advertisements

Salah satu hal yang menarik dari ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang, adalah kulinernya. Di Semarang, terdapat berbagai kuliner enak yang harus dicoba satu persatu. Jadi, ketika Anda sedang menunaikan ibadah di Semarang, maka Anda tidak perlu bingung mencari jujukan untuk berbuka puasa.

Semarang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan, Semarang merupakan kota terbesar selanjutnya. Jadi, jangan heran jika di kota ini Anda dapat dengan mudah menjumpai tempat makan. Nah, kali ini Bacaterus akan memberi beberapa rekomendasi mengenai tempat buka puasa di Semarang. Simak liputan selengkapnya di sini!

Toko Oen

advertisements

Toko Oen adalah tempat buka puasa di Semarang yang menawarkan nuansa kolonial pada zaman Belanda. Bangunan yang digunakan untuk restoran ini juga masih mengusung arsitektur khas Belanda yang masih sangat kental. Ketika menyantap hidangan buka puasa di sini, Anda akan merasa seperti kembali ke zaman tempoe doeloe.

Toko Oen ini sudah ada sejak tahun 1935. Menu utama yang dijual di sini adalah aneka kue kering dan es krim klasik. Akan tetapi, Anda juga bisa menyantap makanan berat di Toko Oen ini, seperti Chicken Cordon Bleu, Macaroni Schotel, BBQ Chicken, Nasi Goreng, dan Bakmi Goreng. Toko Oen berada di Jalan Pemuda 52, Semarang.

Pesta Keboen

Pesta Keboen tempat buka puasa di semarang

Nampaknya, Semarang adalah kota yang akan membuat kita bernostalgia sembari berbuka puasa. Setelah Toko Oen, kini ada Pesta Keboen yang merupakan restoran bergaya klasik dengan ambience yang romantis dan arsitektur yang sangat mewah.

Di restoran ini terdapat ruangan outdoor maupun indoor. Di hari-hari tertentu Anda akan dihibur dengan live music yang memang disediakan oleh restoran ini. Menu makanan yang menjadi andalan di Pesta Keboen ini adalah Ayam Asap, Sop Ayam Lilit Sapi Pasar Karangjoe, dan Nasi Goreng Babat. Pesta Keboen beralamatkan di Jalan Veteran 29, Semarang.

Soto Bangkong

Soto Bangkong

Tak afdol rasanya jika saat berada di Semarang kita tidak berbuka puasa dengan makanan legendaris yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan Soto Bangkong. Soto yang sudah dijajakan sejak tahun 1950-an ini terdiri dari daging ayam yang disuwir, tomat, tauge, bihun, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng.

Berbeda dengan kuah soto di Jawa Timur yang berwarna kuning, kuah Soto Bangkong ini berwarna bening kecoklatan. Ketika menyantap Soto Bangkong, Anda juga akan disuguhkan dengan hidangan pelengkap lainnya, seperti sate kerang, tempe, sate telur puyuh, tahu, dan perkedel. Pusat Soto Bangkong ini berada di Jalan Brigjen Katamso No. 1, Semarang.

Warung Semawis

Warung Semawis

Nah, tempat buka puasa di Semarang yang satu ini cukup istimewa, lho. Karena Warung Semawis hanya buka pada saat akhir pekan saja, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu. Warung Semawis bukanlah sebuah warung atau rumah makan, tetapi tempat ini adalah pasar malam yang buka di kawasan pecinan yang ada di Semarang.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin berbuka puasa di sini, karena ada banyak makanan halal yang dijual di Warung Semawis ini. Beberapa contoh hidangan di Warung Semawis yang bisa dijadikan sebagai menu berbuka puasa adalah Soto Sapi, Babat Gongso, Sate Sapi, dan Nasi Pindang.

Bakmi Jawa Pak Gareng

advertisements

Bakmi Jawa Pak Gareng adalah satu dari beberapa kuliner terkenal di Kota Semarang. Bahkan, tempat ini pernah dikunjungi oleh tim Wisata Kuliner yang dipandu oleh Bondan Winarno. Menu yang disajikan di sini sebenarnya sangat sederhana, seperti Bakmi Godhog (Bakmi Kuah), Bakmi Goreng, dan Nasi Goreng. Namun, citarasa dari hidangan ini sangat khas dan membuat orang ketagihan.

Menu yang paling banyak dipesan di tempat ini adalah Nasi Campur Mie (Magelangan) yang merupakan perpaduan antara nasi goreng dan bakmi goreng. Depot Bakmi Jawa Pak Gareng buka dari pukul 11.00 – 23.00. Anda bisa mengunjungi Bakmi Jawa Pak Gareng ini di Jalan Wot Gandul Dalam No. 173, Semarang.

Gudeg Abimanyu

Tak ada salahnya jika Anda ingin menyantap gudeg ketika berada di Semarang. Pasalnya, Semarang merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah dan dekat dengan Solo atau Yogyakarta yang sudah lebih dahulu populer dengan gudegnya.

Berbeda dengan gudeg khas Yogyakarta yang memiliki rasa manis, gudeng khas Semarang menawarkan rasa yang sedikit pedas. Nah, apabila Anda ingin berbuka puasa dengan gudeg khas Semarang, datanglah ke depot rumahan Gudeg Abimanyu yang terletak di Jalan Abimanyu VII No. 6, Semarang.

Dapur Keju

Dapur Keju

Apakah Anda penggemar makanan yang diolah dengan menggunakan keju? Jika ya, maka Dapur Keju adalah jujukan yang tepat untuk berbuka puasa kala berada di Semarang. Restoran bergaya minimalis ini menawarkan suasana yang nyaman dan hidangan makanan yang diolah dengan menggunakan keju.

Beberapa makanan yang ditawarkan oleh Dapur Keju ini adalah Zoup a Zoup, Souffle, dan Nasi Goreng Keju. Dapat dipastikan bahwa semua sajian makanan di sini selalu menggunakan keju sebagai bahan dasar atau bahan tambahannya. Alamat Dapur Keju adalah di Jalan Taman Kendalisodo No. 9A, Semarang.

Warung Sate 29

Warung Sate 29

Asyiknya jika bisa berbuka puasa dengan sate kambing. Ketika berada di Semarang, sempatkan diri untuk mampir di Warung Sate 29 untuk berbuka puasa. Rumah makan ini cukup terkenal di Semarang sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Menu-menu yang ditawarkan antara lain adalah Sate Kambing, Sate Jerohan Kambing, Sate Buntel, dan Gule Sumsum. Jika Anda ingin mencicipi kelezatan Sate Kambing dan Gule Sumsum khas Warung Sate 29, datanglah ke rumah makan yang terletak di Jalan Jenderal Soeprapto No. 29, Kota Lama, Semarang.

Kedai Beringin

Kedai Beringin

Ingin berbuka puasa di restoran yang nyaman dan menyajikan hidangan yang lezat? Silakan datang ke Kedai Beringin yang berada di Jalan Imam Bonjol No. 114A, Semarang. Restoran yang satu ini memiliki tempat yang sangat luas dan menu makanan yang amat bervariasi.

Di sini, Anda bisa menjumpai menu makanan Chinese atau Indonesia yang sangat lezat. Kedai Beringin adalah tempat yang cocok untuk menggelar acara berbuka puasa bersama karena tempatnya sangat luas dan juga nyaman.

Bandeng Budheng

Bandeng Budheng

Menu olahan dari daging sapi atau ayam mungkin sudah biasa. Lantas, bagaimana dengan makanan yang terbuat dari ikan bandeng? Di Bandeng Budheng, Anda bisa mencicipi segala jenis makanan yang berasal dari ikan bandeng.

Di salah satu tempat buka puasa di Semarang yang kerap kali menjadi jujukan bagi warga Semarang dan sekitarnya ini menawarkan hidangan Bakso Bandeng, Bandeng Bakar, Sate Bakso Bandeng Goreng, dan beberapa menu hidangan dari ikan bandeng lainnya.

Di rumah makan ini, Anda pun bisa mencoba spa ikan secara gratis sembari menunggu makanan datang. Rumah makan Bandeng Budheng berada di Jalan Parang Kusumo VI No. 1, Tlogosari, Semarang.

Sepuluh tempat buka puasa di Semarang ini dapat menjadi jujukan untuk berbuka puasa sekaligus berwisata kuliner. Apakah Anda memiliki rekomendasi tempat berbuka puasa lainnya di Semarang? Bagikan kepada kami dan yang lainnya melalui kolom komentar, yuk!

Artikel Menarik Lainnya: