advertisements

Berkunjung ke salah satu kota metropolitan di Sumatera yang satu ini memang asyik. Meskipun Medan tidak terletak di Pulau Jawa, tetapi kota yang satu ini sangat maju dan berkembang. Hal tersebut bisa dilihat melalui gedung-gedung dan pusat perbelanjaannya. Dan yang pasti kurang afdol rasanya jika kita tidak mencicipi kuliner favorit di Kota Medan ini saat berkunjung ke sana.

Bagaimana bisa berwisata kuliner jika kita berkunjung ke Medan saat bulan puasa? Tenang saja, Anda bisa kuliner dengan mencoba beberapa tempat buka puasa di Medan. Berikut ini Bacaterus akan berbagi informasi mengenai tempat kuliner yang hits di Medan untuk berbuka puasa.

Rumah Makan Pohon Pisang

advertisements

Jujukan tempat buka puasa di Medan yang pertama adalah Rumah Makan Pohon Pisang. Rumah makan yang satu ini sangat nyaman dan bersih. Menu unggulan dari RM Pohon Pisang ini adalah Ayam Tangkap.

Ayam ini dipotong kecil-kecil, lalu dibumbui dengan bumbu yang sangat khas. Kemudian, setelah itu ayam digoreng hingga kering. Nah, setelah itu Ayam Tangkap ini disajikan di atas daun pandan. Rumah makan yang satu ini memang spesialis masakan Indonesia. Anda bisa mengunjungi RM. Pohon Pisang di Kompleks The Crown Blok A No. 16-17, Jl. S. Parman, Medan.

Morning Glory Cafe

Morning Glory Cafe tempat buka puasa di medan

Ingin mengajak relasi atau pasangan untuk berbuka puasa bersama di tempat yang sangat cozy? Anda dapat mengajak mereka untuk buka puasa di Morning Glory Cafe. Cafe yang satu ini memiliki suasana yang sangat elegan dan modern. Selain indoor area, di sini juga terdapat outdoor area untuk pengunjung yang merokok.

Menu makanan yang paling banyak dipesan di Morning Glory Cafe adalah Nasi Ayam Cabe Hijau dan Chicken Steak. Sementara itu, untuk dessert Anda bisa memesan Pisang Goreng ala Morning Glory Cafe. Alamat dari Morning Glory Cafe ini adalah di Jalan T. Amir Hamzah, Helvetia Tim., Medan.

Tongs Soyamilk & Beancurd

Tongs Soyamilk & Beancurd

Tak ada salahnya jika Anda ingin menikmati makanan berat sekaligus hidangan penutup (dessert) pada saat berbuka puasa. Nah, salah satu tempat buka puasa di Medan yang menawarkan main course dan dessert yang lezat adalah Tongs Soyamilk & Beancurd. Sebelum menyantap hidangan berat, Anda bisa memesan appetizer-nya terlebih dahulu, yakni Potato Lovers Tongs.

Nah, main course favorit di sini adalah Mie Sop Ayam yang merupakan mie dengan taburan ayam suwir, bakso, bawang goreng, dan kuah yang lezat. Untuk dessert jangan lupa memesan Beancurd Sesame Ball Tongs.

Mie Ayam Jamur Amigos

Mie Ayam Jamur Amigos

Mie ayam yang satu ini memang sangat terkenal di Medan. Ya, Mie Ayam Jamur Amigos terletak di warung kaki lima yang berada di Jalan Abdullah (Simpang pertama Masjid Al-Jihad). Mi ayam jamur di warung ini memiliki citarasa yang berbeda dibanding mie ayam jamur lainnya. Selain itu, kita juga bisa memesan tambahan telur sebagai lauk untuk menyantap mie ini.

Di sebelah warung Mie Ayam Jamur Amigos terdapat pula warung yang menjual es potong. Hm.. Sebuah perpaduan yang lezat dan segar untuk berbuka puasa kala berada di Medan.

Hangout Coffee

advertisements

Buka puasa sembari ngopi, kenapa tidak? Di Medan, ada sebuah coffee shop yang menjual berbagai macam makanan berat, yakni Hangout Coffee. Tempat yang super nyaman, kopi yang enak, dan juga makanan yang lezat akan menjadi perpaduan yang menyenangkan untuk berbuka puasa.

Jika berkunjung ke Hangout Coffee, jangan lupa untuk memesan Tongseng Sapi, Soto Susu, dan Tumis Sapi Brokoli. Karena ketiga menu ini merupakan yang paling banyak dipesan oleh pengunjung Hangout Coffee. Jika ingin berbuka puasa di Hangout Coffee, datanglah ke coffee shop yang beralamatkan di Jalan Amir Hamzah No. 46 A, Medan.

Ayam Pepes Medan

Sepiring nasi putih hangat dengan Ayam Pepes Medan tentu akan membangkitkan selera makan Anda saat berbuka puasa. Ya, biasanya pepes identik dengan ikan atau seafood. Namun, di medan terdapat sebuah rumah makan yang menjual pepesan ayam. Ayam ini dibumbui dengan rempah-rempah da, lalu dibakar hingga matang.

Aroma dari pepes ayam ini sangat menggugah selera. Selain itu, tekstur ayam pun jadi terasa lembut karena sebelum dibakar, ayam sudah direbus terlebih dahulu.  Tak hanya menu pepesan ayam saja, di sini Anda pun dapat menemukan pepes cumi, pepes ikan, dan pepes udang. Ayam Pepes Medan ini bisa ditemukan di Jalan Perjuangan, Komplek Setia Budi Blok PP No. 6, Medan.

Sate Memeng

Sate Memeng

Kuliner yang satu ini memang hanya buka pada saat sore hari sekitar jam 5, sehingga sangat cocok untuk dijadikan jujukan untuk berbuka puasa. Sate Memeng adalah sate dari daging sapi, ayam, atau kambing yang bisa dipilih sesuai selera.

Yang istimewa adalah bumbu dari sate ini, karena tentunya sangat berbeda sate khas Madura atau Ponorogo. Meskipun bumbunya berbeda dari sate yang lain, bumbu kacang yang disajikan di Sate Memeng ini tetap lezat dan patut dicoba. Penasaran dengan kelezatan Sate Memeng ini? Datang saja ke kedainya yang berada di Jalan Irian Barat No. 1 Gang Buntu, Medan.

Sop Sumsum Langsa

Sop Sumsum Langsa

Buka puasa paling enak jika menyantap makanan hangat dan gurih. Bagaimana jika buka puasa kali ini Bacaterus mengajak Anda untuk mencicipi Sop Sumsum Langsa yang konon sangat terkenal di Aceh ini.

Sop Sumsum Langsa membuka cabang di Medan. Menu andalannya sudah pasti sop sumsum. Sedikit informasi untuk Anda, sop sumsum di sini terkenal memiliki rasa yang gurih dan pas. Tempat buka puasa di Medan ini cukup sering dipadati oleh pengunjung. Bila ingin mencoba Sop Sumsum Langsa, datang saja ke Jalan Setia Budi No. 17 B, Titi Bobrok, Medan.

Sushi Boat

Sushi Boat

Tidak perlu bingung mencari restoran Jepang untuk berbuka puasa di Medan. Pasalnya, pada tahun 2014 telah dibuka Sushi Boat, sebuah restoran Jepang yang menyajikan berbagai menu khas negeri sakura tersebut.

Restoran ini cukup terkenal di kalangan food blogger Medan. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi menyantap sushi di atas miniatur kapal kayu. Tak hanya itu saja, Sushi Boat juga menawarkan menu teppanyaki dan sashimi yang segar. Sushi Boat berada di Kompleks River View AA 21-22 (Medan Polonia), Medan.

Gardenia Tropical Garden Resto

Mengajak pasangan untuk berbuka puasa bersama saat berada di Medan? Ajak saja ke salah satu restoran romantis yang ada di Medan, yakni Gardeni Tropical Garden Resto. Restoran ini menawarkan indoor dan outdoor area. Namun, tempat yang menjadi favorit para pengunjung restoran ini adalah outdoor area dengan view taman dan penerangan yang romantis.

Meskipun tempatnya romantis, harga menu makanan di sini cukup bersahabat sehingga tidak akan menguras banyak isi dompet Anda. Gardenia Tropical Garden Resto terletak di Jalan STMK Dalam No. 2 (Jalan Dr. Mansyur), Medan.

Tak sulit untuk mencari tempat buka puasa di Medan. Karena di sini ada berbagai tempat makanan yang sangat recommended dan menjadi favorit masyarakat Kota Medan. Nah, apakah Anda juga memiliki rekomendasi tempat buka puasa lainnya di Kota Medan? Yuk, bagikan kepada kami di kolom komentar!

Artikel Menarik Lainnya: