advertisements
advertisement

Yuk, berlibur ke Gorontalo. Sebuah provinsi yang ada di Sulawesi ini ternyata menyimpan banyak objek wisata yang menarik, lho. Jadi, tak ada salahnya jika sesekali kita melipir ke Indonesia bagian tengah untuk mengunjungi Gorontalo. Tak perlu menggunakan jasa tour and travel, karena Anda bisa berpetualang sendiri menjelajahi semua objek wisata Gorontalo yang wajib dikunjungi.

Nah, seperti biasa Bacaterus akan menginformasikan sepuluh tempat wisata di Gorontalo yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Mari simak daftar tempat wisata yang ada di provinsi sekaligus kota yang mendapat juluk Serambi Madinah ini.

Bukit Layang Gorontalo

advertisement
advertisement

Anda pasti pernah mendengar nama Bukit Moko atau Bukit Bintang, bukan? Nah, di Gorontalo juga ada bukit serupa, yakni Bukit Layang. Di Bukit Layang ini Anda akan disuguhkan oleh pemandangan Kota Gorontalo dari ketinggian.

Tempat wisata di Gorontalo ini bertempat di Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi. Banyak pemuda-pemudi yang mengunjungi Bukit Layang ini untuk sekedar berfoto-foto atau bersantai sembari menikmati pemandangan Kota Gorontalo dari atas bukit.

Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo tempat wisata di gorontalo

Gorontalo juga memiliki objek wisata pantai yang indah dan menawan, lho. Salah satunya adalah Pantai Bolihutuo, di mana pantai ini menawarkan pasir putih yang bersih. Di tepi pantai juga terdapat jajaran pohon pinus yang rindang. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setempat maupun luar Gorontalo.

Anda pun bisa bersantai di Pantai Bolihutuo ini sembari menikmati aroma pohon pinus yang menentramkan hati. Untuk sampai di Pantai Bolihutuo ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 130 KM dari pusat Kota Gorontalo untuk menuju ke pantai yang berada di Kecamatan Tilamutu, Kabupaten Boalemo ini.

Taman Laut Olele

Taman Laut Olele

Selain Taman Laut Bunaken yang berada di Sulawesi Utara, Taman Laut Olele ini juga merupakan wisata bahari kebanggaan masyarakat Sulawesi. Pasalnya, keindahan bawah laut di Taman Laut Olele ini masih terlihat sangat alami.

Ombak yang ada di laut Teluk Tomini ini terbilang tenang, sehingga Anda lebih leluasa dalam menikmati keindahan terumbu karang dan aneka spesies ikan yang sangat menarik hati. Di sini, Anda bisa snorkeling atau langsung terjun melakukan penyelaman. Nah, apakah Anda berminat untuk berlibur di Taman Laut Olele? Datang saja ke Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone. Taman laut ini jaraknya hanya sekitar 20 KM saja dari pusat Kota Gorontalo.

Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo

Kapan lagi Anda bisa bersantai dengan bebas di pulau yang serasa milik pribadi jika tidak saat berada di Gorontalo? Di Gorontalo, terdapat  Pulau Diyonumo yang merupakan tempat wisata di Gorontalo yang sangat mempesona.

Pulau ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Akan tetapi, kami menjamin bahwa pesona pemandangan yang ada di Pulau Diyonumo ini memang sangat indah. Jadi jangan sampai Anda melewatkan tempat wisata yang satu ini bila sedang berlibur di Gorontalo.

Menara Keagungan Limboto

advertisement
advertisement

Menara ini memang tidak setinggi Menara Kembar Petronas atau Tokyo Tower, tapi Menara Keagungan Limboto setinggi 65 meter ini adalah jujukan wajib bagi para wisatawan yang datang ke Gorontalo. Dari menara 5 lantai ini Anda bisa menikmati pemandangan kota maupun Danau Limboto.

Struktur bangunan Menara Keagungan Limboto dibuat agar nampak menyerupai Menara Eiffel yang ada di Paris, Perancis. Menara ini dibangun pada tahun 2002 oleh Bupati Gorontalo yang menjabat saat itu, yaitu Ahmad Pakaya. Menara Keagungan Limboto berada persis di jantung Kota Gorontalo, sehingga para wisatwan dapat menjangkau menara ini dengan sangat mudah.

Pulau Cinta

Ingin cari tempat berbulan madu di Gorontalo? Kunjungi saja Pulau Cinta yang ada di Kabupaten Boalemo ini. Dinamakan Pulau Cinta karena jika dilihat dari atas bentuk pulau kecil ini memang menyerupai bentuk hati. Pulau Cinta berada di kawasan yang sama dengan Pantai Bolihutuo.

Di pulau ini hanya terdapat 15 resort ekslusif yang tarifnya berkisar 3-5 juta rupiah per malam. Mahal? Tentu saja, karena pemandangan yang ada di Pulau Cinta ini sangat sebanding dengan harga tersebut.

Pasir putih yang teramat bersih berpadu dengan air laut yang sangat jernih. Bahkan, karena air lautnya jernih, kita jadi bisa melihat ke dasar laut. Pulau Cinta kerap kali dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Nah, apakah Anda berminat untuk mengajak pasangan terkasih untuk berlibur di Pulau Cinta ini?

Pulau Bitila

Pulau Bitila

Let’s get lost! Kita bisa mencari suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota ketika berkunjung ke Pulau Bitila. Ini adalah sebuah pulau tak berpenghuni di Kabupaten Boalemo. Bahkan, pemerintah setempat telah mengkhususkan Pulau Bitila sebagai objek wisata bahari.

Pulau yang tidak terlalu besar ini menawarkan pantai dengan pasir putih yang bersih, sehingga membuat Anda betah untuk bersantai sembari berjemur. Kemudian, di sekitar pantai juga banyak ditumbuhi oleh pepohonan, sehingga udara di pulau ini terasa sejuk. Pulau Bitila adalah tempat wisata yang cocok untuk Anda yang mendambakan ketenangan.

Pantai Tenilo

Pantai Tenilo

Gorontalo nampaknya mempunyai sejumlah objek wisata pantai yang tidak boleh dilewatkan, salah satunya adalah Pantai Tenilo. Pantai berpasir putih ini memiliki bagian yang cukup dangkal. Di mana kita bisa berjalan di bagian yang dangkal ini sembari bermain dengan air laut yang nampak teramat jernih ini. Pantai Tenilo juga berada di kawasan yang sama dengan Pulau Bitila dan Pulau Cinta, yakni di Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas Gorontalo

Setelah puas berlibur mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Gorontalo, lakukan sebuah wisata religi singkat dengan mengunjungi Masjid Walima Emas Gorontalo.

Yang membuat masjid ini nampak spesial adalah lokasinya yang berada di atas bukit. Dari masjid ini kita bisa menyaksikan pemandangan laut dan pemukiman penduduk dari ketinggian. Sempatkan diri untuk menunaikan ibadah sholat dan berfoto di masjid ini.

Air Terjun Didingga

Seperti yang sudah kami katakan di awal tulisan, tempat wisata di Gorontalo cukup banyak dan beragam. Salah satu objek wisata di Gorontalo yang mampu membuat Anda menyatu lebih dekat dengan alam adalah Air Terjun Didingga. Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara.

Air terjun ini tidak langsung jatuh ke sungai seperti air terjun pada umumnya, melainkan air akan turun mengaliri tebing tinggi secara rapi. Pemandangan ini membuat Air Terjun Didingga nampak menyerupai sebuah tirai. Air terjun ini masih terbilang “perawan” karena belum banyak disambangi oleh wisatawan.

Rekomendasi tempat wisata di Gorontalo ini membuat Anda segera ingin berkunjung ke Gorontalo, bukan? Tempat wisata di Gorontalo ini terbilang sangat lengkap, mulai dari pantai, pulau, sampai dengan air terjun. Nah, tempat wisata manakah yang ingin segera Anda kunjungi ketika berada di Gorontalo?

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: