advertisements
advertisements

Menjelajahi semua kota dan kabupaten di Jawa Timur memang sangat mengasyikkan. Dimulai dari perjalanan Anda di ibu kota Provinsi Jawa Timur, yaitu Surabaya. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata di Gresik. Dari Gresik, perjalanan wisata Anda tentu belum berakhir karena ada sebuah kabupaten di Pantai Utara Jawa Timur yang masih harus dieksplor, yakni Tuban.

Mengingat Tuban berada di Pantai Utara Jawa Timur, tentu Anda sudah bisa menebak bahwa di kabupaten dengan penduduk sejumlah 1,2 juta jiwa ini Anda bisa menemukan beberapa objek wisata pantai. Nah, langsung saja kita bahas satu persatu mengenai tempat wisata di Tuban versi Bacaterus berikut ini.

Pantai Kelapa

advertisements
advertisements

Hanya berjalan sekitar 6 KM di sebelah timur pusat Kota Tuban, kita sudah bisa menemukan objek wisata pantai yang keren. Adalah Pantai Kelapa yang di tepi pantainya memang ditumbuhi dengan begitu banyak pohon kelapa. Suasana seperti ini benar-benar membuat kita berlibur dengan suasana tropis yang menyenangkan.

Pantai Kelapa berlokasi di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban. Pasir pantai di sini tidak terlalu putih, tapi juga tidak terlalu hitam. Ada pula beberapa traveler yang mendirikan kemah untuk bermalam di Pantai Kelapa ini.

Pantai Boom

Pantai Boom Tempat Wisata Di Tuban

Mungkin Anda sudah bisa menebak sebelumnya bahwa sebagian besar tempat wisata di Tuban memang didominasi oleh pantai. Berikut ini ada Pantai Boom yang merupakan semenanjung buatan bekas pelabuhan kuno pada zaman Kerajaan Majapahit.

Pantai ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat sehingga fasilitas yang bisa Anda peroleh di sini cukup memadai. Spot menarik yang terdapat di Pantai Boom adalah sumur tua yang konon sudah ada sejak zaman Belanda, lalu ada gazebo untuk menikmati sunset, dan sebuah jalan yang sengaja dibuat menjorok ke laut.

Pantai Sowan

Pantai Sowan

Siapa sangka di tepi Jalan Pantura yang terkenal pada dilalui kendaraan terdapat sebuah pantai yang cantik, yaitu Pantai Sowan. Pantai ini juga dikelilingi oleh hutan seluas 32 hektar yang ditumbuhi dengan berbagai jenis pohon, mulai pohon mahoni, trembesi, dan klampis.

Selain flora, di Pantai Sowan kita akan menjumpai beberapa jenis fauna, seperti burung kutilang, perkutut, jalak, dan masih banyak lagi. Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Sowan adalah bersantai atau memancing. Namun, Anda pun bisa berkemah di tepi pantai jika ingin berada lebih dekat dengan alam.

Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip

Selain pantai, ternyata tempat wisata di Tuban juga didominasi dengan beberapa air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Nglirip. Objek wisata air terjun setinggi 30 meter ini sangat menarik perhatian wisatawan karena air yang jatuh dari atas tebing ini berwarna tosca.

Di balik keindahan Air Terjun Nglirip terdapat cerita mistis tersendiri. Konon, tempat ini selalu memakan korban jiwa setiap tahunnya. Jadi, sebelum Anda berkunjung ke Air Terjun Nglirip sebaiknya Anda berdoa memohon keselamatan pada Yang Maha Kuasa serta usahakan agar pikiran Anda tidak kosong saat berada di area wisata air terjun yang berada di Desa Mulyoagung, Kec. Singgahan, Tuban ini.

Goa Ngerong

advertisements
advertisements

Eksotisme yang ditawarkan Goa Ngerong memang tidak ada habisnya. Cara masuk ke dalam goa ini pun terbilang unik karena kita harus naik perahu karet untuk menyusuri sungai yang ada di dalam goa. Sungai di dalam goa ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan kita bisa melihat dan memberi makan ikan-ikan yang ada di sungai tersebut.

Sambil naik perahu dan menyusuri sungai, Anda pun dapat menatap ke langit-langit goa yang dihuni ratusan atau ribuan kelelawar yang sedang menggantung di sana. Di dalam Goa Ngerong terdapat pula air terjun. Petualangan yang ditawarkan oleh goa yang terletak kaki bukit kapur ini memang sangat menakjubkan.

Pantai Cemara

Ada Pantai Kelapa, ada pula Pantai Cemara. Dinamakan Pantai Cemara karena di tepi pantainya banyak ditumbuhi pohon cemara yang sangat rimbun. Berkat pohon-pohon inilah suasana di sekitar pantai menjadi teduh meskipun matahari sedang bersinar terik.

Pantai Cemara juga berdampingan dengan wisata hutan mangrove. Untuk masuk ke dalam kawasan wisata ini, Anda tidak dikenakan biaya karcis masuk. Selain itu, lokasi Pantai Cemara ini cukup dekat dengan pusat Kota Tuban, yakni hanya berjarak 8 KM saja.

Goa Suci

Goa Suci

Goa Suci diperkirakan merupakan peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Namun, goa yang berada di kawasan penambangan batu kapur ini termasuk dalam jenis goa buatan. Hal tersebut bisa dilihat dari pahatan-pahatan di dinding goa yang nampak seperti hasil tangan manusia.

Konon, dahulu Goa Suci digunakan oleh orang-orang baik untuk semedi dan bermeditasi. Namun, saat ini Goa Suci dibuka sebagai objek wisata untuk umum. Daya tarik dari goa ini terletak pada langit-langit goa yang berlubang sehingga cahaya matahari bisa langsung masuk untuk menerangi seisi goa.

Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo

Kolam renang dengan sumber air alami memang sulit ditemukan di kota-kota besar. Akan tetapi, Anda bisa menemukan kolam tersebut di Tuban. Pemandian Bektiharjo adalah tempat wisata di Tuban yang mengusung konsep kolam renang dengan air yang berasal dari sumber mata air alami. Kejernihan air di kolam ini menjadi bukti bahwa air tersebut benar-benar sangat alami.

Di sekitar Pemandian Bektiharjo ini juga terdapat kawanan kera liar yang sangat jinak kepada pengunjung. Anda dapat memberi makan atau mengajak kera-kera tersebut bermain. Pemandian Bektiharjo adalah sebuah tempat wisata keluarga yang sangat menyenangkan.

Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang

Tuban mendapat julukan sebagai Bumi Wali. Hal tersebut bukan tanpa sebab karena kota ini memang dikenal sebagai pusat penyebaran agama Islam. Selain itu, di Tuban juga terdapat komplek Makam Sunan Bonang, salah seorang dari Wali Songo. Jika Anda adalah pemeluk agama Islam, maka Anda bisa melakukan wisata religi dengan ziarah ke Makam Sunan Bonang.

Makam ini sudah dipugar dan direnovasi menjadi sangat bagus. Banyak peziarah lain yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia ke komplek Makam Sunan Bonang yang berada di Kutorejo, Tuban.

Goa Akbar

Goa Akbar

Tidakkah Anda ingin mengunjungi goa yang pernah menjadi tempat tinggal Sunan Kalijaga? Ya, Goa Akbar dulu merupakan tempat tinggal Sunan Kalijaga. Saat ini, Goa Akbar sudah dikelola menjadi tempat wisata oleh pemerintah setempat.

Pihak pengelola telah menempatkan beberapa penerangan di dalam goa untuk memudahkan pengunjung melihat stalagmit dan stalagtit di langit-langit goa. Selain itu, di sini juga sudah dibangun tangga untuk memudahkan pengunjung berjalan dan menelusuri setiap sudut goa.

Itulah 10 tempat wisata di Tuban yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apakah Anda memiliki saran mengenai destinasi wisata lain yang harus disinggahi ketika berada di Tuban? Yuk, bagikan saran Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah.

Artikel Menarik Lainnya: