advertisements
advertisements

Apakah Anda hobi menonton film? Jika iya, apakah yang paling Anda ingat dari sebuah film? Apakah ceritanya? Kalau ceritanya, tentu saja pasti Anda ingat. Namun, selain cerita, Anda pasti merasakan feel yang lebih saat menonton film berkat soundtrack yang mengiringi adegan-adegan pada film tersebut, bukan? Tanpa soundtrack, film akan terasa monoton dan pesan dari adegan pada film akan sulit tersampaikan kepada para penonton.

Walaupun cerita dari film sangat bagus dan membuat penontonnya gemas, percuma jika soundtrack yang digunakan tidak pas dengan alur cerita, isi cerita, karakter, dan juga tema cerita dari film tersebut. Bayangkan saja jika film ber-genre aksi diberi soundtrack lagu romantis. Anda akan kehilangan selera untuk menontonnya bukan? Maka dari itu, soundtrack dalam sebuah film menjadi hal yang sangat penting.

advertisements
advertisements

Bacaterus berpendapat bahwa soundtrack film yang akan dibahas di bawah adalah soundtrack terpopuler dan tentunya terbaik sepanjang masa. Yuk, mari intip 5 soundtrack film berikut ini:

My Heart Will Go On – Celline Dion (OST. Titanic)

My Heart Will Go On

Anda pasti mengenal film yang satu ini. Titanic, merupakan salah satu film yang paling populer di seluruh dunia sejak awal perilisan film hingga sekarang. Kisah cinta Jack dan Rose dipadu dengan soundtrack “My Heart Will Go On” menjadikan adegan romantis pada film menjadi sangat pas. Seperti filmnya, soundtrack “My Heart Will Go On” yang dinyanyikan oleh Celline Dion ini menjadi sangat populer di masyarakat.

Lagu yang mengusung tema romantis ini membuat para penikmat film semakin terhanyut dalam cerita Titanic. Saking mendunianya lagu “My Heart Will Go On”, album soundtrack Titanic dapat terjual sebanyak 30 juta kopi di seluruh dunia. Berkat soundtrack ini juga, lagu “My Heart Will Go On” menjadi ciri khas atau trademark saat orang membicarakan sosok sang penyanyi, Celline Dion.

Let It Go – Idina Menzel (OST. Frozen)

Let It Go

Film produksi Disney yang satu ini sangat laku keras di pasaran. “Frozen” adalah salah satu cerita animasi anak yang mengisahkan seorang putri yang memiliki kekuatan untuk membekukan apapun yang ada disekitarnya, Elsa. Ketika Elsa kabur dari istana dan membuat istananya sendiri yang terbuat dari es, saat itulah soundtrack “Let It Go” dinyanyikan.

Dengan nada yang slow dan dengan tempo yang tidak terlalu cepat, soundtrack ini sangat pas dengan momen yang ada. Rasa semangat dan bangkit dari kesedihan sangat terasa ketika soundtrack “Let It Go” dilantunkan.

Soundtrack yang dinyanyikan oleh Idina Menzel menjadi sangat terkenal dan populer dikalangan masyarakat baik para orang dewasa maupun anak-anak. Saking terkenalnya, lagu “Let It Go” ini telah diterjemahkan kedalam 25 bahasa di dunia lho, termasuk bahasa melayu!

Love Me Like You Do – Ellie Goulding (OST. Fifty Shades of Grey)

Love Me Like You Do

Film “Fifty Shades of Grey” menjadi sangat hits dikalangan para penikmat film. Pasalnya, film ini mengangkat tema yang cukup unik dan menarik serta dibubuhi dengan romansa sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta.

Untuk mewakili tema film yang mengusung kisah percintaan, film ini menggunakan soundtrack yang tak kalah populernya dengan soundtrack film lainnya. Soundtrack “Love Me Like You Do” ini sangat populer dikalangan masyarakat terutama dikalangan para remaja.

advertisements
advertisements

Dengan nada yang mellow namun justru membuat feel yang sesuai dengan tema filmnya, penyanyi asal Inggris, Ellie Goulding, berhasil menyanyikan soundtrack untuk film “Fifty  Shades of Grey” dengan sangat baik. Hal ini terbukti dengan jumlah lagu diputar telah mencapai angka 15.468.762 kali dan mampu menggeser single Mark Ronson dan Bruno Mars dengan judul “Uptown Funk”.

Leaving On a Jet Plane – Chantal Kreviazuk (OST. Armageddon)

Leaving On a Jet Plane

Film “Armageddon” adalah salah satu film ber-genre science fiction yang tidak kalah populer diantara para penikmat film dengan tema yang sama. Walaupun ber-genre scific, film ini tidak monoton dan tidak hanya berfokus pada sains saja. Ada scene yang membuat para penonton terenyuh karena karakter Grace harus merelakan ayah dan kekasihnya pergi untuk menyelamatkan dunia. Saat itulah soundtrack “Leaving On A Jet Plane” dilantunkan.

Dengan adegan yang menyedihkan ini, soundtrack yang diperdengarkan pun semakin membuat penonton emosional. Pasalnya, pada saat scene ini, Grace tidak siap—yang sebenarnya tidak akan pernah siap—merelakan dua pria yang ia sayangi untuk pergi.

Perlu Anda ketahui, lagu “Leaving On a Jet Plane” adalah sebuah lagu lawas yang diciptakan oleh John Denver pada tahun 1966 dengan judul awalnya adalah I Hate To Go. Namun, sang produser film meminta untuk mengganti judulnya untuk dinyanyikan kembali oleh Chantal Kreviazuk. Hingga sekarang, lagu yang dilantunkan oleh Chantal pun menjadi salah satu lagu yang tidak akan pernah lekang dimakan zaman.

I Believe I Can Fly – R. Kelly (OST. Space Jam)

I Believe I Can Fly

Film animasi “Space Jam” merupakan salah satu film animasi yang banyak dinikmati oleh para pecinta film sejak dulu hingga kini. Film ini menceritakan tentang seorang pemain basket yang masuk ke dalam dunia kartun, dan ia harus membantu para tokoh kartun itu untuk memenangkan kompetisi basket disana.

Soundtrack yang digunakan pada film iini berjudul “I Believe I Can Fly” yang dinyanyikan dan diciptakan sendiri oleh R. Kelly. Ia adalah seorang penyanyi R&B dan juga seorang pemain basket. Pada saat lagu “I Believe I Can Fly” dirilis pada tahun 1997, lagu ini langsung menempati posisi kedua di Billboard Top 10, dibawah lagu Tony Braxton dengan lagu Unbreak My Heart.

Prestasi yang dimiliki oleh lagu ini memang tidak main-main dan tidak bisa diremehkan. Soundtrack populer ini pun berhasil membawa pulang tiga Grammy Awards, serta pada tahun 2014 berhasil menduduki 500 World’s Greatest Song versi majalah Rolling Stone.

Itulah 5 Soundtrack Film Terpopuler dan Terbaik Sepanjang Masa. Walaupun sekarang ini hampir setiap hari ada saja lagu baru yang rilis, tetap saja lagu-lagu di atas tidak bisa tergantikan. Apakah Anda setuju?

Artikel Menarik Lainnya: