advertisements

Diet saat sedang puasa seharusnya akan menjadi lebih mudah. Pasalnya, jika di hari-hari biasa Anda merasa berat untuk menahan lapar, di bulan puasa ini Anda akan lebih mudah menahan lapar karena sedang menjalankan ibadah. Jadi, jangan jadikan ibadah puasa sebagai penghalang Anda untuk diet.

Setelah menahan lapar selama kurang lebih 13 jam, biasanya orang akan melampiaskan nafsu makannya pada saat buka puasa. Jika Anda sedang diet, sebaiknya jangan melakukan pola makan seperti itu. Karena diet Anda akan sia-sia jika Anda makan dalam porsi berlebihan pada saat buka puasa. Nah, berikut ini Bacaterus akan berbagai tips diet saat puasa agar diet Anda sukses.

Konsumsi Makanan dengan Gizi yang Seimbang

advertisements

Pastikan Anda memperoleh asupan gizi yang seimbang pada saat buka puasa dan sahur. Jangan pernah berpikir bahwa untuk mendapatkan asupan energi saat berpuasa maka Anda harus mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat.

Usahakan tubuh Anda juga memperoleh asupan protein, kalsium, magnesium, vitamin, dan nutrisi lainnya. Apabila Anda sudah memiliki susunan menu makanan untuk diet, terapkan menu tersebut untuk membuat hidangan buka puasa dan sahur.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Roti Gandum

Ganti sumber karbohidrat Anda, seperti nasi putih, dengan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat. Tips diet saat puasa ini menyarankan Anda untuk mengkonsumsi oatmeal, roti gandum, atau nasi merah, sebagai sumber asupan karbohidrat untuk tubuh Anda.

Karbohidrat kompleks membutuhkan proses pencernaan yang lebih lama, sehingga Anda pun akan merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, karbohidrat kompleks yang kaya akan serat tidak akan membuat kadar glukosa dalam darah meningkat. Tak hanya sampai di situ, karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dapat membantu untuk menetralkan asam lambung yang kerap kali meningkat pada saat Anda menjalankan ibadah puasa.

Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis Tinggi Kalori

kolak pisang

Lho, bukankah saat puasa kita harus mengkonsumsi makanan yang manis, seperti takjil, agar tubuh lebih berenergi? Ya, makanan manis memang dapat menjadi asupan kalori untuk meningkatkan energi. Akan tetapi, ingatlah bahwa Anda sedang dalam program diet sehat.

Sejatinya, saat sedang diet cobalah untuk menghindari makanan yang tinggi kalori. Kurangi menyantap takjil yang sarat akan kalori, sebaiknya ganti dengan buah-buahan saja. Namun, bila Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan dan minuman manis, pilih hidangan yang diolah dengan gula rendah kalori.

Jangan Lupa Menyantap Buah dan Sayur

buah infused water

Baik sedang diet atau pun tidak, setiap manusia selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Pasalnya, buah dan sayur menyediakan begitu banyak vitamin dan nutrisi penting untuk tubuh. Selain itu, sebagian besar jenis buah tidak akan membuat Anda gemuk karena buah umumnya mengandung gula alami yang rendah kalori.

Pastikan selalu ada buah dan sayur dalam hidangan buka puasa dan sahur Anda. Namun, perhatikan pula cara mengolahnya. Pilih cara memasak dengan metode dikukus, direbus, atau ditumis dengan minyak zaitun. Hindari penggunaan bahan-bahan yang dapat membuat hidangan buah dan sayur Anda jadi berlemak, seperti santan misalnya.

Hindari Makanan yang Tinggi Kolesterol dan Natrium

advertisements

Ketika Anda sedang menjalani diet sehat, maka Anda juga harus menghindari makanan-makanan yang kurang sehat. Di dalam tips diet saat puasa ini, Anda akan diajak mengenal kriteria hidangan yang kurang sehat. Nah, makanan yang kurang sehat dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet adalah makanan yang tinggi kolesterol dan kalsium, misalnya fast food.

Kami mengerti bahwa makanan cepat saji tentu lebih praktis dan bisa menghemat waktu. Namun, makanan cepat saji sarat akan kolesterol dan natrium yang bisa membuat program diet Anda menjadi sia-sia. Usahakan memasak sendiri hidangan buka puasa dan sahur agar Anda dapat memilih bahan-bahan yang sehat dan segar.

Perbanyak Minum Air Putih

Bagaimana bisa kita memperbanyak minum air putih saat menjalankan ibadah puasa? Bukankah kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari? Ya, setiap manusia memang dianjurkan untuk minum 8 gelas air setiap hari. Namun, itu bukan berarti Anda harus minum sebanyak 8 gelas air pada saat buka puasa dan sahur.

Anda bisa membagi 8 gelas untuk sehari dengan metode 2-4-2. Minum 2 gelas air saat buka puasa, minum 4 gelas air pada saat malam hari (setelah tarawih dan sebelum tidur), dan minum 2 gelas air pada saat sahur. Sangat mudah, bukan?

Tetap Berolahraga Saat Sedang Puasa

tips olahraga waktu puasa

Puasa bukan suatu penghalang untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar. Pastikan Anda cukup berolahraga setiap hari meskipun sedang puasa. Olahraga akan membuat program diet Anda menjadi lebih sukses.

Tips berolahraga pada saat sedang puasa adalah lakukan olahraga yang ringan dan tidak terlalu berat selama 30 menit setiap hari. Waktu yang tepat untuk berolaharga di Bulan Suci Ramadhan ini adalah sore hari saat ngabuburit menunggu adzan maghrib. Jangan pernah memforsir diri ketika Anda berolahraga di bulan puasa ini. Jika merasa lelah, sebaiknya segera istirahat terlebih dahulu.

Tidak Melewatkan Sahur

sahur tips diet saat puasa

Ada berbagai alasan mengapa banyak orang melewatkan sahur. Satu alasan yang paling sering membuat orang melewatkan sahur adalah terlambat bangun. Karena terlalu lelah dan mengantuk, banyak orang yang tidak sempat sahur, tetapi mereka tetap berpuasa selama sehari penuh.

Nah, salah satu tips diet saat puasa yang harus dijalankan adalah jangan pernah melewatkan makan sahur. Pasalnya, asupan makanan pada saat sahur sangat penting untuk membuat tubuh jadi lebih berenergi dan kuat menjalankan ibadah puasa.

Konsumsi Suplemen Diet atau Penambah Stamina

suplemen

Saat berpuasa, tubuh mungkin akan lebih mudah lelah dan kurang bertenaga. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen diet atau penambah stamina pada saat sahur. Suplemen ini akan membantu Anda untuk tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Sempatkan Beristirahat pada Siang Hari

Untuk ibu rumah tangga, wirausaha, dan pekerja freelance mungkin cukup mudah untuk memiliki waktu istirahat di siang hari. Mereka bisa tidur siang selama 1 jam pada saat bulan puasa. Namun, bagaimana dengan pekerja yang terikat waktu 9-to-5  atau 8-to-4?

Pekerja di kantor atau pabrik tetap bisa memiliki waktu istirahat pada saat jam makan siang. Karena saat puasa Anda tidak menyantap makan siang, maka manfaatkan waktu tersebut untuk tidur atau sekedar beristirahat melepas lelah.

Puasa sejatinya akan mempermudah Anda dalam menjalankan program diet sehat, terutama diet yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, Anda tetap harus selektif saat memilih makanan yang akan dikonsumsi pada saat buka puasa dan sahur. Tips diet saat puasa ini juga menganjurkan Anda untuk membuat makanan sendiri untuk santapan buka puasa dan sahur.

Artikel Menarik Lainnya: