advertisements
advertisement

Medan merupakan kota metropolitan ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Boleh dibilang bahwa ibu kota provinsi Sumatra Utara ini cukup berkembang dalam hal pembangunan. Anda bisa menemukan tempat nongkrong di Medan yang sedang hits dan tidak kalah keren dengan tempat nongkrong yang ada di Jakarta maupun Surabaya. Tak hanya menawarkan tempat hiburan yang modern saja, Medan juga memiliki sejumlah tempat wisata yang wajib Anda singgahi.

Ingin tahu tempat wisata di Medan yang wajib Anda singgahi? Anda bisa mengecek tempat-tempat wisata tersebut melalui daftar yang dibuat oleh Bacaterus berikut ini.

Museum Sumatera Utara

advertisement
advertisement

Tempat wisata di Medan yang harus Anda kunjungi untuk pertama kali adalah Museum Sumatera Utara. Museum yang berlokasi di Jalan H.M. Jhoni No. 51, Medan ini adalah museum terbesar di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Anda pasti sudah bisa menebak apa saja yang dipamerkan di dalam museum ini.

Di Museum Sumatera Utara, Anda dapat melihat segala jenis benda peninggalan sejarah dan budaya provinsi ini. Ribuan koleksi Museum Sumatera Utara ini terdiri dari hewan khas Sumatera, diorama pra sejarah, dan arca peninggalan Kerajaan Hindu dan Budha yang berada di Kota Medan.

Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Taman Bermain Hillpark Sibolangit Tempat Wisata Di Medan

Ingin mengajak buah hati Anda untuk berjalan-jalan di tempat wisata yang ada di Medan? Ajak buah hati Anda untuk datang ke Taman Bermain Hillpark Sibolangit. Theme park yang satu ini merupakan tempat wisata paling favorit bagi para wisatawan dalam dan luar Kota Medan.

Ada beragam wahana permainan menarik yang harus Anda coba satu persatu. Taman Bermain Hillpark Sibolangit ini menempati area yang cukup besar dan luar. Selain itu, kondisi tempat wisata ini juga sangat bersih. Namun, perlu Anda ingat bahwa tempat ini hanya buka pada saat akhir pekan saja.

Taman Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang

Tempat penangkaran buaya sudah menjadi tempat wisata wajib di beberapa kota. Salah satu tempat untuk penangkaran buaya yang paling terkenal adalah Taman Buaya Asam Kumbang. Di tempat ini, ada sekitar 2.500 buaya dari berbagai jenis dan ukuran.

Tak cukup sampai di situ saja, Taman Buaya Asam Kumbang ini merupakan tempat penangkaran buaya yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Jadi, belum lengkap rasanya jika ke Medan tanpa menengok tempat penangkaran buaya yang sangat tersohor ini.

Mora Indah

Mora Indah

Rekreasi bersama keluarga atau teman-teman ke taman bermain air memang suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Nah, ajak teman atau keluarga Anda untuk mengunjungi tempat wisata di Medan yang berupa taman bermain air, yaitu Mora Indah. Lokasi dari tempat ini sangat strategis karena berada di tengah Kota Medan.

Berbagai jenis wahana air dan kolam renang tersedia di taman bermain air Mora Indah ini. Bagi Anda yang menyukai tantangan, jangan lupa mencoba seluncur yang memiliki panjang 20 meter di Mora Indah. Selain itu, ada pula kolam renang untuk dewasa yang ketinggian airnya bisa mencapai dada orang dewasa.

Kebun Binatang Medan

advertisement
advertisement

Melipir sejenak ke arah Kota Brastagi, Anda bisa menemukan sebuah kebun binatang yang tidak pernah sepi pengunjung. Ya, Kebun Binatang Medan memiliki koleksi hewan tropis, seperti harimau, gajah, singa, dan masih banyak lagi.

Usut punya usut ternyata kebun binatang ini menempati lahan seluas 30 hektar. Selain itu, Kebun Binatang Medan ini masih tergolong baru karena baru diresmikan pada tahun 2005. Lokasi kebun binatang ini berada di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan atau berjarak 10 KM dari pusat Kota Medan menuju ke arah Brastagi.

Kampung Keling

Berada di Kampung Keling akan membuat kita merasa seperti berada di Mumbai atau kota-kota lain yang ada di India. Ya, Kampung Keling adalah “Little India”-nya Medan. Sebagian besar penduduk di Kampung Keling adalah warga keturunan India. Jadi, Anda bisa menemukan bangunan dengan arsitektur khas India sampai dengan kuliner India saat berada di Kampung Keling.

Hingga saat ini kawasan ini selalu menarik perhatian wisatawan karena keunikannya. Bahkan, ada sebuah kuil berwarna emas yang dikenal dengan nama Kuil Shri Mariamman dan merupakan kuil Hindu tertua di Kota Medan.

Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Kesultanan Deli ini merupakan ikon Kota Medan dan selesai dibangun pada tahun 1891. Kompleks istana yang memiliki luas 2.777 meter persegi ini dibangun oleh Sultan Mahmud Al Rasyid. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, tetapi Istana Maimun masih nampak berdiri dengan kokoh dan megah.

Bila diperhatikan arsitektur istana ini banyak terpengaruh dengan gaya Eropa. Pun begitu dengan ruangan-ruangan yang ada di dalam istana ini. Istana Maimun berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Medan. Tempat ini sudah dikelola menjadi tempat wisata sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar Kota Medan.

Tangkahan

Tangkahan

Tangkahan adalah tempat wisata di Medan yang bisa dicapai dengan berkendara selama 2-3 jam dari pusat Kota Medan. Tempat wisata yang satu ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Leuser yang berada di Kabupaten Langkat. Banyak yang mengatakan bahwa Tangkahan adalah “hidden paradise” di Sumatera Utara.

Ini adalah tempat wisata alam yang romantis untuk Anda kunjungi bersama pasangan. Anda bisa menjelajahi hutan tropis dengan lahan berbukit-bukit yang dikelola menjadi ekowisata. Kemudian, Anda juga bisa menikmati panorama air terjun. Tak hanya itu saja, ada juga goa kelelawar di Tangkahan yang bisa Anda kunjungi. Terakhir, Anda dapat menjajal arum jeram di Sungai Alas yang sangat menantang.

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Wisata tak harus mengunjungi tempat bernuansa alam atau taman bermain. Anda juga bisa melakukan wisata religi ketika berada di Medan dengan mengunjungi Masjid Raya Medan. Masjid yang besar dan megah ini mengusung arsitektur bergaya Eropa, Melayu, Maroko, dan Timur Tengah.

Berada di Masjid Raya Medan membuat kita merasa seperti berkunjung ke masjid di negara lain. Masjid yang dibangun pada tahun 1906 ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No. 718, Medan.

Graha Santa Maria Velangkanni

Graha Santa Maria Velangkanni

Bagi wisatawan yang beragama Katholik, Anda dapat mengunjungi Graha Santa Maria Velangkanni. Walaupun bangunannya nampak seperti pura atau kuil umat Hindu, tetapi ini adalah Gereja Katholik. Melihat bangunannya yang sangat unik, banyak wisatawan yang non-Katholik menyempatkan diri datang kemari untuk sekedar berfoto.

Nah, jika Anda penasaran dengan Gereja Katholik yang berbentuk pura ini, Anda bisa langsung datang ke Graha Santa Maria Velangkanni yang ada di Jalan Sakura III No. 7-10, Medan.

Ini dia tempat wisata di Medan yang wajib Anda singgahi. Anda bisa menemukan tempat wisata berupa theme park, wisata alam, sampai dengan wisata religi di Medan. Apabila Anda ingin merekomendasikan tempat wisata lain yang ada di Medan, silakan tulis rekomendasi Anda dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: