advertisements
advertisement

Tahu merupakan salah satu bahan masak yang berasal dari olahan sari kedelai. Bahan masakan satu ini cukup populer di kalangan para ibu rumah tangga. Karena selain mudah didapatkan, tahu juga tergolong sebagai bahan yang mudah diolah menjadi berbagai macam varian masakan.

Sebagai negeri penghasil tahu terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali resep olahan tahu yang bisa kita jadikan sumber referensi masakan. Mulai dari tahu sumedang, tahu penyet, tahu gejrot, tahu campur, dan masih banyak lagi. Salah satu olahan yang cukup populer sekarang ini adalah tahu tek.

Apa itu Tahu Tek?

advertisement
advertisement

Mendengar namanya mungkin cukup aneh sekali bagi sebagian dari kita. Tahu tek sendiri merupakan salah satu makanan khas kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini terdiri dari bahan dasar tahu dan juga lontong.

Tahu yang digunakan digoreng setengah matang kemudian dicampur bersama dengan potongan lontong, kentang goreng, taoge, dan irisan mentimun yang dipotong kecil-kecil mirip dengan acar. Tidak terlewat juga taburan kerupuk udang kecil di atasnya untuk menambah rasa gurihnya.

Kemudian bahan-bahan tersebut disiram dengan menggunakan bumbu petis khas Sidoarjo. Petis Sidoarjo termasuk bumbu petis yang paling lezat di antara lainnya. Selain itu, Sidoarjo juga merupakan daerah yang berbatasan dengan Surabaya.

resep tahu tek surabaya

Bumbu tersebut dibuat secara tradisional dengan cara mengulek bahan-bahan di atas cobek dan bukan menggunakan bumbu instan. Dengan demikian, bumbu tersebut menghasilkan rasa yang begitu nikmat dan khas Indonesia.

Pengambilan nama tahu “tek” sendiri terdengar cukup unik. Menurut masyarakat Surabaya, nama tersebut diberikan karena pedagang masih menggunakan gunting untuk memotong meskipun sebenarnya bahan yang dipotong tidak ada. Sehingga gunting tersebut menciptakan bunyi tek.. tek.. tek..

Menurut catatan sejarah, awalnya kuliner satu ini dijajakan secara keliling oleh para pedagang kaki lima. Uniknya tahu tek pada awalnya disajikan dengan bahan tahu dalam porsi yang besar. Kemudian setelah mulai dikenal luas oleh masyarakat, resep tahu tek lebih banyak menjadikan lontong sebagai bahan utamanya.

cara membuat tahu tek asli enak

Untuk menemukan warung makan yang menjual tahu tek sebenarnya tidak hanya di Surabaya saja, karena di Jakarta pun juga sudah ada banyak yang menjual kuliner satu ini. Bahkan di Jakarta terdapat varian olahan tahu tek dengan tambahan telur yang cukup lezat. Biasanya, menu tahu tek ini dibandrol cukup murah yakni sekitar kurang dari Rp 20 ribuan.

Bahan-Bahan Tahu Tek

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner satu ini, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Surabaya ataupun Jakarta, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi informasi seputar resep tahu tek yang cukup mudah.

Dengan membuatnya sendiri di rumah, tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Terlebih lagi apabila Anda sajikan kuliner satu ini untuk keluarga tercinta. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tahu tek antara lain:

  • Merica bubuk cukup sekiranya ½ sendok teh
  • Tahu putih sebanyak 1 buah, dipotong-potong dan digoreng
  • Garam sekiranya 1 sendok teh
  • Telur ayam (usahakan ayam kampung) cukup 2 btr
advertisement
advertisement

Bahan atau bumbu halus:

  • Garam sekiranya cukup 1 sendok teh
  • Kacang tanah goreng cukup dengan 2 sendok makan
  • Cabai rawit sebanyak 2 buah, sesuaikan selera pedasnya
  • Bawang putih sebanyak 2 siung, digoreng
  • Petis udang sekitar 1 sendok makan
  • Kecap manis sebanyak 2 sendok makan
  • Air sesuaikan dengan kebutuhan
  • Gula merah seperlunya saja

Bahan pelengkap tahu tek:

  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Seledri iris halus seperlunya
  • Daun bawang iris halus sesuaikan selera
  • Tauge pendek di seduh air panas secukupnya
  • Kentang secukupnya, direbus
  • Timun secukupnya
  • Lontong seperlunya
  • Kerupuk sesuaikan dengan selera anda

Cara Membuat Tahu Tek

Langkah pertama siapkan sebuah wadah berukuran sedang. Kemudian kocok telur bersama dengan garam dan merica sampai tercampur secara merata. Anda bisa mengocok telur dengan sendok ataupun dengan bantuan mixer.

Selanjutnya, campurkan irisan tahu yang telah Anda potong dan goreng tadi bersama dengan kocokan telur. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur secara merata. Setelah itu bagi menjadi 4 bagian yang sama banyaknya.

Panaskan minyak goreng cukupnya di atas wajan. Setelah panas, goreng tahu-tahu tadi seperti ketika Anda menggoreng telur dadar. Usahakan kedua sisi dari dadaran tersebut matang secara sempurna. Setelah matang silahkan angkat.

Kemudian haluskan semua bumbu yang telah dipersiapkan tadi. Setelah halus, tambahkan sedikit air sampai agak encer. Mulailah menyusun semua bahan yang telah dipersiapkan tadi di atas mangkuk atau piring saji. Seperti lontong, telur dadar, kentang, tahu, dan lain sebagainya.

Apabila sudah tersusun secara rapi, siram dengan menggunakan bumbu halusan yang telah dibuat tadi. Kini tahu tek siap untuk disantap, jangan lupa taburi bawang goreng dan kerupuk udang kecil agar lebih nikmat.

Agar rasa kuliner satu ini semakin segar, Anda dapat menambah perasan jeruk nipis di atasnya sebelum mengonsumsi. Selain itu, apabila Anda suka pedas, tambahlah takaran cabai rawit di atas. Sebab takaran cabai diatas kami patok dengan tingkat kepedasan standar.

Tahu tek asli Surabaya ini sangat pas untuk dijadikan menu sarapan. Menu ini dapat dibilang satu rumpun dengan ketoprak di Jakarta, dan kupat tahu di Jawa Barat yang sama-sama sering dijadikan menu untuk sarapan di pagi hari.

Bagaimana, praktis dan sederhana bukan? nah seperti itulah resep tahu tek Surabaya yang dapat kami sajikan. Resep di atas sangat cocok bagi siapapun Anda, mulai dari pemula sampai dengan yang sudah mahir memasak. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: