advertisements

Pernahkah Anda mencicipi makanan bernama otak-otak bandeng? Jika belum, maka silahkan datang ke Semarang. Karena di sana terdapat banyak sekali penjual kuliner khas Indonesia satu ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Salah satu olahan dari bandeng ini biasanya dijual dalam keadaan matang dan siap santap. Anda pun bisa menikmati otak-otak bandeng ini lengkap dengan sambalnya. Otak-otak ini biasanya diolah dengan cara dikukus ataupun dipanggang.

advertisements

Untuk masalah rasa, Anda tidak perlu meragukan makanan satu ini. Sebab otak-otak bandeng memiliki rasa yang gurih-gurih nikmat di lidah, tidak berbeda jauh dengan otak otak ikan tenggiri. Rasanya inilah yang membuat siapa saja menyukai makanan khas Semarang ini.

Sebagai makanan khas Semarang, otak-otak bandeng konon katanya sudah ada sejak jaman dahulu. Hanya saja karena dulu tidak diperjualbelikan secara bebas, makanan satu ini kurang populer di kalangan masyarakat.

Selain di kota Semarang, otak-otak juga cukup populer di kota lainnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, terutama yang terletak di pesisir pantura seperti Sidoarjo, Gresik, dan Lamongan. Bahkan, makanan ini juga cukup terkenal hingga Malaysia dan Singapura.

resep otak otak bandeng gresik

Nah bagi Anda yang ingin mencoba kuliner satu ini, tidak ada salahnya apabila Anda membuat sendiri di rumah, mengingat sebenarnya cara membuat otak-otak bandeng sangatlah mudah dipraktekan. Resep otak otak bandeng ini juga sangat cocok bagi Anda yang masih belum pandai memasak.

Bahan-Bahan Otak Otak Bandeng

Sebelum membuatnya, mari kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan sangatlah sederhana dan mudah untuk didapatkan di pasar terdekat, antara lain seperti:

  • Ikan bandeng segar kualitas terbaik cukup 2 ekor @ 700 gr
  • Kentang sebanyak 300 gr, goreng dan haluskan
  • Kelapa parut sekiranya 1 sdm, sangrai dan tumbuk sampai berminyak
  • Garam sekitar 1 sdt
  • Merica halus cukup sekiranya ½ sdt
  • Telur sebanyak 2 butir, kocok sebentar
  • Bawang goreng sebanyak 2 sdm, haluskan sesuai selera

Cara Membuat Otak-Otak Bandeng

Sekarang mari kita mula mengolah resep otak otak bandeng ini. Langkah pertama bersihkan ikan terlebih dahulu, kemudian bersihkan sisik dan bagian isi perutnya. Anda bisa membersihkan ikan bandeng tersebut dengan menggunakan bantuan pisau.

Selanjutnya, gunakan pisau tadi untuk memotong bagian leher tapi usahakan jangan sampai putus. Setelah itu, tumbuk ikan sampai mengeluarkan daging pada bagian leher tersebut. Dalam menumbuk Anda bisa menggunakan kayu balok atau ulekan agar lebih cepat.

Jika sudah keluar, balikan kulit bandeng tadi melalui bagian leher. Keruk daging/duri yang masih menempel pada bagian dinding kulit tersebut. Kemudian bilas dan tiriskan bandeng tersebut.

Untuk membuang duri yang ada pada bandeng tersebut, tumislah bersama dengan minyak goreng sedikit. Pastikan menggunakan minyak goreng secukupnya saja dan juga gunakan api sedang. Setelah durinya muncul ke permukaan, buang semua duri tersebut.

Selanjutnya, campurkan daging ikan bandeng yang sudah terbebas dari duri tadi bersama dengan kentang,  kelapa sangrai, garam, merica, telur, dan bawang goreng. Aduk-aduk semua bahan diatas sampai tercampur merata.

advertisements

Sekarang, bungkus daging ikan bandeng tadi dengan menggunakan daun pisang atau alumunium foil. Pastikan sebelum membungkus, daun pisang tadi Anda olesi terlebih dahulu dengan minyak goreng (agar tidak lengket).

Siapkan kukusan, kemudian kukus daun pisang yang berisi daging ikan tadi selama lebih kurang 15 menitan. Apabila sudah matang dan berbau harum, angkat dan sisihkan sebentar.

Setelah dingin, lepaskan bungkus daun pisang tersebut. Kemudian goreng dengan minyak secukupnya sampai berubah warna kecoklatan. Agar semakin nikmat, Anda juga bisa memasukan daging ikan ini kedalam oven.

Nah apabila sudah matang, potong-potong daging ikan tadi dan sajikan bersama dengan nasi putih hangat. Bagaimana, mudah sekali bukan? agar semakin nikmat, Anda dapat mengonsumsi olahan otak-otak bandeng ini bersama dengan sambal terasi ataupun sambal tomat.

Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ikan bandeng mengandung nutrisi yang cukup lengkap? Kandungan-kandungan nutrisi ini dipercaya mampu memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat konsumsi otak-otak bandeng antara lain:

  • Meningkatkan kecerdasan otak anak

Apabila Anda ingin si kecil tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, berikanlah ia otak-otak bandeng ini. Sebab dalam ikan bandeng terkandung senyawa omega 3 yang sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat secara alami.

  • Memenuhi kebutuhan protein setiap harinya

Protein merupakan salah satu nutrisi yang cukup penting untuk tubuh kita. Dengan protein, maka sel-sel tubuh mampu melakukan regenerasi secara optimal. Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, Anda dapat mengonsumsi otak-otak bandeng secara rutin setiap harinya. Dalam 100 gram ikan bandeng, Anda akan mendapatkan protein hewani sebesar 20 gram.

  • Mencegah penyakit jantung koroner

cara membuat otak otak bandeng sidoarjo

Penyakit jantung koroner dapat muncul disebabkan karena kolesterol jahat dalam tubuh jumlahnya cukup banyak. Agar tubuh Anda tidak terserang penyakit berbahaya tersebut, konsumsilah olahan ikan bandeng secara rutin. Sebab dalam ikan ini terkandung kolesterol baik cukup tinggi. Sehingga akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat akan menangkal berbagai macam penyakit. Daya tahan tubuh akan meningkat apabila kita banyak mengonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan, termasuk makanan yang mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh.

Dalam hal ini, bandeng adalah pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut. Konsumsi ikan bandeng secara rutin akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh terhadap serangan penyakit berbahaya.

Selain lezat, otak-otak bandeng sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita. Oleh karenanya, konsumsilah makanan khas Semarang ini secara rutin setiap hari. Anda bisa menjadikannya sebagai menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Nah itulah resep otak otak bandeng enak khas Semarang yang dapat kami sajikan untuk Anda. Kini Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke daerah Jawa untuk menikmati makanan ini karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: