advertisements

Jogja dikenal sebagai kota yang hangat dengan penduduknya yang ramah. Tradisi dan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang sangat kental. Hal tersebut merupakan daya tarik yang dimiliki Jogja untuk menarik perhatian wisatawan.

Selain itu, kuliner khas Jogja juga sangat beragam, sehingga Anda tidak mungkin kehabisan ide untuk menemukan tempat buka puasa baru yang nyaman. Nah, kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda untuk berjalan-jalan dan berbuka puasa di Jogja. Ini adalah beberapa tempat buka puasa di Jogja yang direkomendasikan oleh Bacaterus.

Tengkleng Gajah Jalan Kaliurang

advertisements

Bagi yang Anda tidak tahu apa itu tengkleng, Bacaterus akan memberi sedikit penjelasan. Tengkleng adalah makanan yang berasal dari tulang belulang atau tetelan dari daging kambing. Makanan ini sedikit mirip dengan gulai, hanya saja kuah tengkleng dibuat lebih encer.

Tengkleng Gajah di Jalan Kaliurang Km 9,3, Bulurejo ini adalah tempat buka puasa di Jogja yang paling favorit. Dinamakan Tengkleng Gajah karena tengkleng yang dijual di sini berukuran jumbo. Namun, tengkleng di sini tetap terbuat dari daging kambing, bukan daging gajah. Selain menu ini, Anda juga bisa memesan tongseng atau sate kambing.

Jalur Gaza

Jalur Gaza

Jalur Gaza sudah pernah kami bahas sebagai tempat ngabuburit di Jogja yang paling diminati oleh masyarakat di sana. Namun, Anda pun bisa berbuka puasa di sini. Pasalnya, Jalur Gaza yang dimaksud di sini adalah sejenis Pasar Ramadhan yang banyak menjual jajanan, makanan, dan minuman untuk buka puasa.

Jalur Gaza sendiri merupakan singkatan dari “Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada” Jadi, Jalur Gaza yang satu ini bukanlah kawasan perang yang sarat akan tembak-tembakan atau bom. Di sini, Anda bisa berbuka puasa dan mengisi perut hingga kenyang.

Angkringan Lik Man

tempat makan enak di jogja Angkringan Lik Man

Belum ke Jogja namanya jika tidak makan di angkringan khas kota pelajar tersebut. Nah, bagi warga Jogja atau wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja, cobalah untuk berbuka puasa dengan menyantap makanan ala angkringan. Angkringan Lik Man adalah salah satu warung angkringan yang terkenal di Jogja.

Makan sego kucing (nasi putih dengan sambal goreng ikan teri) dan lauk khas angkringan, seperti tempe bacem, ceker, sate usus, dan sate telur puyuh yang dibakar, akan membuat buka puasa Anda terasa jadi semakin lezat. Jangan lupa untuk turut mengajak teman-teman Anda berbuka puasa di Angkringan Lik Man yang berada di dekat Stasiun Tugu ini.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum tempat buka puasa di jogja

Selain angkringan, gudeg juga merupakan makanan terkenal khas Jogja. Salah satu tempat buka puasa di Jogja yang menawarkan hidangan gudeg lezat dengan rasa yang pas adalah Gudeg Yu Djum. Lokasi rumah makan ini berada di Jalan Kaliurang Km 4,5, Karang Asem CT III/06, Jogja.

Nasi gudeg yang dijual di sini disajikan bersama lauk yang bisa Anda pilih sendiri, mulai dari ayam, telur, atau ampela ati. Gudeg yang disajikan di sini adalah jenis gudeg kering. Tempatnya yang nyaman dan bersih serta makanan yang lezat membuat buka puasa Anda bersama kerabat terasa menjadi lebih menyenangkan.

House of Raminten

advertisements

Biarpun namanya ditulis dalam Bahasa Inggris, tetapi suasana yang ditawarkan di rumah makan yang satu ini sangat kental dengan adat dan tradisi Jawa mulai dari kostum pelayan hingga alunan  musik yang terdengar ketika Anda memasuki restoran ini. Tempat ini buka selama 24 jam penuh, sehingga Anda bisa menjadi House of Raminten sebagai tempat untuk buka puasa maupun sahur.

Rumah makan yang menawarkan berbagai hidangan khas Jawa Tengah ini selalu menjadi jujukan wajib bagi para wisatawan dari luar Jogja. Jika Anda ingin mengajak teman-teman untuk berbuka puasa di sini, sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu, karena biasanya saat malam hari dan akhir pekan restoran ini selalu dipenuhi oleh pengunjung.

Phuket Thai Resto

Ingin menyantap hidangan khas Thailand saat berbuka puasa? Anda bisa menuju ke Phuket Thai Resto, yang dikenal sebagai spesialis hidangan Thailand di kota pelajar tersebut. Harga makanan di sini pun cukup bersahabat dan tidak terlalu menguras isi dompet Anda.

Jangan lupa untuk memesan Sup Tom Yam saat Anda sedang berbuka puasa di Phuket Thai Resto. Selain itu, menu khas Thailand lainnya yang menjadi favorit di restoran ini adalah Pad Thai, sejenis kwetiau yang dimasak khas Thailand dengan topping ayam atau seafood.

Banyu Mili

Banyu Mili

Setelah seharian bekerja, Anda butuh sedikit refreshing pada saat buka puasa. Oleh karena itu, Bacaterus merekomendasikan Banyu Mili Restoran. Ini adalah tempat buka puasa yang adem dan menyajikan menu makanan seafood yang sangat lezat.

Di restoran ini, terdapat kolam renang dan beberapa fasilitas permainan untuk anak-anak. Selain itu, ada pula danau buatan yang di sekitarnya terdapat saung-saung. Hidangan favorit yang paling banyak dipesan oleh pengunjung Banyu Mili adalah Udang Bakar Madu, Kepiting Saus Asam Manis, Sayur Asem, dan Gurami Bakar. Banyu Mili terletak di Komplek Perumahan Griya Mahkota, Jalan Godean Km 4,5, Kwarasan, Jogja.

Soto Daging Sapi Bu Cip

Soto Daging Sapi Bu Cip

Setelah berpuasa sehari penuh, perut akan terasa lebih enak jika diisi dengan makanan berkuah yang hangat. Soto Daging Sapi Bu Cip ini bisa menjadi tempat buka puasa di Jogja berikutnya. Walaupun tempatnya sangat sederhana, tetapi warung soto ini sangat dikenal oleh masyarakat Kota Jogja.

Soto Daging Sapi Bu Cip ini disajikan dengan kuah yang bening, tidak seperti soto khas Jawa Timur yang umumnya memiliki kuah berwarna kuning. Daging sapinya pun terasa empuk. Agar soto daging ini terasa lebih nikmat, jangan lupa untuk menambahkan sambal, bawang goreng, perasan jeruk nipis, dan sedikit kecap sebelum dimakan.

Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Djelata

Tempat makan yang satu ini cukup unik dan bisa membuat kita merasakan hidup sederhana pada zaman dulu. Pelayan di sini hanya menggunakan blangkon dan singlet putih yang dirangkap dengan kemeja bergaris-garis hitam coklat khas Jogja.

Tak hanya itu saja, suasana di sini pun dibuat agar tampak sederhana, tapi tetap terasa hangat dan homey. Menu makanan di sini cukup lezat dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Dan satu hal yang pasti, harga menu makanan dan minuman di sini tergolong murah.

Bong Kopitown

Restoran ala penjara yang membuka beberapa cabang di Jakarta, kini juga membuka salah satu cabang di Jogja. Di restoran ini, Anda akan merasakan sensasi buka puasa ala narapidana yang sedang dalam penjara.

Akan tetapi, tentu saja makanan yang disajikan di sini sangat enak dan berbeda dengan makanan di dalam penjara pada aslinya. Restoran milik pengusaha muda, Bong Chandra, ini akan memberikan pengalaman berbuka puasa yang unik dan berbeda untuk Anda. Bong Kopitown berlokasi di Jalan Sagan Kidul No. 4, Jogja.

Ternyata ada banyak tempat buka puasa di Jogja yang unik dan patut untuk dikunjungi. Nah, untuk Anda yang berdomisili di Jogja, sudahkah Anda mencoba berbuka puasa di tempat-tempat yang kami sebutkan di atas?

Artikel Menarik Lainnya: