advertisements
advertisement

Siapa yang tidak kenal dengan sayur lodeh? Bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan sayuran satu ini. Berbeda dengan sayuran jenis lain, sayur lodah cenderung menggunakan banyak santan sehingga menghasilkan rasa yang cukup gurih dan segar.

Di Jawa, biasanya sayur lodeh banyak dijajakan di warung-warung makan kecil. Karena termasuk ke dalam sajian kuliner Nusantara, sayur lodeh bandrol dengan harga yang cukup murah. Biasanya harga sayur lodeh untuk satu porsi berkisar mulai dari Rp. 5 – 10 ribuan saja tergantung dari bahan sayuran yang digunakannya.

advertisement
advertisement

Dari banyaknya jenis sayur lodeh yang beredar di masyarakat, jenis sayur lodeh teronglah yang paling banyak diminati. Sayur lodeh terong tidak hanya lezat dikonsumsi, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika di sekitar rumah Anda kebetulan tidak ada yang menjualnya, maka Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas resep sayur lodeh terong ungu plus kacang panjang yang lezat tersebut.

Bahan-Bahan Lodeh Terong Ungu

resep sayur lodeh terong ungu

Sebelum mengolah resep sayur lodeh terong ungu ini, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan berikut bisa Anda dapatkan dengan mudah di swalayan ataupun pasar tradisional, antara lain:

  • Terong ungu sebanyak 4 buah
  • Jagung manis sebanyak 1 buah, lalu potong menjadi 4 bagian
  • Labu siam segar, iris tipis membentuk dadu
  • Daun melinjo cukup dengan 1 ikat
  • Kacang panjang sebanyak 1 ikat, potong berukuran 3 cm
  • Ebi sebanyak 50 gram
  • Tempe kedelai sebanyak 100 gram, potong bentuk dadu
  • Jamur kancing cukup dengan 100 gram, potong menjadi 2 bagian
  • Santan yang masih segar sebanyak 1.000 ml

Bahan bumbu halusan:

  • Daun salam cukup dengan 2 lembar
  • Kencur berukuran 2 ruas saja
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Cabai merah sebanyak 15 buah, sesuaikan pedasnya
  • Cabai rawit cukup dengan 5 buah saja
  • Bawang merah sebanyak 8 siung
  • Ketumbar secukupnya
  • Garam serta gula pasir secukupnya

Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Ungu

Langkah pertama dalam membuat sayur lodeh terong adalah merebus bumbu halusan bersama dengan santan dan salam. Sambil merebus aduklah secara perlahan-lahan agar tekstur santannya tidak pecah. Apabila telah mendidih, masukanlah gula pasir, garam, dan juga ebi. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur merata dan mendidih kembali.

Sekarang masukan potongan terong, kacang panjang, daun melinjo, labu siam, dan tidak ketinggalan jagung manisnya. Aduk-aduk kembali agar semua bahan tadi dapat matang secara merata. Jangan lupa cicipi pula kuahnya apakah sudah pas atau belum.

Apabila sayur lodeh sudah matang dan pas, tuang sayuran tersebut keatas mangkuk saji dan nikmati selagi masih hangat bersama dengan nasi. Sayur lodeh ini juga sangat nikmat apabila disajikan bersama dengan nasi liwet yang pernah kami ulas resepnya di sini.

Manfaat Sayur Lodeh Terong Bagi Kesehatan

Selain gurih dan nikmat, ternyata sayur lodeh terong ungu juga cukup berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Menurut penelitian, terong ungu mengandung niacin, riboflavin, tiamin, folat, vitamin E & K, dan nasunin. Kandungan-kandungan semacam inilah yang cukup berkhasiat bagi kesehatan. Adapun khasiat terong ungu bagi kesehatan antara lain:

  • Menjaga kesehatan jantung

Terong ungu dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar kolesterol ini, maka aliran darah menuju ke jantung pun akan semakin baik. Sehingga gangguan seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung, dan serangan jantung pun bisa dicegah sejak dini.

  • Membantu menjaga kecerdasan otak
advertisement
advertisement

Terong merupakan jenis sayuran yang mengandung folat dan fitonutrien yang cukup tinggi. Kandungan folat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan sistem saraf pusat, sedangkan fitonutrien dapat melindungi otak dari pengaruh buruk radikal bebas. Manfaat ini akan semakin terasa apabila terong dikonsumsi sejak usia anak-anak.

  • Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang diet? Jika benar, konsumsilah sayur lodeh terong secara rutin. Sayuran satu ini mengandung kadar air tinggi tapi rendah kalori. Kandungan-kandungan semacam inilah yang cukup bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan secara optimal.

  • Menjaga sistem pencernaan

cara membuat sayur lodeh terong ungu

Sistem pencernaan akan sehat apabila Anda banyak mengonsumsi makanan berserat. Makanan berserat tak hanya bisa didapatkan dari buah-buahan saja, tetapi Anda pun bisa mendapatkannya dari sayur terong ini. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, terong akan membantu mengatasi sembelit (susah BAB, diare, dan berbagai macam masalah pencernaan lainnya.

  • Mengontrol kadar gula darah

Selain terkenal mengandung kalori rendah, terong ungu juga memiliki kadar glikemik indeks yang cukup sedikit. Kandungan GI rendah inilah yang dapat mencegah Anda terserang penyakit diabetes atau penyakit gula. Bahkan dengan kosumsi secara rutin, kadar gula Anda akan lebih stabil.

  • Menjaga dan melembabkan kulit secara alami

Manfaat terong yang terakhir adalah baik untuk kulit. Kandungan air yang cukup tinggi di dalam terong sangatlah bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam. Bahkan dengan konsumsi secara rutin, terong juga baik untuk mencegah adanya dehidrasi cairan tubuh.

Untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan seperti di atas, konsumsilah sayur lodeh terong ungu secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu. Jangan lupa pula berikan sayuran ini kepada si kecil agar dia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Itulah informasi resep sayur lodeh terong gurih khas Jawa yang dapat Anda coba praktekan sendiri di rumah. Demikian ulasan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: