advertisements
advertisements

Wisata ke sebuah tempat dengan udara yang sejuk bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Di Jawa Timur, tempat yang menawarkan udara sejuk khas dataran tinggi adalah Kota Malang. Anda bisa berwisata ala backpacker ke Malang dengan mengunjungi tempat-tempat wisata alamnya saja. Pasalnya, budget yang harus disediakan untuk berkunjung ke tempat wisata alam cenderung lebih hemat.

Ingin tahu tempat wisata alam di Malang yang sangat bagus dan banyak dikunjungi oleh wisatawan? Bacaterus sudah membuat daftar lengkapnya berikut ini. Yuk, catat daftar tempat wisata alam yang berada di Malang ini.

Coban Rondo

advertisements
advertisements

Merasa penat dengan aktivitas Anda sehari-hari? Berkunjunglah ke tempat wisata alam di Malang yang satu ini. Coban Rondo adalah air terjun dengan suasana yang asri dan sangat kental menyatu dengan alam. Coban dalam bahasa Jawa berarti air terjun, sedangkan Rondo adalah janda.

Ada cerita rakyat yang dipercaya menjadi latar belakang dari nama Coban Rondo ini. Dikisahkan seorang Dewi Anjarwati yang kehilangan suaminya, Raden Baron Kusuma. Sang suami bertengkar dengan Joko Lelono, orang yang diam-diam ingin merebut Dewi Anjarwati dari suaminya. Akhirnya, Raden Baron Kusuma menyembunyikan istrinya di dalam goa dekat air terjun ini.

Gunung Panderman

Gunung Panderman Tempat Wisata Alam Di Malang

Bagi Anda yang baru pertama kali mendaki gunung, Anda bisa menjajal untuk mendaki Gunung Panderman. Ya, wajar saja mengingat gunung ini menjadi tempat pemanasan atau latihan bagi para pecinta alam. Puncak Gunung Panderman bisa dicapai hanya dalam waktu 2-3 jam saja. Jadi, Anda bisa naik sekaligus turun gunung dalam waktu sehari.

Dari Kota Malang, Anda cukup berkendara sekitar 1 jam untuk mencapai Gunung Panderman yang terletak di Dusun Toyomerto, Kel. Songgokerto, Batu, Malang ini. Meskipun hanya memiliki trek pendakian yang pendek, pemandangan dari atas puncak Gunung Panderman ini sangat indah, lho.

Pulau Sempu

Pulau Sempu

Beberapa tahun belakangan, nama Pulau Sempu memang sedang hits di kalangan para wisatawan. Dari pusat Kota Malang, Anda hanya perlu menempuh perjalanan darat selama 2 jam. Kemudian, Anda akan sampai ke Pantai Segara Anakan, pantai yang menjadi tempat parkir bagi perahu-perahu nelayan.

Untuk sampai ke Pulau Sempu Anda harus menyebrang dengan menyewa perahu nelayan tersebut dan menempuh perjalanan selama 30-45 menit. Setelah itu, Anda bisa mencapai “surga-nya” Pulau Sempu dengan melakukan trekking. Anda akan menemukan Segara Anakan, yang merupakan sebuah laguna indah dan memikat.

Omah Kayu

Omah Kayu

Satu lagi tempat wisata alam di Malang yang sedang hits di berbagai media sosial. Adalah Omah Kayu, sebuah penginapan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi tidur di rumah pohon. Dari cottage yang ada di atas pohon ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa indah. Pada malam hari, Anda bisa menikmati pemandangan lampu-lampu Kota Malang yang nampak seperti kunang-kunang.

Bagaimana jika Anda tidak ingin menginap di sini? Tak masalah, Anda tidak perlu menginap untuk dapat menyaksikan pemandangan dari rumah pohon ini. Cukup bayar tiket masuk saja untuk bisa naik dan berfoto-foto dengan pemandangan di atas Omah Kayu ini.

Coban Nirwana

advertisements
advertisements

Coban Nirwana atau yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Coban Mbok Karimah adalah tempat wisata alam yang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Jadi, untuk dapat berkunjung ke wisata air terjun ini Anda tidak akan dikenakan biaya karcis masuk.

Mengingat tempat ini belum dikelola secara resmi, maka jalan untuk mencapai Coban Nirwana ini masih terbilang sulit. Belum lagi di kawasan air terjun ini masih minim fasilitas. Namun, bagi Anda yang mencintai tempat wisata yang masih benar-benar alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, maka Coban Nirwana ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat.

Teluk Bidadari

Berbicara mengenai tempat wisata alam yang ada di Malang memang seolah tak ada habisnya. Kali ini, Bacaterus akan membahas Teluk Bidadari yang letaknya di Pantai Mbehi, Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Malang. Teluk ini berupa genangan berbentuk lingkaran yang airnya berwarna biru kehijauan. Sekilas Teluk Bidadari ini tak kalah menawan dengan Angel’s Billabong yang ada di Nusa Penida, Bali.

Untuk mencapai teluk yang cantik ini, Anda harus trekking sekitar 40 menit. Bahkan, Anda bisa menyewa guide untuk memandu Anda dan rombongan agar sampai kemari. Teluk ini belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga jika Anda beruntung maka Anda bisa berendam di Teluk Bidadari ini secara private.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Melihat fotonya, Anda mungkin mengira bahwa ini merupakan salah satu pantai di Bali, bukan? Namun, Pantai Balekambang ini berada di Malang, tepatnya berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur. Pasir putih di pantai ini juga nampak bersih dan bebas dari sampah.

Di samping itu, ada pura kecil yang berdiri di atas batu, letaknya sekitar 100 meter lepas Pantai Balekambang. Ada jembatan kecil yang dibuat agar wisatawan bisa mencapai pura tersebut. Pura di atas pulau batu ini mengingatkan kita dengan pemandangan di Tanah Lot, Bali.

Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

Sekitar 30 KM dari Malang Utara terdapat sebuah agrowisata kebun teh yang menawarkan suasana sejuk dan pemandangan berupa hamparan kebun teh hijau seluas 1.444 hektar. Agrowisata Kebun Teh Wonosari ini berada di atas ketinggian 950 – 1.250 mdpl.

Aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan agrowisata ini antara lain adalah melihat-lihat kebun teh, bermain flying fox, wall climbing, berkuda, dan bermain paint ball. Bahkan, tempat wisata alam di Malang yang satu ini juga menawarkan penginapan bagi para wisatawan yang ingin stay di kawasan kebun teh ini.

Pantai Sipelot

Pantai Sipelot

Ingin mengunjungi pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia? Anda bisa berkunjung ke Pantai Sipelot yang berada di Desa Pujiharjo, Kec. Tirtoyudo, Malang. Pantai yang menawarkan air berwarna biru nan jernih ini memang masih sangat “perawan” karena belum tersentuh oleh banyak tangan manusia dan tidak banyak dikunjungi wisatawan

Sayangnya, Anda tidak bisa berenang di sini karena ombaknya tergolong besar. Akan tetapi, Anda tak perlu kecewa karena Anda bisa berkunjung ke air terjun bernama Coban Sipelot.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

Selain Pantai Sipelot, Pantai Ngliyep juga merupakan wisata pantai di Malang yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai berpasir putih ini tidak kalah cantik dan menarik dengan sejumlah pantai yang ada di Lombok.

Wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini karena ombak dari Samudra Hindia ini cukup besar. Anda bisa duduk di tepi pantai sambil berjemur ketika berada di Pantai Ngliyep. Pantai ini terletak sekitar 62 KM dari selatan Kota Malang dan tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Malang.

Pesona dari sepuluh tempat wisata alam di Malang ini memang tidak ada duanya. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan tempat-tempat indah ini jika sedang berlibur di Malang. Nah, jika Anda memiliki rekomendasi mengenai wisata alam lainnya yang ada di Malang, tulis rekomendasi Anda tersebut di kolom komentar kami.

Artikel Menarik Lainnya: