advertisements
advertisements

Purbalingga adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Jika Anda sudah mengunjungi tempat-tempat wisata di Purwokerto, maka Anda bisa melanjutkan wisata menuju ke Purbalingga. Jarak antara Purwokerto ke Purbalingga hanya 32 KM saja, yang artinya bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 1 jam saja.

Ingin tahu tempat wisata di Purbalingga yang sangat istimewa dan menarik perhatian wisatawan? Bacaterus akan memberi rangkuman lengkap seputar tempat wisata favorit di Purbalingga. Yuk, langsung saja cari tahu tempat wisata lengkapnya berikut ini!

Desa Wisata Karangbanjar

advertisements
advertisements

Karangbanjar adalah tempat wisata di Purbalingga yang berupa desa wisata. Desa ini terkenal akan kerajinan tangannya yang biasa dibeli oleh wisatawan sebagai cinderamata. Namun, kawasan desa wisata ini juga bisa dijadikan sebagai tempat liburan keluarga yang sangat seru dan menyenangkan.

Di Karangbanjar terdapat kolam pemancingan yang bisa Anda kunjungi. Ikan hasil tangkapan Anda juga bisa langsung diolah dan dinikmati untuk makan siang, lho. Anda akan menemukan penginapan berupa homestay rumah penduduk dengan mudah saat berada di Karangbanjar. Ada juga camping land yang tersedia bagi pengunjung yang ingin berkemah.

Owabong

Owabong

Owabong adalah singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari. Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini adalah waterboom dengan sederet wahana permainan air yang seru dan mengasyikkan. Wahana populer yang terdapat di Owabong antara lain adalah kolam renang olympic, ember tumpah, kolam arus, dan beberapa pilihan wahana lainnya.

Jika tidak sedang ingin bermain air, Anda bisa menjajal fasilitas lain yang tersedia di Owabong, seperti flying fox atau arena gokart. Bagi para orang tua yang sedang menunggu anak-anaknya juga bisa melakukan terapi di kolam yang diisi oleh ikan-ikan khusus.

Puncak Sendaren

Puncak Sendaren Tempat Wisata Di Purbalingga

Yang satu ini adalah tempat wisata yang sedang hits di berbagi media sosial. Pasalnya, di Puncak Sendaren ini kita bisa menikmati pemandangan alam sekitar dari ketinggian. Namun, daya tarik dari Puncak Senderan tidak hanya berasal dari pemandangan alam yang ditawarkan, tetapi juga keberadaan Jembatan Atas Awan.

Jembatan kecil yang satu ini adalah viewpoint untuk melihat ketinggian dari atas gunung. Untuk sampai ke Puncak Senderan ini, Anda memang harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Akan tetapi, pendakian tersebut tidak akan terasa melelahkan jika Anda menikmati panorama alam yang ada di sekitar kita dan jalur pendakian pun tidak terlalu sulit.

Goa Lawa

Goa Lawa

Untuk sampai di Goa Lawa, Anda harus berkendara sejauh 30 KM dari pusat Kota Purbalingga, yang artinya Anda akan menempuh perjalanan darat selama 1 jam. Goa Lawa artinya adalah goa kelelawar, di mana goa ini memang menjadi tempat tinggal bagi spesies kelelawar. Satu hal yang membuat Goa Lawa ini istimewa adalah keberadaan goa-goa kecil yang berada di dalamnya.

Adapun goa-goa yang terdapat di dalam Goa Lawa adalah Goa Danau, Goa Lawang Kereta, Goa Batu Semar, Goa Naga, dan masih banyak lagi. Total ada 16 goa kecil di dalam Goa Lawa. Nah, apakah Anda berminat untuk menjelajahi goa yang sangat spesial ini?

Curug Silintang dan Silawang

advertisements
advertisements

Baik Curug Silintang dan Silawang adalah dua air terjun yang lokasinya sangat dekat satu sama lain. Untuk dapat melihat dua air terjun ini, Anda haru melewati area persawahan sekitar 600 meter. Kedua curug juga merupakan alasan mengapa Purbalingga memiliki julukan sebagai Kota Seribu Curug.

Air yang jernih dan udara yang masih sejuk nan segar adalah daya tarik yang dimiliki oleh Curug Silintang dan Siliwang. Akses menuju ke air terjun ini masih sedikit sulit, tetapi siapa saja bisa datang ke kedua air terjun ini tanpa  perlu persiapan khusus. Anda hanya perlu berhati-hati dan memakai alas kaki yang tepat agar lebih nyaman.

Sungai Watu Wujur

Apa yang bisa dilakukan di sebuah sungai? Mengapa Sungai Watu Mujur dijadikan sebagai salah objek wisata yang istimewa di Purbalingga? Sungai Watur Susur menawarkan paket wisata susui sungai yang seru sekaligus menguji adrenalin. Perjalanan dimulai dengan menyusuri jalan setapak untuk sampai di sungai.

Setibanya di sungai, Anda akan dibuat terpesona dengan “Black Canyon”-nya Purbalingga ini. Anda akan melihat batu-batu berwarna hitam mengkilap dengan air sungai yang sangat segar dan jernih. Kemudian, di Sungai Watu Mujur terdapat sebuah air terjun kecil yang biasa dipakai oleh para pengunjung untuk melompat.

Igir Wringin

Igir Wringin

Konsep wisata berupa rumah atau balai yang didirikan di atas pohon memang sedang menjadi tren di beberapa wilayah, termasuk di Purbalingga. Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam dari atas ketinggian, maka Anda bisa datang ke Igir Wringin.

Berada di Desa Panusupan, Kec. Rembang, Igir Wringin ini menjadi salah satu destinasi wisata yang Instagrammable. Bahkan, pengunjung rumah pohon ini tidak hanya berasal dari Purbalingga saja, melainkan dari Banjarnegara, Purwokerto, Jepara, dan Semarang. Dari atas rumah pohon Igir Wringin, Anda bisa menikmati pemandangan alam dan Kota Purbalingga. Namun, untuk sampai ke sini Anda harus melakukan pendakian terlebih dahulu.

Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta

Kolam pemandian yang satu ini diisi dengan air yang sangat jernih karena berasal dari sumber mata air alami. Ini adalah satu dari sekian banyak kolam alami yang bisa dipakai untuk berfoto underwater. Di dasar kolam sudah disediakan berbagai material penunjang, seperti sepeda, sepeda motor, dan TV yang sudah tidak terpakai untuk berfoto.

Boleh dibilang bahwa Situ Tirta Marta adalah tempat wisata di Purbalingga yang sangat sering muncul di media sosial. Lokasi Situ Tirta Marta terletak di Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Purbalingga.

Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

Asyiknya berwisata sambil memetik buah stroberi sendiri! Kegiatan memetik stroberi memang bisa Anda lakukan kala berada di Agrowisata Lembah Asri Purbalingga. Panorama yang indah dan udara yang sejuk akan melengkapi aktivitas Anda memetik buah stroberi langsung dari kebunnya.

Selain stroberi, pengunjung juga dapat memetik wortel, cabe, kol, dan beberapa jenis sayuran lainnya. Tidak hanya itu saja, di Agrowisata Lembah Asri Purbalingga Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas outbound. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Serang, Kec. Karangreja ini juga menyediakan penginapan.

Curug Nini

Curug Nini

Berbicara mengenai tempat wisata air terjun di Kota Seribu Curug ini memang tidak akan ada habisnya. Namun, jika ke Purbalingga Anda harus berkunjung ke salah satu curug yang terkenal ini, yaitu Curug Nini. Jika air terjun lainnya memiliki ketinggian di atas 30 meter, Curug Nini hanya setinggi 1-2 meter saja.

Nah, mengingat air terjun ini tidak terlalu tinggi, maka banyak pengunjung yang melompat dari atas air terjun ke kolam yang ada di bawah. Apakah Anda juga berani mencoba untuk melompat di Curug Nini?

Inilah 10 tempat wisata di Purbalingga yang sangat istimewa. Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Bila Anda memiliki saran mengenai tempat wisata lain yang berada di Purbalingga, silakan tinggalkan saran Anda di kolom komentar kami.

Artikel Menarik Lainnya: