advertisements
advertisements

Usai melakukan perjalanan ke berbagai tempat wisata di Solo, Anda bisa menutup perjalanan Anda kali ini dengan mengunjungi Karanganyar. Ya, Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang jaraknya hanya 14 KM dari Kota Surakarta. Jadi, Anda bisa langsung meluncur ke Karanganyar hanya dengan berkendara atau naik angkutan umum selama kurang lebih 30 menit saja.

Apa istimewanya tempat wisata di Karanganyar? Mengapa Anda harus berkunjung ke sana? Temukan jawabannya dalam ulasan mengenai berbagai tempat wisata yang ada di Karanganyar dari Bacaterus berikut ini!

Air Terjun Grojogan Sewu

advertisements
advertisements

Berbicara mengenai tempat wisata di Karanganyar yang paling terkenal, Air Terjun Grojogan Sewu ini adalah salah satu yang populer di kalangan wisatawan. Berada di Kecamatan Tawangmangu, air terjun setinggi 80 meter ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada saat hari libur.

Di sekitar air terjun yang eksotis ini banyak ditumbuhi pepohonan yang akan menambah sejuk suasana. Selain itu, di kawasan Air Terjun Grojogan Sewu juga terdapat kawanan monyet-monyet jinak, tetapi sebagai pengunjung kita tidak diperkenankan untuk mengganggu monyet-monyet tersebut.

Taman Ria Balekambang

Taman Ria Balekambang Tempat Wisata Di Karanganyar

Berada tak jauh dari area parkir Air Terjun Grojogan Sewu, ada sebuah taman yang ditata dengan rapi sehingga terasa sangat asri. Adalah Taman Ria Balekambang yang merupakan taman yang ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman hias yang membuat suasananya terasa indah.

Di samping itu, udara di Taman Ria Balekambang ini sangat sejuk karena lokasi taman berada di lereng kaki Gunung Lawu. Jadi, Anda bisa bersantai sambil menghirup udara segar di sini. Uniknya, di taman ini kita bisa menjumpai beberapa replika landmark negara lain, seperti Menara Eiffel, Spinx, Menara Pisa, dan Merlion.

Tahura Ngargoyoso

Tahura Ngargoyoso

Ingin melepas penat dari hiruk pikuk suasana kota? Datang saja ke Tahura Ngagoyoso yang berlokasi di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kec. Ngagoyoso, Karanganyar. Taman hutan raya ini menawarkan suasana yang tenang dan udara yang segar, cocok sekali untuk refreshing dan melepas penat.

Adapun objek wisata di Tahura Ngagoyoso ini berupa Candi Sukuh, Air Terjun Parang Ijo, Watu Bulus, dan kandang rusa. Selain itu, di Tahura Ngagoyoso juga ada pula taman yang ditumbuhi dengan aneka tanaman hias. Untuk sampai di hutan wisata ini, Anda bisa berkendara selama 1,5 jam dari Kota Solo ke arah Tawangmangu.

Telaga Madirda

Telaga Madirda

Keberadaan telaga yang cantik dan tenang ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Banyak wisatawan yang mengunjungi Gunung Lawu hanya mengetahui Telaga Sarangan yang berada di lereng kaki gunung tersebut. Padahal, Telaga Mardida juga merupakan telaga alami yang berada di lereng Gunung Lawu.

Air di Telaga Madirda ini berasal dari sumber air alami, sehingga kondisi airnya nampak sangat jernih. Bahkan, kejernihan air di telaga ini memungkinkan kita untuk melihat ikan-ikan yang berenang di dalam telaga. Udara sejuk khas pegunungan juga bisa Anda rasakan ketika berada di sini. Anda bisa berfoto-foto sambil bersantai di area Telaga Madirda.

Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort dan Hutan Pinus Sekipan

advertisements
advertisements

Ingin merasakan serunya berkemah dengan fasilitas yang memadai? Yuk, kunjungi tempat wisata di Karanganyar yang satu ini. Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort adalah sebuah penginapan bergaya perkemahan yang berada tak jauh dari Air Terjun Grojogan Sewu. Tempat camping wisata ini menyediakan tenda dalam berbagai ukuran, kolam renang, dan cafetaria.

Tidak jauh dari bumi perkemahan ini ada Hutan Pinus Sekipan yang asyik untuk berfoto-foto. Hutan pinus yang indah ini banyak dijadikan wisatawan yang datang kemari sebagai tempat untuk berfoto dan diunggah di berbagai media sosial.

Perkebunan Teh Kemuning

Kebun teh selalu menjadi objek wisata favorit untuk melepas kepenatan dan mendapatkan udara yang segar. Di Karanganyar, Anda bisa langsung menuju ke Perkebunan Teh Kemuning. Hamparan kebun teh ini ditata dengan rapi sehingga lebih sedap dipandang. Belum lagi udara sejuk di sekitar kebun teh membuat kita tidak kepanasan meskipun berkunjung kemari pada siang hari.

Lokasi Perkebunan Teh Kemuning berada cukup dekat di Taharu Ngargoyoso. Jika ingin mencoba aktivitas yang lebih ekstrem, Anda dapat menjajal paralayang yang dikelola oleh Venus Bukit Paralayang di salah satu bukit yang ada di sekitar Perkebunan Teh Kemuning ini.

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Ketika mengajak anak-anak untuk berwisata ke Karanganyar, Agrowisata Sondokoro ini merupakan sebuah destinasi wisata yang tepat. Di tempat ini, Anda dapat mengajak buah hati untuk bermain permainan outbound atau waterboom. Uniknya, di Agrowisata Sondokoro juga terdapat sebuah kereta tua yang siap untuk mengantar Anda sekeluarga berkeliling di area tempat wisata ini.

Bagi para orang tua yang sedang menanti buah hatinya bermain, ada kolam terapi ikan di Agrowisata Sondokoro yang bisa Anda coba. Lokasi tempat wisata ini berada di area Pabrik Tebu Tasik Madu, Karanganyar.

Puncak Gunung Lawu

Puncak Gunung Lawu

Cari tempat wisata di Karanganyar yang akan membawa Anda lebih dekat dengan alam di sekitar? Mengapa tak melakukan pendakian ke Gunung Lawu? Lokasi jalur pendakian ke gunung ini berada di perbatasan antara Karanganyar, Jawa Tengah dengan Magetan, Jawa Timur. Saat mendaki Gunung Lawu, Anda akan melewati beberapa pos pendakian, yakni Cemoro Sewu dan berakhir di Cemoro Kandang.

Sebelum sampai di puncak, biasanya para pendaki akan beristirahat di Warung Mbok Yem yang lokasinya sudah dekat dengan Puncak Gunung Lawu. Anda bisa makan atau minum di warung tersebut sembari menikmati pemandangan Gunung Lawu yang menakjubkan.

Astana Giribangun

Astana Giribangun

Wisata dengan ziarah ke makam orang terkenal bisa Anda lakukan ketika berada di Karanganyar. Datanglah ke Astana Giribangun, tempat di mana presiden kedua Indonesia, Bapak Soeharto dimakamkan. Komplek makam keluarga yang dibangun di atas sebuah bukit ini berlokasi di Desa Girilayu, Kec. Matesih, Karanganyar.

Adapun di tempat ini juga terdapat makam istri Alm. Soeharto, yaitu Ibu Tin Soeharto. Makam ini dibangun oleh masyarakat untuk mengenang jasa Alm. Soeharto yang dikenal sebagai Bapak Pembangunan.

Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso

Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso

“Tubing” adalah singkatan dari river tubing, yang artinya sebuah aktivitas menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Nah, di Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso ini Anda bisa mencoba aktivitas yang cukup menguji adrenalin ini.

Meskipun demikian, alat-alat yang dipakai oleh pengunjung yang ingin melakukan “tubing” ini sudah memenuhi standar keamanan seperti rafting. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk menyusuri jalur tubing yang berupa sungai kecil ini.

Dari Solo, Anda bisa langsung melipir untuk menuju ke berbagai tempat wisata di Karanganyar ini. Melihat serunya tempat-tempat wisata di atas, dijamin Anda tidak akan menyesal sudah memperpanjang masa liburan Anda di Jawa Tengah.

Artikel Menarik Lainnya: