advertisements

Jika dahulu hanya Pulau Bali yang menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara, kini Lombok juga tak luput dari perhatian turis asing. Bahkan, beberapa gili yang ada di Lombok termasuk dalam daftar tempat honeymoon di Indonesia yang romantis versi Bacaterus. Kesimpulannya, Lombok bisa menjadi destinasi wisata yang terbaik jika Anda ingin berlibur di dalam negeri.

Selama ini Anda mungkin hanya mendengar bahwa Lombok adalah tempat wisata favorit bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Namun, Anda mungkin akan membutuhkan informasi yang lebih spesifik mengenai tempat wisata di Lombok. Berikut Bacaterus sudah membuat daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi kala berada di Lombok.

Pantai Senggigi

advertisements

Berbicara mengenai tempat wisata di Lombok yang paling populer, nama Pantai Senggigi memang tidak boleh terlewatkan. Senggigi memiliki garis pantai yang tajam dengan pasir pantai berwarna putih dengan sedikit pasir hitam.

Yang menarik dari pantai ini adalah air lautnya yang berwarna biru dan sangat menyejukkan mata. Ombak di Pantai Senggigi juga tergolong bersahabat sehingga banyak wisatawan yang berenang atau snorkeling di sini. Tak dapat dipungkiri bahwa beberapa tahun terakhir ini popularitas Pantai Senggigi menyaingi Pantai Kuta yang ada di Bali.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Tempat Wisata Di Lombok

Lombok tidak hanya terkenal dengan wisata baharinya saja. Pasalnya, masih ada Gunung Rinjani yang menjadi kebanggaan masyarakat Lombok. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.700 mdpl. Selain itu, gunung ini dianggap sakral bagi umat Hindu karena dipercaya menjadi tempat tinggal bagi para dewa.

Gunung Rinjani memang sangat terkenal di kalangan para pecinta alam. Bahkan, pemandangan di puncak gunung ini diklaim sebagai pemandangan yang paling indah se-Asia. Penasaran? Buktikan sendiri dengan melakukan pendakian di Gunung Rinjani ini.

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Ketiga gili ini merupakan gili yang paling favorit di kalangan wisatawan. Gili Trawangan adalah yang paling populer karena sudah menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan wisatawan. Tak heran jika Gili Trawangan adalah tempat wisata yang paling banyak disinggahi oleh wisatawan mancanegara.

Tidak jauh dari Gili Trawangan ada Gili Air yang juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang wisatawan dan letaknya paling dekat dengan Pulau Lombok. Sementara itu, jika Anda ingin mencari suasana yang lebih tenang, Anda bisa mengunjungi Gili Meno. Ketiga gili ini sama-sama menawarkan pantai dengan pasir putih dan air laut biru kehijauan yang sangat jernih.

Taman Narmada

Taman Narmada

Sekitar 10 KM di sebelah timur Kota Mataram ada sebuah tempat wisata di Lombok yang sarat akan nilai sejarah. Adalah Taman Narmada yang dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok. Dahulu, fungsi dari taman ini adalah sebagai tempat peristirahatan dan tempat melakukan upacara. Saat ini, Taman Narmada sudah dibuka sebagai tempat wisata untuk umum.

Taman seluas 2 hektar ini didesain menyerupai Gunung Rinjani. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa Taman Narmada ini replika mini dari Gunung Rinjani. Di taman ini juga terdapat sumber air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda jadi lebih awet muda.

Pantai Kuta Lombok

advertisements

Bukan hanya Bali yang memiliki Pantai Kuta. Ternyata Lombok juga memiliki sebuah pantai yang juga bernama Kuta. Bahkan, banyak wisatawan yang berpendapat jika Pantai Kuta yang ada di Lombok ini lebih bersih karena belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Adapun pantai ini memang memiliki pasir putih yang bersih.

Pantai ini berada di Desa Kuta yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Anda bisa menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Pantai Senggigi untuk visa sampai di sini. Pemandangan yang Anda dapatkan di Pantai Lombok ini benar-benar eksotis, apalagi pantai ini belum terlalu sesak dikunjungi wisatawan.

Pantai Sire

Pulau Lombok memang terkenal dengan wisata baharinya yang menakjubkan. Maka Anda tak perlu heran jika daftar ini didominasi dengan tempat wisata berupa pantai, seperti Pantai Sire yang akan kami bahas berikut ini. Letak pantai ini sekitar 35 KM dari Kota Mataram.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan laut lepas, di pantai yang memiliki garis sepanjang 4 KM ini kita juga bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani apabila cuaca sedang cerah. Pantai ini sudah didukung dengan sejumlah fasilitas wisata. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Sire selain berjemur adalah berenang, snorkeling, kano, dan memancing.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Masih satu paket dengan wisata ke Gunung Rinjani, Danau Segara Anak adalah objek wisata alam yang berada di kawah Gunung Rinjani. Masyarakat setempat meyakini bahwa danau ini adalah bagian laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Kepercayaan ini juga didukung dengan warna air danau yang sebiru air laut.

Jika Anda tak kuat melakukan pendakian hingga ke Puncak Gunung Rinjani, maka Anda bisa melakukan pendakian sampai ke Danau Segara Anak saja. Di sekitar danau banyak didirikan tenda para pendaki yang bermalam sebelum melanjutkan pendakian. Meskipun Anda harus berjalan 9 jam dari jalur kendaraan bermotor untuk sampai ke danau ini, tetapi rasa lelah Anda cukup sebanding dengan panorama yang indah di sekitar danau.

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Berada tak jauh dari Pantai Senggigi, ada sebuah tempat wisata di Lombok yang juga sangat populer. Pura Batu Bolong adalah sebuah pura yang berdiri di atas batu karang yang menjorok ke laut. Bagian tengah batu karang berlubang, sehingga tempat ini dinamakan Pura Batu Bolong.

Wisatawan diperkenankan masuk ke area pura dengan syarat harus menggunakan kain kuning di bagian pinggang. Background Pura Batu Bolong ini adalah Selat Lombok dan Gunung Agung yang nampak luar biasa eksotis terutama pada saat sunset.

Desert Point (Bangko-Bangko)

Desert Point (Bangko-Bangko)

Pantai Bangko-Bangko atau yang memiliki nama beken Desert Point adalah pantai terkenal di kalangan para surfer. Tak jarang Anda bisa menemukan peselancar dari negara lain yang jauh-jauh datang kemari untuk menjajal keganasan ombak di Desert Point ini.

Ombak yang cukup besar dan menantang membuat Pantai Bangko-Bangko ini menjadi salah satu dari 10 tempat surfing terbaik versi International Surfing Association. Jadi, jika Anda hobi surfing maka Anda harus datang ke Desert Point yang terkenal ini.

Pantai Pink (Pantai Tangsi)

Pantai Pink (Pantai Tangsi)

Bila Anda mengira bahwa Pink Beach atau pantai dengan pasir berwarna merah muda hanya ada di Flores, Anda harus melipir ke Pantai Tangsi yang ada di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Lombok Timur. Pantai ini adalah salah satu dari dua pantai yang memiliki pasir berwarna pink.

Untuk sampai ke Pantai Tangsi Anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Mataram. Namun, tempat ini belum menyediakan fasilitas untuk wisatawan. Jadi, sebagian besar wisatawan yang datang kemari membawa bekal sendiri dan langsung bertolak pulang setelah puas bermain-main di pantai ini.

Bagaimana ulasan mengenai tempat wisata di Lombok ini? Jika Anda memiliki tempat wisata favorit lainnya di Lombok, tuliskan nama tempat tersebut dan alasan mengapa Anda menyukainya di kolom komentar kami.

Artikel Menarik Lainnya: