advertisements

Pacitan adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan Kabupaten Wonogiri yang berada di Jawa Tengah. Meskipun bukan kota metropolitan seperti Surabaya, tetapi Pacitan memiliki daya tarik wisata yang sangat magis. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai wilayah datang ke Pacitan untuk menikmati keindahan wisatanya.

Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Timur dan sekitarnya, tetapi bosan menjadi backpacker di Malang atau Surabaya, kini saatnya Anda untuk berpetualang sedikit lebih jauh, yakni ke Pacitan. Apa saja tempat wisata di Pacitan yang harus disinggahi? Simak ulasan selengkapnya dari Bacaterus berikut ini.

Goa Tabuhan

advertisements

Bukan tanpa alasan jika tempat wisata di Pacitan ini diberi nama Goa Tabuhan. Pasalnya goa bernama asli Tapan ini memiliki salah satu sudut yang berisi kumpulan stalaktit yang dapat menghasilkan suara gamelan ketika dipukul. Tak heran jika goa ini dinamakan Goa Tabuhan.

Stalaktit dan stalakmit yang sudah berusia ratusan tahun ini menghasilkan bunyi-bunyian ala gamelan yang membuat pengunjung goa seperti mendengar suara musik tradisional di dalam goa. Nah, apabila Anda penasaran dengan bunyi gamelan yang dihasilkan dari stalaktit, maka jangan ragu untuk berkunjung ke Goa Tabuhan.

Pantai Srau

Pantai Srau Tempat Wisata Di Pacitan

Ingin berkunjung ke pantai yang menawarkan pasir putih saat berada di Pacitan? Kunjungi Pantai Srau yang ada di Desa Candi. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 25 KM dari pusat kota Pacitan.

Di sini, tidak hanya terdapat satu pantai saja, lho. Pantai Srau memiliki tiga bagian pantai karena terbagi dengan adanya bukit-bukit besar yang kokoh. Ombak di pantai ini cukup besar mengingat pantai ini memang berada di laut selatan. Jadi, usahakan untuk tidak berenang di laut demi keselamatan Anda.

Goa Gong

Goa Gong

Tahukah Anda bahwa Goa Gong diklaim sebagai goa terindah se-Asia Tenggara? Ya, goa yang satu ini menawarkan pemandangan stalaktit yang sangat mempesona. Goa dengan kedalaman sekitar 800 meter ini sudah dipugar menjadi objek wisata, hal tersebut bisa dilihat dari tangga yang berada di dalam goa untuk memudahkan para wisatawan berjalan di dalam goa.

Di dalam goa terdapat 7 ruangan, di salah satu ruangan terdapat Sendang Bidadari dengan air yang sangat jernih. Konon, goa ini dinamakan Goa Gong karena di salah satu ruangan goa terdapat batu yang jika dipukul akan mengeluarkan suara yang terdengar seperti gong.

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Pacitan adalah surganya pantai-pantai indah nan mempesona. Salah satu pantai terbaik di Pacitan adalah Pantai Buyutan. Jika dilihat dari gambarnya, Pantai Buyutan ini tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di Bali dan Lombok, bukan? Hamparan pasir putih yang bersih dan lembut dan pemandangan berupa beberapa batu karang yang berdiri di tengah lautan adalah daya tarik dari Pantai Buyutan ini.

Suasana di pantai ini belum terlalu ramai, sehingga Anda akan merasa seperti berada di private beach. Berminat untuk mengunjungi tempat wisata di Pacitan ini? Datang saja ke Kecamatan Donorojo, yang artinya Anda harus berkendara selama 1,5 jam untuk sampai di Pantai Buyutan ini.

Goa Luweng Jaran

advertisements

Sebutan bagi Pacitan adalah kota 1001 goa. Hal tersebut dikarenakan ada banyak goa yang berada di Pacitan. Nah, yang akan dibahas oleh Bacaterus berikut ini juga merupakan salah satu goa favorit wisatawan, terutama wisatawan yang menyukai adventure dan kegiatan ekstrem.

Adalah Goa Luweng Jaran yang masih sangat alami dan belum dikelola menjadi tempat wisata. Jadi, tentu saja Anda akan merasakan adrenalin untuk masuk ke dalam perut bumi. Goa Luweng Jaran tergolong sangat panjang dan digadang-gadang terhubung dengan goa-goa lainnya. Bahkan, ada yang memprediksikan bahwa panjang Goa Luweng Jaran ini bisa mencapai 48 KM.

Pantai Klayar

Ini adalah pantai yang paling terkenal di Pacitan. Bahkan, Pantai Klayar pernah masuk dalam daftar pantai terindah di Jawa Timur yang direkomendasikan oleh Bacaterus. Suasana di Pantai Klayar ini mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Di bibir pantai terdapat batu karang yang nampak mirip dengan Spinx.

Daya tarik pantai ini juga terletak pada pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru dan hijau toska. Saat ini, pantai yang sebelumnya masih sepi dan belum banyak diketahui oleh wisatawan ini sudah cukup banyak dikunjungi oleh orang-orang yang berdomisili di Pacitan sampai dengan wilayah-wilayah lain di Jawa Timur.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Masih membahas seputar pantai yang ada di Pacitan. Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda ke Pantai Karang Bolong. Pantai yang satu ini berada cukup dekat dengan Pantai Klayar. Hanya saja Pantai Karang Bolong memang tidak sepopuler Pantai Klayar. Hal tersebut disebabkan karena akses menuju ke pantai ini cukup sulit.

Dinamakan Karang Bolong karena di pantai ini terdapat sebuah tebing yang menjorok ke laut, lalu karena hantaman ombak selama bertahun-tahun maka bagian tengah tebing ini menjadi berlubang. Laut yang ada di Pantai Karang Bolong ini adalah laut selatan, sehingga ombaknya pun cukup besar dan tinggi.

Pemandian Air Hangat Tirta Husada

Pemandian Air Hangat Tirta Husada

Setelah lelah mengunjungi berbagai tempat wisata di Pacitan yang didominasi dengan pantai dan goa, kini saatnya Anda untuk istirahat dan melepas lelah. Pemandian Air Hangat Tirta Husada adalah tempat wisata untuk berendam air hangat yang jaraknya 15 KM dari pusat Kota Pacitan.

Tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat akhir pekan. Air hangat di Tirta Husada ini dipercaya dapat menyembuhkan pegal dan penyakit kulit.

Sungai Maron

Sungai Maron

Yang satu ini bukan sungai biasa, lho. Pasalnya, Sungai Maron mendapat sebutan sebagai “Green Canyon”-nya Pacitan. Air sungai ini tenang dan cukup jernih. Belum lagi pemandangan pohon-pohon yang rindang di kanan kiri sungai membuatnya benar-benar membuat hati dan pikiran terasa sejuk.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Sungai Maron antara lain adalah mendayung berkeliling sungai atau sekedar memancing. Waktu tempuh dari pusat Kota Pacitan ke Sungai Maron hanya 45 menit saja.

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Bagi Anda yang hobi surfing, Pantai Watu Karung ini adalah destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi kala berada di Pacitan. Jangan lupa membawa papan selancar Anda untuk dapat mencoba ombak kelas dunia yang ada di pantai ini. Ombak yang besar dan tinggi khas laut selatan di pantai ini memang membuat para surfer merasa tertantang.

Jika tidak bisa berselancar, Anda juga bisa duduk di pantai berpasir putih ini sembari menikmati pemandangan laut dengan air berwarna hijau toska. Pantai Watu Karung juga tidak terlalu ramai sehingga Anda lebih leluasa bersantai di sini.

Siapa sangka di kabupaten kecil seperti Pacitan terdapat beragam tempat wisata yang menarik dan tidak bisa Anda temukan di kota metropolitan? Nah, rencanakan perjalanan Anda sekarang juga untuk singgah di tempat wisata di Pacitan yang sangat menakjubkan ini.

Artikel Menarik Lainnya: