advertisements

Subang adalah sebuah kabupaten yang dekat dengan Bandung dan Purwakarta. Bila Anda sedang berada di Bandung atau Purwakarta, maka tak ada salahnya jika menyisihkan waktu untuk berjalan-jalan di Subang. Meskipun ini adalah kabupaten kecil, tetapi ada banyak tempat wisata di Subang yang bisa mencuri perhatian Anda.

Ingin jalan-jalan ke Subang, tetapi tidak tahu ada tempat wisata apa saja di sana? Tenang saja, simak rekomendasi objek wisata di Subang dari Bacaterus berikut ini.

Pemandian Air Panas Ciater

advertisements

Pemandian air panas yang satu ini letaknya berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Air yang digunakan untuk pemandian ini berasal dari sumber mata air panas yang terdapat di sebuah kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu.

Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berendam di sini usai berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu atau tempat wisata lainnya di Bandung. Oleh karena itu, pemandian air panas ini tidak pernah sepi pengunjung, lho.

tempat wisata di subang Pemandian Air Panas Ciater

Jika Anda tidak ingin berendam bersama-sama dengan orang lain di dalam kolam, maka Anda bisa berendam di kamar rendam yang lebih privat. Pemandian air panas ini berada di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Pantai Pondok Bali

Meskipun ada nama “Bali” di pantai ini, nyatanya pantai ini berada di Subang, bukan di Bali. Pantai yang indah ini terletak di Desa Mayangan, Pamanukan, Subang. Pohon kelapa yang berdiri di tepi pantai membuat pantai ini terlihat lebih eksotis.

Pantai Pondok Bali

Sementara itu, nama “Bali” ini sebenarnya berasal dari kata “Wali”. Konon, pada jaman dahulu kala para wali sering singgah di pantai ini untuk mengambil air wudhu. Overall, pemandangan di pantai ini cukup indah. Di samping itu, pemandangat sunset di Pantai Pondok Bali ini sangat worth untuk dinantikan.

Penangkaran Buaya Blanakan

Jalan-jalan di lokasi penangkaran buaya, kenapa tidak? Di Penangkaran Buaya Blanakan terdapat kirang lebih 200 ekor buaya muara, baik jantan maupun betina. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan atraksi sang pawang yang memberikan makan kepada buaya-buaya tersebut.

Penangkaran Buaya Blanakan

Objek wisata seluas 1,5 hektar ini dikelola oleh PT Perhutani. Selain melihat buaya-buaya di penangkaran, pengunjung dapat berkemah atau berjalan-jalan di kawasan hutan mangrove yang berada dekat dari lokasi penangkaran.

Setelah capek berkeliling, singgahlah di beberapa warung makan yang ada di sekitar lokasi penangkaran. Warung tersebut menjual aneka makanan berupa ikan segar yang langsung ditangkap di Laut Blanakan.

Curug Cileat

advertisements

Untuk bisa sampai ke Curug Cileat, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 37 Km dari pusat Kota Subang. Sesampainya di sana, Anda masih harus berjalan kaki beberapa kilometer terlebih dahulu untuk sampai ke air terjun ini.

Curug Cileat terletak di Desa Cibogo, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Suasana di sekitar air terjun terasa sejuk. Apabila air terjun ini terkena pantulan sinar matahari, maka Anda bisa melihat bias cahaya yang tampak seperti pelangi. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama teman-teman dengan berfoto di depan Curug Cileat ini.

Pantai Kelapaan

Satu lagi pantai yang harus dikunjungi saat berada di Subang, yakni Pantai Kelapaan. Area pantai ini sangat luas sehingga memungkinkan para wisatawan yang datang kemari untuk dapat bermain voli pantai. Jika Anda menyukai water sport, di pantai ini Anda bisa bermain sky boat.

Namun, bila tidak ingin melakukan kegiatan apapun, Anda bisa duduk santai di tepi pantai sembari menikmati angin sepoi-sepoi dan mendengarkan suara deburan ombak yang merdu. Pantai Kelapaan ini tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan Pantai Pondok Bali. Saat berada di Pantai Kelapaan, jangan lupa untuk menyantap hidangan laut berupa ikan bakar di warung-warung sekitar pantai.

Curug Cijalu

Curug Cijalu

Di Subang, ada Curug Cileat ada pula Curug Cijalu. Tempat wisata di Subang yang menawarkan pesona alam air terjun ini berada di desa yang berbeda dengan Curug Cileat. Curug Cijalu ini berada di Desa Cipanjar, Kecamatan Sagalaherang.

Air terjun di sini boleh dibilang masih sangat alami dan menyatu dengan alam. Ukuran air terjun di sini memang tidak terlalu besar, tapi pemandangan hijau dan udara sejuk di sekitar Air Terjun Cijalu inilah yang membuat suasana di sekitarnya terasa adem dan cocok untuk refreshing. Ingin berwisata ke Curug Cijalu? Anda harus berkendara dari pusat kota Subang sejauh kurang lebih 30 KM.

Batu Kapur

curug batu kapur

Masih membahas tentang tempat wisata di Subang yang bernuansa air terjun. Akan tetapi, di Batu Kapur ini Anda tidak hanya dapat melihat air terjun saja, tapi juga bisa berendam di kolam pemandian air panas yang ada di tempat wisata ini.

Batu Kapur ini memiliki air terjun dengan nama Curug Agung. Sementara itu, lokasi tempat wisata ini juga memiliki nama yang sama dengan air terjun tersebut, yakni Desa Curug Agung. Banyak wisatawan yang datang kemari untuk berendam di kolam pemandian air panas yang konon dapat menyembuhkan segala macam penyakit kulit, terutama jika memiliki penyakit gatal yang tak kunjung sembuh.

Capolaga

Capolaga

Capolaga adalah bumi perkemahan yang terkenal di Subang. Capolaga Adventure Camp ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Di sini, Anda tidak hanya bisa berkemah saja, lho. Anda pun bisa mengunjungi beberapa air terjun yang ada di sekitar tempat berkemah, seperti Curug Karembong, Curug Cimuja, dan Curug Sawer.

Di kawasan Capolaga ini, Anda juga bisa menemukan beberapa gua, salah satu gua yang terkenal adalah Gua Badak. Jadi, Capolaga adalah tempat wisata di Subang yang bisa membuat Anda lebih dekat dengan alam.

Pemancingan Lembah Gunung Kujang

Pemancingan Lembah Gunung Kujang

Apakah Anda memiliki hobi memancing ikan? Jika ya, maka Pemancingan Lembah Gunung Kujang ini adalah tempat wisata yang cocok untuk Anda. Kolam pancing seluas 3 Hektar ini berada di kaki Gunung Kujang. Di sini, terdapat 3 jenis kolam pancing dengan ukuran yang sangat luas.

Hampir setiap akhir pekan Pemancingan Lembah Gunung Kujang ini selalu dipadati oleh pengujung. Jika tak sabar menunggu umpan Anda disambar oleh ikan, Anda dapat memesan hidangan olahan ikan segar di restoran yang ada di sana.

Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu

Sesuai dengan namanya, di desa ini Anda akan disuguhkan dengan berbagai pertunjukan budaya setempat. Suasana di Desa Wisata Sari Bunihayu ini masih sangat asri. Hamparan sawah yang hijau dan udara pegunungan yang sejuk dan fresh adalah daya tarik yang dimiliki oleh desa ini.

Bagi Anda yang datang dari jauh tak perlu khawatir karena di kawasan desa wisata ini tersedia villa untuk menginap. Selain itu, ada berbagai fasilitas untuk memanjakan wisatawan, mulai dari kolam renang, rumah makan, kolam ikan, play ground, taman buah, outbound land, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda ingin refreshing dan menghirup udara segar khas pedesaan, Desa Wisata Sari Bunihayu adalah pilihan yang tepat untuk destinasi wisata Anda.

Tempat wisata di Subang ini membuat kita semakin dekat dengan alam. Liburan tak harus ke mall atau taman hiburan, bukan? Sesekali liburan di tempat yang menyatu dengan alam bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih segar, lho.

Artikel Menarik Lainnya: