advertisements

Jika berencana untuk berkunjung ke Surabaya, maka Anda bisa sekalian singgah di Gresik. Kota santri ini menyimpan beberapa tempat wisata menarik. Selain itu, jarak dari Surabaya ke Gresik juga tidak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 90 menit sampai 2 jam dari pusat Kota Surabaya.

Catat list tempat wisata di Gresik berikut ini. Pastikan Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke semua objek wisata yang dimiliki oleh kota yang terkenal dengan Nasi Krawu-nya tersebut agar liburan Anda semakin berkesan.

Telaga Ngipik

advertisements

Bagai oasis di padang gurun, itulah sebuah ungkapan yang menggambarkan keberadaan Telaga Ngipik. Tempat wisata di Gresik yang satu ini berada di tengah-tengah kawasan industri yang padat dan panas. Telaga ini juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta, tetapi masyarakat sekitar lebih suka menyebutnya “Telaga Ngipik”.

Pada umumnya, orang-orang yang berkunjung ke telaga ini berniat untuk bersantai di tepi telaga sembari menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Akan tetapi, ada pula komunitas ski air yang kerap kali mengadakan kegiatan skir air di Telaga Ngipik ini. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan komunitas tersebut berlatih ski air dengan mahirnya di telaga ini.

Pulau Bawean

Pulau Bawean

Gresik memiliki sebuah “pulau surga” yang letaknya sekitar 120 Km dari pusat Kota Gresik. Pulau “surga” tersebut adalah Pulau Bawean. Pulau ini berada persis di tengah Laut Jawa. Eksotisme yang ditawarkan oleh Pulau Bawean membuat Anda serasa berada di Lombok.

Ada pantai berpasir putih di sekeliling pulau. Selain itu, air laut di sini nampak jernih dan bersih. Di pulau ini terdapat habitat rusa bawean yang memang menjadi maskot Gresik. Selain pantai pasir putih yang cantik, Anda juga bisa berkunjung ke air terjun, pemandian air panas, dan Danau Kastoba yang ada di Pulau Bawean.

Pantai Delegan

Pantai Delegan tempat wisata di gresik

Bila Anda tidak ingin menempuh perjalanan yang terlalu jauh dari pusat Kota Gresik, Pantai Delegan ini bisa menjadi opsi destinasi wisata lainnya selain Pulau Bawean. Pantai Delegan hanya berjarak sekitar 40 Km dari pusat Kota Gresik. Pantai ini juga memiliki pasir putih.

Berbeda dengan Pulau Bawean, jumlah pengunjung Pantai Delegan jauh lebih banyak, terutama pada saat akhir pekan atau hari libur nasional. Wisatawan yang datang kemari biasanya bersantai di tepi pantai, berenang, hingga bermain pasir. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa permainan anak. Pantai Delegan berlokasi di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Bukit Jamur

Bukit Jamur

Dinamakan Bukit Jamur karena batu-batu alam di sana berukuran besar dan bentuknya mirip dengan jamur. Bukit Jamur ini termasuk objek wisata alam, karena bebatuan tersebut terbentuk dengan sendirinya, bukan karena campur tangan manusia.

Bukit Jamur ini berada di suatu lahan bekas galian kapur Bungah Gresik. Uniknya, batu-batu di sini bisa berbentuk jamur karena proses eolian, yakni proses pembentukan batu yang disebabkan oleh angin. Ini sangat kontras dengan fenomena batu alam lainnya yang biasanya dibentuk oleh air.

Goa Gelang Agung

advertisements

Berbeda dengan goa-goa kebanyakan, Goa Gelang Agung ini memiliki langit-langit yang cukup tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir kepala Anda akan membentur batu-batuan yang ada di langit-langit ketika sedang memasuki Goa Gelang Agung.

Asal muasal mengapa goa ini bernama Gelang Agung adalah karena bagian dalam goa yang berbentuk melingkar dan bisa tembus ke beberapa tempat. Selain itu, wisatawan yang datang menjelajahi Goa Gelang Agung ini umumnya ingin menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit di dalam goa ini. Menariknya lagi, di dalam goa juga terdapat beberapa ruangan yang konon pada zaman dahulu sering dijadikan sebagai tempat bertapa atau bersembunyi.

Petilasan Sunan Kalijaga

Selain bisa berwisata religi ke Makam Sunan Gresik, Anda juga bisa mampir ke tempat yang diyakini dulunya sebagai petilasan Sunan Kalijaga. Petilisan sang sunan ini diberi nama sebagai Goa Langsih. Letak dari petilasan ini berada di atas Bukit Surowiti. Untuk sampai kemari, Anda harus menempuh perjalanan darat terlebih dahulu sejauh 35 KM dari pusat Kota Gresik.

Karena berada di perbukitan, suasana di sekitar Petilasan Sunan Kalijaga ini terasa sejuk. Belum lagi banyak sekali pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar komplek petilasan, sehingga Anda akan merasa lebih segar ketika berjalan di sekitar kawasan Petilasan Sunan Kalijaga ini.

Gunung Kapur Sekapuk

Gunung Kapur Sekapuk

Tidak hanya Madura yang memiliki bukit kapur nan eksotis. Gresik juga memiliki wilayah perbukitan kapur yang terbentuk karena kegiatan penambangan yang dilakukan oleh penduduk sekitar. Bukit ini bernama “Gunung Kapur Sekapuk” dan berada tak jauh dari Bukit Jamur. Jadi, Anda bisa mengunjungi kedua objek wisata ini dalam waktu yang bersamaan.

Bukit kapur ini memiliki bentuk yang sangat unik. Anda akan merasa seperti berada di istana kapur saat sedang di sini. Wisatawan yang berkunjung ke sini tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengambil foto di tempat yang indah ini. Banyak pula fotografer yang datang ke Gunung Kapur Sekapuk untuk hunting foto atau melakukan sesi foto bersama modelnya.

Kota Lama Gresik

Kota Lama Gresik

Hampir di semua kota-kota yang ada di Indonesia selalu terdapat sebuah kawasan vintage yang sering diklaim sebagai kota tua/lama. Begitu pun di Gresik, Anda bisa berwisata dengan mengunjungi kawasan kota lama Gresik. Di kawasan ini, Anda bisa mengagumi berbagai bangunan dengan arsitektur lawas yang ditaksir usianya sudah lebih dari satu abad.

Napak tilas sejarah akan terasa begitu kental ketika Anda berjalan-jalan di kawasan kota tua ini. Anda bisa berkeliling di kota lama Gresik dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Beberapa bangunan bersejarah yang ada di kawasan ini antara lain adalah Kantor Pos Pelabuhan, Masjid Jami, dan Gedung Parlemen.

Sendang Banyu Biru Lowayu

Sendang Banyu Biru Lowayu

Anda pasti akan dibuat takjub ketika melihat fenomena air yang berwarna biru di salah satu wilayah yang ada di Gresik ini. Air berwarna biru ini terletak di sebuah kolam yang berukuran sedang. Tempat di mana air biru ini berada dinamakan Sendang Bayu Biru Lowayu. Uniknya, hanya air di sendang inilah yang berwarna biru, sementara air di sekitarnya hanya berwarna bening seperti pada umumnya.

Fenomena langka ini hanya bisa Anda temukan di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Hingga saat ini belum ada ilmuwan atau peneliti yang menyelidiki penyebab mengapa air di sendang ini berwarna biru. Namun, masyarakat sekitar percaya bahwa air di Sendang Banyu Biru Lowayu ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Apakah Anda berminat untuk mencoba ke sini?

Makam Sunan Gresik

Makam Sunan Gresik

Anda tentu pernah mendengar nama Walisongo, bukan? Sembilan wali tersebut adalah penyebar agama Islam pada tahun ke-14. Berkat kegigihan para sunan tersebut dalam menyebarkan agama Islam, maka agama Islam menjadi agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat di Indonesia.

Salah satu sunan dari Walisongo tersebut, yakni Sunan Gresik dimakamkan di Kabupaten Gresik. Makam sunan yang memiliki nama Maulana Malik Ibrahim ini berada di Desa Gapurosukolilo, Gresik. Jadi, saat berada di Gresik, Anda dapat berziarah ke makam Sunan Gresik ini.

Di dekat makam sunan terdapat pula tempat peristirahatan terakhir istri dan putranya. Makam Sunan Gresik sangat banyak dikunjungi oleh para peziarah dari Gresik maupun luar kota, terutama pada hari-hari tertentu.

Meskipun Gresik adalah kabupaten kecil yang berada di pinggir Kota Surabaya, tetapi tempat wisata di Gresik ini cukup menarik untuk dikunjungi. Bahkan, tempat wisata yang ada di Gresik ini tidak bisa Anda temukan kala berada di tengah hiruk pikuk Kota Surabaya, lho.

Artikel Menarik Lainnya: