advertisements
advertisements

Jika Anda sedang berpergian ke Banyumas, sempatkan diri untuk mampir ke ibukota dari kabupaten tersebut, yakni Purwokerto. Di sana, Anda akan menjumpai berbagai objek wisata menarik untuk sekedar refreshing dan berlibur.

Nah, kali ini Bacaterus akan mengajak Anda untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Purwokerto. Penasaran tempat-tempat wisata apa saja yang akan kami rekomendasikan? Yuk, baca liputan selengkapnya berikut ini.

Baturraden

advertisements
advertisements

Wisata alam Baturraden cukup terkenal di Purwokerto. Tempat wisata ini berada tepat di kaki Gunung Slamet. Jadi, udara di sini sangat sejuk, terutama pada pagi hari. Pengunjung yang datang ke Baturraden biasanya ingin menikmati udara pegunungan yang masih bersih dan sejuk.

Selain itu, pengunjung juga dapat berendam di pemandian air panas yang ada di dalam komplek wisata alam ini. Air panas yang ada di pemandian tersebut mengandung belerang. Jadi, air panas ini sangat cocok untuk menyembuhkan penyakit kulit dan penyakit lainnya.

tempat wisata di purwokerto baturaden

Ada pula bumi perkemahan yang biasa digunakan untuk kegiatan siswa-siswi sekolah atau komunitas tertentu. Ketika berada di Baturraden, Anda pun bisa berjalan-jalan santai di hutan pinus atau hutan damar yang ada di sekitar komplek wisata alam tersebut.

Pancuran Telu dan Pitu

Telu adalah bahasa jawa dari angka 3, sementara pitu adalah 7. Jadi, pancuran telu dan pitu adalah nama lain dari sumber air dari tiga dan tujuh pancuran. Objek wisata ini cukup fenomenal dan masih berada di kawasan Baturraden.

Pancuran Telu dan Pitu

Mengapa fenomenal? Karena konon air yang keluar dari pancuran ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Akan tetapi, untuk mencapai pancuran telu dan pitu ini Anda harus menempuh perjalanan yang sedikit “berat”. Anda harus mendaki anak tangga yang cukup panjang untuk mencapai pancuran air ini.

Gua Sarabadak

Apakah Anda ingin sebuah objek wisata yang sedikit ekstrem? Berkunjunglah ke Gua Sarabadak. Pasalnya, untuk mencapai gua ini Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan berjalan kaki. Akan tetapi, rasa lelah karena berjalan jauh itu terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah di sekitar jalan setapak tersebut.

Gua Sabaradak

Menurut warga sekitar dan wisatawan yang pernah berkunjung ke Gua Sabaradak, gua ini sedikit berbeda dan lebih istimewa dari gua-gua lainnya. Keistimewaan Gua Sabaradak terletak pada dinding gua yang berasal dari batu-batu berwarna keemasan. Warna emas di dinding gua ini alami.

Selain itu, di dalam Gua Sarabadak Anda juga bisa menikmati siraman air panas dan dingin dari sumber air murni. Sebelum berwisata ke gua ini, pastikan Anda sudah mempersiapkan fisik dengan baik agar tidak mudah kelelahan selama perjalanan.

Combong Valley

advertisements
advertisements

Ingin berwisata sembari memainkan beberapa permainan outbound yang sedikit menantang? Mengapa tak singgah di Combong Valley? Ini adalah tempat wisata di Purwokerto yang sangat cocok bagi Anda penyuka kegiatan outbound.

Ada berbagai jenis permainan outbound yang bisa Anda mainkan di sini. Mulai dari kano, bersepeda, hingga menjelajahi hutan. Namun, jenis permainan outbound yang paling populer di sini adalah paint ball. Anda dan kerabat bisa membentuk suatu tim dan bermain layaknya berada di dalam permainan counter strike.

Dreamland Park

Di Purwokerto ada sebuah taman wisata bermain air besar, yakni Dreamland Park. Taman wisata bermain air ini tepatnya berada di Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Karena ini adalah tempat wisata yang cukup besar, maka pengunjung yang datang ke sini bukan hanya dari masyarakat Purwokerto saja, tetapi juga masyarakat yang berasal dari Cilacap maupun Brebes.

Seperti taman wisata air lainnya, di sini ada berbagai macam wahana yang menarik untuk dicoba, mulai dari kolam renang berukuran sangat besar, papan seluncur, dan ember tumpah. Tak hanya taman wisata air saja, Dreamland Park juga menawarkan taman reptil, taman unggas, dan taman batu.

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Tempat wisata di Purwokerto yang satu ini merupakan primadona di Purwokerto. Bagaimana tidak, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air telaga yang begitu jernih. Bahkan, karena air di telaga ini sangat jernih, Anda bisa melihat langsung ke dasar telaga.

Telaga Sunyi ini berlokasi di dekat Wisata Baturraden. Telaga Sunyi berada di tengah-tengah hutan pinus, jadi ketika Anda berkunjung ke sini Anda bisa menghirup aroma pepohonan pinus yang sangat khas. Air di telaga ini sangat tenang. Banyak wisatawan yang sekedar duduk bersantai di batu-batu besar yang ada di telaga atau mengabadikan keindahan telaga ini dalam bentuk foto.

Gunung Slamet

Gunung Slamet

Apakah Anda gemar mendaki gunung atau melakukan wisata yang sedikit menantang? Tak ada salahnya jika Anda mendaki Gunung Slamet. Sekedar informasi, Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang masih aktif. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan nyali para pendaki untuk menaklukan Gunung Slamet ini.

Jika dari Purwokerto, maka Anda bisa melewati jalur pendakian dari Baturraden yang letaknya hanya sekitar 15 KM dari pusat Kota Purwokerto. Ketika mendaki gunung setinggi 3.424 mdpl ini, Anda akan menyaksikan pemandangan hijau yang dapat mengatasi rasa lelah Anda saat mendaki. Beranikah Anda untuk menaklukan puncak tertinggi di Jawa Tengah ini?

Curug Cipendok

Curug Cipendok

Curug adalah nama lain dari air terjun. Mempesona adalah satu kata yang tepat untuk menggambarkan suasana di Curug Cipendok. Curug yang terletak di sebelah selatan Purwokerto ini memang benar-benar mengagumkan.

Air terjun yang memiliki tinggi puluhan meter itu jatuh ke dasar sungai bak sebuah tirai yang megah. Dinding air terjun itu ditumbuhi dengan tanaman hijau yang semakin menambah eksotika Curug Cipendok. Jika ingin berkunjung ke sini, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 15 Km dari jantung kota Purwokerto.

Gua Maria Kaliori

Gua Maria Kaliori

Tak hanya menawarkan objek wisata alam saja, Purwokerto juga memiliki tempat wisata rohani, yakni Gua Maria Kaliori. Gua Maria ini banyak dikunjungi oleh umat Katholik yang berasal dari Purwokerto ataupun dari luar kota.

Di sini, pengunjung biasa berdoa atau sekedar menenangkan diri. Tempatnya sangat tenang dan teduh. Gua Maria ini juga bisa dikunjungi oleh umat dari agama lain yang sekedar ingin melihat-lihat.

Lantas, apa yang membuat Gua Maria ini banyak dikunjungi oleh banyak umat Katholik? Salah satu alasan yang kuat adalah terdapat patung Bunda Maria yang sudah diberkati oleh Paus Paulus II. Jadi, banyak sekali umat yang ingin berdoa dan menatap langsung patung yang sudah diberkati oleh sosok yang pernah menjadi orang nomor satu bagi umat Katholik tersebut.

Pemandian Kalibacin

Pemandian Kalibacin

Selanjutnya, ada sebuah tempat wisata di Purwokerto yang tidak hanya bisa membuat Anda merasa relaks dan terhibur saja, lho. Tempat wisata ini juga bisa membantu untuk menyembuhkan penyakit kulit dan tulang. Lho, kok bisa? Bisa dong! Pemandian Kalibacin atau yang juga dikenal nama Wisata Husada ini menggunakan air yang berasal dari sumber air murni.

Pemandian ini juga merupakan saksi sejarah peninggalan jaman Belanda. Pemandian Kalibacin ini berlokasi di Desa Tambak Negara, Kec. Rawalo, Purwokerto. Jika posisi Anda berada di pusat kota Purwokerto, maka Anda perlu menempuh perjalanan darat sejauh 17 Km untuk mencapai pemandian ini.

Walaupun Purwokerto merupakan sebuah kota kecil, tetapi ibu kota Banyumas ini tetap mampu menarik perhatian wisatawan. Nah, di antara semua tempat wisata di Purwokerto yang sudah disebutkan oleh Bacaterus, manakah tempat wisata yang ingin Anda kunjungi?

Jika punya rekomendasi tempat wisata lain di Purwokerto yang belum masuk dalam daftar di atas, segera bagikan kepada kami dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. Selamat berlibur!

Artikel Menarik Lainnya: