advertisements
advertisements

Siapa yang masih ingat situs web Primbon? Situs web ini ngehits banget di kalangan anak-anak yang baru kenal internet. Isinya beragam, mulai dari foto-foto dan video-video penampakan hingga cocoklogi jodoh. Hayo, siapa yang pernah coba mencocokkan nama sendiri dan nama si doi?

Nah, meski begitu, Primbon masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan situs web lain yang lebih menyeramkan. Terlepas dari hantu-hantu dan jin tomang, 5 situs web ini justru berisikan hal yang lebih dekat dengan dunia nyata, dan di sanalah letak seramnya. Penasaran? Yuk, baca terus!

Opentopia: Free Live Webcams

advertisements
advertisements

Tak ada handphone, webcam laptop/komputer pun jadi (media untuk selfie). Webcam sudah pasti jadi andalan kita untuk selfie atau video call dan lain-lain. Namun, selepas kalian cek opentopia.com, yakin kalian masih mau membiarkan webcam ‘telanjang’ tanpa penghalang?

Sebenarnya, Opentopia tidak begitu seram jika kita melihat dari sudut pandang orang penasaran dan memang sedang cari hiburan cuma-cuma. Di situs web ini, kalian bisa melihat banyak orang atau kejadian yang terekam oleh webcam laptop, komputer, hingga CCTV di seluruh dunia. Sayangnya, Opentopia jadi seram jika kita melihat dari sudut pandang orang yang terekam!

Opentopia: Free Live Webcams

Meski begitu, Opentopia berdalih bahwa website mereka mengambil data dari kamera orang-orang yang ‘lupa mengamankannya’, kamera keamanan di beberapa perusahaan atau kamera nyaris-umum, dan kamera tempat wisata yang dengan senang hati membagikan video stream mereka dengan dunia.

Tetap hati-hati, ya! Tutup saja webcam kalian dengan lakban atau yang lainnya jika merasa tidak aman.

Bestgore.com

Bestgore.com

Dari namanya saja, sudah ketahuan kalau situs web ini akan penuh darah, benda-benda, dan kejadian-kejadian menyeramkan. Situs web milik Mark Marek ini berisi berita-berita, foto, dan video eksplisit yang diambil dari kehidupan nyata, seperti pembunuhan, bunuh diri, penyiksaan, dan kecelakaan.

Banyak kontroversi dan masalah-masalah hukum yang dituai oleh situs web Bestgore.com ini. Puncaknya adalah tahun 2012, ketika Bestgore menerbitkan video pembunuhan nyata yang dilakukan oleh Luka Magnotta. Hal ini membuat Marek ditahan dengan tuduhan merusak moral publik.

Kalian yang gemar menonton film atau membaca buku gore pasti penasaran dengan situs web ini, kan? Sayangnya, Bestgore.com tidak menyajikan fiksi, lho, melainkan nyata! Masih berani?

Shaye St. John

Shaye St. John

Bukan internet namanya jika tidak menampung banyak hal-hal aneh, seperti video YouTube ‘duyung’ terdampar, misalnya. Kasus Shaye St. John tidak berbeda, karena ia, bisa dibilang, adalah salah satu fenomena aneh internet juga.

advertisements
advertisements

Sebenarnya, ide pembuatan Shaye tak lain dan tak bukan berasal dari hasil pemikiran komedian kitsch Eric Fournier. Yup, Shaye St. John adalah sebuah karakter buatan berlatar belakang ‘menarik’.

Seperti yang dilansir dari disinfo.com, Shaye St. John adalah model papan atas yang mengalami kecelakaan parah yang merusak wajahnya dan membuatnya harus mengamputasi kedua tangan dan kakinya.

Shaye yang masih tak patah semangat berusaha untuk ‘membentuk kembali’ dirinya dengan memakai topeng untuk menyembunyikan wajahnya dan menggunakan bagian tubuh manekin sebagai tangan dan kakinya.

Pada awalnya, Shaye eksis di blog LiveJournal sebelum ia membuat channel sendiri di YouTube. Meskipun berlatar belakang komedi, video-video low-definition Shaye tetap cenderung menyeramkan, lho!

Magibon Project

Magibon Project

Magibon, atau Mririan, adalah seleb YouTube bernama asli Margaret Adams. Ia terkenal di YouTube lantaran video-videonya yang cenderung random, kebanyakan menampakkan dirinya yang hanya tersenyum dalam diam di depan kamera.

Ketenaran Magibon menginspirasi sebuah proyek internet bernama Magibon Project yang ditampung situs web Magibon.com. Dalam proyek itu, seseorang mengklaim bahwa ia tengah melakukan eksperimen budaya sosial digital.

Ia membuat sebuah karakter bernama Frank, seorang penguntit yang terobsesi dengan Magibon. Katanya, video-video di dalam situs web itu memang sengaja dirancang sedemikian menyeramkan.

Tanpa basa-basi, laman utama situs web tersebut menampakkan sebuah video absurd dengan potongan-potongan frames yang disusun khas video horor dan thriller. Terdapat 3 video yang bisa ditemukan di laman tersebut, Video 1, Video 2, dan Sorry. Ketiganya dijamin tidak akan membuatmu tidur nyenyak. Psst, jangan lupa pakai headset supaya sensasinya lebih terasa!

Creepypasta

Creepypasta

Kenal Slender Man? Jeff si Pembunuh? The Rake? Mereka semua adalah tokoh-tokoh urban legend yang populer di situs web Creepypasta.com.

Creepypasta adalah cerita-cerita fiktif karangan para penggunanya, dibuat khusus untuk membuat bulu kuduk merinding. Cerita-cerita di situs web ini mengangkat berbagai isu layaknya pembunuhan, alien, cerita hantu, atau kejadian-kejadian di luar nalar. Para penulisnya juga tak jarang menyertakan video footage atau gambar yang berhubungan dengan cerita. Untuk efek horor, tentu saja!

Namun, jangan salah, siapa bilang yang fiktif tidak bisa jadi lebih menyeramkan daripada yang nyata? Terlebih, cerita-cerita yang diangkat pun cenderung dibuat dekat dengan kehidupan nyata, dengan dalih ‘based on true story’. Dengan penuturannya yang apik dan halus, tidak sulit bagi pembaca untuk menganggapnya benar-benar nyata, contohnya bagi dua gadis 12 tahun yang terlalu tenggelam dalam cerita.

Pengaruh cerita Slender Man membuat kedua gadis tersebut membunuh teman sepermainan mereka hanya karena ingin memberi impresi kepada Tuan Slender Man yang terkenal. Kejadian ini melatarbelakangi pernyataan salah satu administrator Creepypasta kepada para pembaca, mengingatkan mereka tentang “batasan antara fiksi dan realita”. Waah!

Nah, menurut kalian, mana yang paling menyeramkan? Sudah dicek satu per satu? Masih yakin bahwa Primbon adalah situs web paling menyeramkan yang sudah kalian cek? Hihihi. Yuk, beri komentar kalian di bawah!

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: