advertisements

Puding merupakan camilan yang hampir mirip dengan jelli, bedanya puding tergolong memiliki tekstur yang lebih lembut. Camilan satu ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini resep puding sangatlah beraneka ragam.

Saat ini ada puding rasa cokelat, puding rasa buah-buahan, puding keju, puding vanilla, silky pudding, dan bahkan puding labu kuning. Nah, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mengulas resep puding labu kuning tersebut untuk Anda.

Apa Itu Puding Labu Kuning?

advertisements

Sesuai namanya, puding satu ini dibuat dari labu kuning atau waluh. Biasanya labu jenis ini banyak digunakan untuk membuat sup sayur, kolak, bolu, dan masih banyak lagi. Ketika Ramadhan tiba masyarakat sering mengolah labu kuning menjadi kolak dan minuman segar lainnya.

Sedangkan di Amerika Serikat, buah labu kuning dimanfaatkan sebagai atribut perayaan pesta malam hallowen dengan tambahan lampu di bagian dalamnya. Labu tersebut biasanya diukir menjadi bentuk kepala hantu yang sangat menyeramkan.

Konon katanya resep puding labu kuning pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang ibu yang berasal dari Surabaya. Beliau membuat puding untuk anaknya bernama Natan. Siapa sangka, puding yang sederhana tersebut sekarang telah menjadi camilan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun Anda tidak perlu membeli ke Surabaya untuk mencicipi puding lezat ini, karena Anda dapat mencoba sendiri cara membuat puding labu kuning yang kami ulas berikut ini. Penasaran? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-Bahan Resep Puding Labu Kuning

resep puding labu kuning susu

Sebelum memulai membuatnya, alangkah lebih afdol apabila Anda siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan. Tidak perlu khawatir, bahan-bahan berikut ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di swalayan atau pasar tradisional. Bahan-bahan tersebut antara lain seperti:

  • Labu kuning sebanyak 500 gr, kukus lalu dihaluskan
  • Gula merah cukup dengan 200 gr, iris halus
  • Gula pasir sebanyak 100 gr
  • Air sebanyak 100 cc
  • 1 lembar daun pandan (usahakan yang masih segar)
  • Santan dari 1 butir kelapa sebanyak 1 liter
  • Agar agar warna putih cukup 1 ½ bks
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Puding Labu Kuning

Jika semua bahannya sudah terkumpul, kita bisa langsung mengolahnya. Pertama campurkan terlebih dahulu antara gula pasir, gula merah, dan air. Usahakan semua bahan bisa terlarut secara merata dan berbentuk cair. Anda bisa mengaduknya dengan menggunakan bantuan sendok.

Selanjutnya masukan daun pandan ke dalam campuran tersebut, lalu rebus/masak sampai airnya mendidih dan mulai berubah warna. Angkat rebusan tersebut dan saring agar tidak ada bahan kasar serta sisa daun pandan yang tertinggal.

Masukan sedikit demi sedikit santan ke dalam rebusan gula tersebut sambil diaduk agar tekstur santan tidak pecah. Lalu masukan agar-agar ke dalam rebusan tersebut sambil tetap terus diaduk agar semua tercampur secara merata.

Sekarang masukan labu yang telah dihaluskan ke dalam rebusan tersebut sambil tetap diaduk secara perlahan. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api dan diamkan sampai uap yang ada di sana hilang. Tuang adonan yang talah kita buat tadi ke dalam sebuah wadah saji.

advertisements

Diamkan puding cair tersebut sampai mengeras, agar lebih cepat masukan adonan ke dalam lemari pendingin selama 30 menitan. Kini puding labu kuning siap untuk disantap. Sajikan puding ini dalam keadaan dingin. Namun supaya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan susu kental manis sebagai pelengkapnya.

Tips Mengolah Puding Labu Kuning

Mungkin sebagian besar dari kita menganggap cara membuat puding labu kuning di atas sangatlah mudah. Eits jangan salah, biarpun mudah tetapi jika Anda tidak memperhatikan cara pengolahan yang benar hasilnya nanti tidak akan maksimal. Berikut ada beberapa tips agar puding tersebut semakin mantap dan nikmat.

  • Takaran air yang digunakan

Inilah yang harus Anda perhatikan apabila puding ingin lebih lembut dan kenyal. Usahakan takaran agar-agar dengan air yang Anda gunakan pas, setiap 7 gram agar-agar pastikan airnya maksimal 600 ml. Selain air Anda juga bisa menggunakan cairan susu, jus, atau santan agar hasilnya semakin nikmat. Takaran ini akan membuat puding tersebut tidak terlalu lembek dan tidak terlalu cair.

  • Basahi dulu cetakan puding

Ketika puding sudah dingin, biasanya akan sulit sekali kita ambil dari cetakan. Nah untuk mengatasi hal tersebut, sebelum menuangkan adonan kedalam cetakan usahakan Anda melapisi wadah tersebut dengan air matang dulu. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak lengket.

  • Jangan masak dengan api tinggi

cara membuat puding labu kuning gula merah

Kesalahan banyak orang adalah memasak adonan puding dengan api tinggi atau besar. Padahal cara tersebut dapat merusak tekstur lemak pada santan ataupun susu sehingga penampilan puding akan terlihat aneh dan rasanya pun kurang mantap.

Oleh sebab itu, masaklah puding dengan api kecil sampai sedang saja. Selain itu, pastikan ketika memasak Anda aduk adonan tersebut agar teksturnya tidak pecah-pecah.

  • Tambahkan vla

Vla akan membuat penampilan puding labu kuning terlihat semakin menarik dan menggugah selera. Biasanya vla ini dapat dibuat dari bahan dasar kuning telur. Namun agar tidak terlalu amis, tambahkan essen atau rhum juga ke dalam adonan puding tersebut. Untuk cara membuatnya, silahkan simak artikel ini.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, maka puding labu kuning buatan Anda akan lebih spesial dan rasanya semakin maksimal. Jika Anda ingin mencoba aneka resep puding yang lainnya, silahkan simak ulasan kami di artikel ini.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep puding labu kuning yang dapat kami sajikan. Camilan ini sangat cocok apabila disajikan sebagai menu sehat keluarga, terutama untuk bayi dan anak-anak. Sebab labu kuning sendiri mengandung nutrisi betakaroten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita terhadap serangan penyakit. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: