advertisements

Ngabuburit sebaiknya diisi dengan kegiatan santai yang menyenangkan. Mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya bisa menjadi ide yang menarik sembari menunggu waktu buka puasa. Oleh karena itu, ajak teman, pasangan, atau keluarga Anda untuk meluangkan waktu pada sore hari sembari ngabuburit bersama.

Tak perlu bingung mencari tempat ngabuburit di Jogja. Pasalnya, kota yang sarat akan tradisi dan budaya ini menyediakan berbagai pilihan tempat ngabuburit yang nyaman dan seru. Penasaran di mana saja tempat ngabuburit favorit yang ada di Jogja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Alun-Alun Kidul

advertisements

Selain Jalan Malioboro, Alun-Alun Kidul juga merupakan landmark kebanggaan Kota Yogyakarta. Alun-alun yang nampak asri ini selalu tidak pernah sepi pengunjung. Ngabuburit di alun-alun sambil bertukar cerita dapat menjadi ide yang tepat untuk menunggu waktu adzan maghrib.

Selain itu, di Alun-Alun Kidul ini juga terdapat dua pohon beringin yang dijuluki sebagai Beringin Kembar. Setelah berbuka puasa, Anda dapat kembali ke Alun-Alun Kidul ini untuk mencoba bermain sepeda atau becak yang sudah dimodifikasi dengan lampu warna-warni yang gemerlap di malam hari.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro tempat ngabuburit di jogja

Nah, yang satu ini adalah tempat ngabuburit di Jogja yang menjadi favorit dari masa ke masa. Bagi para wisatawan, rasanya kurang afdol jika ke Jogja tanpa berkunjung ke Jalan Malioboro ini. Daya tarik dari jalan ini terletak pada banyaknya pedagang yang memadati sisi jalan. Selain menjual oleh-oleh dan aksesoris khas Jogja, pedagang kaki lima tersebut juga menawarkan pakaian hingga makanan.

Jalan-jalan atau sekedar nongkrong di Malioboro adalah alternatif ngabuburit yang ekonomis untuk Warga Jogja dan wisatawan dari luar kota. Jika waktu buka puasa telah tiba, maka Anda dapat membeli makanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima atau warung di sepanjang Jalan Malioboro tersebut.

Masjid Gede Kauman

Masjid Gede Kauman

Ngabuburit di masjid, kenapa tidak? Di Jogja terdapat sebuah masjid yang satu menjadi destinasi pilihan bagi warga Jogja dan sekitarnya untuk menunggu waktu buka puasa. Masjid Gede Kauman menjadi daya tarik bagi umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa karena tempatnya yang sangat nyaman dan adem.

Di sini, Anda bisa berdzikir, membaca Al-Quran, atau berbincang santai dengan kerabat. Ngabuburit dengan kegiatan religi seperti ini dapat memperkuat iman kita. Selain itu, setiap hari kamis pada bulan puasa, di masjid ini selalu dibagikan takjil berupa gulai kambing bagi masyarakat yang datang.

Kampung Ramadhan Kauman

Kampung Ramadhan Kauman

Tak jauh dari Masjid Gede Kauman, ada Kampung Ramadhan Kauman, sebuah kampung yang dikenal sebagai salah satu saksi peradaban Islam di Jogja. Setiap bulan Ramadhan, kampung ini mengadakan bazaar yang menjual berbagai macam makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Kampung Ramadhan Kauman ini bertempat di salah satu gang perkampungan. Sepanjang gang kecil tersebut akan dipenuhi oleh penjual takjil, minuman, dan makanan berat. Ngabuburit di tempat yang ramai seperti Kampung Ramadhan Kauman dapat menjadi pengalaman baru untuk Anda.

Kawasan Universitas Gadjah Mada

advertisements

Universitas Gadjah Mada atau yang lebih dikenal dengan singkatan UGM bisa menjadi tempat ngabuburit di Jogja selanjutnya. Nah, apakah kita harus ngabuburit di dalam kampus Tentu saja tidak. Anda akan ngabuburit di Lembah UGM dan bundaran di depan kampus. Karena di sekitar kampus ini banyak mahasiswa yang kost, maka tak heran jika banyak pedagang kaki lima yang berjualan di Lembah UGM ini.

Ngabuburit bersama di kawasan UGM ini memang asyik. Setelah adzan maghrib berkumandang, Anda pun bisa membeli makanan di kawasan UGM tersebut. Setelah itu, jangan lupa untuk menunaikan ibadah shalat tarawih di Masjid Kampus UGM.

Pasar Dadakan Jalan Kaliurang

Hampir sama dengan Kampung Ramadhan Jogokaryan dan Kauman, di sepanjang Jalan Kaliurang ini terdapat pasar sore yang hanya buka saat bulan Ramadhan saja. Keseruan berburu takjil di pasar dadakan ini akan memberikan pengalaman ngabuburit baru yang tidak terlupakan.

Di sini, Anda tidak hanya akan menemukan takjil dan makanan khas bulan puasa saja. Bahkan, Anda juga bisa menemukan makanan dari luar daerah atau bahkan luar negeri. Pasar dadakan yang ada di Jalan Kaliurang ini menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga yang tidak akan menguras isi dompet Anda.

Kampung Ramadhan Jogokaryan

Kampung Ramadhan Jogokaryan

Warga Jogja dan sekitarnya pasti tahu dengan tempat ngabuburit yang satu ini. Kampung Ramadhan Jogokaryan memang selalu menjadi destinasi ngabuburit favorit di bulan suci Ramadhan. Pasalnya, di sini pengunjung bisa leluasa memilih berbagai macam makanan dan minuman khas yang nantinya akan dikonsumsi saat berbuka puasa.

Suasana ramai yang ditawarkan oleh Kampung Ramadhan Jogokaryan mampu membawa keceriaan tersendiri bagi siapapun yang mengunjungi pasar dadakan ini. Kampung Ramadhan yang diselenggarakan di daerah Mantrijeron ini menawarkan suasana pondokan yang begitu kental. Bahkan, ada pula lomba adzan tingkat Yogyakarta dan Jawa Tengah yang sering diadakan di sini pada saat bulan puasa.

Jalur Gaza

Jalur Gaza

Jangan salah sangka dulu, yang ini bukan Jalur Gaza yang ada di timur tengah, melainkan sebuah singkatan dari Jajanan Lauk, Sayur, Gubug Ashar Zerba Ada. Nama yang unik ini memang sesuai dengan tempatnya yang hampir serupa seperti Pasar Ramadhan atau bazaar.

Jalur Gaza bisa ditemukan di sekitar Masjid Mutohirin yang ada di Jalan Sorogenan. Stan di Jalur Gaza ini memang didekorasi serupa dengan gubug. Tempat ngabuburit di Jogja ini hanya buka saat bulan puasa saja, lho.

Bukit Bintang Hargo Dumilah

Bukit Bintang Hargo Dumilah

Jika di Bandung juga punya Bukit Bintang, di Jogja Anda juga bisa menemukan tempat serupa yang bernama Hargo Dumilah. Tidak sedikit orang yang berkunjung ke tempat ini untuk ngabuburit. Bahkan, sebagian dari pengunjung yang datang untuk ngabuburit pasti berbuka puasa pula di sini.

Keistimewaan dari tempat ini tentunya terdapat pada pemandangan lampu-lampu Kota Jogja yang mulai gemerlap pada sore dan malam hari. Selain itu, udara sejuk di bukit ini membuat kita betah untuk bersantai di Bukit Bintang Hargo Dumilah.

Candi Ratu Baka

Letak candi ini hanya 3 KM di sebelah selatan komplek Candi Prambanan. Candi Ratu Baka adalah tempat wisata yang juga menjadi tempat ngabuburit favorit bagi warga Jogja ataupun para wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja.

Di sini, Anda tidak hanya disuguhkan dengan keindahan situs peninggalan zaman bersejarah. Akan tetapi, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam (sunset) yang sangat indah. Candi Ratu Baka memang dikenal sebagai tempat strategis untuk menyaksikan matahari terbenam di Kota Jogja.

Sepuluh tempat ngabuburit di Jogja ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang masih bingung untuk mencari tempat sembari menunggu waktu buka puasa. Jangan lupa untuk mengajak teman dan keluarga untuk ngabuburit bersama di tempat-tempat ini, ya!

Artikel Menarik Lainnya: