advertisement
advertisement

Risoles merupakan camilan khas Indonesia yang sudah sangat populer sekali di kalangan pecinta kuliner. Biasanya risoles ini banyak disajikan saat acara-acara spesial, mulai dari acara hajatan keluarga, arisan, pernikahan, dan masih banyak lagi.

Hingga sekarang ini ada banyak sekali varian risoles yang dapat kita nikmati. Masing-masing varian risoles tersebut dapat dibedakan dari isian yang digunakan, ada risoles isi daging, risoles isi sayur, dan bahkan risoles isi keju. Dengan banyaknya varian risoles ini tentunya akan membuat rasanya semakin nikmat di lidah.

advertisement
advertisement

Nah bagi Anda yang penasaran dengan rasa nikmat dari camilan khas Indonesia tersebut, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi mengenai salah satu resep camilan tersebut yakni resep risoles mayonaise isi keju. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu asal-usul risoles ini.

Sejarah Risoles

Meskipun terkenal sebagai makanan ringan di Indonesia, namun risoles sebenarnya adalah makanan yang berasal dari Perancis. Di negara asalanya tersebut makanan ini disebut sebagai rissole. Risoles kemungkinan besar dibawa ke Indonesia oleh orang-orang Belanda pada masa penjajahan dahulu.

Risoles pertama kali muncul di Perancis sekitar abad ke-13. Pada saat itu risoles hanyalah sebuah pancake yang digoreng dengan menggunakan mentega atau lemak sapi dan babi. Beberapa waktu kemudian barulah risoles mulai ditambah dengan isian daging cincang.

resep risoles mayonaise keju

Di negara-negara Eropa risoles merupakan makanan yang sering dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup. Risoles tersebut biasanya diisi dengan daging ayam, daging sapi, ikan, telur, sosis, serta sayur-sayuran seperti jamur, wortel, kentang, dan lainnya.

Di Indonesia sendiri risoles biasanya dibedakan menjadi dua jenis, yakni risoles berisi sayur dan daging  tumis serta risoles berisi ragout. Risoles berisi daging biasanya berbentuk bulat memanjang sedangkan risoles ragout berbentuk segitiga.

cara membuat risoles mayonaise

Risoles banyak dijajakan di pedagang kaki lima bersama dengan aneka gorengan yang lainnya. Risoles bisa langsung dimakan ataupun dicampur dengan saus kacang, saus tomat, ataupun cabe rawit yang sangat pedas.

Selain di Indonesia, risoles juga cukup populer di Portugal dengan nama rissois. Rissois memiliki bentuk yang bulat dengan isian yang terdiri dari daging ikan dan udang. Rissois biasanya dijadikan snack dan makanan penutup di café-café.

Sementara itu di Polandia risoles terkenal dengan nama sznycle. Makanan ini sangat mudah ditemukan di kantin-kantin sekolahan. Sznycle biasanya dimakan bersama dengan makanan utama seperti kentang rebus, daging, dan sayuran.

Bahan-Bahan Risoles Mayonaise

Untuk membuat resep risoles mayonaise isi keju ini, kita harus menyiapkan dua macam bahan yakni untuk membuat kulit dan untuk isiannya. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat kulitnya:

  • Air sebanyak 700ml
  • Susu bubuk full cream sekitar 3 sendok makan
  • Garam seperlunya saja
  • Margarin cair sebanyak 3 sendok makan
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Terigu sebanyak 500 gr (protein sedang)
advertisement
advertisement

Bahan isian risoles mayonaise:

  • Gula sebanyak 50 gram
  • Garam seperlunya saja
  • Smoked beef sebanyak 10 lbr, potong persegi
  • Telur rebus cukup dengan 6 butir, potong jadi 6 bagian
  • Keju cheddar sebanyak 300 gr, parut
  • Air matang cukup 500ml
  • Susu bubuk full cream sebanyak 200 gram
  • Mayonaise sebanyak 300 gr
  • Tepung terigu sebanyak 100 gr (protein sedang)
  • Keju cheddar, potong bentuk persegi

Cara Membuat Kulit Risoles

Langkah pertama kita bisa membuat kulit risolesnya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, campurkan semua bahan kulit di atas hingga merata secara sempurna. Kemudian panaskan sebuah teflon yang telas diolesi dengan menggunakan minyak sayur.

Dadarlah adonan tersebut kedalam teflon hingga habis. Pastikan dadaran yang dibuat memiliki ketebalan yang pas (tidak terlalu tipis). Dadar semua adonan hingga habis dan semua kulit siap untuk digunakan. Untuk tutorial membuat kulit risoles yang lebih lengkap, silahkan simak artikel ini.

Cara Membuat Risoles Mayonaise

Setelah membuat kulit risoles, kini kita akan membuat isian risoles tersebut. Caranya campurkan semua bahan isian risoles hingga tercampur secara merata. Lalu masak bahan-bahan isian tersebut dengan menggunakan api kecil hingga matang dan mengeluarkan bau harum. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya apabila kulit dan isian risoles telah dibuat, maka kita tinggal memasukan isian tersebut ke dalam kulitnya. Caranya ambil 1 kulit risoles dan 1 sendok makan isi. Susun irisan telur rebus, keju, dan smoked beef di atas adonan kulir risoles tersebut.

Lipat kulit risoles tersebut dan lipatkan dengan menggunakan putih telur. Selanjutnya lapisi bagian luarnya dengan menggunakan tepung panir. Tepung panir tersebut akan memberikan efek renyah atau crunchy ketika risoles sudah matang.

Terakhir kita akan menggoreng risoles tersebut. Siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan dengan minyak goreng secukupnya. Pastikan minyak gorengnya cukup untuk melakukan deep frying atau cukup untuk mencelupkan seluruh bagian risoles.

Selanjutnya goreng risoles tersebut sambil diaduk-aduk agar semua bagiannya matang secara merata. Ciri risoles yang matang adalah berwarna kuning keemasan. Jika sudah matang, silahkan angkat dan risoles mayonaise siap untuk disantap.

Risoles tersebut dapat dikonsumsi secara langsung sebagai cemilan di waktu luang. Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa mencocolnya ke dalam sambal kacang dan saus tomat atau memakannya bersama dengan cabe rawit.

Memang cara membuat risoles mayonaise diatas terlihat cukup rumit dan kadang membuat bingung, akan tetapi apabila Anda bisa cermat dan mengikuti langkah diatas dengan baik, maka semua usaha Anda akan terbayar dengan kelezatan yang ditawarkan camilan satu ini.

Demikian sajian informasi mengenai resep risoles mayonaise isi keju dan smoked beef spesial yang dapat kami sampaikan. semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi solusi resep camilan lezat bagi Anda. selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: