advertisements

Surga wisata di Jawa Tengah tidak hanya terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Magelang, atau Semarang saja, lho. Di Klaten, salah satu kabupaten di Jawa Tengah, juga memiliki berbagai tempat wisata unik yang lain dari yang lain.

Seperti biasa, Bacaterus akan mengulas tempat wisata di Klaten yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu libur yang cukup panjang ini. Yuk, langsung saja kita bahas satu persatu tempat wisata unik yang ada di Klaten.

Waterboom Umbul Cokro

advertisements

Sebenarnya ini bukanlah tempat wisata yang baru. Hanya saja seiring dengan berkembangnya jaman, nama tempat wisata ini lebih dikenal dengan Waterboom Umbul Cokro. Dahulu, masyarakat setempat mengenal tempat wisata ini dengan nama Umbul Cokro Tulung.

Seperti taman bermain air pada umumnya, waterboom ini menyediakan berbagai wahana air yang seru dan keren. Selain wahana air, di sini Anda juga bisa bermain flying fox atau sekedar duduk-duduk santai di gazebo yang disediakan.

Waterboom Umbul Cokro tempat wisata di klaten

Air yang digunakan pada waterboom ini berasal dari sumber mata air murni. Jika waterboom lain memiliki konsep desain yang modern, Waterboom Umbul Cokro ini memiliki tampilan yang sederhana dan lebih menyatu dengan alam di sekitarnya.

Museum Gula dan Wisata Agro Gondang Winangoen

Museum karya seni, sejarah, atau teknologi mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana dengan museum gula? Di Klaten terdapat satu-satunya museum gula yang ada di Asia Tenggara, lho. Kita harus turut berbangga akan hal tersebut.

Museum Gula

Museum gula ini tidak hanya menjadi sarana rekreasi saja, tetapi juga memberikan edukasi mengenai cara pembuatan gula. Di sini, kita akan dikenalkan dengan proses pembuatan gula jaman dahulu dan modern. Ada pula kereta yang akan mengantar kita untuk berkeliling di sekitar museum dan pabrik gula ini.

Uniknya, di dekat museum gula ini ada Wisata Agro Gondang Winangoen, di sini Anda  bisa bermain flying fox atau melakukan terapi ikan, yakni merendam kaki di kolam berisi ikan yang akan menghilangkan sel kulit mati di kaki kita. Setelah puas berekreasi di sini, Anda pun bisa mampir ke restoran D’Gonba Resto yang ada di kawasan museum ini. Wah, asyik sekali ya?

Gua Suran

Gua Suran

Jika Anda lebih menyukai wisata di tempat yang menyatu dengan alam, mungkin tempat wisata di Klaten yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Gua Suran adalah sebuah gua yang lokasinya berada di Kecamatan Jatianom, Klaten. Dinding bagian luar gua ini tertutup oleh lumut hijau. Konon, pada zaman dahulu kala gua ini digunakan oleh Kyai Ageng Gribig sebagai tempat shalat dan bersemedi.

Gua dengan bentuk leter L ini memiliki kedalaman sekitar 4 meter saja. Gua ini memang tidak terlalu besar dan panjang, tapi sarat akan nilai religi dan sejarah. Di sebelah Gua Suran ada Sendang Suran yang merupakan tempat  wudhu bagi Kyai Ageng Gribig.

Umbul Kapilaler

advertisements

Pernahkah terbayang dalam benak Anda untuk berwisata ke umbul atau sebuah mata air yang hingga kini masih dipakai oleh warga sekitar untuk beraktivitas sehari-hari? Ya, di Umbul Kapilaler ini, Anda akan menjumpai warga sekitar yang singgah ke sini untuk mandi pada pagi dan sore hari.

Umbul yang berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, ini cukup unik karena ukurannya tidak terlalu besar dan berada di bawah sebuah pohon beringin yang amat besar. Batu-batu besar di sekitar umbul biasa dipakai wisatawan untuk duduk-duduk santai. Untuk berenang di Umbul Kapilaler ini, Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun.

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Sesekali tak ada salahnya mengajak si kecil untuk pergi ke tempat wisata favoritnya, seperti taman bermain air. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo yang berlokasi di Jalan Manisrenggo KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang nyaman untuk mengajak anak-anak.

Kolam renang ini memiliki beberapa papan seluncur yang wajib untuk dicoba. Di samping itu, ada pula beberapa permainan air yang memang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini agar pengunjung yang datang semakin betah berada di sini.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Umbul adalah bahasa jawa yang artinya adalah kolam. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang di dalamnya terdapat berbagai ikan hias beraneka warna dan dasarnya masih berupa tumpukan pasir putih yang luas.

Ini sangat kontras dengan kolam buatan yang menggunakan keramik sebagai alas untuk dasar kolamnya. Dengan kata lain, ketika berenang di Umbul Ponggok, Anda akan merasa seperti menyelam di dasar laut. Kedalaman dari Umbul Ponggok ini sekitar 1,5 – 2,6 meter saja.

Para wisatawan yang datang kemari biasa melakukan snorkeling atau latihan diving sebelum terjun langsung ke laut. Jangan lupa untuk membawa kamera anti air untuk berfoto di dalam Umbul Ponggok ini. Ketika Anda mengunggah foto itu di media sosial, teman-teman Anda akan mengira bahwa Anda sedang berfoto di dalam laut.

Riverboarding Kali Pusur

Riverboarding Kali Pusur

Sudah pernah coba olahraga air riverboarding? Olahraga ekstrem ini cukup menguji adrenalin Anda, lho. Trek dari olahraga air ini hampir menyerupai jalur arung jeram. Namun, bila arung jeram menggunakan perahu karet, riverboarding hanya menggunakan papan khusus untuk olahraga ini.

Nah, Anda akan melalui sungai dengan arus yang cukup deras. Anda perlu menjaga keseimbangan dan tetap memegang erat papan tersebut. Salah satu tempat wisata di Klaten, yakni Kali Pusur, menawarkan wisata olahraga air riverboarding di sungai sepanjang 10 Km.

Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari Waterboom Umbul Cokro. Ketika melakukan riverboarding, Anda akan didampingi oleh dua orang ahli. Berani mencoba olahraga air riverboarding? Yuk, uji nyali Anda di Riverboarding Kali Pusur Klaten.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi populer kedua setelah Candi Borobodur ini tentu sudah sangat Anda kenal. Bila sedang berada di Klaten, rasanya tidak afdol jika Anda tidak sambang ke Candi Prambanan ini. Lokasi candi ini berada persis di perbatasan antara Kabupaten Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi, pastikan Anda mengunjungi Candi Prambanan ini saat sedang berada di Klaten.

Candi yang juga dikenal dengan nama Candi Loro Jonggrang ini merupakan komplek Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan, UNESCO juga sudah menetapkan Candi Prambanan sebagai situs warisan dunia. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus turut berbangga dengan hal ini, bukan?

Candi Plaosan

Candi Plaosan

Hanya berjarak sekitar 1 KM dari komplek Candi Prambanan, ada komplek candi lain yang mungkin tidak seluas Candi Prambanan, tetapi dari arsitekturnya kita bisa menebak bahwa candi ini tergolong mewah pada zamannya.

Adalah Candi Plaosan yang terletak di Desa Bugisan. Ini merupakan candi Buddha karena saat berkunjung kemari kita bisa melihat ada beberapa arca-acrca Buddha yang dilengkapi dengan candi-candi pendamping dalam bentuk stupa.

Menurut masyarakat sekitar, Candi Plaosan ini dibangun pada abad ke-9 pada masa kerajaan Mataram Kuno. Candi dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan. Walaupun sudah belasan abad berlalu, bangunan Candi Plaosan ini tetap berdiri dengan kokoh dan megah.

Warung Apung Rowo Jombor

Warung Apung Rowo Jombor

Saatnya wisata kuliner! Di Klaten Anda tak hanya bisa berwisata di tempat rekreasi saja. Sekitar 6 Km dari pusat kota Klaten terdapat Desa Jombor Krakitan Bayat. Ada yang unik dari desa ini, karena Anda bisa menemukan puluhan warung apung yang berdiri di atas perairan.

Untuk sampai di warung apung, Anda harus menaiki gethek atau perahu khusus untuk menyebrang. Anda akan diantar ke warung apung dengan gethek tersebut. Puluhan warung apung ini rata-rata menyajikan hidangan olahan dari ikan air tawar, seperti gurami, lele, belut, nila, dan masih banyak lagi.

Di beberapa waktu tertentu Anda dan para pengunjung lainnya akan dihibur dengan orkes dangdut saat makan di Warung Apung Rowo Jombor. Warung ini sangat cocok untuk mengakhiri rangkaian liburan Anda yang menyenangkan di Klaten.

Serunya tempat wisata di Klaten ini tidak bisa Anda dapatkan di kota atau kabupaten lainnya, lho. Mari ajak keluarga dan teman untuk berkunjung ke Klaten dan menikmati semua tempat wisata yang ada di sana. Selamat berlibur!

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: