Pernikahan menjadi sebuah impian yang diidam-idamkan hampir semua orang. Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelumnya, seperti persiapan mental, memantapkan hati bahwa kita sudah memilih pasangan yang tepat, dan yang utama adalah mempersiapkan dana pernikahan. Nah, kali ini Bacaterus akan membagikan tips persiapan pernikahan sederhana untuk Anda.

Mempersiapkan dana sebaiknya dikumpulkan dari jauh hari, idealnya 2-3 tahun sebelumnya, dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulannya. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu sesuaikan konsep pernikahan Anda dengan anggaran yang dimiliki. Jangan menyelenggarakan acara yang melebihi dari kemampuan finansial Anda dan pasangan. Berikut 8 tips persiapan pernikahan sederhana:

Tempat

tempat

Tips pertama untuk menghemat biaya pernikahan adalah mengadakan acara pernikahan di rumah. Selain lebih murah, tidak ada batasan waktu dan persyaratan lainnya. Atau gunakan gedung serbaguna di masjid yang menyediakan aula atau ruangan khusus untuk pernikahan atau acara keagamaan. Biasanya, harga sewa akan jauh lebih murah daripada menyewa gedung khusus pernikahan atau ball room di hotel.

Tamu

tamu

Buatlah daftar tamu, karena hal ini mempengaruhi biaya katering. Utamakan mengundang tamu yang cukup dekat dengan calon mempelai dan keluarga daripada kerabat yang tidak terlalu akrab. Hitunglah satu undangan itu untuk dua orang dalam menghitung biaya katering. Bila membuat undangan sebanyak 500 lembar, berarti sediakan katering untuk 1000 porsi.

Katering dan Tenda

katering

Mintalah bantuan kepada saudara ataupun tetangga yang ahli memasak untuk jasa katering dan penyewaan peralatan makan dan tenda di dekat rumah agar biayanya bisa lebih murah. Atau Anda bisa menggunakan fasilitas dari rukun warga setempat, biasanya mereka memiliki tenda-tenda dan peralatan makan untuk digunakan dalam acara yang diadakan dilingkungan setempat.

Untuk meja katering bisa meminjam meja sekolah terdekat untuk meminimalisir budget. Lalu hias semenarik mungkin agar tampak indah. Untuk dekorasi bunga, pinjamlah pot bunga pada tetangga sekitar dan aturlah sebaik mungkin agar menjadi dekorasi yang sedap dipandang mata. Carilah teman atau tetangga yang ahli di bidangnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Acara

advertisements
 

Gabungkan prosesi akad nikah dengan resepsi dalam satu hari. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan penghematan dari sisi tata rias dan katering.  Usahakan agar adat yang digunakan dalam pernikahan yang tidak sesuai dengan rukun menikah untuk dihilangkan. Adat pernikahan yang bermacam-macam bisa menyebabkan budget anggaran pernikahan menjadi membengkak.

Undangan dan Souvenir

undangan

Usahakan jangan membuat kartu undangan dari bahan yang mahal, mengingat bahwa kartu tersebut tidak dapat digunakan dua kali. Untuk teman dekat, Anda bisa menggunakan e-mail dan media sosial yang dilampiri dengan foto undangan atau dengan menelepon. Dengan begitu dapat menghemat pembuatan kartu undangan.

Pilihlah souvenir yang bermanfaat dengan harga yang terjangkau. Belilah ditempat grosir souvenir khusus pernikahan. Biasanya harganya variatif sesuai dengan bentuk, ukuran, dan jenis bahan souvenir serta relatif lebih murah ketimbang kita beli ditempat umum. Atau bisa memesan pada teman, tetangga atau kenalan yang berbisnis di bidang souvenir untuk mendapatkan harga yang diinginkan. Biasanya kita bisa mendapatkan ‘harga teman’ yang bisa meminimalisir budget pernikahan.

Baju pengantin, Mahar, dan Hantaran

Tips Persiapan Pernikahan sederhana

Sebaiknya untuk pakaian pengantin bisa menyewa lengkap dengan aksesorisnya, dibandingkan dengan menjahit sendiri ada ongkos membeli bahan dan jahitnya, lagipula pakaian pengantin hanya satu kali pakai. Akan lebih banyak pengeluaran jika kita membuat pakaian pengantin.

Biasanya tempat menyewa pakaian pengantin juga akan menyediakan rias pengantin sehingga budget akan lebih terminimalisir daripada menyewa pakaian ditempat terpisah dengan rias pengantin.

Lalu bicarakanlah tentang mahar dengan pasangan dan keluarga. Supaya mahar tersebut tidak memberatkan calon mempelai pria. Karena biasanya yang sang calon mempelai pria pikirkan adalah biaya dan tanggung jawabnya terhadap istrinya setelah acara pernikahan. Mahar yang paling umum diberikan pengantin pria adalah seperangkat alat sholat, cincin (emas), atau uang tunai. Dan, biasanya dibayarkan secara tunai pula.

advertisements
 

Agar pernikahan bisa berjalan dengan sederhana, maka pemberian mahar tidak mempunyai patokan baik nilai maupun jumlahnya. Hendaknya ingat nasihat baginda Rasulullah SAW berikut mengenai mahar (maskawin) pernikahan. “Sebaik-baik mahar adalah yang paling ringan.” (HR. Al-Hakim dan Ibnu Majah).

Untuk hantaran pilihlah barang-barang yang benar-benar diperlukan untuk mempelai wanita. Seperti kosmetik, tas, sepatu, dan pakaian. Belilah secukupnya karena ini hanya simbolis dari salah satu kewajiban suami dalam memenuhi kebutuhan istrinya.

Carilah teman, saudara atau tetangga yang bisa menghias hantaran tersebut supaya terlihat lebih rapi dan cantik. Meski mungkin harga barang-barang hantaran tersebut tidak mahal dan mungkin bukan merk terkenal, akan tampak indah dan berkelas bila dikemas dengan desain hantaran yang rapi dan cantik.

Panitia

advertisements
 

Minta teman atau kerabat Anda untuk membantu keperluan pernikahan. Misalnya saja untuk dokumentasi foto atau video, dekorasi, membuat undangan dan menyebarkannya bahkan sampai rias pengantin. Kerahkan dan bagi tugas kepanitiaan di lingkungan keluarga dan saudara dekat, dengan ini Anda tidak perlu khawatir dengan jalannya acara pernikahan, karena sudah ada yang bertanggung jawab.

Hiburan

Cari hiburan yang simple namun berkelas. Kalau perlu list teman-teman Anda yang jago main gitar atau keyboard dan sekaligus bisa menyanyi yang juga memiliki alat musik tersebut. Malah lebih terkesan simpel namun terasa classy-nya. Ketimbang menyewa wedding singer lengkap dengan band, hal ini akan lebih meminimalisir budget. Bahkan para tamu undangan atau keluarga bisa berpartisipasi didalamnya dengan menyanyi diiringi gitar atau keyboard tersebut.

Demikianlah 8 tips persiapan pernikahan sederhana yang bisa dilakukan. Selamat mempersiapkan pernikahan bagi Anda yang akan menikah, bijaklah dalam mengeluarkan biaya pengeluaran. Persiapkan diri Anda dan pasangan untuk menjalani kehidupan rumah tangga setelah menikah, karena tentunya banyak hal yang menjadi tanggung jawab masing-masing setelah acara pernikahan sampai maut memisahkan.

Artikel Menarik Lainnya: