advertisements

Sea food atau boga bahari merupakan aneka hidangan laut, bisa merupakan hewan atau tumbuhan, asal itu diambil dari laut ataupun hasil budidaya. Para penggemar makanan olahan laut seharusnya memiliki tubuh yang sehat, karena boga bahari merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan iodium).

Di Bandung ada banyak sekali tempat makan yang khusus menyediakan seafood, loh. Ingin tahu tempat yang mana saja yang recommended? Bacaterus punya rekomendasi 10 tempat  makan seafood enak di Bandung untuk kamu:

Parit 9 Seafood

advertisements

Slogan seafood enak di Bandung ini adalah ‘Pesta Makan Kepiting’. Walaupun slogannya hanya menyebutkan kepiting, tapi di sini tersedia aneka seafood lainnya seperti udang, cumi, bawal, kerapu, hingga aneka kerang. Parit 9 Seafood ini sangat populer karena sajian seafood mereka standar restoran tapi dengan harga kaki lima alias murah meriah.

Di sini kamu memilih sendiri jenis dan ukuran seafood sebelum dimasak. Kamu juga memilih mau seafood yang masih hidup baru di masak atau yang fresh alias sudah tidak hidup tapi masih segar. Kisaran uang yang perlu dikeluarkan untuk makan di sini mulai dari Rp 50 – 300 ribuan. Langsung datang saja ke Jalan Anggrek No. 61. Mereka buka setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam. Kamu bisa telepon mereka di nomor ini (022) 7103996.

HDL 293 Cilaki

hdl 293 cilaki

HDL 293 Cilaki merupakan salah satu dari tempat makan seafood enak di Bandung yang paling terkenal. Menu yang tersedia di sini lengkap, mulai dari ikan, udang, kerang, lobster, kepiting, semuanya ada. Semua olahan seafood di sini bisa disajikan dengan berbagai cara dan saus pilihan. Untuk sausnya ada saus lada hitam, rica-rica, mentega, asam manis, dan asam pedas.

HDL 293 Cilaki cocok menjadi tempat makan keluarga karena satu porsinya sangat besar, cukup untuk 2-3 orang. Kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp 30 – 130 ribuan untuk bisa makan di sini. Resto seafood ini buka setiap hari, mulai dari jam 10 pagi – 11 malam. Cabang restoran seafood ini ada dua di Bandung, dicatat, ya:

  • Jalan Cilaki No. 36-37, Telp: (022) 7106122
  • Jalan Diponegoro No. 54, Telp: (022) 7210543

Captain’s Seafood

captain's seafood

Captain’s Seafood berada di Jalan R.E. Martadinata (Riau) No. 217, dekat Cafe Bali. Desain interior di sana sangat unik, kamu akan merasa seperti sedang makan di dalam kapal raksasa. Cara memesan seafood di sini adalah kamu pilih cara masaknya dulu. Misalnya untuk kerang ada kerang rebus, bakar, tauco, dan saus padang. Lalu pilih jenis bahannya. Untuk kerang ada kerang salju, kepa, hijau, batik, simping, bambu, macan, dan kampak (scallop).

Selain kerang, di sini juga tersedia berbagai macam seafood seperti Udang Telur Asin, Udang Tausi Pete, dan Cumi Cabe Gara yang harganya sekitar Rp 50 – 60 ribuan. Untuk olahan ikan harga dihitung per gram, jenisnya sendiri ada kerapu, bawal, kuro, gurame, baronang, kakap, pari, dll. Kepiting di sini juga recommended banget, loh. Jangan lupa dipesan, ya. Selain di Riau, Captain’s Seafood ada juga di Jalan Soka No. 17.

Dancing Crab

dancing crab

Seafood enak di Bandung ini berlokasi di Jalan Sumatera No. 21. Dancing Crab mengusung tema Louisiana Style Crabs, yaitu cara makan kepiting yang tidak menggunakan piring, tapi langsung di atas meja. Signature dish di sini tentu saja kepiting, tapi kalau kamu mau mencoba semua seafood dalam satu paket ada yang namanya Dancing Crab Seafood Combos. Kamu akan mendapatkan kepiting yang sangat besar, lobster, udang, kerang, cumi, dan jagung.

Selain paket kombo ada juga menu per porsi yang bisa dikombinasikan dengan pasta, harganya tidak terlalu mahal, under Rp 100 ribu. Ada juga camilan seperti Truffle Fries (kentang goreng yang sangat renyah), menu spesial Crab Cakes (kue yang dibentuk kepiting sangat besar), dan masih banyak lagi. Untuk makan di sini siapkan bugdet yang agak besar, ya, yaitu sekitar Rp 200 ribuan – 1,2 jutaan. Langsung saja datang ke Jalan Sumatera No. 21 untuk menikmati sensasi makan seafood yang berbeda.

D’Cost

advertisements

D’Cost! Seafood enak di Bandung yang satu ini pasti sering kamu lihat kalau kamu mampir ke mall, karena mereka memiliki banyak cabang di mall-mall di Bandung. Ini dia alamatnya:

  • Bandung Trade Center (BTC Fashion Mall) Lantai GF, Jalan Djunjunan No. 143-149. Telp: (022) 6126593
  • Bandung Indah Plaza (BIP) Lantai Dasar & Lantai 3, Jalan Merdeka No. 56. Telp: (022) 420 8422/3503
  • Festival City Link Lantai 3, Jalan Peta No. 241. Telp: (022) 612 8747

Menu yang tersedia di D’Cost cukup lengkap, dan harganya pun cukup terjangkau. Sesuai dengan slogan mereka, ‘Mutu Bintang 5 Harga Kaki 5’, satu porsi seafood di sini dihargai dari Rp 35 – 98 ribu saja.

Seafood Mas Gondrong

Jalan Kelenteng memang terkenal dengan jajaran kedai makanan yang enak-enak, salah satunya adalah Seafood Mas Gondrong. Pada awalnya, Mas Gondrong berjualan di trotoar, tapi sekarang sudah berjualan di sebuah rumah di Jalan Kelenteng, Gg. Sukamanah No. 38, Andir.

Seafood Mas Gondrong ini juga sudah menambah waktu operasi mereka, yang asalnya hanya buka di malam hari sekarang jadi 24 jam! Kamu bisa sarapan, makan siang, dan makan malam di sini. Asyik banget, kan? Untuk harganya kamu bisa tenang, karena semuanya murah meriah. Kira-kira harga per porsinya Rp 30 ribuan. Siapa yang tidak mau makan di sini kalau sudah enak, murah pula?

Bali Seafood

seafood enak di bandung

Ingin makan seafood ala Bali tapi jauh? Tenang saja, di Bandung ada kok tempat makan aneka olahan laut ala Pulau Dewata, namanya Bali Seafood. Tempat makan seafood enak di Bandung ini berada di Jalan Wastukencana No. 55-57 (dari BEC ikuti jalan saja, lalu belok kanan).

Seafood Lautan Merah

Seafood Lautan Merah

Kalau kantong kamu sedang tipis tapi ingin makan seafood enak di Bandung, datang saja ke Seafood Lautan Merah di Jalan Cikapayang (sebelum lampu merah Taman Cikapayang Dago). Selain yang di Cikapayang, ada juga cabang Seafood Lautan Merah di Jalan Sulanjana dan Jalan Cikutra No. 146.

Menu di sini lengkap mulai dari cumi, ikan, kerang, udang, hingga kepiting dan harganya sangat ramah dompet, loh! Untuk satu porsi seafood kamu hanya dikenai biaya Rp 9 – 15 ribuan. Bayangkan saja, makan kepiting under Rp 20 ribu, murah banget, kan?

Raja Rasa

raja rasa

Raja Rasa merupakan restoran masakan Sunda dan seafood. Suasana di Raja Rasa seperti perpaduan Bali dan Bandung. Jadu nuansa bangunan ala Bali dipadu dengan keasrian Tanah Sunda, sukses menghipnotis para pengunjungnya untuk berlama-lama di sini.

Walaupun di sini lebih banyak menu masakan Sundanya, tapi seafood-nya juga tidak boleh dianggap remeh. Tidak percaya? Langsung saja datang ke Raja Rasa Bandung di Jalan Setia Ria No. 1 (depan Setra Sari Mall). Kamu bisa reservasi di nomor telepon ini (022) 2005070, e-mail [email protected], dan pin Blackberry 288182E.

Kerang Ajaib

kerang ajaib

Rekomendasi Bacaterus yang terakhir ada Kerang Ajaib. Tahu kan episode Spongebob yang menyebutkan “Puja Kerang Ajaib”? Nah, sepertinya seafood enak di Bandung yang satu ini terinspirasi dari scene itu, deh. Konsep makan seafood di sini sangat unik. Kamu disediakan satu ember penuh kerang, dan makannya dicocol pakai sambal beraneka rasa. Seru banget!

Mereka punya dua cabang, yaitu di Jalan Hasanudin (UNPAD Dipatiukur). Buka setiap hari kecuali Minggu, mulai dari jam 5 sore – 12 malam; Jalan Terusan Buah Batu No. 61, mulai dari jam 5 sore – 11 malam; dan di Jalan Cibadak No. 52. Buka setiap hari kecuali Kamis, mulai dari jam 6 sore – 12 malam. Speciality mereka adalah kerang rebus, tapi di sini ada lobster juga kok. Ini dia pricelist kerang di Kerang Ajaib:

  • Kerang Ijo Ro 40 ribu
  • Kerang Dara Rp 40 ribu
  • Kerang Tahu Rp 40 ribu
  • Kerang Kepah Rp 40 ribu
  • Kerang Salju Rp 60 ribu
  • Kerang Bambu Rp 60 ribu
  • Kerang Simping Rp 60 ribu
  • Kerang Kampak Rp 15 ribu/buah

Itulah rekomendasi 10 tempat makan seafood enak di Bandung. Seafood memang enak dan menyehatkan, tapi makannya jangan terlalu banyak juga, ya. Bagaimanapun juga sesuatu yang berlebihan itu kan tidak baik. Kamu punya tempat lainnya yang recommended? Jangan lupa bagikan di kolom komentar, ya.

Artikel Menarik Lainnya: