advertisements

Pulau Pinang atau yang lebih dikenal dengan nama Penang adalah sebuah Negara Bagian Malaysia. Penang sangat maju dan kaya akan tempat wisata yang menarik sehingga banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang berkunjung ke sana.

Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas berbagai tempat wisata di Penang yang bisa menjadi opsi destinasi pariwisata lainnya di malaysia selain Kuala Lumpur. Yuk, cek daftar tempat wisata yang ada di Penang berikut ini.

Penang Hill

advertisements

Jangan ngaku wisatawan Indonesia bila Anda belum berkunjung ke Penang Hill. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Bukit Bendera ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari Indonesia.

Karena Penang Hill berada di kawasan perbukitan, Anda harus menumpangi kereta yang bernama Penang Hill Railway untuk sampai ke puncak. Saat berada di dalam kereta, Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat indah.

tempat wisata di Penang Hill

Apabila tidak ingin naik kereta, Anda pun bisa naik taksi untuk ke Penang Hill ini. Sempatkan diri untuk mampir ke Owl Museum, sebuah tempat wisata bersejarah, yang juga ada di kawasan Penang Hill.

Lebuh Muntri

Lebuh Muntri adalah nama jalan yang berada di Georgetown, Penang. Di jalan ini ada banyak tempat wisata di Penang yang menarik untuk dikunjungi. Pertama, ada sebuah museum kamera yang merupakan pertama di kawasan Asia Tenggara.

Lebuh Muntri

Di museum ini, Anda akan mengenal berbagai jenis kamera serta sejarah di balik alat yang saat ini sudah menjadi “barang wajib” bagi sebagian besar orang. Di museum kamera terdapat pula area yang menjual cinderamata. Sambil berjalan-jalan, Anda juga bisa membeli oleh-oleh bagi teman dan keluarga di tanah air.

Usai berkunjung ke museum kamera, mampirlah ke Masjid Benggali. Masjid ini dibangun oleh umat muslim asal India yang merantau ke Penang di tahun 1803. Setelah berkunjung ke Masjid Benggali, Anda pun dapat singgah di Kuil Hainan, sebuah kuil umat Budha, yang juga terletak di Jalan Lebuh Muntri.

Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion

Masih berada di Georgetown, tempat wisata yang satu ini berupa bangunan kuno yang sangat kental dengan budaya Tiongkok. Dinding bangunan ini didominasi dengan warna hijau. Dahulu, mansion ini adalah milik dari Kapitan Chung Keng Kwee.

Pada jaman dahulu, Pinang Peranakan Mansion ini termasuk salah satu rumah yang sangat mewah. Kini, tempat ini dijadikan museum yang dibuka untuk umum. Di dalam mansion ini terdapat ribuan barang antik koleksi sang kapitan. Selain itu di sini juga dipamerkan perhiasan terbaik milik Baba Nyonya, sebutan bagi peranakan yang merantau ke Malaysia.

Penang Bridge

advertisements

Jika Anda mengira bahwa London Bridge atau Golden Gate Bridge di San Fransisco adalah jembatan yang terpanjang di dunia, Anda salah. Pasalnya, jembatan terpanjang di dunia ada di Malaysia, namanya adalah Penang Bridge. Panjang dari jembatan ini adalah 13,5 Km. Sementara Golden Gate Bridge hanya memiliki panjang kurang dari 3 Km.

Penang Bride adalah jalan tol yang menghubungkan Seberang Prai dan Bayan Lepas. Penang Bridge merupakan landmark dari Malaysia. Jadi, bila Anda sedang berada di Penang, pastikan Anda sudah mengunjungi salah satu ikon kebanggaan warga Malaysia ini.

Batu Ferringhi

Ingin berwisata ke pantai saat Anda berada di Penang? Mengapa Anda tak coba mengunjungi Batu Ferringhi? Ini adalah tempat wisata di Penang yang sangat terkenal. Pasalnya, Batu Ferringhi adalah sebuah pantai dengan pasir putih yang bersih. Di samping itu, banyak wisatawan yang melakukan watersport di pantai ini.

Karena Batu Ferringhi adalah salah satu kawasan wisata favorit, maka Anda bisa menemukan berbagai jenis penginapan di sekitar pantai ini. Pada malam hari, ada pasar malam yang legendaris di kawasan pantai ini. Nah, apakah Anda berminat untuk refreshing sekaligus berlibur di Pantai Batu Ferringhi?

Tanjung Bungah

tanjung bungah

Tanjung Bunga adalah daerah pinggiran pantai yang berada di antara Batu Ferringhi dan Gurney. Jika Anda memulai perjalanan dari Georgetown, ibu kota Penang, maka Anda hanya perlu berkendara sekitar 30 menit saja.

Pada awalnya, Tanjung Bungah merupakan desa nelayan yang sudah lama tidak terurus. Kemudian, seiring berkembangnya zama dan campur tangan dari pemerintah setempat, maka Tanjung Bungah disulap menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Penang. Apa yang bisa dilakukan di Tanjung Bungah? Watersport adalah salah satu kegiatan populer di pantai ini. Selain itu, banyak hotel dan resor mewah yang dibangun di sekitar Tanjung Bungah ini.

Sri Mahamariamman Temple

Sri Mahamariamman Temple

Kuil Hindu yang tertua di Penang ini berada di kawasan Georgetown. Ornamen kebudayaan India kuno akan nampak jelas di seluruh arsitektur kuil. Di dalam kuil, Anda akan mendapati banyak patung dewa dan dewi umat Hindu.

Sri Mahamariamman Temple adalah destinasi wisata yang menarik, terutama jika Anda ingin hunting foto dengan tema sejarah dan kebudayaan. Meskipun Anda bukan umat Hindu, Anda tetap diperbolehkan masuk ke dalam kuil dengan gratis. Bahkan, Anda juga diperkenankan untuk mengambil foto di seluruh sudut kuil. Akan tetapi, Anda dilarang mengambil gambar dari altar utama.

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple

Ketika berpelesir ke Penang, jangan lupa untuk mampir ke salah satu kuil Budha terbesar di Asia Tenggara, yakni Kek Lok Si Temple. Berlokasi di Air Itam, kuil yang megah ini sudah berdiri selama satu abad. Arsitektur dari kuil ini mengadopsi gaya arsitektur kuil yang ada di Thailand.

Di sini, wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan kuil yang begitu megah, tetapi wisatawan juga dapat melihat pemandangan alam di sekitar kuil, karena Kek Lok Si Temple ini berada di kawasan perbukitan. Untuk sampai di Kek Lok Si Temple, Anda bisa naik bus dari Georgetown.

Penang Toy Museum

Penang Toy Museum

Ini adalah surga bagi para anak-anak. Pasalnya, di Penang Toy Museum ini dipamerkan seluruh mainan dari penjuru dunia. Anak-anak pasti sangat betah saat berada di sini. Mereka dapat puas mengagumi mainan-mainan yang jumlahnya tak terhitung. Penang Toy Museum terletak di Jalan Tanjung Bungah. Anda diperbolehkan untuk mengambil foto atau berfoto bersama mainan yang dipajang ketika berkunjung ke museum ini.

Fort Cornwallis

Di Penang, ada sebuah tempat wisata tertua yang bernama Fort Cornwallis. Di tempat wisata ini ada sebuah benteng yang dahulu digunakan untuk mempertahankan kekuasaan Inggris. Benteng ini dibangun pada tahun 1786. Meskipun pada awalnya Fort Cornwallis akan difungsikan sebagai benteng pertahanan, pada akhirnya tempat ini lebih berfungsi sebagai pusat administrasi.

Jika Anda datang ke Fort Cornwallis, Anda akan menjumpai kapel, lampu kuno, penjara, sampai meriam. Fort Cornwallis berlokasi di Jalan Tun Syed Sheh Barakbah, Penang, Malaysia.

Bagaimana review tempat wisata di Penang dari Bacaterus? Setelah berjalan-jalan, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Malaysia untuk kerabat di Tanah Air. Jika ada tempat wisata yang terlewatkan, yuk bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini!

Artikel Menarik Lainnya: