advertisements

Ngabuburit bersama teman atau keluarga memang menyenangkan. Akan tetapi, sering kali kita merasa sulit untuk menemukan tempat ngabuburit yang nyaman. Belum lagi jika kita harus merogoh kocek yang terbilang besar untuk dapat merasakan tempat ngabuburit yang cozy. Lantas, di mana tempat yang cocok untuk ngabuburit bersama teman dan keluarga?

Nah, jika saat ini Anda berdomisili di Jakarta, Anda dapat melihat daftar tempat ngabuburit di Jakarta dari Bacaterus berikut ini. Kami telah merangkum beberapa tempat pilihan yang nyaman dan menyenangkan untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga.

Monumen Nasional (Monas)

advertisements

Siapa yang tidak kenal dengan Monumen Nasional (Monas)? Landmark kebanggaan DKI Jakarta ini memiliki puncak yang berbentuk obor api yang terbuat dari emas 24 karat. Kawasan di sekitar Monas ini kerap kali dijadikan sebagai tempat ngabuburit di Jakarta yang paling banyak diminati.

Sekedar duduk-duduk santai, bersepeda, atau berolahraga di kawasan Monas ini memang menyenangkan. Jika Anda belum pernah masuk ke dalam Tugu Monas ini, Anda bisa mencoba masuk dan melihat pemandangan seluruh Kota Jakarta dari puncak Monas. Untuk masuk ke dalam Monumen Nasional ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga 20 ribu rupiah.

Pantai Ancol

Pantai Ancol

Tak perlu bingung mencari tempat ngabuburit yang nyaman di Jakarta, karena di ibu kota negara Indonesia ini Anda bisa bersantai di pantai sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Ya, di mana lagi jika bukan di Pantai Ancol.

Pantai ini memang tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada sore hari. Banyak sekali pengunjung yang duduk-duduk di tepi pantai sembari menunggu matahari terbenam (sunset). Pantai Ancol adalah pilihan tempat ngabuburit yang menyenangkan setelah seharian penuh Anda harus bekerja atau menjalankan rutinitas sehari-hari.

Kota Tua

Kota Tua

Kawasan Kota Tua di Jakarta ini memang yang paling terkenal dan selalu menjadi destinasi wisata wajib bagi para wisatawan dari luar Jakarta. Di kawasan ini, banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu dengan hunting foto, bersepeda, bermain skateboard, atau sekedar duduk-duduk.

Ada pula beberapa spot di kawasan kota tua ini yang dapat menjadi destinasi ngabuburit yang asyik, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, dan Museum Seni Rupa & Keramik. Pada saat sore menjelang malam, kawasan kota tua ini akan semakin ramai, karena ada banyak pedagang yang membuka lapak di tempat yang juga dikenal dengan nama Batavia Lama ini.

Taman Situlembang

Taman Situlembang

Apakah Anda gemar memancing? Jika ya, tempat ngabuburit di Jakarta yang satu ini dapat menjadi tujuan yang sangat menarik. Taman Situlembang yang berada di Jakarta Pusat ini bisa menjadi tempat yang asyik untuk ngabuburit. Daya tarik dari taman ini terletak pada sebuah danau yang berada di tengah-tengah taman.

Di danau ini ada banyak ikan-ikan, seperti mujair, lele, dan mas, yang boleh dipancing secara gratis. Pengelola Taman Situlembang tidak memungut biaya sepeser pun atas ikan yang Anda pancing. Namun, Anda harus sedia alat pancing sendiri. Jika tak suka memancing, Anda bisa bersantai di sini sembari menunggu adzan maghrib.

Parkir Timur Senayan – Gelora Bung Karno

advertisements

Ngabuburit kok di tempat parkir? Jangan kecewa dulu. Karena tempat parkir yang satu ini bukan tempat parkir biasa. Parkir Timur Senayan di kawasan Gelora Bung Karno adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin berolahraga. Ada yang jogging, ada pula yang bersepeda di sekitar kawasan ini.

Anda dan teman-teman bisa berolahraga di sini untuk mengisi waktu ngabuburit. Jika tidak ingin berolaharga, ajak teman Anda untuk duduk di bawah pohon yang rindang sembari bertukar cerita sampai adzan maghrib berkumandang. Di kawasan Parkir Timur Senayan – Gelora Bung Karno ini Anda dapat dengan mudah menemukan pedagang kaki lima untuk membeli makanan buka puasa.

Taman Suropati

Tidak jauh dari Taman Situlembang, ada sebuah taman yang asri dan ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang, yaitu Taman Suropati. Taman ini dapat dijadikan sebagai tempat ngabuburit yang adem dan nyaman.

Duduk di bawah pohon yang rindang sembari menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi bisa menyegarkan tubuh dan pikiran Anda yang lelah setelah seharian penuh beraktivitas. Di taman ini terdapat kolam air mancur yang membuat suasana di sekitar taman semakin menyegarkan. Selain bersantai, Anda pun bisa berolahraga di sekitar Taman Suropati ini.

Taman Menteng

Taman Menteng

Masih berada tidak jauh dari Taman Situlembang dan Taman Suropati, ada sebuah taman yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat ngabuburit. Ya, Taman Mentang adalah ruang hijau terbuka di tengah-tengah kota Jakarta yang tidak pernah sepi pengunjung.

Taman Menteng tidak buka selama 24 jam. Akan tetapi, taman ini menjadi salah satu taman yang menarik untuk dikunjungi, terutama untuk mengisi waktu ngabuburit di bulan puasa. Ada sebuah rumah kaca di tengah-tengah taman yang kerap kali dipakai untuk pameran atau pertunjukan seni. Selain itu, yang membuat Taman Menteng ini banyak dikunjungi oleh warga Jakarta adalah fasilitas Wi-Fi gratisnya.

Pasar Santa

Pasar Santa

Apa yang ada di dalam benak Anda ketika mendengar kata “pasar”? Sebuah pasar tradisional yang becek dan bau, bukan? Nah, Pasar Santa ini berbeda dari image pasar tradisional yang becek dan kurang nyaman. Pasar ini sangat bersih dan modern. Bahkan, mayoritas pengunjung dari Pasar Santa ini berasal dari kalangan pemuda.

Mengapa Pasar Santa layak disebut sebagai tempat ngabuburit di Jakarta? Karena di sini Anda bisa melihat-lihat barang dagangan unik. Bahkan, banyak event menarik yang sering diadakan di sini. Apabila adzan maghrib sudah terdengar, Anda bisa langsung berbuka puasa dengan membeli makanan dan minuman yang dijajakan di salah satu tempat nongkrong favorit ini.

Jalan Soka, Kec. Rawa Badak, Jakarta Utara

Jalan Soka

Meskipun Jalan Soka ini terletak di pinggiran Jakarta, tetapi tidak membuat tempat ini sepi pengunjung saat bulan puasa. Mengapa? Karena di Jalan Soka yang terletak di Kecamatan Rawa Badak ini kita bisa menemukan Pasar Takjil dadakan yang hanya buka saat bulan puasa.

Di pasar takjil ini Anda dapat menemukan makanan dan minuman khas bulan puasa seperti kolak pisang, es cincau, aneka gorengan, dan masih banyak lagi. Ngabuburit sambil memilih makanan untuk buka puasa, kenapa tidak?

Taman Ayodya

Tempat ngabuburit terakhir yang ada di Jakarta adalah Taman Ayodya yang ada di Barito, Jakarta Selatan. Di taman ini, Anda dapat duduk santai sembari menikmati pemandangan kolam di tengah taman yang cukup menenangkan pikiran.

Jika ingin mengisi waktu ngabuburit dengan berolahraga, di taman ini juga tersedia jogging track. Ngabuburit santai di Taman Ayodya ini terasa lengkap dengan kehadiran para pedagang kaki lima yang siap menyiapkan hidangan buka puasa untuk kita.

Ngabuburit yang nyaman tak harus mahal, bukan? Dengan rekomendasi sepuluh tempat ngabuburit di Jakarta ini Anda yang berdomisili di ibu kota negara Indonesia ini tidak perlu bingung lagi mencari tempat ngabuburit yang nyaman dan ekonomis.

Artikel Menarik Lainnya: