advertisements

Kebumen adalah sebuah kota yang berada di Jawa Tengah. Meskipun bukan kota metropolitan yang dipenuhi dengan gedung pencakar langit, Kebumen tetap menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang datang dari berbagai wilayah. Mengapa? Karena di kota ini terdapat berbagai tempat wisata yang menarik, mulai dari pantai, air terjun, sampai dengan goa.

Apakah Anda juga berminat untuk berlibur di Kebumen? Jika ya, catat daftar tempat wisata di Kebumen yang direkomendasikan Bacaterus berikut ini. Nah, apabila Anda sedang menginap di salah satu hotel di Jogja, maka Anda bisa mampir ke Kebumen dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 – 3 jam dari Yogyakarta.

Jembangan Wisata Alam

advertisements

Jembangan Wisata Alam adalah tempat wisata di Kebumen yang menawarkan pesona kecantikan sebuah telaga. Telaga ini masih nampak sangat asri karena dikelilingi oleh hutan yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di tepi telaga terdapat restoran yang berdiri di atas telaga. Selain itu, ada pula Jembangan Fantasy Zoo, yang merupakan kebun binatang mini dengan beberapa satwa di dalamnya.

Aktivitas yang biasa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung kemari adalah menyewa perahu air untuk berkeliling telaga. Jembangan Wisata Alam berlokasi di Desa Jembangan, Kec. Poncowarno, Kebumen.

Bukit Pranji Kebumen

Bukit Pranji Kebumen Tempat Wisata Di Kebumen

Untuk melihat matahari terbit, Anda tidak perlu mendaki gunung dan mengambil risiko terlalu besar. Di Kebumen ada sebuah bukit yang bernama Bukit Pranji. Dari bukit ini, kita bisa melihat matahari terbit sekaligus pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Lokasinya bisa dijangkau dengan mudah menggunakan sepeda motor atau mobil. Anda harus melakukan pendakian singkat dari kaki bukit untuk bisa sampai di puncak Bukit Pranji ini. Selain sunrise, pesona dari Bukit Pranji Kebumen juga bisa dinikmati pada malam hari, yakni pada saat bintang-bintang mulai bermunculan.

Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck

Berjarak sekitar 35 KM dari pusat Kota Kebumen, ada Kecamatan Gombong yang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan. Nah, apa yang terdapat di Gombong sehingga wilayah ini menjadi istimewa? Di Gombong, terdapat bangunan bersejarah peninggalan zaman kolonial, yakni Benteng Van Der Wijck.

Benteng yang didominasi dengan warna merah ini dibangun oleh Belanda untuk menghalau perlawanan dari pasukan Diponegoro. Hingga saat ini, sebagian komplek dari Benteng Van Der Wijck ini digunakan sebagai Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Namun, sebagian lagi dikelola menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Pantai Logending / Pantai Ayah

Pantai Logending / Pantai Ayah

Belum ke Kebumen rasanya jika Anda belum mengunjungi tempat wisata di Kebumen yang satu ini. Adalah Pantai Logending atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Ayah. Meskipun ada begitu banyak pantai di Kebumen, tetapi pantai yang letaknya sejauh 53 KM dari Kota Kebumen ini menjadi pantai favorit bagi wisatawan.

Ada perahu wisata yang disewakan untuk membawa wisatawan berkeliling laut selama 20 menit. Ombak di Pantai Logending ini juga tidak terlalu besar sehingga banyak orang yang berenang atau bermain air di tepi pantai.

Goa Petruk

advertisements

Meskipun dibuka sebagai tempat wisata umum, tetapi tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam Goa Petruk. Hanya orang-orang yang berani dan menyukai adventure saja yang bisa masuk ke dalam goa ini. Pasalnya, goa ini masih belum dipugar menjadi tempat wisata yang aman.

Sebelum masuk ke dalam goa ini, wisatawan diminta untuk mengenakan sepatu boot, baju tahan air, headlamp, dan helm pelindung kepala. Namun, pemandangan di dalam Goa Petruk ini memang benar-benar indah. Ada air terjun yang berada di dalam goa ini. Belum lagi keindahan dari stalaktit dan stalakmit yang menggantung dari atap goa.

Curug Silancur

Wisata alam di Kebumen tidak hanya terdiri dari pantai atau goa saja, tetapi ada juga air terjun. Nah, Curug Silancur ini bisa menjadi destinasi wisata yang ideal bagi Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun yang masih sangat alami. Mengingat Curug Silancur belum dipugar menjadi tempat wisata secara resmi, maka jalur untuk mencapai air terjun ini masih cukup sulit dan ekstrem.

Alhasil, tidak banyak wisatawan yang datang ke sini. Namun, hal tersebut tentu bukan masalah jika Anda adalah penggemar wisata ekstrem yang penuh petualangan. Curug setinggi 20 meter ini berada sekitar 35 KM dari Kota Kebumen.

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pesona Pantai Menganti memang tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Kebumen. Pantai yang masih sangat natural ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan sehingga Anda akan lebih lega ketika bersantai di pantai ini. Di balik kecantikan pantai ini ternyata ada sebuah kisah cinta yang membuat nama ini dinamakan “Menganti”

Dikisahkan pada zaman dahulu ada seorang panglima perang Kerajaan Majapahit yang menjalin cinta dengan seorang wanita. Namun, hubungan tersebut tidak mendapat restu sehingga mereka sering berjumpa diam-diam di pantai ini. Suatu saat, mereka berjanji bertemu kembali tetap kekasih hati si panglima tak kunjung datang. Panglima tetap setia menanti sehingga pantai ini diberi nama “Menganti”

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Berbeda dengan Goa Petruk yang masih terlihat alami, Goa Jatijajar sudah dipugar menjadi tempat wisata di Kebumen yang sangat indah. Goa sepanjang 250 meter ini lantainya sudah dipaving agar tidak terjal. Kemudian, ada pula patung-patung atau deorama yang dipajang di dalam goa.

Penerangan dari lampu berwarna-warni membuat stalaktit goa ini nampak lebih indah dan berwarna. Untuk dapat masuk ke dalam Goa Jatijajar, Anda hanya perlu membayar karcis masuk sebesar 5 ribu rupiah saja.

Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan

Suka dengan olahraga ekstrem? Itu artinya Anda harus menjajal arung jeram di Padegolan ini. Sungai Padegolan sendiri adalah limpahan air yang berasal dari Bendungan Waduk Wadaslintang. Arung jeram di sungai ini terdiri dari 2 jenis, yakni yang landai biasa atau yang menantang.

Daya tarik yang membuat banyak wisatawan mencoba Arum Jeram Padegolan ini adalah air sungainya sangat jernih. Selain itu, pemandangan pepohonan hijau akan mengiringi Anda di sepanjang jalur arung jeram ini.

Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung

Unik, itulah satu kata yang dapat mendeskripsikan Pantai Karang Agung. Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir di tepinya. Namun, ada bebatuan karang yang kokoh berdiri di tepi pantai. Pemandangan yang ditawarkan di Pantai Karang Agung ini memang luar biasa indah.

Belum lagi air lautnya yang cukup jernih dan berwarna hijau toska tampak menyejukkan mata. Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata yang tidak terlalu ramai, Pantai Karang Agung ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Inilah 10 tempat wisata di Kebumen yang sangat mempesona. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ini? Jangan lupa untuk menambahkan di kolom komentar apabila ada tempat wisata yang belum dibahas di sini.

Artikel Menarik Lainnya: