advertisements
advertisement

Apakah Anda salah satu penggemar serial drama Turki yang akhir-akhir ini banyak ditayangkan oleh stasiun TV swasta di Indonesia? Jika diperhatikan dengan seksama, lokasi pengambilan gambar di drama Turki tersebut sangat menakjubkan.

Nah, jika Anda berencana untuk berlibur ke luar negeri terutama ke Eropa dan Timur Tengah, masukkan Turki dalam rencana destinasi liburan Anda selanjutnya. Pasalnya, ada begitu banyak tempat wisata di Turki yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

advertisement
advertisement

Setelah sebelumnya kita mengulas berbagai macam makanan khas Turki yang sangat menggugah selera, kali ini Bacaterus akan mengulas berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Turki. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

Galata Kulesi

Landmark Turki yang satu ini ada di urutan pertama lokasi wisata yang wajib disinggahi ketika berada di Turki. Galata Kulesi atau yang juga dikenal dengan nama Galata Tower merupakan menara kuno sisa peninggalan masa Republik Genoa di Konstantinopel, yang kini berganti nama menjadi Istanbul.

tempat wisata di turki Galata Kulesi

Menara ini adalah benteng koloni yang dibangun sekitar tahun 1348. Menara yang memiliki 9 lantai ini bisa dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya, di dalam menara juga terdapat restoran, klub malam, dan juga cafe dengan view kota Istanbul dan Selat Bosphorus.

Pamukkale

“Benteng kapas” itulah julukan bagi tempat wisata di Turki yang satu ini. Ini merupakan suatu objek wisata alam yang didominasi dengan batu-batuan putih, sehingga tempat ini terlihat seperti benteng kapas. Batuan tersebut berasal dari mineral kalsium.

Pamukkale

Di sekitar Pamukkale ini Anda dapat dengan mudah menemukan kolam pemandian untuk umum. Salah satu kolam pemandian yang ternama adalah Hierapolis. Air di dalam kolam tersebut memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Jadi, Anda dapat berendam sembari menikmati panorama alam yang sangat luar biasa ini ketika berada di Pamukkale.

Library of Celsus

Turki memang sarat dengan objek wisata bersejarah. Salah tempat wisata yang bersejarah dan cukup populer adalah Library of Celcus yang letaknya berada di pesisir barat Turki. Dahulu, bangunan ini didirikan untuk menghormati Tiberius Julius Celcus Polemaeanus.

Library of Celsus

Sesuai dengan namanya Library of Celcus adalah sebuah perpustakaan yang menyimpan lebih dari 12 ribu gulungan kertas. Bahkan, Celcus yang juga merupakan mantan gubernur Asia juga dimakamkan di sini.

Bangunan ini juga sempat dipugar pada thaun 1970 dengan sangat hati-hati. Lokasi wisata yang satu ini menjadi tempat hunting favorit bagi para fotografer karena suasananya sangat kental dengan suasana sejarah.

Gunung Ararat

advertisement
advertisement

Gunung Ararat adalah puncak tertinggi di negara Turki. Dengan kata lain, ketika berada di Gunung Ararat itu artinya Anda sedang berada di titik tertinggi Turki. Gunung setinggi 5.165 meter di atas permukaan laut ini merupakan objek wisata alam sekaligus sejarah.

Mengapa disebut sebagai objek wisata sejarah? Karena gunung ini memiliki cerita bahwa konon Bahtera Nabi Nuh pernah berlabuh di sini. Dari puncak gunung berapi ini, Anda juga bisa memandang negara-negara lain yang merupakan tetangga dari Turki, seperti Iran atau Armenia.

Blue Lagoon

Pantai di Turki memang sangat menarik untuk dibahas. Salah satu pantai ternama di Turki adalah Blue Lagoon atau yang juga dikenal dengan nama Belcekiz. Ini adalah salah satu pantai terindah di Turki yang selalu dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Pasir pantai di Blue Lagoon ini terkenal sangat putih dan halus. Anda bisa bersantai di tepi pantai sembari berjemur atau menyibukkan diri dengan mencoba segala macam watersport yang ada di sini. Air laut di pantai ini terbilang tenang dan tidak berombak. Jadi, tak ada salahnya jika Anda turut berenang di tepi pantai.

Istanbul

Istanbul

Pernahkah Anda menonton serial Turki “Muhtesem Yuzyil” atau yang lebih dikenal dengan nama Abad Kejayaan? Serial yang sempat ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta ini menceritakan tentang kisah Kaisar Ottoman, Suleiman I. Di serial tersebut kebanyakan adegan diambil di Istana Topkapi (Topkapi Palace) yang merupakan kediaman Kaisar Ottoman saat itu.

Nah, ketika Anda sedang berpelesir ke Turki, jangan lupa untuk mampir ke Istanbul, salah satu kota terpenting yang ada di Turki dan tempat di mana Anda bisa melihat Istana Topkapi secara nyata. Tak hanya Istana Topkapi saja, Anda juga bisa berkunjung ke Blue Mosque yang merupakan masjid megah yang didominasi dengan warna biru.

Hagia Sophia

Hagia Sophia

Di Istanbul, ada sebuah bangunan yang dulunya adalah gereja, tetapi sempat diubah menjadi masjid yang berfungsi selama 500 tahun lamanya. Di tahun 1937, presiden Turki pertama yang bernama Mustafa Kemal Ataturk mengubah status bangunan ini menjadi museum.

Presiden tersebut melakukan beberapa pemugaran untuk mengembalikan ciri khas Hagia Sophia agar nampak seperti gereja. Sejak saat itulah Hagia Sophia menjadi museum yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Anda akan merasa takjub ketika melihat interior bangunan ini yang begitu luar biasa.

Cappadocia

Cappadocia

Sekilas bangunan yang ada di Cappadocia ini mengingatkan kita kepada bangunan yang ada di Yunani. Ya, Cappadocia memang didominasi oleh rumah-rumah penduduk yang terbuat dari batu. Wilayah ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang dimiliki Turki. Banyak para wisatawan dari mancanegara mengunjungi Cappadocia karena terpesona dengan keunikan wilayah ini.

Selain itu, apabila Anda ingin melihat seluruh wilayah Cappadocia secara lebih jelas, Anda bisa menaiki balon udara yang disewakan oleh masyarakat sekitar. Balon udara ini akan mengantar Anda untuk melihat-lihat seluruh wilayah Cappadocia dari ketinggian.

Safranbolu

Safranbolu

Hampir di setiap negara pasti memiliki sebuah wilayah yang disebut dengan kota tua. Di Turki, Anda bisa mengunjungi salah satu daerah yang dikenal sebagai kota tua, yakni Safranbolu. Bangunan di sini masih sama seperti pada masa pemerintahan Kaisar Ottoman. Rumah penduduk di Safranbolu sangat sederhana karena terbuat dari kayu yang dindingnya dicat dengan warna putih.

Ciri khas yang menjadi daya tarik dari Safranbolu adalah gang-gang kecil yang mengingatkan kita pada gang-gang yang ada di kota-kota Eropa. Sebagai wisatawan, Anda bisa mengelilingi kawasan Safranbolu ini dengan berjalan kaki atau bersepeda untuk lebih menikmati pemandangan yang ada di sekitar Anda.

Maiden’s Tower

Apabila Anda pernah menyaksikan serial drama Turki Shehrazat 1001 Malam, Anda tentu sering melihat Maiden’s Tower ini. Maiden’s Tower atau yang juga dikenal sebagai Kiz Kalesi adalah sebuah menara yang berada di pulau kecil yang terletak di tengah-tengah Selat Bosporus.

Menara ini dulunya adalah menara pengawas, lalu sempat aktif digunakan sebagai mercusuar. Akan tetapi, kini Maiden’s Tower dikenal sebagai restoran dan cafe ekslusif yang ada di Turki. Pemandangan Maiden’s Tower pada malam hari sering ditampilkan pada serial drama Shehrazat 1001 Malam. Tertarik untuk makan malam di tengah Selat Bosporus? Yuk, segera kunjungi Maiden’s Tower.

Ini hanyalah sebagian dari tempat wisata di Turki yang harus Anda kunjungi. Masih banyak tempat wisata lainnya di Turki yang sangat menarik dan luar biasa. Jika Anda memiliki rekomendasi objek wisata di Turki, segera tuliskan di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: