advertisements

Apakah Anda memiliki janji untuk berbuka puasa bersama dengan teman atau keluarga? Jika ya, apa yang akan Anda lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit? Nah, jika memang Anda berencana untuk berbuka puasa di luar rumah, sebaiknya Anda tidak langsung pulang terlebih dahulu. Anda dapat mengajak teman atau keluarga untuk ngabuburit di suatu tempat yang asyik dan nyaman.

Nah, kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda untuk mengenal tempat ngabuburit di Surabaya yang seru dan menarik. Kota pahlawan ini menawarkan beberapa pilihan tempat ngabuburit yang bersifat religi dan entertaining. Apa sajakah itu?

Masjid Sunan Ampel

advertisements

Seperti yang sudah pernah kami katakan di awal tulisan, Surabaya memiliki beberapa rekomendasi tempat religi yang bisa dijadikan sebagai tempat ngabuburit. Salah satu tempat ngabuburit di Surabaya yang sarat akan suasana religi yang menentramkan adalah Masjid Sunan Ampel.

Masjid ini sangat bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1421 dan didirikan oleh Sunan Ampel, yang merupakan salah seorang wali dalam Walisongo. Di sekitar masjid juga terdapat makam Sunan Ampel yang ramai dikunjungi peziarah, terutama saat bulan Ramadhan. Di sini, Anda bisa ngabuburit sambil berdzikir, mengenal sejarah masjid ini, dan berziarah ke makam Sunan Ampel.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

Masjid yang satu ini memang sangat berbeda dengan masjid-masjid lainnya. Pasalnya, masjid yang terletak di Jalan Gading, Genteng, Surabaya, ini memiliki arsitektur bernuansa Tionghoa yang sangat kental. Masjid ini dibangun untuk menghormati Cheng Ho, seorang laksamana dari Cina yang memeluk agama Islam.

Cheng Ho datang ke Indonesia untuk berdagang serta menyebarkan agama Islam. Ketika memasuki masjid ini, terlihat jelas pintu masuknya yang tampak menyerupai pagoda. Jika Anda belum pernah berkunjung ke Masjid Cheng Ho, tak ada salahnya untuk merencanakan ngabuburit di masjid yang sangat unik ini.

Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park tempat ngabuburit di surabaya

Bermain dengan wahana-wahana permainan yang seru dan menyenangkan dapat menjadi ide ngabuburit yang tak terlupakan bagi Anda. Untuk Anda yang berdomisili atau sedang berkunjung ke Surabaya, cobalah untuk mengunjungi Suroboyo Carnival Park.

Taman bermain kebanggaan Surabaya ini menawarkan puluhan wahana permainan yang bisa Anda coba sambil menunggu waktu berbuka puasa. Taman bermain yang buka dari sore hari ini juga menyediakan food court dan pasar malam. Jadi, apabila waktu berbuka puasa telah tiba, Anda tak perlu keluar dari arena theme park ini untuk membeli hidangan buka puasa.

House of Sampoerna

House of Sampoerna

Di Surabaya, terdapat tempat yang bernama House of Sampoerna. Mengapa Bacaterus merekomendasikan Anda untuk ngabuburit di tempat ini? Karena tempat ini menyediakan museum dan galeri seni yang sangat lengkap.

Bagi warga yang berdomisili di luar Surabaya bisa membeli oleh-oleh khas kota pahlawan di gift shop yang ada di House of Sampoerna ini. Anda pun bisa berkeliling Surabaya dengan bus merah bernama Surabaya Heritage Track yang dikelola ole House of Sampoerna. Ngabuburit di House of Sampoerna ini akan terasa menyenangkan jika Anda mengajak rombongan yang terdiri dari teman atau keluarga.

Pantai Ria Kenjeran

advertisements

Meskipun Pantai Ria Kenjeran terletak di Surabaya, tetapi masih banyak Warga Surabaya yang belum pernah berkunjung ke sini. Nah, apabila Anda belum pernah mengunjungi Pantai Ria Kenjeran, jadikan tempat ini sebagai destinasi ngabuburit Anda bersama teman-teman.

Jika dahulu pantai ini dianggap kotor dan kumuh, kini pantai ini sudah dipugar sehingga menjadi lebih bersih dan cantik. Ngabuburit di Pantai Ria Kenjeran bisa diisi dengan aktivitas olahraga atau ngobrol santai. Jika waktu buka puasa tiba, jangan lupa untuk mencicipi es kelapa muda segar dan sepiring lontong kupang khas Surabaya yang banyak dijual di sini.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau yang akrab disebut Monkasel ini berada di sebelah pusat perbelanjaan Plaza Surabaya, tempatnya di Jalan Embong Kaliasin, Genteng. Di sini, Anda bisa ngabuburit sambil merasakan sensasi masuk ke dalam kapal selam yang pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru dalam usaha membebaskan Irian Barat di zaman penjajahan Belanda. Monkasel ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan 21.000.

Taman Bungkul

Taman yang pernah meraih penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa ini berada di tengah Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Darmo. Taman ini diberi nama sesuai dengan nama seorang tokoh yang berpengaruh besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, yakni Sunan Bungkul atau yang juga dikenal dengan nama Mbah Bungkul.

Taman Bungkul

Makam Sunan Bungkul terletak di bagian belakang taman dan selalu ramai dikunjungi oleh peziarah, terutama di akhir pekan. Taman Bungkul adalah alternatif tempat nongkrong dan tempat ngabuburit di Surabaya yang cukup nyaman dan menenangkan.

Selain tidak dipungut biaya sepeser pun, taman ini juga sangat asri. Beberapa fasilitas umum yang terdapat pada Taman Bungkul antara lain adalah skateboard track, jogging track, BMX track, taman bermain anak, kolam air mancur, dan Wi-Fi gratis.

Taman Persahabatan Korea-Surabaya

Taman Persahabatan Korea-Surabaya

Sama seperti Taman Bungkul, letak dari Taman Persahabatan Korea-Surabaya ini juga berada di jantung Kota Surabaya. Bertempat di Jalan Dr. Sutomo, taman yang luasnya tidak seluas Taman Bungkul ini selalu ramai dikunjungi oleh Warga Surabaya. Di taman ini terdapat prasasti mengenai bentuk persahabatan yang pernah terjalin di antara Indonesia dan Korea Selatan.

Di sini juga terdapat ayunan dan papan seluncur yang biasa dipakai anak-anak untuk bermain. Ngabuburit di Taman Persahabatan Korea-Surabaya ini akan memberikan pengalaman baru untuk Anda, kapan lagi bisa bersantai di taman yang letaknya berada di tengah jalan protokol di jantung Kota Surabaya?

Perpustakaan Bank Indonesia

Perpustakaan Bank Indonesia

Letak Perpustakaan Bank Indonesia ini tidak jauh dari Taman Bungkul. Bahkan, untuk sampai ke sini Anda hanya perlu menyebrang dari Taman Bungkul. Dahulu, perpustakaan ini adalah bekas Museum Mpu Tantular. Di perpustakaan ini terdapat koleksi buku-buku yang cukup lengkap. Bahkan, terdapat ruang komputer yang dapat dipakai untuk mengunduh jurnal ekonomi.

Suasana bangunan zaman peninggalan Belanda ini terasa nyaman dan asri meskipun berada di tengah kota. Tempat ngabuburit di Surabaya ini sangat tenang dan tidak terlalu ramai, cocok untuk Anda yang hobiĀ  membaca.

Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar ini adalah masjid agung di Surabaya. Ini adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Bangunan yang mewah dan unik dari masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan muslim maupun non-muslim.

Ngabuburit di sekitar Masjid Al-Akbar ini akan terasa menyenangkan, karena banyak pedagang kaki lima yang berjajar di bagian luar masjid. Setelah berbuka puasa, Anda pun dapat menunaikan shalat tarawih di masjid yang menjadi kebanggaan warga Surabaya ini.

Ada banyak tempat ngabuburit di Surabaya yang bisa Anda kunjungi saat bulan puasa. Apakah Anda juga memiliki ide lain mengenai tempat ngabuburit yang nyaman di kota pahlawan ini? Bagikan kepada kami di kolom komentar ya!

Artikel Menarik Lainnya: