advertisements

Setelah puas berjalan-jalan di Cirebon, sempatkan diri untuk mampir ke Kuningan, sebuah kabupaten yang terletak di sebelah selatan Kota Cirebon. Di Kuningan, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik dan berbeda dari yang lain.

Meskipun Anda bukan warga Cirebon dan Kuningan, Anda tetap harus mengetahui tempat-tempat wisata apa saja yang patut dikunjungi saat berada di Kuningan. Nah, berikut adalah daftar tempat wisata di Kuningan yang menarik versi Bacaterus.

7 Sumur Cibulan

advertisements

Saat berada di Kuningan rasanya tidak afdol jika kita tidak mengunjungi tempat wisata yang cukup populer ini, yakni pemandian 7 sumur Cibulan. Jaraknya hanya sekitar 7 Km Saja dari pusat Kota Kuningan. Banyak orang yang berkunjung ke sini karena ada sebuah kepercayaan bila berwudhu atau mandi dengan air yang berasal dari sumur Cibulan, maka doa-doa yang kita panjatkan akan dikabulkan.

Nah, di kolam pemandian ini terdapat banyak ikan dewa (ikan Kanra Bodas) yang konon merupakan titisan dari Prabu Siliwangi. Berdasarkan mitos yang beredar, ikan-ikan tersebut adalah titisan dari sang prabu yang membangkang. Oleh karena itu, Prabu Siliwangi mengutuk mereka menjadi ikan.

tempat wisata di kuningan 7 Sumur Cibulan

Menurut penjaga tempat wisata ini, jumlah dan ukuran ikan tetap sama, yakni tidak pernah bertambah atau berkurang. Bahkan, pengunjung yang iseng mengambil atau mengganggu ikan-ikan tersebut bisa terkena musibah.

Curug Putri

Kuningan adalah kabupaten yang memiliki banyak objek wisata air terjun. Salah satu air terjun yang terkenal di Kuningan ialah Curug Putri. Air terjun setinggi 20 meter ini mengalirkan air yang jernih ke sungai kecil di bawahnya.

Curug Putri

Dari mitos yang beredar di masyarakat, air dari Curug Putri ini bisa membuat seseorang jadi enteng jodoh. Jalan untuk menuju Curug Putri ini agak sulit, maklum karena air terun ini berada persis di kaki Gunung Ciremai. Karena arus sungai di bawah air terjun ini tidak terlalu deras, maka banyak wisatawan yang bermain air di sungai yang ada di bawah Curug Putri ini.

Curug Sidomba

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, tempat wisata di Kuningan didominasi oleh objek wisata alam air terjun. Setelah Curug Putri, terdapat pula Curug Sidomba yang tak kalah terkenal sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Kuningan.

Curug Sidomba

Hal yang membuat Curug Sidomba banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah letaknya yang sangat dekat dari Kota Kuningan. Dari jantung Kota Kuningan, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit saja. Selain itu, air terjun ini tidak terlalu tinggi. Tinggi dari Curug Sidomba hanya sekitar 3 meter saja. Jadi, para wisatawan bisa bermain-main sesuka hati di bawah air terjun karena pancuran airnya tidak terlalu deras.

Sama seperti Curug Putri, Curug Sidomba juga memiliki mitos tersendiri. Konon, orang yang mencuci muka atau membasuh diri dengan air yang berasal dari Curug Sidomba ini, maka urusan rejeki, jodoh, dan kehidupannya akan lancar.

Waduk Darma

advertisements

Di Kuningan, ada sebuah waduk yang tenang dan kini sudah dikelola menjadi tempat wisata. Adalah Waduk Darma yang jaraknya hanya sekitar 12 KM dari pusat Kota Kuningan. Anda juga bisa sampai ke Waduk Darma ini jika Anda menempuh perjalan sejauh 37 KM dari Cirebon.

Memang tak banyak wahana wisata yang ditawarkan di sini. Namun, Anda bisa menyewa perahu sambil berkeliling mengitari waduk tersebut. Dari Waduk Darma, Anda bisa melihat panorama lembah dan bukit. Di samping itu, udara di sekitar tempat wisata ini terasa sangat sejuk. Anda pasti akan merasa tenang saat berada di Waduk Darma ini.

Pemandian Air Panas Sangkanhurip Alami

Apakah Anda merasa bahwa tubuh Anda lelah dan letih karena bekerja seharian? Cobalah untuk mengunjungi Pemandian Air Panas Sangkanhurip Alami yang berlokasi di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cilimus, Kuningan, tepatnya sekitar 1 KM dari Taman Wisata Linggarjati.

Di sini, Anda bisa berendam di dalam air panas untuk merelaksasikan otot-otot tubuh yang tegang karena bekerja setiap hari. Air yang mengalir ke kolam pemandian ini tergolong alami karena masih mengandung yodium. Setelah puas berendam air panas, Anda bisa menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner yang ada di sekitar Pemandian Air Panas Sangkanhurip Alami ini.

Telaga Remis

Telaga Remis

Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang tidak boleh dilewatkan. Untuk sampai ke sini, Anda bisa berkendara dari pusat Kota Kuningan selama kurang lebih satu jam. Telaga Remis berada di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kuningan.

Di telaga ini terdapat sepeda air yang bisa disewa untuk berkeliling danau. Namun, jika Anda lebih suka berjalan kaki, di pinggir danau terdapat jalur yang dibuat khusus untuk pejalan kaki. Telaga Remis adalah tempat wisata yang cocok untuk bersantai sembari mencari ketenangan. Bahkan, di sekitar telaga ini terdapat banyak pepohonan pinus yang semakin membuat suasana di sekitar Telaga Remis jadi semakin asri.

Curug Bangkong

Curug bangkong

Setali tiga uang dengan Curug Putri dan Curug Sidomba, curug yang satu ini juga memiliki legenda yang beredar di kalangan masyarakat sekitar. Alkisah, pada jaman dahulu kala hiduplah seorang pertapa. Ia bertapa di dekat air terjun ini. Sang pertapa juga bergaul dengan masyarakat yang ada di sekitar air terjun. Suatu hari, sang pertapa hilang tanpa jejak.

Semenjak itulah masyarakat sekitar kerap kali mendengar suara kodok di sekitar air terjun itu. Oleh karena itulah, masyarakat menamai air terjun ini sebagai Curug Bangkong. Dalam bahasa sunda, bangkong ialah kodok. Berbeda dengan dua air terjun sebelumnya, air di Curug Bangkong ini terbilang keruh. Masyarakat memanfaatkan air Curug Bangkong untuk mengairi sawah mereka.

Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati

Ingatkah Anda pada pelajaran sejarah yang menceritakan tentang perundingan antara Indonesia dan Belanda yang membahas persetujuan status kemerdekaan Indonesia? Peristiwa itu dikenal dengan nama Perundingan Linggarjati.

Lokasi tempat perundingan itu masih ada sampai sekarang dan dinamakan sebagai Gedung Perundingan Linggarjati. Saat ini bangunan tersebut masih aktif sebagai museum. Anda bisa berwisata ke sini untuk melihat foto-foto dokumentasi sejarah yang dipajang di dinding bangunan ini. Gedung Perundingan Linggarjati berada di Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati

Setelah berkunjung ke Gedung Perjanjian Linggarjati, Anda dapat melipir sebentar ke sebuah taman wisata yang letaknya tidak jauh dari gedung bersejarah tersebut. Taman Wisata Alam Linggarjati menawarkan panorama alam yang sangat indah.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati segala macam fasilitas yang ada di komplek taman wisata ini, mulai dari penginapan, rumah makan, kolam renang, taman bermain anak, hingga kolam pancing. Karena taman wisata ini berada di dekat Gunung Ciremai, maka udara di sekitar lokasi wisata ini sangat sejuk.

Taman Purbakala Cipari

Terakhir, ada sebuah situs bersejarah yang kini dijadikan sebagai objek wisata. Taman Purbakala Cipari berada di Kampung Cipari, Desa Cigugur, Kab. Kuningan. Dahulu, situs purbakala ini dijadikan sebagai pemukiman bagi masyarakat yang hidup pada masa Neolitikum tahun 1.000 – 1.500 SM.

Di taman ini, Anda akan menjumpai kubur batu, perkakas dapur dari batu, bekas pondasi bangunan, dan perunggu. Tak jauh dari taman ini, ada sebuah museum yang memajang benda-benda peninggalan pada masa sebelum masehi.

Rata-rata tempat wisata di Kuningan memang didominasi oleh objek wisata alam air terjun. Akan tetapi, jika tidak ingin mengunjungi air terjun, Anda bisa menuju ke objek wisata bersejarah yang ada di Kuningan kok! Selamat berlibur!

Artikel Menarik Lainnya: