advertisements

Tahu kenapa indeks kebahagiaan warga Kota Bandung bisa melebihi angka 70%? Salah satunya adalah karena di Bandung tersedia fasilitas yang cukup memadai untuk warganya. Contoh nyatanya adalah banyaknya tempat bermain anak di Bandung.

Di Kota Kembang ini, anak-anak dapat bermain di taman tematik yang tersebar di seluruh penjuru kota; bermain air di kolam renang, danau, dan di air mancur layaknya di jalanan Korea; bermain ice skating di mall; atau jika Anda sekedar berjalan-jalan di mall pun Anda dapat mengajak buah hati untuk bermain di game center. Bacaterus punya 10 rekomendasi tempat bermain anak di Bandung, Anda tinggal pilih yang paling cocok untuk anak Anda.

Gang Sereh

advertisements

Anda pasti tahu layangan, kan? Permainan ini terbuat dari kertas dan lidi, lalu diterbangkan mengandalkan angin dan juga benang senar. Biasanya anak laki-laki yang memainkan permainan ini, namun bukan berarti anak perempuan tidak bisa memainkannya juga. Nah, di Gang Sereh ini anak Anda akan dibantu membuat layangan mereka sendiri.

Gang Sereh terletak di Jalan Astana Anyar. Pemiliknya adalah seorang yang sudah menjuarai festival layang-layang selama 3 kali, panggil saja namanya Akiat. Beliau tidak sungkan mengajarkan anak-anak cara bermain layangan, loh. Untuk mencari tempat ini tidak sulit, kok. Toko Akiat memiliki tanda layangan super besar dengan gambar wajah di depannya.

Taman Vanda

taman vanda

Taman Vanda merupakan salah satu taman tematik di Bandung yang menjadi favorit warga lokal maupun pengunjung. Taman berbentuk segitiga ini dekat dengan Balai Kota Bandung. Yang membuat taman ini unik adalah adanya air mancur yang keluar dari lantai taman.

Konsep air mancur yang muncul dari lantai ini mirip dengan air mancur yang ada di taman di Korea. Pertunjukkan air mancur terjadi saat siang dan malam hari. Namun, air mancur pada malam hari akan memberikan suasana lain karena warna lampu berwarna-warninya akan semakin menonjol, sehingga air mancur terlihat lebih menarik. Anak-anak pasti sangat senang di ajak bermain air di Taman Vanda.

Phantasia Barbie Gallery

phantasia barbie

Phantasia Barbie Gallery adalah sebuah restoran di dalam hotel. Alamat lengkapnya adalah di Balcony Resto & Bilique Hotel, Jalan Sersan Bajuri No. 100, Bandung Utara. Untuk patokannya, posisi Phantasia Barbie Gallery ini berada sebelum Kampung Gajah. Sebelum datang, Anda dapat menghubungi mereka di nomor berikut (022) 2011330. Tempat bermain anak di Bandung ini buka setiap hari, mulai dari jam 9 pagi – 10 malam.

Tempat bermain anak di Bandung ini menyediakan 350 Barbie lengkap dengan busana dan dekorasi tematik. Biaya masuk Phantasia Barbie Gallery cukup murah, Anda hanya perlu bertransaksi minimal Rp 20 ribu di Balcony Café. Selain bisa makan-makan sambil menikmati ratusan Barbie, Anda dan anak dapat mengabadikan momen dengan berfoto menggunakan kostum Barbie.

GardenIce

gardenice

GardenIce adalah wahana ice skating yang berada di Sky Level (roof top) Paris Van Java mall. Untuk mencapai Sky Level, Anda dapat menaiki lift di dekat toko Marc & Spencer ke lantai 2. Alternatif lainnya adalah menggunakan eskalator di dekat KFC. Jika Anda membawa mobil, langsung saja parkir mobil Anda di parkiran atas sehingga Anda tinggal perlu berjalan sedikit menuju Sky Level.

Arena ice skating GardenIce adalah seluas 800 m2. Para pekerjanya merawat arena ice skating secara berkala, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan keselamatan anak Anda. Harga tiket masuk GardenIce adalah Rp 80 ribu (Senin-Jumat) dan Rp 100 ribu (Sabtu-Minggu). Jika Anda dan anak belum mahir bermain ice skating, di sana juga tersedia instruktur profesional dengan biaya Rp 70 ribu selama 30 menit sesi latihan.

Penangkaran Rusa Ranca Upas

advertisements

Penangkaran Rusa Ranca Upas ini berada di kawasan Kampung Cai Rancaupas, Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Keseluruhan Kampung Cai memiliki luas 215 ha. Karena berada di dataran tinggi, suhu harian di sana sekitar 18-23° C, sehingga akan terasa sangat sejuk walaupun matahari sedang terik-teriknya dan akan cukup dingin saat malam hari.

Di Penangkaran Rusa Ranca Upas ini Anda dan anak dapat menikmati bermain bersama rusa-rusa dan juga menikmati panorama alam yang sangat indah berupa perbukitan dan hutan. Ada puluhan rusa yang siap menemani Anda dan buah hati, jadi, tunggu apa lagi. Langsung saja datang ke tempat bermain anak di Bandung yang satu ini.

Crayon’s Craft & Co

Crayon’s Craft & Co berada di Jalan Aceh No. 15 (Kebon Sirih). Di sini Anda dan anak Anda bisa mendapatkan kursus gratis, loh! Caranya adalah dengan membeli alat dan bahan minimal seharga Rp 200 ribu saja. Selanjutnya alat dan bahan yang telah dibeli langsung dipraktikan di tempat, dibantu oleh para crafter handal di Crayon’s Craft & Co.

Anda dan anak dapat membuat prakarya dari alat lukis, alat dan bahan clay, alat dan bahan rajut, manik-manik, Swarovski, korsase, aneka benang, aneka payet dan mute, kain flannel, dan masih banyak lagi aneka bahan kerajinan tangan lainnya. Crayon’s Craft & Co beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 9 pagi – 5.30 sore.

Maya Hirai, School of Origami

maya hirai

Origami adalah seni kerajinan tangan yang terbuat dari kertas. Origami pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang dan sangat digemari juga di Indonesia. Bahkan origami masuk dalam pelajaran seni di sekolah, mulai dari play group hingga sekolah dasar, karena origami dapat merangsang sensor motorik anak dan melatih anak untuk disiplin dan mengikuti instruksi.

Di Maya Hirai, anak Anda dapat berkreasi menggunakan kertas dengan dibantu crafter profesional di sana. Selain mengajarkan bagaimana membuat berbagai macam bentuk origami, Maya Hirai juga menjual CD, buku, dan peralatan origami untuk dibuat di rumah.

Spirit Camp Educity (SPICE)

Spirit Camp Educity

Spirit Camp Educity atau yang lebih dikenal sebagai SPICE berada di Jalan Panyawangan Kav. 3 Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Padalarang-Bandung Barat. Sebelum datang ke sana, Anda dapat menghubungi mereka di nomor Tlp/Fax (022) 6803655. SPICE merupakan tempat bermain sambil belajar yang sangat lengkap fasilitasnya.

Di sana terdapat dua tempat belajar sambil bermain anak, yaitu indoor dan outdoor. Untuk area indoor terdiri dari Rumah Pintar, Meat Love Area dan Healthy Drink Station. Untuk permainan outdoor ada area Video Smart Adventure, Iyes Castle, Fun Bike, Gymnastiqua, Kebun Ultra, dan Harvest Moon Village. Aktivitas yang SPICE tawarkan sangat sarat pengetahuan diantaranya adalah mengajarkan anak untuk berkebun di area Harvest Moon.

Lactasari Mini Farm

Lactasari Mini Farm

Kebun sayuran dan peternakan mini di mall? Memangnya ada? Tentu saja ada, letaknya ada di Sky Level (roof top) Paris Van Java mall, Jalan Sukajadi No. 137-139. Lactasari Mini Farm ini dekat dengan area ice skating yang telah di bahas di atas. Mereka beroperasi dari Senin-Jumat jam 10 pagi-7 malam, dan Sabtu-Minggu jam 10 pagi-10 malam.

Di sana terdapat 4 area terpisah yang masing-masing berisi kambing, domba, sapi, dan kelinci. Selain itu, terdapat juga area Bird Park yang berisi macam-macam jenis burung yang indah. Harga tiket masuk Lactasari Mini Farm adalah Rp 50 ribu/anak, itu sudah termasuk 1 botol susu dan 1 keranjang sayuran. Sedangkan tiket masuk untuk pendamping anak hanya seharga Rp 10 ribu/orang.

Komunitas Hong

tempat bermain anak di bandung

Komunitas Hong (Pakarangan Ulin Dago Pakar Bandung) berada di Jalan Bukit Pakar Utara No. 35, Dago. Mereka memiliki slogan ‘Pusat Kajian Mainan Rakyat’, ya, di sana menyediakan banyak sekali permainan tradisional. Komunitas Hong ini tercipta karena mereka miris melihat keadaan sekarang di mana anak-anak lebih sering bermain dengan gadget.

Di tempat bermain anak di Bandung ini, Anda dapat mengajak anak Anda untuk bersosialisasi dengan anak-anak lainnya sambil bermain dengan permainan tradisional. Jenis permainannya banyak sekali, sebut saja enggrang, boy-boyan, dan bebentengan.

Selain memainkan permainan di sana, Anda dan anak juga dapat membuat mainan sendiri, loh. Anda harus booking dulu sebelum datang ke sana di nomor telepon (022) 2515773. Harga tiket masuk ke sana adalah Rp 50 ribu, dan ada diskon jika Anda datang rombongan (minimal 30 orang).

Jangan biasakan anak Anda bermain dengan gadget saja, tapi ajak anak Anda untuk lebih dekat dengan alam, berkreasi, dan bersosialisasi dengan banyak orang. Selain 10 tempat di atas, Anda juga dapat mengajak anak Anda ke Taman di Kota Bandung. Bagaimana, Anda tertarik untuk mendatangi 10 tempat bermain anak di Bandung di atas dengan buah hati Anda?

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: