advertisements

Ingin merayakan natal dengan budget murah? Mulailah dengan berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Akan tetapi, Anda harus lebih cermat saat belanja bahan-bahan untuk menyambut natal. Pasalnya, belanja tanpa perencanaan bisa membuat tagihan kartu kredit Anda membengkak. Anda harus pintar mengatur pengeluaran untuk belanja agar tidak melebihi budget.

Untuk membantu Anda berhemat saat belanja keperluan natal, Anda bisa mengikuti tips belanja saat natal secara ekonomis dan hemat dari Bacaterus berikut ini. Dapatkan semua kebutuhan Anda untuk menyambut natal tanpa membuat Anda harus membayar lebih banyak.

Tetapkan Anggaran dan Daftar Belanja

advertisements

Sebelum Anda mulai berbelanja, buat daftar belanja dan anggaran dana terlebih dahulu. Tips belanja saat natal yang satu ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan semua barang yang dibutuhkan tetapi tidak melebihi dana yang tersedia.

Di samping itu, membuat daftar belanja juga memberi keuntungan agar Anda tidak melupakan suatu barang yang hendak dibeli. Setelah mencatat daftar belanja dan menetapkan anggaran, Anda bisa belanja dengan lebih terkendali.

Prioritaskan Daftar Hadiah yang Harus Dibeli

Prioritaskan Daftar Hadiah yang Harus Dibeli

Acara tukar kado sudah menjadi tradisi di setiap pesta natal. Bahkan, mungkin Anda sudah membuat daftar barang yang akan dibeli untuk dijadikan kado. Nah, di sini Anda harus mendahulukan kado-kado yang hendak dibeli. Pasalnya, jika anggaran terpakai untuk keperluan lainnya, maka pada saat acara pesta natal tiba Anda jadi tidak memiliki kado untuk diberikan kepada orang lain.

Sebelum berbelanja keperluan natal untuk diri sendiri, utamakan untuk membeli barang-barang yang akan dibungkus sebagai kado terlebih dahulu. Pastikan Anda juga membuat daftar orang-orang yang hendak diberikan kado.

Cari Toko yang Memberi Diskon

Cari Toko yang Memberi Diskon

Siapa pun pasti sangat menyukai diskon. Apalagi jika diskon tersebut diberikan pada saat kita hendak berbelanja keperluan natal. Menjelang natal biasanya toko-toko akan memberikan diskon khusus untuk barang-barang yang dijual. Manfaatkan diskon tersebut untuk dapat berbelanja secara hemat. Akan tetapi, Anda harus lebih selektif dalam berburu barang-barang di tempat diskon.

Pastikan barang tersebut masih dalam kondisi yang bagus agar Anda tidak kecewa setelah membeli barang tersebut. Di samping itu, bandingkan beberapa toko yang menjual barang sejenis agar Anda bisa memperoleh harga yang termurah.

Belanja Sebelum Bulan Desember

Belanja Sebelum Bulan Desember Tips Belanja Saat Natal

Meskipun ada banyak toko yang menggelar diskon besar-besaran sebelum natal, tetapi Anda perlu memastikan bahwa barang-barang yang didiskon masih layak dan bagus. Jika ingin mendapatkan barang terbaik dengan harga yang lebih murah, belanjalah sebelum bulan Desember.

Anda bisa mulai berbelanja pada bulan Oktober. Pasalnya, semakin dekat dengan natal biasanya toko-toko juga menaikkan harga barang-barang terbaiknya. Tak ada salahnya untuk menyimpan aksesoris untuk dekorasi ruangan sampai dengan hadiah natal beberapa bulan sebelum hari natal tiba.

Cari Barang yang Dibutuhkan Di Situs Belanja Online

advertisements

Salah satu tips belanja saat natal yang hemat dan praktis adalah dengan memanfaatkan sejumlah situs belanja online yang ada di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa situs belanja online kerap kali memberikan diskon atau penawaran yang menarik sebelum dan saat natal.

Sejumlah situs belanja online di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari barang yang dibutuhkan adalah MatahariMall, Lazada, Blanja, Blibli, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, jika Anda ingin mencari keperluan natal dengan harga yang lebih miring, Anda bisa membeli barang bekas. Misalnya, cari pohon natal bekas di Tokopedia, Bukalapak, OLX, atau Kaskus. Harga barang bekas tentunya lebih murah dibandingkan Anda harus membeli yang baru.

Abaikan Barang yang Tidak Diperlukan

Benarkah Anda ingin membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, seperti kertas kado baru atau lonceng natal di depan pintu? Nah, setelah Anda membuat daftar barang yang harus dibeli, Anda perlu melakukan seleksi ulang untuk menghapus barang-barang yang tidak diperlukan.

Anda harus bisa mengira-ngira apakah barang yang akan Anda beli benar-benar Anda butuhkan. Bila Anda masih memiliki barang yang sama di rumah, maka usahakan untuk tidak membeli baru. Pastikan semua benda yang ada di rumah Anda bisa dimanfaatkan untuk merayakan natal sebelum Anda pergi berbelanja.

Belanja Bahan Makanan Di Pasar Tradisional

Belanja Bahan Makanan Di Pasar Tradisional

Ada sejumlah bahan makanan yang perlu dibeli untuk menyiapkan makanan untuk natal. Belanja di dalam supermarket modern memang nyaman. Selain sejuk, kondisi supermarket juga lebih bersih dan rapi dibanding pasar tradisional. Namun, yang Anda butuhkan bukan kenyamanan, melainkan harga barang yang lebih murah.

Tips belanja saat natal berikut ini menyarankan Anda untuk membeli bahan makanan di pasar tradisional. Saat ini, sudah banyak pasar tradisional yang dikelola dengan baik dan menempati lokasi yang cukup bersih dan nyaman. Bahkan, Anda bisa menawar harga yang diberikan oleh pedagang jika belanja di pasar tradisional.

Kendalikan Diri, Unsubscribe Email Promosi Belanja

Kendalikan Diri, Unsubscribe Email Promosi Belanja

Untuk menghemat pengeluaran saat belanja natal, Anda harus mengendalikan diri sendiri. “Lapar mata” adalah istilah bagi orang-orang yang mudah menginginkan suatu barang hanya dengan melihat dan cenderung ingin membeli barang tersebut.

Nah, usahakan untuk tidak  “lapar mata” selama Anda sedang berhemat. Unsubscribe email-email yang berisi promo, diskon, atau penawaran belanja lainnya. Ingat, Anda hanya mencari barang-barang yang Anda butuhkan saja!

Natal Bukan Ajang untuk Bersaing

Natal Bukan Ajang untuk Bersaing

Saat kumpul keluarga atau teman-teman untuk merayakan natal, tentu setiap orang ingin tampil dengan maksimal. Namun, ingatlah bahwa natal bukan ajang untuk bersaing atau memamerkan barang satu sama lain. Makna natal yang sesungguhnya adalah kedamaian karena Sang Juruselamat telah lahir di tengah-tengah kita.

Oleh karena itu, hindari persaingan antar teman atau saudara. Misalnya, kakak ipar Anda menggunakan perhiasan berlian dan baju bermerk pada saat acara natal tahun lalu. Nah, Anda jangan sampai terpancing untuk “tidak mau kalah” dan berusaha menyaingi mereka yang tampil lebih maksimal. Pasalnya, hal ini hanya akan menghabiskan uang dan menguras energi Anda.

Tidak Perlu Membeli Kartu Natal

Tidak Perlu Membeli Kartu Natal

Budaya mengirim kartu ucapan natal memang sudah menjadi tren sejak ratusan tahun yang lalu. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi kita bisa membuat kartu natal digital untuk dikirimkan ke kerabat maupun keluarga. Jadi, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan tidak membeli kartu natal.

Kartu natal digital bisa dikirim melalui email, media sosial, atau aplikasi penyedia layanan chatting. Bahkan, saat ini sudah ada banyak sejumlah aplikasi natal terbaik yang akan membantu Anda membuat kartu ucapan yang keren.

10 tips belanja saat natal ini bisa membantu Anda untuk membeli semua keperluan natal tanpa melebihi anggaran dana yang telah Anda sediakan. Yuk, belanja segala kebutuhan natal Anda dengan lebih hemat dan ekonomis!

Artikel Menarik Lainnya: