advertisements

Kamu sedang liburan di Bandung? Selain berbelanja di factory outlet, Cihampelas, Gedebage, dan di mall, tujuan kalian pasti untuk berburu kudapan khas Kota Kembang, bukan? Supaya afdol, kalian wajib mampir ke rumah makan sunda di Bandung.

Pada umumnya, di rumah makan sunda tersedia makanan seperti ayam, ikan, perkedel jagung, karedok, berbagai macam pais (pepes), soto bandung, sop ayam, sop buntut, nasi liwet, nasi merah.,dan terakhir, yang membuat makanan khas Sunda tidak bisa dilupakan, yaitu sambal dan lalapannya. Ingin tahu rumah makan sunda di bandung yang paling enak? Yuk simak rekomendasi Bacaterus berikut ini:

Rumah Makan Sari Sunda

advertisements

Kalau mencari rumah makan sunda di Bandung yang enak, tentu saja Rumah Makan Sari Sunda jawabannya! Lokasinya ada di Jalan Soekarno Hatta No. 479B, yang merupakan pusat RM. Sari Sunda, karena bisa memuat hingga 600 orang. Ada pula cabangnya di Jalan Lengkong Besar No. 77 dengan kapasitas 60 orang dan di Jalan Ir. H. Djuanda No. 254 yang dapat memuat hingga 150 orang.

Suasana RM. Sari Sunda sangat asri. Tempat makannya berupa saung-saung tradisional. Tersedia juga saung yang lesehan, jadi kamu bisa makan enak sambil duduk-duduk santai bersama keluarga. Selain itu, ada juga arena bermain anak, kolam ikan, dan pepohonan yang mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di rumah makan ini.

Alas Daun

alas daun

Alas Daun memiliki tagline ‘Sensasi Makan Tanpa Piring’. Ya, rumah makan Sunda di Bandung ini berkonsep tradisional. Lokasinya yang berada di pusat kota Bandung membuat Alas Daun selalu ramai pengunjung lokal dan luar daerah. Jadi, di sini kamu akan makan menggunakan alas daun pisang, lalu nasinya akan diberikan oleh waiter dan ditaruh di atas alas daun tersebut.

Seperti rumah makan sunda kebanyakan, di sini kamu memilih menu yang telah dijajarkan (prasmanan). Menunya macam-macam. Ada orak-arik bunga pepaya, ayam bumbu hejo, sambal goreng kentang, sate maranggi, hingga aneka sambal seperti sambal dadak, sambal halilintar, dan sambal goreng. Lokasi Alas Daun bertepatan di Jalan Citarum No. 34, Cihapit. Nomor teleponnya adalah (022)723 1101, 081320400349, dan 083822141349.

Ampera

ampera

Kalau orang yang belum pernah makan di sini pasti menyangka Ampera adalah tempat masakan Sumatera, karena namanya yang mirip nama jembatan di Kota Palembang. Padahal, Ampera adalah salah satu rumah makan Sunda di Bandung yang paling terkenal. Menu yang tersedia di sini ada ayam, ikan, pepes, sop buntut, dan aneka macam sambal yang rasa pedasnya nendang banget. Siapkan minuman manis untuk menetralisir rasa pedasnya, ya.

Cabang rumah makan Ampera di Bandung ada banyak sekali, beberapa di antaranya adalah:

  • Jalan Soekarno Hatta No. 394
  • Jalan Dipatiukur No. 51
  • Jalan Raya Lembang No. 270
  • Jalan Kopo Bihbul No. 88
  • Foodcourt ITC Kebon Kelapa Bandung

Raja Sunda

raja sunda

Rumah makan Raja Sunda menyediakan aneka masakan Sunda mulai dari nasi timbel komplit, ikan bakar dan goreng, sayur asem, aneka macam pepes, tumis kangkung, dan masih banyak lagi. Raja Sunda merupakan tempat yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga karena mengusung tema kekeluargaan. Di sini kamu bisa makan sambil berbincang-bincang dengan keluarga sambil duduk secara lesehan. Oh, ya. Tempat parkirnya juga luas, loh.

Berbeda dengan rumah makan Sunda di Bandung lainnya, menu gurame goreng di sini sangat unik, yaitu Gurame Terbang yang hanya ada di restoran Raja Sunda saja. Selain gurame terbang, ada juga Gurame Bakar Ulam, Udang Keranjang, aneka Timbel dan aneka Ikan Bakar. Kisaran harga masakannya adalah Rp 30 ribu – 50 ribuan. Alamatnya ada di Jalan Terusan Pasteur No. 63. Buka setiap hari, mulai dari jam 10 pagi – 10 malam WIB.

Nasi Bancakan

advertisements

Rumah makan Sunda di Bandung ini mengusung tema jadul alias tempo dulu. Dapat dilihat dari piring dan gelas yang digunakan di sini yang terbuat dari besi dengan motif kembang atau motif garis-garis hijau. Di Nasi Bancakan ini kamu bebas memilih makanan yang kamu mau, alias prasmanan. Di sini kamu bisa memilih duduk di kursi atau lesehan. Menu makanan yang tersedia mulai dari tutut, daun singkong, jengkol, dan aneka sambal.

Untuk minumannya ada es cincau, cendol, es kopi nyereng, hingga es goyobod. Dan di sini juga ada dessert khas Sunda seperti es puter dan kue balok. Range harga di sini mulai dari Rp 2 ribuan – Rp 80 ribuan (lebih hemat kalau “udunan” alias bayarnya patungan). Langsung saja datang ke lokasinya di Jalan Trunojoyo No. 62. Kalau kamu mau reservasi bisa telepon ke nomor ini: (022) 4203650.

Kampoeng Sawah

Rumah makan Sunda di Bandung yang satu ini berlokasi di Jalan Gandasari No. 152, Soreang. View-nya sangat indah, loh! Kamu seperti sedang makan di tengah area sawah, dan juga ada kolam ikan yang sangat besar di sisi lainnya. Selain rumah makan, di sini juga menyediakan resort, kolam pemancingan, wisata air, kolam renang, dan mushola.

Menu makanan yang tersedia Kampoeng Sawah mulai dari nasi liwet lengkap, nasi timbel lengkap, tumis kangkung, hingga dessert seperti es krim dan banana split. Kamu bisa telepon sebelum datang ke Kampoeng Sawah atau untuk reservasi di nomor ini: (022) 5892396.

Sindang Reret

rumah makan sunda di bandung

Kalau kamu sedang main di daerah sekitar Kawah Putih, untuk makan-makannya Bacaterus rekomendasikan Sindang Reret. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey. Selain yang ada di Ciwidey, ada satu lagi cabang Sindang Reret di Cikole, Lembang.

Rumah makan Sunda di Bandung yang satu ini merupakan tempat pas untuk kamu yang mencari kenikmatan makan sambil menikmati indahnya pemandangan. Menu makanan di sini tentu saja masakan Sunda, tapi ada juga beberapa menu Chinese food.

Ya, selesai sudah rekomendasi Bacaterus untuk rumah makan Sunda di Bandung. Semoga informasi yang kami bagikan dapat menambah referensi kulineran kamu ketika sedang di Bandung. Kamu tahu rumah makan Sunda lainnya yang recommended? Bagikan yuk di kolom komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: