advertisements

Berkunjung ke kota hujan, Bogor, saat bulan puasa? Tak perlu khawatir untuk mencari tempat berbuka puasa bila sedang ada di Bogor. Karena ini merupakan kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, maka tak heran jika di sini Anda dapat menemukan berbagai jenis tempat makan, mulai dari warung kaki lima, depot, cafe, dan restoran, dengan sangat mudah.

Bagi masyarakat Bogor mungkin tak sulit untuk mencari tempat-tempat makan untuk berbuka puasa. Namun, bagi sebagian besar orang yang tidak berdomisili di Bogor, mungkin akan kesulitan saat hendak mencari tempat makan yang enak untuk berbuka puasa. Oleh karena itu, Bacaterus sudah merangkumkan beberapa tempat buka puasa di Bogor yang terkenal dan recommended.

Saung Pak Ewok

advertisements

Sop buah merupakan takjil manis dan segar yang biasa disantap untuk berbuka puasa. Di Bogor, terdapat saung sop buah yang terkenal bernama Saung Pak Ewok atau yang lebih dikenal dengan nama Sop Buah Pak Ewok.

Menu andalan dari tempat ini adalah sop buah. Namun, di sini ada 3 variasi rasa kuah sop buah, yakni sop jeruk, sop susu, dan sop durian. Selain itu, Saung Pak Ewok juga menyediakan makanan berat, seperti Nasi Timbel, Batagor, Somay, Spaghetti, dan masih banyak lagi. Lokasi Saung Pak Ewok berada di Jalan Bukit Tunggul No. 5, Taman Kencana, Bogor.

Ayam Geprek Istimewa

Ayam Geprek Istimewa tempat buka puasa di bogor

Tempat buka puasa di Bogor yang satu ini membuka beberapa cabang sekaligus di kota hujan tersebut. Ayam Geprek Istimewa tentunya menawarkan menu ayam geprek dengan sambal yang legendaris. Selain itu, ada pula menu Ayam Pencok yang merupakan ayam goreng yang disajikan dengan sambel ijo dan irisan kacang panjang.

Selain ayam, ada pula menu lainnya, seperti Iga Bakar, Iga Lombok Ijo, Daging Geprek, Sayur Asam, Urap Daun Pepaya, dll. Outlet Ayam Geprek Istimewa berada di Jalan Achmad Soebana 27 – Bangbarung, Jalan Achmad Soebana 54 – Bangbarung, Jalan Dr. Sumeru – Cilendek, dan Ruko Taman Yasmin Sektor 6 No. 100, Bogor.

Death by Chocolate & Spaghetti

Death by Chocolate & Spaghetti

Sesekali cobalah berbuka puasa di tempat bersuasana baru yang sedikit unik, seperti di Death by Chocolate & Spaghetti yang berada di Jalan Ceremai No. 22, Bogor Tengah. Cafe ini memiliki suasana mistis. Bahkan, para pelayan pun menggunakan kostum hantu saat melayani pengunjung.

Tak hanya suasananya saja, makanannya pun bertema horror, seperti Cake Death yang menjadi andalan cafe ini karena bentuknya serupa dengan kuburan. Selain itu, ada pula menu favorit dari cafe ini, yakni Spaghetti Schotel. Tak hanya menjual tempat yang unik, Death by Chocolate & Spaghetti juga menjual makanan yang sangat lezat.

Bakso Seuseupan

Bakso Seuseupan

Siapa yang tidak suka berbuka puasa dengan makanan sedap dan hangat seperti bakso? Makanan ini memang cukup populer di seluruh wilayah di Indonesia. Nah, di Bogor ada sebuah kedai bakso yang sangat laris, yakni Bakso Seuseupan.

Walaupun tempat kecil dan sederhana, kedai Bakso Seuseupan ini tidak pernah sepi pengunjung. Ada beberapa jenis menu bakso yang dijual di sini, seperti Mie Bakso, Bakso Telur, Bakso Urat, dan Bihun Bakso. Tak sabar ingin berbuka puasa dengan Bakso Seuseupan ini? Datanglah ke kedainya yang berada di Jalan Bangbarung No. 3, Bogor.

Toge Goreng Pak Iwon

advertisements

Toge goreng adalah salah satu makanan khas Bogor. Toge goreng ini adalah tauge rebus yang disajikan bersama dengan mie kuning, lontong, tahu, dan disiram dengan bumbu tauco yang sangat khas dan juga nikmat.

Salah satu tempat yang menjual toge goreng yang paling ramai dan favorit di Bogor adalah kedai milik Pak Iwon. Nah, Toge Goreng Pak Iwon ini berada di Jalan Pajajaran, tepatnya di depan Toserba Ngesti Baranangsiang. Anda bisa berbuka puasa dengan Toge Goreng Pak Iwon ini karena tempat buka puasa di Bogor ini buka pukul 10.00 – 22.00.

Rumah SumSum

Dari namanya saja Anda tentu sudah bisa menebak bahwa menu yang disajikan di Rumah SumSum ini adalah hidangan olahan dari sumsum. Ya, rumah makan ini memang menawarkan menu sumsum sapi atau kambing.

Sup sumsum adalah menu yang paling banyak dipesan oleh pengunjung rumah makan ini. Namun, Bacaterus juga merekomendasikan Anda untuk memesan sumsum goreng dan nasi bakar sumsum. Berbuka puasa dengan menyeruput sumsum yang gurih dan lezat, kenapa tidak? Lokasi Rumah SumSum ini terletak di Jalan Lawang Gintung No. 21, Bogor.

Sop Duren Lodaya

Sop Duren Lodaya

Tidak semua orang suka berbuka puasa dengan makanan berat. Sebagian orang mungkin memilih berbuka dengan takjil terlebih dahulu. Oleh karena itu, Bacaterus ingin merekomendasikan sebuah jujukan terkenal di Bogor untuk mencicipi takjil yang legit dan segar, yakni di Sop Duren Lodaya.

Tentu saja menu utama yang dijual di sini adalah sop duren, tetapi Anda akan menemukan variasi unik dari menu sop duren, seperti Sop Durian Cendol, Sop Durian Oreo, dan Sop Durian Kacang Ijo + Ketan. Selain di Jalan Lodaya, kedai sop duren terkenal ini juga membuka cabang di Jalan Bangbarung, Jalan Gunung Batu, Jalan Siliwangi, Jalan Pahlawan, dan Kawasan Gadog – Puncak.

Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusuf

Bukankah semua soto memang berwarna kuning? Soto Kuning khas Bogor ini lebih mirip dengan kari atau gulai. Di samping itu, soto kuning mengandung santan dan memiliki kuah yang teksturnya sedikit kental.

Bila Anda sedang mencari tempat buka puasa di Bogor, jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner khas kota hujan ini di Soto Kuning Pak Yusuf. Anda bisa memilih lauk sendiri untuk soto kuning yang Anda pesan, mulai dari lauk daging, paru, usus, babat, otak, hati, limpa, kikil, atau lidah. Soto Kuning Pak Yusuf ini berada di Jalan Suryakencana, Gg. Aut, Bogor.

Kedai Kita

Kedai Kita

Bogor memang terkenal dengan menu makanannya yang unik dan cocok di lidah orang Indonesia. Nah, makanan unik lainnya yang bisa ditemui di Bogor adalah Pizza Kayu Bakar. Menu ini bisa dijumpai di Kedai Kita di Jalan Pangrango No. 21, Babakan, Bogor Tengah. Pizza di sini memiliki rasa dan aroma yang khas karena dibakar di tungku yang masih menggunakan kayu bakar.

Macaroni Panggang

Kurang pas rasanya jika berkunjung ke Bogor tanpa mencicipi macaroni panggang yang sangat lezat. Rumah makan yang menjual menu macaroni panggang khas ini berada di Jalan Salak No. 24, Babakan, Bogor Tengah.

Suasana yang homey ditambah dengan sajian macaroni panggang yang khas membuat buka puasa Anda terasa lebih hangat dan berkesan. Selain menu macaroni panggang, tempat ini juga menjual hidangan Indonesia dan Western.

Rekomendasi tempat buka puasa di Bogor ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai jujukan berbuka puasa. Tempat-tempat yang direkomendasikan oleh Bacaterus ini adalah tempat-tempat makan yang hits dan favorit di kota hujan tersebut. Apakah Anda memiliki rekomendasi tempat lainnya? Silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya: