advertisements
advertisements

Tahukah Anda bahwa salah satu kota di Jawa Timur, yaitu Pasuruan, disebut sebagai City of Mountain? Ya, Gunung Bromo adalah salah satu gunung terkenal di Indonesia yang sebagian wilayahnya menempati Kabupaten Pasuruan. Jarak antara Kota Malang ke Pasuruan hanya sekitar 50 KM saja. Jika Anda sudah menjelajahi tempat wisata alam di Malang, saatnya Anda mencari tempat wisata alam lain di Pasuruan.

Berikut ini Bacaterus akan memberi daftar tempat wisata di Pasuruan yang luar biasa menarik. Kota ini memang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang sangat mengagumkan. Yuk, cari tempat wisata Pasuruan yang sesuai dengan minat Anda!

Pantai Lekok

advertisements
advertisements

Anda bisa menikmati sunset di salah satu tempat wisata di Pasuruan yang satu ini, lho. Adalah Pantai Lekok yang merupakan objek wisata favorit bagi masyarakat setempat maupun dari luar Kota Pasuruan. Pantai berpasir hitam ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata pantai saat berada di Pasuruan.

Apabila Anda berkunjung kemari pada saat lebaran ketupat, Anda bisa menonton pertunjukan warga, yaitu Ski Lot. Ini adalah pertunjukan di mana sebagian besar warga akan bermain ski di atas lumpur.

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.329 mdpl ini memang sangat terkenal. Bahkan, area Gunung Bromo sering dipakai untuk lokasi syuting sinetron, FTV, atau film. Secara geografis, Gunung Bromo memang menempati 4 kabupaten di Jawa Timur, yaitu Malang, Probolinggo, Lumajang, dan Pasuruan. Jadi, ketika Anda berkunjung ke Pasuruan maka sempatkan diri untuk singgah di tempat wisata yang sudah dikenal hingga ke mancanegara ini.

Ada beberapa spot yang harus Anda kunjungi ketika datang ke Gunung Bromo, antara lain adalah Kawah Gunung Bromo, View Point, Padang Savana (Bukit Teletubbies), dan Pasir Berbisik. Jangan lupa untuk tidak melewatkan sunrise di Gunung Bromo, ya!

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen Tempat Wisata Di Pasuruan

Jika Anda berpikir Taman Safari hanya ada di Bogor, ternyata Anda juga bisa menemukan kebun binatang tersebut di Pasuruan. Taman Safari Prigen selalu menjadi jujukan wisata bagi masyarakat di Provinsi Jawa Timur. Kebun binatang berkonsep modern ini berada di kaki Gunung Arjuna.

Koleksi satwa di kebun binatang seluas 400 ha ini tidak kalah dengan Taman Safari Bogor, lho. Selain itu, ada beberapa fasilitas lain yang membuat Taman Safari Prigen jadi lebih menarik, seperti Swimming with Dolphin, Education Package for Students, Animal Education Show, Safari Outbound, dan Elephant Journey.

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Ada beberapa tempat wisata di Pasuruan yang berupa air terjun, tapi Air Terjun Kakek Bodo adalah yang paling terkenal. Entah karena namanya yang sedikit nyentrik atau karena pemandangannya, Air Terjun Kakek Bodo ini selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan, terutama pada akhir pekan atau hari libur.

Air terjun ini berada di kawasan wisata Tretes yang terletak di lereng Gunung Welirang. Posisi air terjun sendiri berada di ketinggian 850 mdpl, maka udara di sekitar air terjun memang terasa sangat sejuk. Di samping itu, air terjun setinggi 40 meter ini memiliki air yang jernih, sehingga banyak wisatawan yang datang dan bermain air di kolam air yang berada di bawah air terjun.

Pantai Penunggul

advertisements
advertisements

Pantai Penunggul adalah objek wisata alam di Pasuruan yang mungkin belum terlalu terkenal. Namun, pemerintah setempat berjanji akan mengelola pantai ini menjadi tempat wisata agar tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Pasuruan.

Pantai yang berada di Desa Penunggul, Kec. Nguling, Pasuruan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo. Anda bisa memperoleh ketenangan dengan bersantai di pantai ini. Dengan pasir putih dan latar belakang hutan, Pantai Penunggul membawa eksotisme tersendiri untuk dinikmati.

Kebun Raya Purwodadi

Bukan hanya Bogor yang mempunyai kebun raya yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Pasuruan juga memiliki Kebun Raya Purwodadi yang merupakan tempat wisata sekaligus kebun penelitian LIPI untuk keperluan pertanian di Indonesia. Ada sekitar 10.000 jenis pohon dan tumbuhan yang ditanam di kebun seluas 85 hektar ini.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kebun Raya Purwodadi adalah piknik, berolahraga, bermain sepeda air atau bermain di taman bermain yang tersedia. Di kawasan kebun raya ini juga terdapat kolam renang yang bisa digunakan oleh pengunjung. Fasilitas di Kebun Raya Purwodadi ini benar-benar lengkap!

Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati

Dari pusat Kota Pasuruan, Anda bisa berkendara selama 30 menit untuk sampai di Danau Ranu Grati. Pesona danau seluas 198 ha ini memang tidak bisa ditolak. Bersantai di danau yang tenang sambil menikmati panorama pegunungan Tengger adalah hal yang bisa Anda lakukan di sini.

Keindahan di Danau Ranu Grati ini menjadikannya sebagai tempat terbaik untuk berfoto-foto. Selain bersantai sambil mengagumi keindahan danau, pengunjung juga dapat menyewa perahu atau sepeda air untuk berkeliling danau. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda juga bisa menyalurkan hobi Anda tersebut di Danau Ranu Grati.

Candi Jawi

Candi Jawi

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tapi Candi Jawi adalah situs peninggalan sejarah yang sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi. Sedikit informasi, Candi Jawi adalah peninggalan Kerajaan Singasari di mana candi ini dibangun oleh Raja Kertanegara yang merupakan raja terakhir di Kerajaan Singasari.

Tujuan pembangunan candi ini sebenarnya untuk menyimpan abu jenazah dari Raja Kertanegara. Yang membuat tempat wisata di Pasuruan ini terlihat semakin unik adalah keberadaan kolam bunga teratai yang mengelilingi candi.

Pemandian Banyu Biru

Pemandian Banyu Biru

Ingin merasakan berenang di kolam alami yang sudah ada sejak zaman Belanda? Datanglah ke Pemandian Banyu Biru. Air yang jernih dan segar yang menggenangi kolam ini berasal dari sumber mata air alami.

Selain itu, di dalam kolam renang juga terdapat sejumlah ikan-ikan berukuran sedang. Tak masalah kok ketika Anda harus berenang dengan ikan-ikan tersebut. Tidak bawa baju renang? Tak perlu khawatir karena Anda dapat menyewa baju renang di kawasan Pemandian Banyu Biru ini.

Coban Baung

Coban Baung

Air terjun yang satu ini berada tidak jauh dari Kebun Raya Purwodadi. Setelah puas berjalan-jalan di kebun raya, Anda bisa mampir ke Coban Baung untuk menyegarkan diri. Air terjun dengan ketinggian 100 meter ini merupakan pertemuan antara Sungai Welang dan Sungai Beji.

Lokasi Coban Baung sendiri ada di Desa Cowek, tepatnya di lereng Gunung Baung. Bila Anda ingin menyatu lebih dekat dengan alam, Anda bisa berkemah di camping area yang tersedia di kawasan air terjun ini.

Inilah 10 tempat wisata di Pasuruan yang wajib Anda kunjungi. Anda bisa melakukan perjalanan ke Pasuran dari Surabaya, Sidoarjo, atau Malang. Yuk, ajak partner berlibur Anda untuk berpetualang menjelajahi tempat-tempat wisata di atas!

Artikel Menarik Lainnya: