advertisements

Luruihlah jalan Payakumbuah
Babelok jalan Kayu Jati
Dima hati indak kan rusuah
Ayam den lapeh, ay ay… ayam den lapeh
Ayam Den Lapeh- Elly Kasim

Pasti udah pada nggak asing lagi kan dengan lagu yang berasal dari Sumatra Barat itu? Apa sih yang kalian pikirkan, ketika ada seseorang yang bertanya atau berbicara tentang Sumatra Barat pada kalian? Pasti kebanyakan menjawab, Nasi Padang, Rendang dan Dendeng kan?

advertisements

Kebanyakan hanya tau tentang makanan khas padang saja dan sedikit yang menjawab tempat-tempat wisata. Kalau pun ada, kebanyakan menjawab tempat wisata yang sama, yaitu Jam gadang. Sayang banget ya?

Padahal Padang punya banyak tempat wisata yang bagus-bagus dan Indah lho! Tempat-tempat wisata yang rugi banget kalau kalian nggak kunjungi saat berlibur ke Padang. Mau tau tempat wisata yang wajib kalian kunjungi kalau datang ke Padang? Yuk simak daftar 10 tempat wisata di Padang berikut ini.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis tempat wisata di padang

Pantai Air Manis atau dalam bahasa Padang disebut Pantai Aia Manih, merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi saat berlibur ke sana lho guys! Selain pantainya yang indah, di sana kalian dapat juga menikmati keindahan gunung padang sekaligus! Puas banget ya? Sekali dayung dua pulau terlampaui. Sekali jalan-jalan dua tempat dapat didatangi.

Pantai Air Manis ini pun memiliki legendanya sendiri lho! Apa kalian pernah mendengar kisah Malin Kundang? Nah, pantai ini merupakan pantai di mana Malin Kundang dikutuk menjadi batu oleh ibunya. Di sana kalian dapat menemukan sebuah batu yang menyerupai orang yang tengah bersujud, yang katanya itu merupakan jelmaan Malin Kundang yang di kutuk oleh ibunya.

Lokasi pantai ini berada di dekat teluk bayur. Tenang aja, nggak akan nyasar kok saat kalian ingin mengunjungi tempat ini, karena cukup banyak plang lalu lintas yang menjadi penunjuk jalan ke pantai ini.

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Bagi yang suka wisata sejarah, kalian bisa datang ke Museum Adtiyawarman. Di sana kita dapat mengetahui sejarah Sumatra Padang, karena tempat wisata yang memiliki luas tanah 2,6 hektar ini layaknya Taman Mininya kota Padang lho!

Tempat ini pun merupakan tempat untuk menyimpan dan menjaga berbagai jenis benda bersejarah kota Padang. Jadi kalau kita mau tau kota Padang lebih dalam, nggak salah kalau kita datang ke tempat wisata satu ini.

Air terjun tingkat tiga

Air terjun tingkat tiga

Air terjun tingkat tiga ini biasa disebut Air Terjun Tigo Tingkek oleh masyarakat Padang. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Padang ini memiliki tiga tingkatan. Tingginya dapat mencapai 1080 meter lho!

advertisements

Masyarakat Cindakir biasa memanggil air terjun ini sebagai Lubuk Hitam karena memang tempat ini berlokasi di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir.  Untuk mencapai lokasi wisata ini kalian harus menempuh perjalanan sejauh 22 km dari kota Padang yang bisa ditempuh menggunakan angkitan umum, mobil pribadi dan taksi.

Bagi pecinta tantangan pasti suka banget deh tempat wisata satu ini!. Pasalnya untuk mencapai air terjun tingkat pertama butuh perjuangan yang cukup kerja keras dan perjuangan guys, karena medannya yang licin dan agak terjal. Pasalnya untuk mencapai tingkatan yang pertama dari air terjun ini kita harus merangkak lho! oleh karena itu sangat disarankan untuk hati-hati ya guys.

Miniatur Makkah

Nggak ada salahnya lho kita mengunjungi tempat wisata satu ini lho! siapa tau kita bisa mengunjungi Makkah yang sebenarnya. Pembangunan tempat wisata ini dimulai pada tanggal 13 Desember 2000 dan selesai pada 8 September 2001.

Sebenarnya miniatur Makkah ini merupakan proyek pribadi untuk tempat asrama para haji yang sengaja dibuat oleh Haji Nurul Zakir dan keluarganya. Selain terdapat miniatur Makkah kita pun dapat melihat hewan khas dari arab sana lho guys! Yup, unta! Di tempat wisata tersebut memelihara unta. Selain unta terdapat binatang lainnya lho, seperti ikan besar Arapaima dan ular piton!

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Belum lengkap rasanya kalau berlibur ke Sumatera Barat tanpa mengunjungi tempat wisata di Padang yang satu ini. Jembatan yang namanya diambil dari salah satu karya fenomenal Marah Rusli ini sangat memukau lho guys!.

Pasalnya saat senja datang dan malam menyapa, jembatan ini dihiasi cahaya lampu-lampu dan hembusan angin pantai yang memberikan suasana romantis saat megunjungi tempat ini. Jadi jangan kaget kalau banyak pasangan yang datang menghabiskan waktunya di sana. Soalnya tempatnya pas banget buat berduaan dengan sang kekasih.

Lembah Anai

Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai dapat kita nikmati saat melewati jalur Padang – Bukittinggi. Di sana mata kita akan dimanjakan oleh indahnya pemandangan air terjun yang jatuh dari tebing yang tinggi hanya beberapa jarak dari bahu jalan.

Sebenarnya Lembah Anai memiliki tujuh air terjun dan enam air terjun lainnya dapat kita nikmati jika kita melakukan trekking selama kurang lebih 2 jam di dalam cagar alam Lembah Anai. Tenang saja, lelah kalian akan terbayarkan kok oleh pemandangan yang menanti. Lagi pula selama menyusuri cagar alam, kalian akan ditemani oleh bentangan alam yang mengelilingi air terjun indah di sana.

Tempat wisata di Padang ini sangat cocok bagi turis yang hobi berwisata di alam terbuka, karena komposisi pemandangan alam yang ada menjadi surga tersendiri bagi mata yang memandangnya.

Pulau cubadak

Pulau cubadak

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang menjadi tempat destinasi favorit bagi para wisatawan, karena pantainya yang indah juga terdapat beberapa spot menyelam yang rugi jika dilewatkan begitu saja. Pantai Pulau cubadak merupakan salah satu surga bagi para penyelam. Pantai di Pulau Cubadak memiliki terumbu karang dan biota laut yang berwarna-warni dan pastinya sangat memanjakan mata.

Bagi para pecinta alam dapat berpetualang di dalam hutan yang terdapat di Pulau Cubadak. Di sana terdapat banyak hewan-hewan liar seperti rusa, babi, burung, monyet dan satwa lainnya. Dikarenakan masih terdapat hewan liar, alangkah baiknya wisatawan yang ingin menjelajahi hutan menggunakan jasa guide sebagai pemandu jalan.

Istana Pagaruyuang

Istana Pagaruyuang

Jalan-jalan di Padang gak akan lengkap kalau belum mengjunjungi Istana Pagaruyuang guys. Istana Basa Pagaruayuang nama lengkap dari Istana Pagaruyuang yang ada sekarang ini merupakan replika dari Istana yang aslinya lho! karena Istana Pagaruyang pernah terbakar habis pada kerusuhan pada tahun 1804 dan kemudian didirikan kembali.

Namun sayangnya pada tahun 1966, salah satu tempat wisata di Padang ini kembali terbakar dan proses pembangunan kembali terjadi pada tahun 1976 tepatnya pada tanggal 27 Desember oleh Gubernur Harun Zain.

Kemudian pada tahun 2007 Istana Pagaruyuang ini kembali terbakar akibat petir yang menyambar di puncak istana yang mengakibatkan gedung tiga tingkat ini hangus terbakar dan menyisakan sekitar 15 persen barang-barang berharga yang lolos dari kebakaran tersebut.

Istana yang berlokasai di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Kota Batusangkar, Sumatra Barat memberikan kesan pertama yang kuat saat kalian mengunjungi Istana Pagaruyuang. Kesan megah yang memancarkan kemewahan, yang menggambarkan bahwa tanah minang adalah tanah yang megah dan kaya.

Di dalam Istana Pagaruyuang sendiri kita dapat melihat berbagai pernak-pernik khas Minang serta peninggalan dari perlengkapan dan perabotan raja, singgasana raja juga bilik putri raja dengan warna warni yang cerah dan indah.

Danau kembar

Danau kembar

Danau ini terletak di Kecamatan Lembang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat. Sesuai dengan namanya, danau ini terdiri dari dua danau yang saling berdekatan, memiliki warna yang sama dan hanya berjarak 300 meter.

Masing-masing danau memiliki namanya sendiri lho! yaitu danau di ateh (di atas) dan danau di bawah. Kalian pasti mengira danau yang memiliki nama danau di ateh adalah danau yang berada di posisi yang lebih tinggi atau di atas kan? Eits jangan salah! Justru danau yang berada di posisi lebih tinggi lah yang diberi nama danau di bawah begitu juga sebaliknya.

Di tempat wisata di Padang ini terdapat lahan pertanian yang merupakan penghasilan warga sekitar yang dapat memanjakan mata kita. Selain outbond, trekking, olahraga air dan kegiatan rekreasi lainnya, di sana banyak terdapat penjual bunga yang bisa kalian beli sebagai buah tangan untuk keluarga.

Janjang Saribu Great Wall of  Koto Padang

Janjang Saribu Great Wall of Koto Padang

Wah ternyata kita nggak perlu jauh-jauh untuk ngerasain wisata di Great Wall yang ada di Cina lho! karena Indonesia sendiri pun punya Great Wall-nya. Great Wall yang satu ini berlokasi di Koto Padang, dikenal dengan Janjang Saribu Great Wall of  Koto Padang. Kenapa namanya Janjang Saribu ya? Hal itu dikarenakan jumlah anak tangga yang mencapai 1000.

Pada awalnya di sana hanya terdapat anak tangga yang berjumlah hingga 1000 anak tangga, namun penyandang dana utama memperbaiki janjang seribu dengan tambahan arsitektur bangunan yang mirip dengan tembok besar di Cina.

Great Wall ini menyambungkan dua daerah di Sumatra Barat karena panjangnya mencapai 1,5 kilometer, di mana Great Wall ini membentang dari kota Bukittingi hingga kecamatan IV Koto di Kabupaten Agam. Di sana kita akan disuguhkan pemandangan kota Bukittinggi yang dapat terlihat dari kejauhan, juga Gunung singgalang pun tepat menjulang tinggi di sisi The Great Wall.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi 10 tempat wisata di Padang ini? Pokoknya kalian dijamin nggak akan kecewa saat mengunjungi tempat-tempat wisata di sana deh! Jangan lupa kritik dan sarannya ya guys! Dan juga jangan lupa untuk baca artikel yang lainnya!

Artikel Menarik Lainnya: