sekitar Bandung. Selamat berlibur!

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: