advertisements

Dana terbatas bukan sebuah penghalang bagi Anda sekeluarga untuk merayakan natal. Pasalnya, perayaan natal bukanlah seberapa mahal dekorasi yang Anda buat atau seberapa mewah kado yang dibeli untuk sesi tukar kado. Perayaan natal seharusnya dibuat meriah dan hangat meskipun dengan budget yang terbatas.

Berencana untuk membuat perayaan natal bersama keluarga? Yuk, simak tips merayakan natal bersama keluarga dengan budget murah ala Bacaterus berikut ini. Natal yang meriah dan menyenangkan tidak harus mahal, lho!

Tentukan Anggaran Anda untuk Natal

advertisements

Tips merayakan natal yang pertama adalah buat anggaran untuk natal. Pertama, Anda harus menentukan terlebih dahulu anggaran yang tersedia untuk merayakan natal. Pasalnya, dana tersebut sangat penting sebelum Anda mulai berbelanja bahan-bahan untuk dekorasi, makanan, dan hadiah. Hindari berbelanja keperluan natal melebihi anggaran yang sudah Anda tetapkan.

Sedikit tips bagi Anda yang ingin merayakan natal di tahun berikutnya, sebaiknya menabunglah sedikit demi sedikit sejak saat ini. Hal ini bermanfaat agar perayaan natal ini tidak menjadi beban bagi Anda di tahun yang mendatang.

Berbicara Kepada Keluarga Mengenai Dana

Berbicara Kepada Keluarga Mengenai Dana

Bicarakan kepada keluarga Anda mengenai dana yang tersedia untuk merayakan natal. Dengan begitu seluruh anggota keluarga bisa bekerjasama untuk mempersiapkan natal dengan dana yang tersedia. Bila perlu, anggota keluarga lain bisa menyisihkan sedikit uang pribadinya untuk menambah anggaran dana perayaan natal keluarga ini.

Tak hanya itu saja, anggota keluarga yang lain bisa memberikan ide dan solusi masing-masing agar natal kali ini bisa menjadi lebih meriah dan menarik meskipun dengan dana yang terbatas.

Tentukan Dana untuk Tukar Kado

Tentukan Dana untuk Tukar Kado Tips Merayakan Natal

Dalam setiap perayaan natal, sesi tukar kado nampaknya adalah hal yang biasa. Nah, rencanakan acara tukar kado bersama keluarga. Akan tetapi, umumkan mengenai dana yang harus mereka keluarga untuk tukar kado. Misalnya, “Cari kado dengan harga di bawah 50 ribu, tetapi di atas 25 ribu”

Dengan begini semua anggota keluarga akan serempak mencari barang yang dijual dengan kisaran harga 25 – 50 ribu rupiah. Jadi, tak ada lagi istilah “Kado si A mahal, tapi kado si B murah!” Semua kado yang ada di perayaan natal ini memiliki harga yang sama.

Memasak Hidangan Natal Sendiri

Memasak Hidangan Natal Sendiri

Berpikir untuk membeli hidangan natal di restoran? Urungkan saja niat Anda tersebut. Pasalnya, dalam tips merayakan natal dengan dana terbatas ini Anda harus membuat hidangan natal sendiri untuk menghemat pengeluaran.

Meskipun Anda memasak hidangan natal sendiri, Anda bisa membuat hidangan tersebut menjadi lebih spesial. Misalnya, buat makanan untuk natal favorit dari berbagai negara. Cari resep hidangan tersebut di search engine, lalu siapkan bahan-bahan untuk membuatnya. Sesekali Anda sekeluarga akan menyantap hidangan dari negara lain saat perayaan natal kali ini.

Ide untuk Membuat Hadiah Natal Sendiri

advertisements

Bosan mencari kado natal di luar? Anda bisa merekomendasikan ide untuk membuat hadiah natal sendiri. Jadi, Anda tidak perlu menentukan dana yang harus dikeluarkan setiap anggota keluarga untuk membeli kado. Mereka bebas berkreasi untuk membuat hadiah natal yang terbaik.

Kado natal buatan sendiri bisa berupa daur ulang dari barang-barang yang sudah tidak terpakai. Akan tetapi, mengingat ini adalah kado buatan sendiri, maka usahakan buat kado tersebut terlihat indah dan spesial.

Belanja Keperluan Natal Jauh-Jauh Hari

Apa yang Anda butuhkan untuk natal kali ini? Bahan-bahan untuk dekorasi ruangan sampai dengan pakaian baru? Nah, usahakan untuk membeli semua barang yang diperlukan jauh-jauh hari, seperti satu bulan sebelum natal.

Pasalnya, jika Anda berbelanja pada hari-hari menjelang natal, maka harga barang tersebut akan naik. Hal ini memang sudah sangat biasa terjadi mengingat natal tergolong high season. Belanja jauh-jauh hari bisa menghindari Anda dari pengeluaran tak terduga yang melebihi anggaran dana yang tersedia.

Buat Pohon Natal dari Barang Bekas

Buat Pohon Natal dari Barang Bekas

Natal memang identik dengan pohon cemara yang dihiasi dengan lampu dan aksesoris lainnya. Jika Anda tidak memiliki pohon natal dan budget Anda terbatas untuk membeli pohon natal baru, maka Anda bisa membuat pohon natal sendiri dari barang bekas. Libatkan semua anggota keluarga dalam proses pembuatan pohon natal dari barang bekas ini.

Barang bekas yang bisa didaur ulang dan disusun menjadi pohon natal antara lain adalah gelas/botol air mineral, kepingan CD, atau buku-buku lama. Nah, untuk mencari inspirasi mengenai barang lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk disusun menjadi pohon natal, Anda bisa mencarinya di search engine.

Dekorasi Ruangan Bersama

Dekorasi Ruangan Bersama

Menggunakan jasa party decoration tentu saja akan membuat rumah Anda menjadi lebih indah dan meriah. Namun, ingatlah bahwa dana yang Anda miliki terbatas. Sebaiknya simpan dana tersebut untuk keperluan lainnya karena Anda sekeluarga bisa mendekorasi ruangan bersama-sama. Tips merayakan natal yang hangat dimulai dari kebersamaan Anda dan keluarga dalam mempersiapkan perayaan natal.

Mulailah berbelanja keperluan natal bersama, memasak bersama, sampai dengan mendekorasi ruangan dan rumah secara bahu membahu. Meskipun dekorasi tersebut tidak semeriah ketika Anda memakai jasa party decoration, tetapi suasana natal Anda menjadi lebih hangat karena Anda sekeluarga sudah saling bekerjasama untuk membuat perayaan natal ini menjadi spesial.

Buat Permainan atau Pertunjukan Di Rumah

Buat Permainan atau Pertunjukan Di Rumah

Perayaan natal terasa kurang bila Anda hanya makan dan minum bersama keluarga saja. Anda bisa membuat permainan sederhana untuk memeriahkan suasana natal. Misalnya, buat game untuk menebak lagu-lagu natal. Ketika sebuah lagu natal diputar, seluruh keluarga harus berebut untuk menebak judul lagu tersebut.

Sebuah pertunjukan kecil juga bisa membuat perayaan natal semakin meriah, lho. Misalnya, setiap anggota keluarga harus menampilkan bakatnya masing-masing. Akhiri perayaan ini dengan menyanyikan lagu natal bersama-sama. Natal yang meriah tidak harus dirayakan di luar rumah, bukan?

Simpan Peralatan Natal untuk Tahun Depan

Simpan Peralatan Natal untuk Tahun Depan

Ketika perayaan natal tahun ini selesai, simpan semua peralatan, seperti pohon natal, aksesoris untuk dekorasi ruangan, sampai dengan pakaian natal Anda untuk perayaan tahun depan. Cara ini tentu saja akan membantu Anda menghemat pengeluaran untuk perayaan tahun depan.

Usahakan untuk menyimpan peralatan natal ini di tempat yang terjamin agar seluruh peralatan tidak rusak atau kotor. Jika ingin natal tahun depan menjadi lebih meriah, sebaiknya minta semua anggota keluarga menabung untuk menyiapkan anggaran dana natal untuk tahun depan.

Pesta natal tidak harus digelar di restoran mewah atau hotel bintang lima. Dengan tips merayakan natal bersama keluarga dengan anggaran dana terbatas ini, Anda bisa merasakan damai dan kemeriahan natal meskipun tidak mengeluarkan banyak uang. Nah, apakah Anda memiliki tips lain untuk merayakan natal dengan dana murah? Yuk, bagikan tips Anda kepada kami dan pembaca lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: