advertisements
advertisements

Banyak kabupaten di Jawa Tengah yang menanti untuk Anda eksplor. Mulai dari beragam tempat wisata di Klaten, lalu kini ada pula beberapa tempat wisata di Wonogiri. Dari Klaten Anda bisa menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam untuk sampai di Wonogiri. Lantas, adakah tempat wisata yang menarik di Wonogiri?

Siapkan diri Anda untuk melakukan perjalanan ke Wonogiri. Pasalnya, di sana ada berbagai tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Seperti apa tempat wisata yang harus dikunjungi tersebut? Simak ulasan selengkapnya dari Bacaterus berikut ini.

Pantai Nampu

advertisements
advertisements

Apakah Anda termasuk salah seorang yang gemar mengunjungi objek wisata berupa pantai? Jika ya, maka Anda perlu mengunjungi tempat wisata di Wonogiri yang satu ini. Adalah Pantai Nampu yang merupakan pantai berpasir putih dengan pemandangan yang sangat eksotis.

Lokasi Pantai Nampu berada di Desa Dringo, Kel. Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Wonogiri. Walaupun pantai ini belum ramai dikunjungi oleh wisatawan, tapi Anda tidak akan menyesal jika merencanakan perjalanan ke pantai ini. Akses untuk menuju ke Pantai Nampu juga tergolong mudah bagi para wisatawan.

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur Tempat Wisata Di Wonogiri

Bisa dibilang bahwa Waduk Gajah Mungkur adalah tempat wisata yang cukup terkenal di Wonogiri. Danau buatan ini memiliki luas 8.800 hektar dan sudah ada sejak tahun 1970. Waduk Gajah Mungkur dibuat untuk keperluan pengairan sawah. Bahkan, waduk ini tidak hanya mengairi sawah di Wonogiri saja, tetapi juga sawah di Karanganyar, Klaten, dan Sukoharjo.

Wisatawan bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu yang ada di sekitar waduk. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi hidangan yang berasal dari olahan ikan-ikan di waduk ini di warung kaki lima yang berada di sekitar Waduk Gajah Mungkur.

Bukit Cumbri

Bukit Cumbri

Menikmati pesona Negeri Di Atas Awan tidak mengharuskan Anda untuk mendaki gunung. Di Wonogiri, Anda bisa menikmati pemandangan tersebut dari Bukit Cumbri. Ini adalah sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi karena hanya memiliki ketinggian 638 mdpl. Akan tetapi, meskipun tidak terlalu tinggi Anda tetap membutuhkan waktu 1 jam untuk melakukan pendakian.

Tanah di bukit ini juga cukup terjal dan licin, sehingga Anda harus hati-hati saat melakukan pendakian di sini. Usaha yang Anda lakukan tentu saja membuahkan hasil. Sesampainya di puncak Bukit Cumbri, Anda akan melihat pemandangan pegunungan yang diselimuti awan. Datanglah ke sini saat matahari terbit untuk memperoleh pemandangan yang lebih memukau.

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Saat ini, sudah banyak objek wisata air terjun yang sudah dikelola menjadi tempat wisata sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun, Air Terjun Binangun Watu Jadah tergolong masih sangat perawan karena belum dikelola oleh pemerintah setempat dan tidak banyak dikunjungi wisatawan.

Untuk sampai ke air terjun, Anda harus melakukan trekking selama 1 jam. Trekking dilakukan di perbukitan Gunung Lawu selatan dengan pemandangan pepohonan hijau dan udara sejuk. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, tapi airnya sangat jernih sehingga mengundang siapa saja yang datang kemari untuk membasuh muka atau bermain air.

Museum Wayang Indonesia

advertisements
advertisements

Wayang adalah salah satu kesenian dari Indonesia yang tetap dilestarikan hingga saat ini. Ketika berada di Wonogiri, sempatkan diri untuk berkunjung ke Museum Wayang Indonesia. Koleksi wayang di museum ini terbilang lengkap, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang suket, wayang topeng, dan sejumlah jenis wayang lainnya.

Ini adalah salah satu tempat wisata di Wonogiri untuk orang-orang dari segala usia. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk mengenalkan kesenian tradisional khas negaranya. Apakah Anda juga tertarik untuk mengunjungi museum yang berlokasi di Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri ini?

Telaga Claket

Danau buatan yang satu ini bukan hanya menarik perhatian wisatawan. Akan tetapi, Telaga Claket yang berada di Desa Sendang Ijo, Kec. Selogiri, Wonogiri ini juga sering dipakai untuk mengambil foto pre-wedding. Pesona air yang berwarna kehijauan dan bukit-bukit hijau yang mengelilingi telaga ini memang merupakan daya tarik tersendiri.

Sebuah jembatan yang menjorok ke telaga adalah spot foto yang paling favorit bagi para fotografer. Di samping itu, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Telaga Claket adalah memancing atau bermain permainan outbound. Pasalnya, di area Telaga Claket terdapat arena bermain outbound sederhana.

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Satu lagi objek wisata pantai yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda berkunjung ke Wonogiri. Pantai Banyutowo berasal dari bahasa Jawa, “Banyutowo” memiliki arti “air tawar” Hal tersebut dikarenakan laut di pantai ini menjadi muara bagi beberapa sungai di Wonogiri. Pesona pantai ini semakin menonjol dengan adanya batu-batu karang besar di tepi pantai.

Jika Anda sedang berada di Wonogiri, maka Anda wajib mengunjungi pantai yang menjadi tempat bertemunya air tawar dan air asin ini. Lokasi Pantai Banyutowo berada tidak jauh dari Waduk Gajah Mungkur, yakni di Kec. Paranggupito, Wonogiri.

Air Terjun Setren Girimanik

Air Terjun Setren Girimanik

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya sangat cocok bagi Anda yang ingin refreshing, menyatu dengan alam, dan menghirup udara segar. Ya, Air Terjun Setren Girimanik merupakan destinasi wisata yang tepat untuk kriteria tersebut. Di lokasi Air Terjun Setren Girimanik, Anda akan menemukan 3 air terjun, yakni Air Terjun Condromoyo, Manik Moyo, dan Tinjo Moyo.

Dari pusat kota Wonogiri, Anda hanya perlu menempuh perjalanan darat selama 30-40 menit saja untuk sampai ke Air Terjun Setren Girimanik. Lokasi tempat wisata ini berada di sisi selatan Gunung Lawu, tepatnya di Desa Setren, Kec. Slogohimo, Wonogiri.

Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono

Apakah Anda penggemar wisata susur goa? Jika ya, maka Anda harus mencoba menjelajahi Goa Putri Kencono yang berada di Wonogiri. Goa seluas 1.000 meter ini bisa dikunjungi oleh wisatawan karena jalur di dalam goa sudah bagus dan tidak terjal.

Keindahan stalagtit dan stalagmit di dalam goa ini memang sangat mengagumkan. Anda bisa menyusuri goa sambil memotret keindahan langit-langit goa. Jarak antara Goa Putri Kencono dari pusat Kota Wonogiri sekitar 40 KM.

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Destinasi wisata pantai yang tidak kalah menarik dari pantai-pantai lainnya adalah Pantai Sembukan. Pantai yang cantik ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada saat hari libur. Air laut di pantai ini nampak biru dan sangat jernih, sehingga banyak wisatawan yang senang berkunjung kemari.

Ada mitos dari warga setempat yang mengatakan bahwa Pantai Sembukan adalah gerbang ke-13 Kanjeng Ratu Kidul. Konon, pantai ini digunakan oleh Kanjeng Ratu Kidul untuk menghadiri pertemuan Raja-Raja Kasunanan Surakarta.

Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Wonogiri yang kami sebutkan di atas? Tunggu apalagi, catat dan rencanakan perjalanan wisata Anda ke tempat-tempat ini! Dijamin perjalanan wisata Anda akan terasa sangat menyenangkan.

Artikel Menarik Lainnya: