advertisements

Tak ada larangan untuk berwisata pada saat bulan puasa. Bahkan, sekalipun Anda sedang menjalankan ibadah puasa, Anda tetap diperkenankan untuk berwisata. Wisata saat bulan puasa dilakukan agar tubuh dan pikiran jadi lebih santai. Pasalnya, aktivitas dan pekerjaan sehari-hari mungkin membuat Anda suntuk, maka ide untuk berwisata dapat mengembalikan tubuh dan pikiran Anda jadi lebih fresh.

Berikut ini Bacaterus akan berbagi tips wisata saat bulan puasa. Tips ini bermanfaat untuk menjadikan kegiatan wisata Anda jadi lebih hemat, seru, dan menyenangkan meskipun Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Rencanakan Destinasi Wisata dengan Jelas

advertisements

Karena Anda sedang berwisata pada saat bulan puasa, maka pastikan destinasi wisata yang akan dituju. Di hari-hari biasa, mungkin Anda adalah orang yang gemar berpetualang dan berpergian tanpa tujuan yang pasti. Namun, saat sedang berpuasa sebaiknya simpan energi Anda baik-baik.

Berpetualang tanpa tujuan yang pasti bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda membuat rencana mengenai tempat wisata yang akan dituju. Jangan lupa untuk memastikan bahwa destinasi wisata tidak tutup selama bulan puasa.

Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

tas besar tips wisata saat bulan puasa

Salah satu tips wisata saat bulan puasa yang harus Anda lakukan adalah tidak membawa barang terlalu banyak. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, Anda harus menyimpan energi Anda saat sedang berwisata di bulan puasa. Semakin banyak barang yang Anda bawa, maka semakin berat pula beban yang harus Anda bawa.

Oleh karena itu, usahakan untuk membawa barang-barang secukupnya saja agar energi Anda tidak banyak terbuang untuk mengangkut barang. Jika Anda berencana untuk menginap, bawalah pakaian sejumlah dengan hari Anda melakukan wisata ini.

Hindari Wisata Ekstrem yang Menguras Tenaga

panjat tebing

Apa contoh wisata ekstrem yang harus dihindari saat bulan puasa? Contohnya adalah aktivitas mendaki gunung atau bermain paralayang. Meskipun Anda sudah terbiasa melakukan aktivitas wisata ekstrem, tetapi Anda harus mengurangi kegiatan ini pada saat bulan puasa.

Mengapa? Karena aktivtias tersebut membuat Anda mengeluarkan tenaga dan keringat ekstra. Akibatnya, Anda akan merasa lebih cepat harus, padahal Anda tidak bisa meneguk minuman karena sedang berpuasa. Kegiatan ini akan membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi karena banyak mengeluarkan keringat, tetapi tidak mendapatkan cairan pengganti untuk menghidrasi tubuh.

Sahur dengan Makanan yang Bergizi

Sup Kacang Merah

Jangan sampai terlambat bangun sehingga Anda melewatkan sahur. Dalam tips wisata saat bulan puasa, Anda harus sahur dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti yang pernah kami ulas di artikel sebelumnya.

Tidak perlu berlebihan pada saat menyantap hidangan sahur Anda. Makanlah dengan porsi seperti biasa agar perut Anda tidak sakit saat nanti berwisata. Jika perlu, konsumsilah suplemen untuk menjaga stamina tubuh. Jangan lupa untuk minum air minimal 2 gelas pada saat sahur agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Tidak Melewatkan Ibadah Selama Berwisata

advertisements

Wisata dan ibadah harus berjalan dengan seimbang. Anda bisa berwisata dan bersenang-senang bersama teman atau keluarga, tetapi jangan lupa untuk tetap beribadah. Bawalah Al-Quran di tas Anda saat sedang berwisata. Bagi para wanita, jangan lupa untuk membawa mukena.

Nah, bagaimana cara beribadah saat Anda sedang berwisata? Di zaman modern ini, Anda bisa browsing jadwal shalat melalui internet. Catat jadwal tersebut di tempat yang mudah terlihat, entah itu dompet atau ponsel Anda. Apabila waktu shalat sudah dekat, cari masjid atau tempat umum yang memiliki mushala. Ambil air wudhu dan segeralah menunaikan ibadah shalat 5 waktu.

Berwisata Sembari Mendengarkan Murottal atau Ceramah

Apakah Anda berwisata dengan mengendarai kendaraan pribadi, seperti mobil? Jika ya, Anda bisa mendengarkan murottal atau ceramah tentang agama melalui radio tape kendaraan Anda. Akan tetapi, bagi Anda yang naik kendaraan umum, Anda tetap bisa mendengarkan murottal melalui smartphone dengan menggunakan headset.

Untuk mengusir rasa kantuk, dengarkan dan nyanyikan lagu rohani melalui smartphone atau radio tape Anda. Bahkan, bila Anda menumpangi kendaraan umum, Anda pun bisa mengakses video ceramah atau murottal melalui smartphone selama perjalanan.

Lakukan Wisata Rohani

Masjid Cheng Ho

Di bulan suci Ramadhan ini, tak ada salahnya jika kita meluangkan waktu untuk lebih mendalami agama. Anda bisa berwisata sembari belajar agama atau mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Lakukan wisata rohani dengan berziarah ke makam para wali atau tokoh-tokoh yang berpengaruh besar dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Wisata rohani juga bisa dilakukan dengan mengunjungi masjid tertua atau masjid dengan orname bangunan yang unik, seperti Masjid Cheng Ho yang terdapat di beberapa wilayah. Jika memiliki dana lebih, Anda bisa melakukan Umrah untuk beribadah sekaligus berpelesir.

Wisata Malam, Kenapa Tidak?

malam puasa

Bulan puasa kok malah berwisata malam? Nah, jangan salah paham dulu! Wisata malam yang kami maksud bukanlah wisata yang mengunjungi tempat-tempat hiburan malam. Wisata malam saat bulan puasa adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan di malam hari. Nah, wisata apa saja yang bisa dilakukan saat malam hari? Anda bisa mengunjungi pasar malam atau tempat-tempat kuliner yang buka saat malam hari.

Di beberapa daerah, ada pertunjukan budaya lokal yang biasa digelar pada malam hari, seperti wayang kulit. Dalam tips wisata saat bulan puasa ini, kami merekomendasikan agar Anda berwisata di malam hari agar tubuh tidak terlalu lelah. Setelah buka puasa dan tarawih, tentunya tubuh menjadi kembali bertenaga untuk berpelesir menjelajahi tempat-tempat wisata, bukan?

Buka Puasa Bersama dengan Warga/Komunitas Setempat

buka bersama

Asyiknya berwisata saat bulan puasa adalah Anda bisa berbuka puasa dengan warga atau komunitas yang ada di tempat wisata yang Anda kunjungi. Di sini, Anda bisa menambah teman sekaligus berbagi cerita dengan orang-orang baru yang Anda jumpai.

Ketika berbuka puasa bersama, Anda pun bisa meminta rekomendasi kepada warga mengenai tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi pada keesokan harinya. Dengan begitu, Anda bisa mengenal daerah tersebut dengan sangat baik.

Sempatkan Istirahat Saat Berwisata

Ketika sedang berpuasa, tubuh Anda akan menjadi lebih mudah letih dan capek. Oleh karena itu, sebisa mungkin sempatkan istirahat saat sedang berwisata. Anda mungkin bersemangat saat mengunjungi tempat-tempat wisata baru yang menarik, tetapi jangan lupa untuk beristirahat.

Jika Anda mengendarai mobil pribadi, berhentilah di tempat peristirahatan untuk tidur sebentar di dalam mobil. Jangan memaksakan diri untuk tetap mengemudi jika tubuh mulai lelah dan Anda merasa ngantuk. Menepilah sejenak untuk beristirahat dan sebelum melanjutkan perjalanan cucilah wajah dan jangan lupa berdoa agar Anda selamat sampai ke tempat tujuan.

Tips wisata saat bulan puasa ini dapat membuat perjalanan wisata Anda menjadi lebih menyenangkan. Sebelum memulai perjalanan, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, jangan lupa untuk berdoa dan menyebut Bismillah. Pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat dan bugar ketika Anda hendak melakukan wisata saat puasa ini.

Artikel Menarik Lainnya: