advertisement
advertisement

Ada banyak sekali kuliner khas Indonesia yang sangat lezat sekali apabila kita santap. Masing-masing kuliner khas Indonesia itu menawarkan sensasi kenikmatan yang berbeda-beda. Salah satu kuliner khas Indonesia yang patut Anda cicipi adalah Sop Konro.

Mungkin beberapa orang mendengar nama sop konro sangatlah asing. Akan tetapi yang perlu Anda ketahui sebenarnya kuliner khas Indonesia satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat terutama di daerah asalnya sendiri yakni di Makassar.

advertisement
advertisement

Untuk mencicipi kuliner lezat satu ini, kita bisa berkunjung langsung ke Makassar atau daerah lain di Sulawei Selatan. Pasalnya di sana ada banyak sekali stand warung-warung yang menjual sup konro ini dengan berbagai variasinya.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke sana, kali ini bacaterus.com akan menyajikan resep sop konro khas Makassar yang sangat lezat dan mudah. Sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu seluk-beluk dari makanan yang satu ini.

Apa Itu Sop Konro?

Sop konro merupakan makanan yang berasal dari daerah Bugis dan Makassar. Bahan utama dari sop ini adalah iga sapi atau daging sapi. Sop konro ini biasanya tidak dimakan dengan nasi namun lebih sering dengan ketupat yang dipotong kecil-kecil.

Makanan yang satu ini memiliki aroma yang sangat khas karena banyak menggunakan rempah-rempah asli Indonesia terutama ketumbar. Selain itu, kuah dari sop konro ini juga memiliki warna yang sangat khas yakni coklat kehitaman.

cara membuat sop konro daeng tata

Warna hitam pada kuahnya tersebut berasal dari buah kluwek yang terdapat dalam bahan pembuatannya. Buah kluwek memiliki banyak sebutan di daerah Indonesia seperti kepayang, picung di daerah Sunda, atau pamarrasan di daerah Toraja.

Buah kluwek memiliki bentuk bulat pipih dengan buah yang berwarna hitam di dalamnya. Selain sebagai bahan pembuatan sop konro, buah ini juga banyak digunakan dalam masakan khas Indonesia lainnya seperti rawon dan brongkos.

Buah kluwek yang akan dikonsumsi harus dimasak terlebih dahulu hingga matang. Pasalnya buah yang masih mentah memiliki kandungan racun asam sianida yang dapat membuat pusing dan mabuk. Itulah kenapa kita mengenal istilah “mabuk kepayang” untuk orang yang sedang jatuh cinta.

Secara tradisional konro dimasak dalam bentuk sop yang memiliki kuah. Namun seiring berjalannya waktu, kini sudah muncul banyak variasi dari makanan ini. Yang paling populer tentu saja konro bakar yang berupa iga sapi yang dibakar dengan bumbu konro tanpa kuah.

Bahan-Bahan Sop Konro

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai sop konro, pasti Anda sudah tidak sabar untuk segera mencicipinya. Sebelum membuat resep sop konro ini, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan yakni:

  • Iga sapi sebanyak 500 gram
  • Air kaldu sapi sekiranya 1300 ml
  • Jahe ukuran 1 cm, parut
  • Lengkuas berukuran 2 cm, parut
  • Kayu manis cukup ukuran 1.5 cm
  • Cengkih sebanyak 2 butir
  • Kapulaga sebanyak 3 butir
  • Minyak goreng cukup sekiranya 2 sendok makan
  • Air asam jawa sekitar 1 sendok makan

Bumbu halusan sop konro:

  • Kluwak cukup dengan 1 buah, ambil dagingnya, lalu rendam dalam air panas
  • Kelapa sangrai sekiranya 2 sendok makan
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Bawang merah sebanyak 6 butir
  • Kunyit cukup berukuran 1 cm
  • Kemiri sebanyak 3 butir, sangrai
  • Ketumbar cukup dengan 1 sendok teh
  • Jinten sekiranya 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk sekitar 1/4 sendok teh
  • Garam secukupnya saja.
advertisement
advertisement

Bahan taburan sop konro:

  • Bawang merah goreng sesuai dengan selera
  • Daun bawang cukup dengan 2 batang, iris tipis.

Cara Membuat Sop Konro

resep sop konro makassar

Setelah semua bahan dan bumbunya tersedia, sekarang kita bisa langsung mulai membuatnya. Langkah pertama ambil kaldu yang telah dipersiapkan kemudian rebus bahan kaldu tersebut hingga mendidih secara sempurna.

Apabila sudah mendidih masukan iga sapi dan rebus hingga empuk. semakin empuk iga sapi tersebut maka makanan satu ini akan semakin nikmat disantap. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya kita akan menumis bumbu. Siapkan terlebih dahulu wajan untuk menumis dan olesi dengan minyak secukupnya saja. Kemudian tumis bumbu halusan, jahe, lengkuas, kayu manis, kapulaga, dan cengkih. Tumislah bahan-bahan tersebut hingga mengeluarkan harum mewangi. Angkat dan sisihkan.

Ambil rebusan iga sapi dan kaldu tadi, kemudian masukan tumisan yang telah dibuat ke dalamnya. Aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Tuangkan pula air asam ke dalamnya dan rebus hingga mendidih secara sempurna.

Terakhir apabila sup sudah matang, silahkan angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk saji. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan bawang goreng dan daun bawang di atasnya. Sajikan sop konro tersebut selagi masih hangat.

Seperti disinggung di atas, sop konro ini paling nikmat jika disajikan bersama ketupat atau lontong yang sdah dipotong kecil-kecil. Namun jika Anda lebih suka nasi, maka tidak ada salahnya juga untuk mencampurkannya dengan nasi karena keduanya dibuat dari bahan yang sama.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Maka dari itu, segera coba cara membuat sop konro tersebut di rumah. Kini Anda tidak perlu pergi jauh ke Makassar untuk mencicipi makanan yang satu ini karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Demikian sajian resep sop konro khas Makassar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Terus ikuti informasi-informasi seputar resep masakan dari yang akan kami sajikan. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Artikel Menarik Lainnya: