advertisements

Kota Melayu Deli adalah julukan bagi Kota Medan. Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini merupakan salah satu kota yang dianggap maju. Ya, Medan memang merupakan kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Tak heran jika kota ini sering menjadi destinasi wisata bagi turis lokal dan mancanegara.

Jalan-jalan ke Kota Medan tentu kurang sah jika tidak mencicipi kuliner enak yang ada di kota tersebut. Pasalnya kuliner yang ada di kota Medan ini tidak kalah lazat dengan kuliner dari kota lainnya di indonesia.

advertisements

Berbagai makanan khas Medan kini sudah banyak menyebar ke pelosok nusantara, mulai dari Bika Ambon, pancake durian, hingga bolu gulung meranti. Nah, jika Anda berencana untuk berkunjung ke kota tersebut dalam waktu dekat ini, jangan lupa kunjungi 8 tempat makan enak di Medan versi Bacaterus berikut ini:

Bihun Bebek Asie

Bihun dengan lauk ayam atau udang tentu sudah biasa. Kini, kami akan mengajak Anda untuk mencicipi bihun dengan lauk irisan daging bebek. Kedai bihun bebek milik Pak Asie ini menjual seporsi bihun bebek yang terbilang mahal. Namun, harganya sebanding dengan kenikmatannya yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

tempat makan enak di medan Bihun Bebek Asie

Selain disajikan dengan irisan daging bebek, bihun ini juga disiram dengan kuah kaldu bebek yang sedap dan menggugah selera siapapun yang mencium aromanya. Ingin mencicipi Bihun Bebek Asie? Silakan datang ke kedainya yang terletak di Jalan Kumango, Medan.

Pancake Durian Nelayan

Rasanya kurang afdol jika tidak mencicipi pancake durian asli Medan saat berkunjung ke kota ini. Ada banyak penjual pancake durian di Medan, tetapi sebagian besar warga Medan merekomendasikan pancake durian yang dijual di Restoran Nelayan.

Pancake Durian Nelayan

Durian yang manis dengan tekstur yang lembut akan terasa meleleh di mulut ketika Anda menggigit pancake durian Nelayan ini. Anda bisa menyantap pancake durian di tempat atau membawanya sebagai oleh-oleh. Restoran Nelayan Tenda berada di Merdeka Walk, Jalan Balai Kota, Medan.

Restaurant Garuda

Menikmati makanan Padang di Kota Medan, kenapa tidak? Di Medan, ada sebuah restoran masakan Padang yang sangat terkenal. Sekali menyebut namanya saja, masyarakat Medan pasti sudah langsung tahu.

Restaurant Garuda

Adalah Restaurant Garuda yang menjajakan masakan Padang dengan citarasa yang khas. Bahkan, di Jakarta ada restoran yang bernama sama dengan menu yang serupa pula, tapi tetap saja Restaurant Garuda yang orisinil ada di Medan.

Menu yang paling banyak dipesan adalah ayam pop, rendang, dan gulai kakap. Hampir semua makanan di restoran ini sangat lezat dan patut dicoba. Restaurant Garuda berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 8, Medan.

Sate Padang Medan Al Fresco

advertisements

Harus kami akui bahwa sate padang yang ada di Kota Medan ini jauh lebih mantap dibanding sate padang yang ada di tanah aslinya. Sama seperti pancake durian dan lontong medan, Anda bisa menemukan sate padang dengan sangat mudah saat berada di Medan.

Kali ini rekomendasi kami jatuh pada Sate Padang Medan Al Fresco. Sate yang satu ini disajikan dengan taburan keripik singkong pedas. Bila Anda ingin menjadikan Sate Padang Al Fresco sebagai destinasi wisata kuliner selanjutnya, kunjungi saja kedainya yang berlokasi di Jalan Perniagaan (Pajak Ikan), Medan. Kedai ini buka dari pukul 19.00 – 22.00 WIB.

Mie Tong Sim Selat Panjang

Jangan ngaku sebagai penggemar mie jika Anda belum pernah mencicipi Mie Tong Sim Selat Panjang kala sedang berkunjung ke Medan. Di sini, menu makanan yang disajikan memang sangat sederhana, hanya mie ayam atau pangsit mie. Akan tetapi, rasa mie di sini sangat gurih dan lezat. Bahkan, semangkuk saja terasa tidak cukup karena mie di sini memang benar-benar enak.

Mie yang digunakan di sini nampaknya diolah sendiri oleh penjualnya dengan metode homemade. Jadi, sudah jelas mie di sini tanpa pengawet. Namun, menu makanan yang disajikan di sini bersifat non-halal. Mie Tong Sim Selat Panjang berada di Jalan Selat Panjang No. 7, Medan.

Lontong Medan Kak Lin

Lontong Medan Kak Lin

Sepintas tampilan lontong medan nampak mirip dengan lontong cap go meh dan lontong sayur. Makanan khas Medan ini terdiri dari lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, sayuran, dan kerupuk. Makanan yang satu ini dapat ditemui dengan mudah di Kota Medan.

Akan tetapi, ada satu kedai yang cukup populer akan menu lontong medan yang disajikannya, yakni Warung Lontong Kak Lin. Warung ini berada tak jauh dari tempat wisata Pangaruyung. Tepatnya, Warung Lontong Medan Kak Lin ini berada di Jalan Cik Di Tiro yang terhubung langsung dengan Jalan Zainul Arifin.

Soto Kesawan Enak Tenan

Soto Kesawan Enak Tenan

Rekomendasi tempat makan enak di Medan berikutnya adalah kedai Soto Kesawan ‘Enak Tenan’. Ada yang aneh dari nama kedai ini. Pemilik kedai menggunakan bahasa jawa ‘Enak Tenan’, yang artinyan adalah ‘Enak Banget’, sebagai nama kedainya.

Kedai yang buka dari pukul 08.00 – 15.00 ini menyajikan menu soto yang tak biasa. Lauk soto umumnya adalah ayam, daging, atau jeroan. Tetapi Soto Kesawan menggunakan lauk udang galah yang digoreng. Namun, rumah makan ini tetap menyediakan daging sapi atau ayam sebagai pelengkap menu soto udang ini. Soto Kesawan Enak Tenan terletak di Jalan Ahmad Yani No. 116, Medan.

Kari Rumah Makan Tabona

Kari Rumah Makan Tabona

Rumah Makan Tabona adalah tempat makan spesialis menu kari. Menu kari yang disajikan oleh rumah makan ini antara lain seperti kari bihun, kari ayam, dan kari sapi. Entah mengapa kuah kari di Rumah Makan Tabona terasa lezat, gurih, dan berbeda dari menu kari di tempat lain.

Hal inilah yang membuat rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung. Jika Anda tertarik untuk menjajal kuah kari yang kental dan gurih ala Rumah Makan Tabona, Anda bisa mengunjungi tempatnya yang terletak di Jalan Mangkubumi No. 17, Medan.

Restoran Tip Top

Restoran Tip Top

Hampir di setiap kota memiliki tempat yang menjual es krim dengan rasa otentik khas tempo dulu. Di Medan, ada sebuah restoran bernama Tip Top yang menawarkan aneka masakan khas nusantara yang lezat dan menggoyang lidah.

Tak hanya itu saja, Tip Top juga menyediakan chinese dan western food. Akan tetapi, menu yang paling terkenal adalah es krim. Restoran yang berada di bangunan jaman kolonial ini sudah buka sejak awal tahun 1900. Tip Top berada di Jalan K.L. Yos Sudarso No. 92 A-B, Medan.

Kwetiau Akuang

Kwetiau adalah salah satu menu andalan dari Kota Medan. Di beberapa kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, juga menjual menu makanan satu ini dengan embel-embel ‘khas Medan’ meskipun sebenarnya kwetiau merupakan makanan dari Tiongkok.

Kwetiau Akuang adalah warung yang terkenal dengan menu kwetiaunya. Anda bisa memesan kwetiau siram, kwetiau goreng, atau kwetiau rebus sesuai dengan selera. Selain menu kwetiau, warung ini juga menjual bihun dan mie. Kwetiau Akuang berada di Jalan Pagaruyung No. 10, Medan.

Jika berkunjung ke Kota Medan, Anda harus menyiapkan perut dan isi dompet untuk memuaskan hasrat berkuliner. Pasalnya, beberapa tempat makan di Medan menawarkan menu dengan harga yang sedikit mahal. Nah, sudahkah Anda menentukan tempat makan enak di Medan manakah yang akan Anda kunjungi?

Artikel Menarik Lainnya: