advertisements

Selain wisata kulinernya, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata mistis. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki spot mistis yang banyak mengundang rasa penasaran. Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan mengulas berbagai tempat paling angker di Indonesia.

Tempat angker di Indonesia sangatlah beragam. Ada yang berupa komplek pemakaman, goa bekas jaman penjajahan, rumah sakit tua, hingga bangunan kampus dan sekolah. Semua tempat tersebut biasanya memiliki penunggunya masing-masing dengan latar belakang yang sangat menyeramkan. Di mana sajakah itu? Yuk simak daftarnya berikut ini.

Tempat Angker di Jakarta

advertisements

Walaupun berstatus sebagai kota metropolitan, namun unsur mistik masih banyak menyelimuti beberapa tempat di Jakarta. Beberapa lokasi di kota yang berbatasan dengan Bekasi dan Depok tersebut dipercaya memiliki kekuatan gaib yang kuat. Berikut adalah beberapa tempat paling angker di Jakarta:

  • Rumah Pondok Indah

rumah hantu pondok indah

Sekitar tahun 80an ada sebuah rumah di Jalan Metro, Jakarta, yang ditinggali oleh 7 warga negara asing. Suatu hari terjadi perampokan di rumah tersebut dan semua penghuninya dibunuh, termasuk anak-anak dan pembantunya. Semenjak saat itu rumah tersebut menjadi angker dan tidak berpenghuni.

Banyak warga yang kemudian sering melihat penampakan di rumah tersebut. Bahkan banyak yang mengatakan rumah tersebut adalah kerajaan setan. Saking tenarnya, kisah rumah Pondok Indah ini juga sempat difilm-kan beberapa tahun yang lalu. Kini rumah tersebut telah dirobohkan.

  • Perlintasan Kereta Bintaro

tempat paling angker di Indonesia bintaro

Tragedi Bintaro

Pada tanggal 19 Oktober 1987 terjadi kecelakan kereta api terbesar di Indonesia. Kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta dekat Stasiun Sudimara Bintaro tersebut menewaskan ratusan orang. Hingga kini sering terdengar suara jeritan minta tolong di malam hari ataupun penampakan hantu yang mencari anggota tubuhnya di wilayah tersebut.

  • Terowongan Casablanca

terowongan casablanca

Terowongan Casablanca merupakan sebuah terowongan yang dibangun di atas tanah yang dahulunya merupakan komplek pekuburan. Karena hal itulah terowongan ini kemudian menjadi sangat angker. Banyak terjadi kecelakaan aneh yang terjadi di sini. Menurut saksi mata, sering ada hantu perempuan yang tiba-tiba melintas di jalan sehingga membuat pengemudi banting setir dan terjadi kecelakaan.

  • TPU Jeruk Purut

tpu jeruk purut

Tempat pemakaman umum di daerah Jeruk Purut, Jakarta Selatan, juga memiliki kisah yang menyeramkan. Konon, di pemakaman tersebut sering terjadi penampakan pastor tanpa kepala. Pastor tersebut bertubuh besar dan mengenakan pakaian serba hitam. Ia sering berkeliling makam dengan menuntun anjing dan menenteng kepalanya sendiri.

  • Jembatan Ancol

jembatan ancol

Salah satu kisah misteri paling melegenda di Jakarta adalah hantu Si Manis Jembatan Ancol. Ya, di sebuah jembatan di atas kali Ancol, Jakarta Utara, pernah terjadi pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang wanita cantik. Semenjak kejadian tersebut, banyak warga di sekitar daerah tersebut yang melihat penampakan hantu wanita cantik di malam hari. Saking populernya, kisah urban legend ini banyak diadaptasi ke film dan juga sinetron.

  • Lubang buaya

advertisements

Lubang Buaya merupakan sebuah sumur tua tempat dibantainya para jenderal TNI secara sadis dalam kasus G30S/PKI. Konon, hingga saat ini masih ada warga yang sering mendengar suara jeritan dan tangisan dari korban pembantaian tersebut.

  • Rumah Kentang

Di sebuah rumah di kawasan Pranpanca, jakarta Selatan sering tercium bau kentang yang menyengat. Konon katanya pada jaman dahulu ada seorang ibu yang sedang merebus kentang dalam panci yang besar. Namun si ibu tersebut lalai sehingga anaknya yang masih kecil masuk ke dalam panci tersebut dan meninggal terebus bersama puluhan kentang.

Karena kejadian tersebut, di sekitar rumah tersebut sering tercium bau kentang yang misterius di malam hari. Menurut Indocropcircle, Banyak paranormal yang mengatakan jika bau kentang tersebut merupakan aroma dari genderuwo yang tinggal di daerah tersebut.

Tempat Angker di Bandung

Bandung merupakan gudangnya objek lokasi wisata mistis. Banyak tempat angker tersebar di kota yang sering disebut sebagai Paris van Java ini. Berikut adalah beberapa tempat paling angker yang dapat Anda kunjungi di Bandung:

  • Kampus ITB

kampus itb

Komplek perguruan tinggi yang sudah ada sejak jaman kolonial belanda ini memang banyak memiliki kisah misteri. Banyak mahasiswa ITB yang sering melihat penampakan di beberapa lokasi seperti lab mesin, aula barat, PAU, lapangan, sipil, dan lainnya. Penampakan hantunya juga beraneka ragam, ada hantu muka rata, hantu yang menyerupai teman kita, dan lainnya.

Selain di komplek kampusnya, wilayah sekitar ITB juga terkenal sangat menyeramkan. Di antaranya adalah Jalan Tamansari yang rimbun dengan pepohonan dan dianggap menjadi tempat tinggalnya para kuntilanak. Di sekitar jalan Dayang Sumbi juga banyak yang sering melihat penampakan.

  • Rumah Ambulans

rumah ambulance

Di sebuah rumah di Jalan Bahureksa terdapat ambulans tua yang ditutup dengan terpal. Konon ambulans tersebut tidak bisa dipindahkan dan sering menyala sendiri di malam hari. Ambulans tersebut katanya pernah membawa jenazah sang pemilik rumah yang meninggal akibat kecelakaan. Namun alih-alih kembali ke rumah sakit, ambulans tersebut justru malah kembali ke rumah tersebut.

  • SMAN 3 dan 5 Bandung

sma 3 dan 5 bandung

Tidak hanya terkenal sebagai salah satu SMA favorit di Bandung, komplek sekolah SMAN 3 dan 5 juga dikenal karena keangkerannya. Konon di bangunan sekolah berdesain khas Belanda tersebut sering muncul penampakan sesosok noni Belanda bernama Nancy. Hantu tersebut sering terlihat di salah satu jendela di lantas atas pada malam hari.

  • Goa Belanda dan Jepang

tempat paling angker di Indonesia

Di kawasan taman hutan raya Ir. Juanda, Dago Pakar, terdapat dua buah goa peninggalan Belanda dan Jepang. Goa yang terdapat di dalam hutan tersebut merupakan bekas tahanan dan tempat penyiksaan para romusha yang tidak patuh ketika bekerja.

Hingga kini sering terdengar suara jerit kesakitan dan tangisan di dalam goa tersebut. Selain itu, para pengunjung goa tersebut juga dilarang untuk mengucapkan kata “lada” karena bisa menyinggung penghuni goa tersebut. Jika mengucapkan kata tersebut, maka biasanya orang tersebut akan langsung kesurupan. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, simak review kami di artikel ini.

  • Jalan Siliwangi

babakan siliwangi

Tidak jauh dari kampus ITB, tepatnya di Jalan Siliwangi, terdapat sebuah mitos yang sangat melegenda. Konon pada tahun 80an di jalan tersebut ada seorang anak kecil yang meninggal dunia akibat tertabrak mobil. Anak kecil tersebut kabarnya sering menampakan diri sambil mencari bonekanya yang hilang ketika terjadi kecelakaan.

Tempat Angker Lainnya

Selain di Jakarta dan Bandung, masih banyak tempat angker dan berhantu lainnya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Berikut adalah daftar tempat paling angker di Indonesia tersebut:

  • Lawang Sewu

tempat paling angker di Indonesia lawang sewu

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang berdiri sejak tahun 1904. Tempat angker di Semarang ini sempat dijadikan markas bagi para tentara Jepang. Pada masa tersebut, bagian bunkernya dijadikan sebagai tempat penyiksaan dan pembunuhan orang Belanda. Oleh karena itulah di tempat ini sering terjadi penampakan hantu tentara dan noni Belanda.

  • SMA Tugu Malang

Komplek SMA Tugu terletak di depan Tugu Malang. Konon di komplek sekolah tersebut sering terdengar suara derap kaki para tentara yang sedang berbaris. Selain itu, dilantai sekolahnya terdapat bercak merah kecoklatan seperti darah yang tidak bisa dihilangkan. Hal tersebut terjadi karena tempat angker di Malang ini pernah dijadikan tempat penyiksaan pada jaman penjajahan Jepang.

  • Gunung Merapi

gunung merapi

Gunung Merapi memang terkenal dengan berbagai macam misterinya. Gunung yang terletak di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah ini dianggap sebagai pusatnya kerajaan jin di pulau Jawa. Salah satu yang paling terkenal adalah adanya pasar Bubrah alias Pasar Setan. Konon di lokasi tersebut sering terdengar suara riuh layaknya pasar meskipun tidak ada seorang manusia pun di sana.

  • Kilang Minyak Pertamina Balikpapan

kilang minyak balikpapan

Tempat angker tidak melulu berupa bangun tua, namun bangunan modern pun bisa menjadi menyeramkan. Salah satu buktinya adalah Kilang Minyak Pertamina di Balikpapan. Konon di tempat tersebut sering ada penampakan hantu wanita rambut panjang dan juga hantu pekerja tanpa kepala. Banyak yang mengatakan jika hantu tersebut adalah arwah gentayangan dari pekerja yang tewas ketika sedang bertugas.

  • Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran merupakan salah satu tempat angker di Surabaya. Konon pada tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan sering ada kecelakaan yang menelan korban jiwa. Selain itu kawasan pantai tersebut juga dianggap sebagai pusatnya kerajaan ular.

  • Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor yang teduh dan rimbun dengan pepohonan juga sarat dengan unsur mistis. Salah satu lokasi yang cukup angker adalah komplek Makam Ratu Galuh. Konon di tempat tersebut sering ada penampakan Ratu Galuh yang memakai kebaya. Selain itu, sering muncul pula dua ekor harimau putih milik Prabu Siliwangi.

Itulah berbagai macam tempat paling angker di Indonesia. Karena keangkerannya tersebut, seringkali banyak orang yang mengunjunginya karena penasaran dengan unsur mistisnya. Jika di tempat Anda juga ada lokasi yang dianggap sangat angker, silahkan ceritakan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: