advertisements
advertisements

“Jombang beriman” Itulah moto dari sebuah kabupaten yang berjarak 79 KM dari barat daya Surabaya. Untuk sampai ke kota ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Surabaya. Apabila Anda sudah mengunjungi semua tempat wisata malam di Surabaya dan sekitarnya, lanjutkan perjalanan Anda untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang berada di Jombang.

Apa yang bisa diesksplor ketika berada di Jombang? Bacaterus akan merangkum sejumlah tempat wisata di Jombang yang wajib Anda kunjungi. Yuk, simak ulasan selengkapnya dan jangan lupa untuk mencatat semua tempat wisata menarik ini!

Air Terjun Tretes

advertisements
advertisements

Tidakkah Anda tertarik untuk mengunjungi air terjun tertinggi di Jawa Timur? Ya, Air Terjun Tretes yang memiliki ketinggian 158 meter ini ternyata merupakan air terjun yang tertinggi di Jawa Timur. Air terjun ini berada di atas ketinggian 1.250 mdpl karena berada di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soeryo Gunung Jurag Guah yang berada di kompleks Gunung Anjasmoro.

Mengingat Air Terjun Tretes ini berada di daerah pegunungan, maka udara di sekitar air terjun terasa sangat sejuk. Tak hanya itu saja, Air Terjun Tretes juga merupakan hulu bagi Sungai Sumber Watu Bonakah.

Kedung Cinet

Kedung Cinet Tempat Wisata Di Jombang

Untuk sampai ke Kedung Cinet, Anda harus melewati jembatan gantung dan menyusuri Sungai Brantas. Namun, rasa lelah setelah melakukan perjalanan akan terbayarkan ketika Anda sampai di Kedung Cinet. Tempat wisata di Jombang ini disebut sebagai Grand Canyon mini.

Air sungai di Kedung Cinet ini sangat jernih. Bahkan, menurut warga setempat konon Kedung Cinet adalah tempat mandi bagi para prajurit dan dayang istana Kerajaan Majapahit. Kedung Cinet menawarkan panorama yang eksotis, maka tak heran jika tempat ini sangat Instagramable.

Kawasan Makam Gus Dur

Kawasan Makan Gus Dur

Berwisata sambil ziarah, kenapa tidak? Di Jombang, kita bisa berziarah mengunjungi makam Bapak Pluralisme Indonesia, yakni Alm. K.H. Abdurrahman Wahid. Meskipun beliau telah meninggal pada tahun 2009 silam, tetapi makamnya tetap dikunjungi oleh para peziarah dari seluruh Indonesia. Selain dikenal sebagai presiden ke-4, beliau yang akrab disapa Gus Dur ini juga merupakan tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU).

Komplek pemakaman Gus Dur sudah dipugar menjadi sangat rapi dan indah. Bahkan, komplek ini diperluas sehingga dapat menampung bus-bus para peziarah. Kawasan Makam Gus Dur terletak di Desa Cukir, Kec. Diwek, Jombang, tepatnya di komplek Pondok Pesantren Tebu Ireng.

Candi Rimbi

Candi Rimbi

Di antara berbagai situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang tersebar di Jawa Timur, Candi Rimbi boleh dibilang sebagai situs yang berukuran paling kecil. Candi yang menjadi pintu masuk arah selatan Kerajaan Majapahit ini dahulu menjadi tempat peristirahatan bagi para prajurit Kerajaan Majapahit.

Di sekitar candi yang dibangun pada abad ke-14 ini ditemukan Arca Parwati, yang diperkirakan sebagai perwujudan Ratu Majapahit, yaitu Tribhuwana Tunggadewi. Walaupun beberapa bagian Candi Rimbi ini runtuh dan mengalami kerusakan, tapi tak ada salahnya Anda mengunjungi candi ini. Lokasi Candi Rimbi adalah Dusun Rimbi, Ds. Pulosari, Kec. Bareng, Jombang.

Goa Sriti

advertisements
advertisements

Berada di kawasan wisata Wonosalam membuat perjalanan Anda ke Goa Sriti ini terasa sangat sejuk. Goa yang terbilang masih alami ini memiliki jalur yang cukup sulit diakses. Adapun jalan setapak menuju ke goa ini cukup panjang dan berliku. Akan tetapi, perjalanan menuju ke Goa Sriti ini tidak terlalu berat mengingat pemandangan pedesaan yang bisa kita nikmati di sepanjang perjalanan bisa menyejukkan mata.

Goa Sriti menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmit yang nampak seperti dekorasi alami. Jadi, perjalanan yang melelahkan untuk sampai di sini tidak akan sia-sia setelah Anda melihat langsung keindahan dekorasi alami di dalam goa.

Sendang Made

Masyarakat setempat percaya bahwa Sendang Made adalah tempat meditasi bagi Prabu Airlangga dan istrinya. Di samping itu, Sendang Made juga tempat untuk menghindari musuh, yaitu Prabu Wora Wari dari Tulungagung.

Konon, Sendang Made ini sudah ada sejak abad ke-11. Bahkan, selain menjadi petilasan Prabu Airlangga, Sendang Made juga pernah menjadi tempat peristirahatan Raja Kerajaan Majapahit, yaitu Prabu Brawijaya, dan para prajuritnya. Jika Anda ingin mengeksplor kawasan Sendang Made, Anda bisa datang ke lokasinya yang berada di Desa Made, Kec. Kudu, Jombang.

Wana Wisata Sumberboto

Wana Wisata Sumberboto

Kawasan wisata yang satu ini dikelola oleh Perhutani dan berada sekitar 20 KM dari pusat Kota Jombang. Ini adalah kawasan wisata terpadu di mana ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada kolam renang untuk anak-anak dan dewasa di Wana Wisata Sumberboto ini. Air yang dipakai juga berasal dari sumber mata air Sumberboto yang masih sangat alami.

Tak hanya itu saja, di sini juga ada taman bermain anak yang terletak di tepi hutan. Pengunjung yang ingin trekking menjelajahi hutan juga bisa berjalan dengan aman di jalur yang sudah disediakan. Wana Wisata Sumberboto berada di Desa Grobogan, Kec. Mojowarno, Jombang.

Taman Tirta Keplaksari

Taman Tirta Keplaksari

Ingin mencari tempat wisata di Jombang yang bisa dikunjungi bersama keluarga? Datang saja ke Taman Tirta Keplaksari yang berlokasi di Desa Keplaksari, Kec. Peterongan, Jombang. Taman ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa membuat Anda betah berada di sini.

Adapun fasilitas di Taman Tirta Keplaksari adalah danau, kolam pemancingan, taman, kolam renang, arena panahan, jogging track, dan lapangan tenis. Area Taman Tirta Keplaksari juga bisa dikunjungi pada malam hari karena suasana tempat wisata ini lebih romantis pada saat malam.

Klenteng Hong San Kiong

Klenteng Hong San Kiong

Ada yang menarik dari Klenteng Hong San Kiong yang terletak di Desa Gudo, Jombang ini. Pasalnya, klenteng ini bukan sekedar tempat ibadah bagi pemeluk agama Budha, melainkan tempat ini juga menjadi balai pengobatan untuk semua orang dari berbagai agama. Namun, jika Anda tidak ingin beribadah atau berobat, Anda tetap bisa mengunjungi Klenteng Hong San Kiong ini.

Klenteng yang sudah diklaim menjadi salah satu tempat wisata di Jombang ini ternyata sudah ada sejak tahun 1700, lho. Akan tetapi, tentu saja Klenteng Hong San Kiong sudah mengalami beberapa kali renovasi agar bangunannya tampak bagus dan terawat.

Kampung Durian

Kampung Durian

Jangan ngaku pecinta buah durian jika Anda belum mampir ke Kampung Durian di Wonosalam, Jombang. Di tempat ini rasa setiap buah durian berbeda-beda, padahal di tanam di wilayah yang sama. Selain bisa mencicipi durian, pengunjung juga dapat membeli bibit pohon durian dan belajar untuk menghasilkan buah durian dengan rasa yang nikmat.

Pada musim durian, datanglah ke Desa Sumber, lokasi dari Kampung Durian ini. Jika beruntung, Anda bisa menghadiri Festival Kenduri Durian untuk menikmati buah ini secara gratis.

Itulah 10 tempat wisata di Jombang yang bisa Anda kunjungi pada saat hari libur nasional atau akhir pekan. Tempat wisata ini sangat menarik, bukan? Jika Anda punya rekomendasi tempat wisata di sekitar Jombang yang lebih menarik, silakan tulis nama tempat wisata tersebut di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya: