advertisements

Anda pasti pernah mengalami momen dimana Anda kebingungan mencari tempat makan yang enak namun tetap bersahabat dengan dompet. Saat Anda berkunjung ke Bandung, Anda tentu ingin mencoba beberapa tempat makan yang unik. Bandung tak hanya terkenal dengan pusat perbelanjaan saja, tetapi juga menjadi pusat kuliner yang khas dan unik.

Kali ini Anda akan disuguhi dengan informasi spot-spot kuliner yang terkenal di Bandung. Berbagai lokasi kuliner ini pastinya bersahabat di dompet dan juga di lidah. Penasaran? Berikut daftar tempat makan murah di Bandung versi Bacaterus.com.

  1. Cak Kohar Lamongan

advertisements

Untuk pencinta pedas, tempat ini jadi favorit karena mereka menyuguhkan sambel mangga. Sambel mangga di warung ini terkenal luar biasa pedas tak heran tempat ini menjadi favorit terutama bagi kalangan anak kost yang tinggal di sekitar jalan Dipati Ukur.

Warung kecil yang beratapkan terpal biru ini buka mulai pukul 6 hingga tengah malam. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung karena harga makanannya yang sangat murah. Untuk seporsi paket ayam goreng, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 13 ribu rupiah.

sambal mangga cak kohar

Salah satu yang menarik dari tempat makan ini adalah pilihan sambelnya. Ya, kamu bisa memilih antara sambel pecel atau sambel mangga. Jika kurang suka pedas, pilihlah sambel pecel. Tapi jika kamu suka yang pedas-pedas, maka sambel mangga wajib untuk dicoba. Jika masih ragu-ragu, ya pilih saja dua-duanya.

Pelayanan di sini juga sangat cepat karena ketika tiba, Anda akan disambut oleh pemuda-pemuda yang sigap melayani. Warung kaki lima Cak Kohar ini terletak di dekat kampus Unpad Dipatiukur dan bisa dijangkau dengan angkot Riung – Dago serta Cicaheum – Ciroyom.

  1. Sambel Medok

sambel medok

Tidak jauh dari Cak Kohar Lamongan, terdapat tempat makan murah lainnya yang cocok untuk para pecinta pedas. Namanya adalah Sambel Medok yang terletak di seberang kampus Unpad Dipatiukur atau tepat di samping Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Sambel Medok menyuguhkan berbagai macam menu kuliner pedas, mulai dari ayam balado, telor dadar balado, tulang balado, hingga ceker balado. Berbagai menu tersebut bisa dikombinasikan dengan nasi putih, nasi goreng, mie rebus, ataupun mie goreng.

Salah satu menu favorit di tempat ini adalah jengkol balado. Ya, hanya dengan Rp 8000, Anda bisa mendapatkan seporsi jengkol balado yang bisa dinikmati oleh 3 hingga 4 orang sekaligus. Ingat, selalu siapkan tisu sebelum memakan berbagai menu balado di sambel medok ini.

  1. WCo Aneka

tempat makan murah di bandung wco

Kalau ini tempat makanan ayam favorit anak-anak kampus yang tinggal di sekitar Cisitu. Warung cobek atau yang disingkat Wco ini memiliki aneka masakan olahan ayam yang sangat lezat. Ada ayam cobek, ayam pop sambal ijo, hingga ayam cola.

advertisements

Terdapat pula satu olahan ayam yang paling unik yakni ayam gule. Kenapa unik? Karena ayam ini dibungkus dengan tepung hingga digoreng crispi lalu diberi kuah gule yang rasanya nendaaang banget. Wajib coba nih guys!

Kalo mau mampir, cukup naik angkot cisitu dari perempatan taman sari. Angkotnya warna biru-ungu. Lokasi rumah makannya persis di seberang mini market. Selamat mencoba!

  1. Karnivor

Nama tempat yang unik dan desain restoran yang tak biasa, membuat tempat makan ini banyak menarik pelanggan. Karnivor menggunakan konsep ‘Indiana Jones’, terlihat dari desain interior ruangan restoran. Restoran ini menyuguhkan berbagai macam kuliner unik salah satunya adalah meat tower.

Meat tower adalah tumpukan burger yang tinggi dengan daging burger tebal. Meat tower ini bisa dinikmati oleh 5 orang sekaligus. Unik sekali bukan? Selain meat tower, restoran ini juga menyuguhkan berbagai macam makanan lainnya seperti steak, pizza, nasi goreng dan sebagainya.

karnivor

Beberapa makanan tersebut dapat dinikmati dalam ukuran besar alias jumbo namun dengan harga yang relatif terjangkau yakni kisaran 20ribu hingga 150ribu rupiah. Minuman yang ditawarkan juga sangat unik dan beragam. Karnivor terletak di jalan RE. Martadinata alias jalan Riau dan bisa dijangkau dengan angkot Riung Bandung – Dago.

  1. Café Black Romantic

Gelap Nyawang merupakan salah satu jalan di kawasan ITB yang sangat terkenal. Karena apa terkenalnya? Tentu saja karena makanannya. Ya, di sepanjang Jalan Gelap Nyawang ini kita bisa menemukan puluhan café dan warung makan yang beraneka ragam. Ada es campur, bakso, ayam goreng, rumah makan padang, masakan jepang, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak tempat makan tersebut, salah satu yang paling menarik perhatian adalah café Black Romantic. Dari tampilannya, café ini cukup mencolok dibanding tempat makan yang ada di sekitarnya karena didominasi dengan warna hitam. Warna tersebut tentu saja sesuai dengan nama yang diusungnya.

black romantic

Ketika masuk, kita akan disuguhi dengan alunan musik yang cukup kencang. Yang menarik, musik yang diputar di sini akan berubah-rubah mengikuti jadwalnya. Sebagai contoh, pada pagi hari akan diputar lagu-lagu pop, siang lagu rock, sore lagu islami, dan sebagainya. Bagian dalamnya agak remang-remang dan di setiap meja terdapat cahaya penerangan dari lilin yang akan menambah suasana romantisnya.

Makanan yang disajikan di Black romatic sangat beragam, seperti nasi goreng aneka rasa, ayam goreng, ayam bakar, dan lainnya. Terdapat juga makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti tutug oncom, palu konro, ayam rica-rica, nasi kebuli, dan lainnya.

Selain makanan utama, aneka desert atau makanan penutup juga bisa Anda dapatkan di sini. Ada aneka jus buah, es krim goreng, banana split, roti bakar, sop buah, dan lainnya. Dengan harga antara Rp 5.000 hingga Rp 25.000, Black Romantic dapat dikategorikan sebagai jajanan penyambung hidup dan jajanan awal bulan.

Bagi yang penasaran, silahkan datang ke jalan Gelap Nyawang yang ada di sebelah selatan kampus ITB. Lokasinya tepat berada di seberang Bank Muamalat. Anda bisa datang kapan saja karena Black Romatic buka selama 24 jam non-stop.

  1. Sumo Ramen Bar

sumo ramen

Bagi Anda yang menyukai kuliner khas Asia, maka Sumo Ramen Bar ini wajib dicoba. Ramen Bar ini membuka beberapa cabang salah satunya adalah di Jalan Tubagus Ismail. Meski memiliki tempat yang terbilang ‘mini’, namun ramen bar ini selalu menjadi pilihan para pecinta ramen.

Harganya yang murah dan varian ramen yang beragam menjadi pertimbangan para pengunjung. Kisaran harga makanan disini adalah 15ribu hingga 40ribu rupiah. Sangat murah untuk kantong anak kost. Untuk berkunjung ke Sumo Ramen Bar, Anda bisa menggunakan angkot dengan rute Caringin – Sadang Serang.

  1. Ayam Penyet Bu Yanti

Jika Anda mengunjungi warung makan ini, Anda mungkin akan terkejut melihat tempat makan yang terletak di pinggir jalan, terdiri dari gerobak etalase kecil. Ya, Ayam Penyet Bu yanti terletak di Jalan Ir. Juanda (Dago), tepat di samping kantor Dinas Peternakan.

Meskipun tempatnya sederhana, namun jangan remehkan rasa masakannya. Dengan harga yang sangat murah yaitu 18ribu rupiah untuk 1 porsi, ayam penyet Bu Yanti banyak digemari para muda mudi. Jika Anda berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya mencoba kuliner ini

  1. Lotek dan Rujak Dago Pojok

Lokasinya memang terletak persis di sebelah tukang ojeg Dago Pojok. Namun jangan ragukan rasa dari lotek yang diracik oleh ibu ini. Satu porsi lotek bisa Anda dapatkan hanya dengan membayar 8 ribu rupiah. Hari gini dapet makanan yang bikin kenyang Cuma dengan 8 ribu aja langkaaa guys!

Jangan lupa untuk mencoba rujak khas nya. Harganya pun sama yaitu 8 ribu rupiah. Cocok banget buat cemal-cemil sambil kumpul bersama teman-teman. Lokasinya bisa dijangkau dengan angkot yang menuju ke arah Terminal Dago seperti Kalapa – Dago, Riung – Dago, dan Stasion – Dago.

  1. Mie Aceh Tubagus Ismail

mie aceh

Mie Aceh merupakan salah satu kuliner asal Serambi Mekkah yang sangat terkenal. Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner tersebut di Bandung dengan harga yang murah meriah, datanglah ke Kedai Mie Aceh yang ada di jalan Tubagus Ismail Raya.

Lokasinya berada di seberang Wisma bank Indonesia, tidak jauh dari Es Duren Fadillah yang terkenal itu. Ketika masuk ke dalam kedai ini Anda akan disambut oleh seorang pria bertubuh besar tanpa ekspresi yang mirip dengan Inspektur Vijay di film-film India.

Di kedai ini Anda dapat memesan menu mie goreng, mie rebus, dan nasi goreng Aceh dengan berbagai pilihan topping seperti daging ayam, telur, seafood, dan masih banyak lagi. Tidak hanya makanan asal Aceh saja, ternyata di sini Anda juga bisa memesan masakan khas India seperti roti cane, teh tarik, dan semacamnya.

  1. Rumah Makan Bu Tatang Sarbini

bu tatang

Anda tak akan menyangka jika Anda tahu lokasi rumah makan ini. Pasalnya, rumah makan ini terletak di tengah kepadatan pemukiman penduduk di daerah sekeloa. Tetapi rumah makan ini selalu banyak dikunjungi oleh mahasiswa.

Makanan yang ditawarkan adalah makanan khas rumahan seperti sayur sop, sayur asem, sayur lodeh, ikan goreng, ayam goreng, telur daging, karedok, dan lain sebagainya. Kebanyakan pengunjung berpendapat, masakan di sini membuat mereka merindukan rumah sendiri. Maklum, kebanyakan pengunjung merupakan mahasiswa yang merantau untuk mencari ilmu di Bandung.

Soal harga, Anda tak perlu khawatir. Bahkan, Anda mungkin akan tercengang saat Anda hendak membayar pesanan Anda karena harganya sangat murah. Rumah makan ini buka setiap hari dari mulai jam 7 pagi hingga jam 11 siang.

But you have to put more effort to get there karena lokasi yang agak sulit dijangkau angkot. Untuk mencapai Rumah Makan Bu Tatang, Anda bisa naik angkot yang melewati Dipatiukur, kemudian turun di pangkalan ojek Sekeloa, dan dilanjutkan dengan naik ojek hingga ke lokasi.

Nah, itu tadi kumpulan tempat makan murah di Bandung yang enak dan bergizi. Jika Anda memiliki rekomendasi tempat makan lainnya di sekitar Bandung yang tidak menguras isi dompet, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: