advertisements

Perayaan natal tidak harus diselenggarakan dengan pesta yang mewah. Terkadang cukup berkumpul dan berdoa bersama keluarga saja sudah menjadi sebuah perayaan natal yang istimewa. Lebih lagi jika Anda ingin merayakan natal bersama keluarga dengan budget murah, maka Anda harus pintar mengatur perayaan natal sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Bagaimana agar perayaan natal terasa meriah tanpa perlu dirayakan di hotel atau restoran bintang lima? Mari simak tips menyiapkan perayaan natal yang meriah dengan beberapa cara yang sederhana dari Bacaterus berikut ini.

Tentukan Tanggal Terlebih Dahulu

advertisements

Tips menyiapkan perayaan natal yang pertama adalah menentukan tanggal terlebih dahulu. Anda harus memastikan bahwa semua keluarga atau teman yang akan hadir pada perayaan natal tersebut memiliki waktu luang di tanggal yang sudah ditentukan.

Apabila tidak memungkinkan untuk membuat perayaan natal di tanggal 25 Desember, maka cobalah untuk memilih tanggal sebelum atau sesudahnya. Jika tamu undangan yang bisa hadir mencapai 70-80 persen, maka Anda bisa langsung menetapkan tanggal tersebut untuk membuat perayaan natal.

Cari Tempat untuk Merayakan Natal

Cari Tempat untuk Merayakan Natal Tips Menyiapkan Perayaan Natal

Tak harus di hotel berbintang, perayaan natal yang meriah juga bisa digelar di rumah Anda atau teman-teman Anda. Akan tetapi, sebelum mulai berbelanja keperluan natal, Anda harus mendapatkan tempat yang pasti terlebih dahulu.

Jika tidak memungkinkan untuk merayakan natal di rumah masing-masing, Anda bisa merayakan natal di cafe atau restoran yang keren tapi harga menu makanan dan minumannya tidak terlalu mahal. Di mana pun tempatnya, perayaan natal akan terasa semakin meriah jika Anda merayakan bersama orang-orang terkasih.

Membuat Uang Kas Bersama

Membuat Uang Kas Bersama

Sejak jauh-jauh hari Anda tentu sudah mengetahui dengan siapa Anda akan merayakan natal. Jika ingin mewujudkan sebuah perayaan natal yang meriah dan maksimal, mengapa tidak membuat uang kas bersama dengan tamu undangan lainnya? Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan pengeluaran ekstra untuk membuat perayaan natal.

Setiap tamu undangan bisa menyetorkan uang kas mereka sejak jauh-jauh hari agar Anda bisa mengatur perayaan natal yang sesuai dengan budget yang tersedia. Ide untuk membuat uang kas bersama ini tentunya akan meringankan Anda dan para tamu undangan lain.

Mendekorasi Tempat dengan Suasana Natal

Mendekorasi Tempat dengan Suasana Natal

Sebenarnya Anda tidak perlu menyewa jasa dekorasi ruangan untuk membuat ruangan tempat Anda merayakan pesta natal menjadi lebih meriah. Bermodalkan ide gambar-gambar dekorasi natal dari internet, Anda sudah bisa membuat dekorasi natal sendiri. Apabila Anda tidak mungkin melakukannya sendiri, Anda dapat meminta bantuan dari tamu undangan lainnya.

Tips menyiapkan perayaan natal berikut ini tentu saja akan menjadi suasana natal terasa semakin meriah. Jangan lupa, pohon natal adalah salah satu benda penting yang harus ada dalam perayaan natal Anda. Jika tidak mungkin membawa pohon natal berukuran besar, bawa pohon natal berukuran lebih kecil atau setidaknya ada beberapa gambar pohon natal di tempat Anda mengadakan perayaan natal.

Ide untuk Merayakan Natal Outdoor

advertisements

Beberapa negara di Amerika dan Eropa mengalami musim salju atau musim dingin pada saat natal. Akan tetapi, sebagian negara tidak mendapatkan musim-musim tersebut pada saat natal, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda ingin merayakan natal di tempat yang terbuka.

Perayaan natal outdoor ini bisa berupa sebuah pesta BBQ di pekarangan rumah sembari bernyanyi bersama atau memainkan game-game sederhana. Tak hanya itu saja, Anda bisa merencanakan perjalanan ke luar kota untuk memanfaatkan libur natal yang Anda dapatkan.

Rencanakan Menu Makanan yang Lezat

Setelah Anda memperoleh tempat untuk merayakan natal, pikirkan menu makanan yang akan dihidangkan pada tamu undangan. Jika Anda merayakan natal di restoran, maka pilih menu makanan yang disediakan oleh restoran tersebut. Akan tetapi, apabila perayaan natal dilaksanakan di rumah, ini saatnya Anda untuk memikirkan menu makanan untuk para tamu.

Manfaatkan keahlian memasak Anda untuk membuat makanan natal khas dari berbagai negara. Namun, bila Anda tidak pandai memasak maka Anda tak perlu berkecil hati. Makanan siap saji, seperti pizza dan french fries, atau memesan catering bisa menjadi ide terbaik untuk menghidangkan makanan lezat pada para tamu undangan.

Mainkan Musik Natal

Mainkan Musik Natal

Kehadiran musik-musik bertema natal akan semakin menghidupkan suasana perayaan natal Anda bersama orang terdekat. Tak ada salahnya jika sejak jauh-jauh hari Anda sudah membuat playlist berisi lagu-lagu bertema natal. Masukkan lagu-lagu natal dari PC ke ponsel Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi streaming musik yang sedang booming saat ini untuk memutarkan lagu-lagu natal pilihan Anda. Dijamin suasana perayaan natal Anda akan menjadi semakin meriah dengan kehadiran musik-musik bernuansa natal ini.

Buat Permainan yang Menyenangkan

Buat Permainan yang Menyenangkan

Untuk memeriahkan perayaan natal kali ini, buat daftar permainan yang bisa Anda mainkan bersama dengan tamu lainnya. Ada begitu banyak permainan khas natal yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Sesuaikan permainan yang Anda pilih dengan tempat perayaan natal Anda.

Apabila berada di tempat umum, maka pilih permainan yang sederhana saja agar tidak mengganggu pengunjung lain. Namun, jika sedang berada di rumah sendiri, pilih permainan yang lebih ramai agar suasana semakin meriah.

Buat Acara Tukar Kado

Tentukan Dana untuk Tukar Kado Tips Merayakan Natal

Bagian yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan natal adalah sesi tukar kado. Oleh karena itu, tips menyiapkan perayaan natal yang tidak boleh terlewatkan adalah menggelar acara tukar kado. Sedikit tips untuk membuat acara tukar kado ini menjadi lebih menyenangkan adalah tentukan nominal harga barang untuk kado yang akan dibawa oleh para tamu undangan.

Kemudian, bungkus kado dengan kertas koran agar tidak ada yang mengenali kado dari pemiliknya masing-masing. Tandai kado dengan nomor, lalu buat nomor undian. Nomor yang Anda ambil harus disesuaikan dengan nomor yang terdapat pada kado. Jika Anda mendapat nomor 3, maka kado yang diberi tanda angka 3 adalah milik Anda.

Jangan Lupa Ibadah Natal

Jangan Lupa Ibadah Natal

Natal adalah hari raya bagi umat Nasrani. Hari natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember ini merupakan hari kelahiran Yesus. Jadi, Natal bukan sekedar kesempatan untuk berpesta dengan teman-teman. Ini adalah momen di mana para umat Nasrani mengucap syukur atas kelahiran Yesus.

Oleh karena itu, sebelum Anda membuat perayaan natal yang meriah, jangan lupakan kewajiban Anda sebagai umat Nasrani untuk mengikuti ibadah natal di gereja masing-masing. Perayaan natal bukan hanya sekedar pesta yang mewah, tetapi juga mempersiapkan diri dan hati untuk menyambut kelahiran Sang Juruselamat.

Nah, itulah tips menyiapkan perayaan natal dari Bacaterus. Perayaan natal yang meriah bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan biaya yang murah, lho. Jadikan perayaan natal ini sebagai ajang untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat Anda. Yuk, segera persiapkan acara natal Anda! Bacaterus juga mengucapkan Selamat Natal bagi para pembaca yang merayakan.

Artikel Menarik Lainnya: