advertisements

Kota Bandung tidak pernah kehabisan makanan. Sejak pagi hari hingga malam hari, selalu ada saja tempat makan untuk para penikmat kuliner di ibu kota Jawa Barat ini. Mulai dari yang murah meriah hingga yang membuat kamu agak merogok kocek, semuanya tersedia. Tinggal pilih saja, kamu sedang ingin makan apa dan di mana. Pokoknya tempat makan di Bandung hadir selama 24 jam untuk kamu!

Setelah membahas 5 tempat makan romantis di Bandung, Bacaterus melanjutkan edisi tempat makan di Bandung dengan 10 tempat nongkrong malam di Bandung, spesial buat kamu-kamu yang terserang penyakit darurat lapar pada malam hari dan kamu-kamu yang ingin merasakan suasana malam Kota Bandung sekalian bersantai dan makan-makan cantik. So, stay tune!

Nasi Kuning Pungkur

advertisements

Nasi kuning di Jalan Pungkur No. 216 ini sangat unik karena jam operasionalnya adalah jam 7 malam – 3 subuh WIB, d isaat penjajak nasi kuning lain biasanya beroperasi dari jam 6 pagi sampai siang. Isian satu porsi Nasi Kuning Pungkur ini selain irisan telor dadar, kering tempe, dan sambal, ada juga gorengan yang dicampur bumbu kacang sebagai pelengkap. Jenis gorengan yang disediakan ada risol, bala-bala (bakwan), gehu (tahu isi), batagor, dan masih banyak lagi.

Hanya dengan Rp 10.000 saja kamu sudah bisa menikmati satu piring nasi kuning paling kece di Jalan Pungkur ini. Sudah murah, porsinya banyak pula! Cocok sekali buat kamu yang kena sindrom lapar akut pada malam hari. Atau mungkin istri kamu mendadak ngidam nasi kuning padahal sudah malam hari, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi, kan, harus pergi ke mana kalau mencari nasi kuning malam-malam.

Dapur Dahapati

dahapati

Ada dua lokasi Dapur Dahapati, yaitu di Jalan Cipaganti No. 146 dan di Jalan Anggrek No. 48. Desain tempat makan ini mengusung tema homey, terlihat dari bentuk bangunannya yang berbentuk seperti rumah penduduk biasa, hanya saja diberi nama “Dapur Dahapati” di depannya. Tempat ini buka dari pukul 8 pagi – 9.30 malam WIB.

Masakan yang paling terkenal dari Dapur Dahapati adalah sop buntut kuah dan goreng. Potongan buntut dan sayurannya besar-besar. Selain itu, daging buntutnya empuk serta kuahnya harum dan gurih. Ditambah tetesan jeruk nipis dan taburan bawang goreng, sedap banget deh, pokoknya! Harga per porsinya adalah Rp 59 ribu.

Perkedel Bondon

perkedel bondon

Warung Perkedel Bondon ini dulu buka dari jam 11 malam – 4 dini hari WIB. Tapi sekarang sudah buka 24 jam, loh! Lokasinya ada di dekat stasiun kereta api Jalan Kebonjati No. 43, Andir. Hal yang perlu kamu persiapkan sebelum datang ke warung ini yaitu stok kesabaran, karena antrian untuk mendapatkan perkedel kentang ini selalu panjang.

Daya tarik Perkedel Bondon terletak di teksturnya yang renyah di luar tapi lembut dan empuk di dalam. Rasa perkedelnya pun sangat gurih, pokoknya berbeda dengan perkedel kentang yang ada di warung lain. Apalagi Perkedel Bondon ini selalu disediakan hangat. Range harganya hanya Rp 2 ribu – Rp 15 ribuan saja, loh! Pokoknya kalau malam-malam nongkrong di Perkedel Bondon bisa makan kenyang dan tetap hemat.

Pasar Cisangkuy

pasar cisangkuy

Pasar Cisangkuy bukan tempat ibu-ibu beli sayuran, loh, tapi merupakan kafe dengan konsep pujasera. Alasan tempat ini diberi nama ‘pasar’ karena konsep desainnya menyerupai gudang pasar tradisional indonesia tempo dulu. Dijamin, interior kafe ini dapat membawa kamu berasa flashback ke zaman sewaktu masih muda. Hal ini membuat Pasar Cisangkuy menjadi salah satu tempat nongkrong malam di Bandung yang recommended karena keunikannya.

Kalau harus menyebutkan satu per satu menu di sini sangat tidak mungkin, karena Pasar Cisangkuy  menyediakan 1001 jenis makanan! Sebut saja beberapa seperti es krim durian, kue ape, pisang keju, kerak telor, es campur, mie kocok, batagor, baso tahu, dimsum, risoles, lotek, iga bakar, dan masih banyak lagi. Lokasi Pasar Cisangkuy adalah di Jalan Cisangkuy No. 64 dan jam operasinya dari jam 10 pagi – 10 malam WIB.

Punclut

advertisements

Puncak Ciumbuleuit atau yang lebih dikenal dengan sebutan Punclut adalah tempat makan yang paling banyak dituju wisatawan karena merupakan tempat nongkrong malam di Bandung yang paling lengkap. Kenapa paling lengkap? Karena, selain tempatnya yang romantis, udaranya dingin sejuk, tempatnya  luas, dan pemandangan sekitarnya sangat indah, harganya sangat terjangkau. Makanan dan minuman yang dijajakan adalah kuliner khas Sunda seperti ayam goreng, tutut, bandrek, dan bajigur.

Punclut bukan merupakan sebuah tempat makan, melainkan sebuah kawasan di daerah Ciumbuleuit atas. Di sepanjang jalan Punclut kamu akan menemukan tempat makan yang hampir berdekatan. Kamu tinggal pilih, mau makan sambil lesehan atau duduk dengan tempat makan ala kafe, semua opsi tersedia untuk kamu.

Maeta Coffee

Maeta Coffee merupakan sebuah kafe di Bandung dengan konsep coffee shop. Waktu operasinya mulai dari 7 pagi – 11 malam WIB. Lokasinya berada di Jalan Terusan Jakarta No. 30 D, Antapani. Untuk memudahkan, patokannya adalah Borma Antapani.

Signature dish kafe ini tentu saja kopinya. Mereka menyediakan espresso, double espresso, cappucino, black coffee, hingga berbagai macam latte. Tapi, selain kopi, di Maeta Coffee juga tersedia berbagai macam teh seperti earl grey dan chamomile.

Tidak perlu takut kelaparan kalau kamu kongkow di Maeta Coffee. Karena, tempat nongkrong malam di Bandung yang satu ini menyediakan beberapa menu makanan. Beberapa menu yang recommended adalah bakso kepala sapi dan cuanki mang gendut.

Untuk minumannya cobalah strawberry float dan vegetable juice. Suasana kafe ini sangat cozy, cocok untuk jadi destinasi tongkrongan malam bersama teman-teman. Range harganya sangat terjangkau, loh! Hanya berkisar Rp 5 ribu – Rp 30 ribuan saja.

Cafe Madtari
madtari tempat nongkrong malam di bandung

Cafe Madtari terkenal sebagai tempat tongkrongan malam hits di Bandung yang buka selama 24 jam. Kafe yang cocok untuk hangout bareng teman-teman ini ada empat di Bandung, yaitu di:

  • Jalan Teuku Umar No. 1
  • Jalan Surapati No. 72
  • Jalan Dr. Otten No. 11
  • Jalan Rangga Gading No. 12

Cafe Madtari menyediakan roti keju, pisang keju, indomie keju, jagung rebus dan bakar (bisa plus keju juga), nasi goreng keju, dan lain-lain yang serba keju. Menunya kok biasa saja? Memang, cafe Madtari menjual makanan yang biasa dijajakan pada malam hari, yang bikin beda adalah keju yang menggunung di atas setiap makanan yang kamu pesan.

Harga makanan dan minuman di kafe ini sangat ramah mahasiswa. Harga makanan yang paling murah adalah roti dengan satu topping, Rp 6.000 dan yang paling mahal adalah roti dengan lima toppings, Rp 18.500. Minuman yang paling murah adalah teh celup tawar dengan harga Rp 3.500 sampai yang paling mahal adalah susu kambing yang harganya Rp 17.500.

Nasi Kalong

nasi kalong

Nasi Kalong berada di Jalan R.E. Martadinata (Riau) No. 102. Tempat ini mulai buka pukul 7 malam – 3 subuh WIB. Menu makanan yang disediakan adalah masakan khas Sunda yang disajikan secara prasmanan, atau bahasa kerennya sih secara buffet, yaitu cara penyajian makanan dengan meletakkan makanan di meja panjang dan pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkan. Ada sekitar 20 jenis makanan yang disajikan di Nasi Kalong, kamu tinggal memilihnya sesuai selera.

Nasi hitam adalah makanann yang dijagokan di Nasi Kalong. Nasi hitam dibuat dari beras merah yang dimasak dengan kluwek (kepayang/keluak) hingga nasi pun jadi berwarna hitam. Nasi khas tempat nongkrong malam di Bandung ini sangat gurih dan nikmat karena ditambah aneka bumbu seperti cabai, daun salam, bawang merah, serta taburan kelapa parut goreng.

Makanan pendamping nasi hitam yang wajib kamu coba adalah Ayam Goreng Madu dan Tumis Buncis Bakar yang merupakan menu favorit di Nasi Kalong. Jangan khawatir kantung jebol, karena kisaran harga di Nasi Kalong cukup terjangkau yaitu Rp 15 ribu – Rp 30 ribuan saja.

Kafe Burangrang

burangrang

Kafe ini terletak di kawasan wisata Dusun Bambu, Jalan Kolonel Masturi KM 11, Kaki Gunung Burangrang, Lembang. Kafe Burangrang merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat kencan karena nuansa yang disuguhkan sangatlah romantis. Tapi kamu dan pasangan harus ekstra sabar jika mau makan di tempat ini, karena biasanya para pengunjung akan disuruh menunggu terlebih dulu sebelum mendapatkan meja.

Makanan yang disediakan sangat bervariasi, mulai dari masakan nusantara hingga Western seperti salad dan pasta. Tapi, jika sedang main ke sini sebaiknya coba signature dish Kafe Burangrang yaitu Ayam Bakar Bumbu Betutu (Rp 62.500).

Harga makanan lainnya dan minuman yang ditawarkan memang agak mahal dari tempat nongkrong malam di Bandung yang sudah dibahas sebelumnya, yaitu berkisar dari Rp 45 ribu – Rp 100 ribu. Tapi harganya sebanding, kok, dengan pemandangan yang ditawarkan. Totally worth it!

Warunk Upnormal

warunk upnormal

Biarpun namanya warung, konsep tempat makan ini kafe yang kekinian, kok. Maksud dari kata ‘warunk’ karena makanan dan minuman di sini merupakan kudapan yang biasa dijual di warung-warung kopi seperti mie instan, roti bakar, dan kopi. Nampaknya Warunk Upnormal merajai tempat nongkrong malam di Bandung, karena cabangnya ada banyak sekali, yaitu di:

  • Jalan Cihampelas No. 74

  • Jalan Cihampelas No. 56A

  • Jalan Purwakarta No. 71, Antapani

  • Jalan Buah Batu No. 201A

  • Jalan Kopo Bihbul No. 72

  • Jalan R.E Martadinata (Riau) No. 114

  • Jalan Raya Ujung Berung No. 134

  • Jalan Burangrang No.21

  • Cihampelas Walk, Broadway Street Blok SL 05A, Lower Ground

  • Jalan Braga No. 78

  • Jalan Dipati Ukur No. 3

Warunk Upnormal merupakan pelopor dari kafe-kafe lainnya yang menjadikan mie instan dan dessert ala HongTang sebagai menu andalan. Tempat ini buka dari jam 7 pagi – 3 subuh (tergantung tempat). Yang paling asyik dari tempat ini adalah tempatnya cukup nyaman, ditambah free wifi, dan harga makanan juga minuman yang terjangkau, kamu pasti betah berlama-lama nongkrong di kafe ini.

Ya, selesai sudah 10 tempat asyik untuk nongkrong pada malam hari di kota Bandung. Apa kamu tertarik untuk mencoba semuanya? Ataukah ada rekomendasi yang lainnya?

Artikel Menarik Lainnya: